Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Soal Uji Kemampuan Diri dalam Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan contoh soal "Soal Uji Kemampuan Diri dalam Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia". Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam melakukan latihan menjawab soal. Soal yang akan kalian kerjakan kali ini adalah soal yang sudah sesuai dengan surat keputusan BSNP Nomor: 0282/SKEP/BSNP/VIII/2017 tentang kisi-kisi UN untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Soal Uji Kemampuan Diri dalam Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

1. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Malaria adalah penyakit yang menyebar melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit. Infeksi malaria bisa terjadi hanya dengan satu gigitan nyamuk. Penularan penyakit ini bisa terjadi dengan sangat cepat. Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Makna kata tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. penularan suatu penyakit
B. penderita suatu penyakit
C. penyebaran suatu penyakit
D. perkembangan suatu penyakit

2. Bacalah biografi berikut!
Jenderal Soedirman merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia. Dia dikenal sangat mahir dalam menyusun siasat perang. Karena kemampuannya itu, dia diangkat menjadi jenderal pada usia muda, yakni 31 tahun. Sebagai seorang jenderal, Soedirman selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan bangsa di atas kepentingan pribadinya. Dia selalu konsisten dan konsekuen dalam membela kepentingan tanah air, bangsa, dan negara.
Keistimewaan tokoh biografi tersebut adalah ....
A. menjadi pahlwan nasional Indonesia
B. mampu menjadi jenderal pada usia muda
C. mahir dalam menyusun siasat perang
D. mengedepankan kepentingan bangsa

3. Bacalah biografi berikut!
Andik Vermansyah adalah pesepak bola Indonesia yang lahir pada tanggal 21 November 1991 di Jember, Jawa Timur. Andik Vermansyah menghabiskan masa kecilnya sebagai penjual es. Pada awalnya, Andik Vermansyah tidak diizinkan orang tuanya untuk mengejar karier sebagai pemain sepak bola. Namun, Andik tidak mudah putus asa. Dia berusaha keras untuk mengejar impiannya dengan segala cara. Nasib Andik berubah ketika pelatih SSB Suryanaga, Rudi, menemukan bakatnya. Di SSB Suryanaga Andik menunjukkan kemampuannya dalam bermain sepak bola. Setelah itu, karier Andik Vermansyah sebagai pesepak bola semakin menanjak. Dia pernah membela klub persebaya. Sekarang Andik bermain di liga Malaysia  bersama Selangor FA.

Keteladanan tokoh Andik  Vermansyah dalam biografi tersebut adalah ....
A. Selalu berlatih untuk meningkatkan kemampuannya dalam bermain sepak bola.
B. Tidak mudah putus asa dan berusaha keras dalam mencapai segala cita-citanya.
C. Mempunyai motivasi besar dalam mewujudkan cita-citanya sebagai pemain andal.
D. Selalu menjaga kondisi tubuhnya untuk mencapai kemampuan terbaik saat bermain.

4. Bacalah paragraf berikut!
1) Pemenang di Atas Pemenang merupakan buku karya Ahmad Saiful Islam yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. 2) Buku terbitan tahun 2013 ini berisi sikap seseorang pemenang dalam berpikir, beraksi, dan menyikapi keadaan di lengkungan sekitar. 3) Buku ini sangat memotivasi pembaca untuk menjadi seorang pemenang. 4) Namun, banyak istilah sulit dalam buku ini kiranya akan membuat pembaca sedikit kebingungan.

Kalimat yang menyatakan keunggulan buku adalah kalimat berangka ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

5. Bacalah paragraf berikut!
Buah mengkudu mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan manusia. Setidaknya ada empat khasiat utama buah mengkudu bagi kesehatan manusia. Keempat khasiat tersebut adalah menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, mencegah kanker, dan mengobati asam urat. Selain khasiat-khasiat tersebut, buah mengkudu dipercaya dapat meringankan kekebalan tubuh dan sebagai antibakteri.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. kandungan dalam buah mengkudu
B. empat khasiat buah mengkudu
C. mengkudu sebagai antibakteri
D. khasiat dari buah mengkudu

6. Bacalah paragraf berikut!
1) Menjelang hari raya Idul Adha 1 September 2017 harga sapi naik. 2) Harga sapi kurban naik antara 15-20%. 3) Sekretaris Jenderal Perhimpunan Peternak Sapi Kerbau indonesia (PPSKI), Rochadi Tawaf, mengungkapkan saat ini harga sapi kurban bisa mencapai Rp60.000,00-65.000,00 per kilogram. 4) Padahal sebelumnya harga sapi hanya Rp55.000,00 per kilogram.

Kalimat utama pada paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat berangka ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

7. Perhatikan paragraf berikut!
Elang jawa merupakan hewan endemik Pulau Jawa yang terancam punah. Terancamnya elang jawa dari kepunahan disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut sebagian besar disebabkan oleh kegiatan manusia. Menurut beberapa pihak, faktor utama elang jawa terancam punah adalah habitatnya yang semakin berkurang. Habitat elang jawa berkurang akibat adanya pembalakan liar juga menjadi penyebab lain sedikitnya populasi elang jawa saat ini.

Simpulan teks tersebut adalah ....
A. Pembalakan dan perburuan liar menjadi penyebab terancam punahnya elang jawa.
B. Pembalakan liar mengakibatkan rusaknya habitat elang jawa yang terancam punah.
C. Elang jawa merupakan salah satu hewan endemik Pulau Jawa yang terancam punah.
D. Perburuan elang jawa menjadi faktor utama penyebab terancam punahnya elang jawa.

8. Bacalah paragraf berikut!
1) Larangan merokok di tempat umum menjadi perdebatan dalam masyarakat. 2) Kelompok mendukung mengharapkan larangan tersebut dapat dijalankan, sedangkan kelompok penentang menginginkan larangan tersebut segera dicabut. 3) Kelompok pendukung menganggap merokok dapat mengganggu kualitas udara. 4) Selain itu, asap rokok menyebabkan kerugian bagi perokok pasif, seperti terkena penyakit dan ngangguan kesehatan. 5) Namun, bagi penentangnya, larangan merokok di tempat umum sangat mengganggu. 6) Mereka beranggapan larangan tersebut melanggar hak asasi, khususnya bagi kaum perokok.

Kalimat dukungan dalam paragraf tersebut adalah kalimat berangka.
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)

9. Bacalah paragraf berikut!
1) Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah sempat mengagendakan pemberlakuan kebijakan sistem lima hari sekolah. 2) Tentu saja ada pihak yang setuju ataupun tidak setuju menanggapi kebijakan tersebut. 3) Sistem lima hari sekolah dapat menghindarkan siswa dari pergaulan negatif di luar sekolah. Namun, apakah lima hari sekolah mempunyai banyak manfaat bagi siswa? 4) Sebagian orang beranggapan kebijakan lima hari sekolah malah membuat siswa kecapaian. 5) Siswa akan terbebani dengan pelajaran yang memakan waktu lama setiap harinya.

Kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan adalah kalimat berangka ....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)

10. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.
(1) Para siswa harus mentaati tata tertib sekolah.
(2) Pesawat itu terbang meliuk begitu mempesona penonton di lapangan.
(3) Dia tidak mengacuhkan nasihat orang tuanya sehingga mendapatkan celaka.
(4) Anak itu tetap tidak bergeming saat dipanggil
(5) Angin termasuk benda yang tidak kasat mata

Penggunaan kata bercetak miring yang tidak sesuai dengan ejaan tersebut terdapat pada kalimat ....
A. pertama kedua. ketiga
B. pertama, kedua, keempat
C. pertama, kedua, kelima
D. kedua, ketiga, keempat


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Soal Uji Kemampuan Diri dalam Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia