Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Prediksi Soal UN 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP (Bagian 2)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan contoh soal prediksi ujian nasional (UN) tahun 2018 terbaru bagian kedua. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal ujian nasional tahun 2018. Baik tidaknya nilai kalian, yang menjadi kunci utama adalah belajar dan itu harus hadir dari kesadaran kalian sendiri, kamulah yang memegang kemudi, jadi belajarlah dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga apa yang kamu cita-citakan dapat tercapai dengan baik. Salam sukses dari www.ilmubindo.com.
Prediksi Soal UN 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP (Bagian 2)

1. Bacalah teks berikut!
(1) "Ibu, Danu minta belikan robot-robotan dong. Teman-teman Danu sudah punya," pinta Danu. (2) "Kamu main pakai robot yang dulu saja, ya," balas Ibu. (3) "Tapi, Bu, robot Danu yang dulu kan nggak bisa bergerak sendiri. Kalau yang sekarang lagi ngetren itu robot yang bisa berjalan sendiri, bisa mengeluarkan suara juga, Bu. Danu nggak mau main robot yang dulu. Belikan ya, Bu. Masa cuma Danu yang nggak punya?" rengek Danu. (4) "Uang Ibu nggak cukup buat beli robot seperti itu, Danu," jawab Ibu sembari menyetrika pakaian. (5) "Ibu kamu benar, Danu. Lagi pula, mainan seperti itu biasanya kan musiman. Nanti ada lagi mobil-mobilan terbaru, kamu minta beli lagi. Sayang uangnya, " ujar Bapak yang sedari tadi mendengarkan percakapan antara Danu dan ibu. (6) "Kenapa sih, Bapak nggak kerja di kantor saja? Jadi kan punya uang yang banyak?" ucap Danu.

Amanat yang tepat pada cerita tersebut adalah ....
A. Kita harus patuh terhadap perintah orang tua.
B. Jangan membeli mainan yang sifatnya musiman
C. Berpikirlah terlebih dahulu jika menginginkan sesuatu
D. Sudah selayaknya orang tua menuruti keinginan anaknya

2. Bacalah teks berikut!
(1) Senam jantung sehat menjadi senam wajib bagi masyarakat peserta Car Free Day (CFD). (2) Di Medan, acara rutin tiap pagi ini dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan. (3) Acara senam didominasi warga paruh baya. (4) Namun, karena dirasa bermanfaat kalangan muda pun terus bertambah.
Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. Bacalah teks berikut!
Presiden Joko Widodo kembali membuat video blog (vlog). Vlog terbaru Presiden Jokowi dibuat saat ia menyusuri salah satu ruas di Jalan Trans Papua. " Betapa sangat sulit, sangat sulit medan yang ada di sini. Sangat berat, membelah belantara, naik gunung yang sangat tinggi. Inilah medan berat yang dialami baik oleh Kementerian PU maupun oleh TNI yang sama-sama membangun Jalan Trans Papua ini," imbuhnya.
Peristiwa yang tergambar pada teks tersebut adalah ....
A. aktivitas Presiden Joko Widodo di Jalan Trans Papua
B. salah satu ruas di jalan Trans Papua memiliki medan yang sulit
C. kementerian PU dan TNI kesulitan saat membangun Jalan Trans Papua
D. di Papua, banyak terdapat hutan belantara dan gunung yang sangat tinggi

4. Perhatikan data berikut!
Jumlah Pegawai Menurut Golongan 
Umur dan Pendidikan pada Departemen A
Tahun 2017
 Golongan
Umur (tahun)
 Pendidikan
25-35
>35
 Bukan Sarjana
 Sarjana
 I
 400
500
900
 0
 II
 450
520
970
0
 III
 1.200
2.750
1.850
2.100
 IV
 0
250
0
250
 Jumlah
 2.050
4.020
3.720
2.350

Laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ....
A. Jumlah pengawai dengan pendidikan bukan sarjana paling banyak dari golongan II.
B. Jumlah pegawai golongan II dengan pendidikan sarjana lebih banyak daripada golongan IV.
C. Jumlah pegawai golongan III yang berusia 25-35 tahun lebih banyak daripada usia diatas 35 tahun.
D. Pegawai dengan golongan IV rata-rata berusia di atas  35 tahun dan tidak ada yang berpendidikan bukan sarjana.

5. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Berkuda di sungai bukan perkara mudah.
(2) Bale Kuda Stable merupakan destinasi wisata baru di DIY yang dibuka sejak Januari 2017.
(3) Di tempat-tempat lain, wisata berkuda biasanya dilakukan di jalan atau lapangan, sedangkan wisata berkuda di Bale Kuda Stable dilakukan di sungai.
(4) Sebelum bisa diajak menjelajahi sungai, seekor kuda harus dipersiapkan secara khusus.
(5) Objek wisata yang berlokasi di Dusun Janturan, Desa Tirtoadi, Kecematan Mlati, Sleman, itu menawarkan sensasi berkuda di medan yang unik.
Urutan kalimat-kalimat laporan tersebut yang logis adalah ....
A. (1), (2), (5), (3), (4)
B. (1), (4), (2), (4), (3)
C. (2), (3), (4), (1), (5)
D. (2), (5), (3), (1), (4)

6. Bacalah teks berikut!
"Mohon perhatian, diharapkan kepada seluruh peserta lomba cipta cerpen supaya melakukan daftar ulang. Selesai daftar ulang, semua peserta diharap berkumpul di ruang lomba cipta cerpen. Segeralah menempati tempat duduk yang sudah disediakan panitia. Waktu lomba cipta cerpen hanya selama tiga jam dimulai pukul 08.00-13.00 WIB. Demikian mohon diperhatikan." pengumuman dari salah satu panitia.
Teks tersebut dapat diungkapkan kembali menjadi ....
A. Panitia menjelaskan bagaimana teknis mengerjakan lomba cipta cerpen, panitia meminta peserta agar mematuhi segala peraturan lomba. Peserta harus tepat waktu dalam lomba cipta cerpen. Jangan sampai ada peserta yang terlambat.
B. Panitia meminta supaya peserta lomba melakukan rangkain kegiatan sebelum lomba cipta cerpen dimulai. Lomba cipta cerpen dilaksanakan di rung cipta cerpen selama tiga jam. Hasilnya akan diumumkan satu jam kemudian.
C. Peserta harus melakukan daftar ulang terlebih dahulu. Lalu berkumpul di ruang lomba cipta cerpen. Kemudian menempati tempat duduk yang sudah disediakan. Lomba cipta cerpen diberi waktu selama tiga jam. 
D. Peserta lomba cipta cerpen harus berlatih keras supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu semua, peserta harus mengikuti semua perintah yang diminta oleh panitia. Jadi, kegiatan lomba cipta cerpen berjalan lancar.

7. Bacalah teks berikut!
Budiyanto, ketua kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Desa Argosari, kecematan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengatakan bahwa terdapat 30 rumah yang dijadikan homestay.
Perbaikan ejaan pada teks tersebut adalah ....
A. Kelompok, Pokdarwis, desa, kecematan
B. ketua, kelompok, desa, kabupaten
C. Ketua, Kelompok, Pokdarwis, Kecematan
D. Kelompok, Pokdarwis, Kecematan, kabupaten

8. Bacalah kalimat berikut!
Kepada para hadirin diharapkan berdiri untuk bersama-sama menyanyikan lagu "Indonesia Raya."
Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. Hadirin harap berdiri untuk menyanyikan lagu "Indonesia Raya."
B. Para hadirin diharapkan berdiri untuk menyanyikan lagu "Indonesia Raya."
C. Kepada hadirin diharap berdiri untuk menyanyikan lagu "Indonesia Raya."
D. Hadirin diharapkan berdiri untuk bersama-sama menyanyikan lagu" Indonesia Raya."

9. Bacalah teks berikut!
Durasi menjalankan puasa di tiap belahan dunia berbeda-beda. Di beberapa negara, durasi puasa bisa mencapai hampir 24 jam. Namun, di belahan dunia yang lain, sejumlah umat Islam menjalankan ibadahnya bahkan di bawah 10 jam.
Di sebagian besar negara-negara Arab, waktu berpuasa rata-rata mencapai 13-17 jam sehari. Khusus untuk negara-negara Arab di Timur Tengah dan Afrika Utara, warga Aljazair menjadi yang paling lama menjalankan puasa, yaitu selama 16 jam 44 menit. Sementara itu, umat Islam di kepulauan Komoro, Afrika menjadi yang tersingkat menjalani puasa di kawasan ini, yaitu 12 jam dan 45 menit.
Ringkasan yang tepat untuk teks tersebut adalah ....
A. Durasi menjalankan puasa di tiap negara berbeda-beda, ada yang di bawah 10 jam dan ada pula yang mencapai 24 jam.
B. Negara yang paling lama menjalankan puasa adalah Aljazair, sedangkan yang tersingkat menjalani puasa adalah negara Afrika.
C. Tiap negara mempunyai durasi menjalankan puasa yang berbeda, waktu berpuasa sebagian besar negara Arab mencapai 13-17 jam sehari.
D. Durasi menjalankan puasa tiap negara berbeda-beda, umat Islam di Kepulauan Komoro menjadi tersingkat menjalani ibadah puasa dalam sehari.

10. Bacalah teks berikut!
Terdapat sebuah rumah kecil dari pepohonan. Rumah itu milik keluarga Siput. Ada Ayah, Ibu, Flo, dan Dyo. "Flo, bangunkan Dyo. Suruh dia ikut membantu mencari makanan untuk nanti siang," perintah Ibu pada Flo. Flo tidak berkata apa-apa dia langsung saja menghampiri Dyo.
"Dyo. Bangun. Ibu menyuruhmu. Ayo," ucap Flo membangunkan Dyo. Tapi Dyo tetap pura-pura tak mendengar. Flo tahu bahwa Dyo sebenarnya sudah terbangun sehingga ia terus mendesak. Flo terus mengoceh agar Dyo mau menuruti perintah ibunya yang tadi diamanatkan padanya. Flo tak menyerah begitu saja apabila hanya diabaikan.
"Sudahlah. Siapa kau mengaturku," bentak Dyo. Memang Flo dan Dyo tak pernah akur dan rukun. Dyo merasa dirinya tersaingi oleh Flo.
"Aku hanya menyampaikan amanat Ibu, Dyoo ... 
Ayo bangun, pemalas." cibir Flo.
Tokoh utama pada teks tersebut adalah ....
A. Ayah
B. Flo
C. Dyo
D. Ibu

Kunci Jawaban:
  1. C
  2. B
  3. A
  4. D
  5. D
  6. C
  7. C
  8. A
  9. A
  10. B


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Prediksi Soal UN 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP (Bagian 2)