Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Pidato Persuasif dan Pengertian Pidato Persuasif Menurut KBBI


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian pidato secara umum dan pengertian pidato menurut KBI. Semoga artikel yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari pengertian teks pidato persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya artikel tentang pidato persuasif yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian Pidato Persuasif dan Pengertian Pidato Persuasif Menurut KBBI
www.ilmubindo.com

Pidato (orasi) pada hakikatnya merupakan kegiatan berbicara untuk menyampaikan suatu hal di depan banyak orang atau di depan umum. Hal yang disampaikan oleh orator bisa berupa pendapat, gagasan informasi, atau pesan-pesan tertentu. Sebagai keterampilan berbicara, pidato yang baik tidak semata-mata ditentukan oleh tema atau isi pidato, tetapi juga ditentukan oleh kemampuan orator dalam menjalin komunikasi dengan pendengar (audiens). Jalinan komunikasi dengan pendengar sangat ditentukan oleh vokal, intonasi, dan ekspresi orator.

Pidato akan menarik apabila sang orator menyampaikan isi pidato dengan vokal yang jelas dan lantang, intonasi yang tepat, seperti nada, tempo dan jeda. Selain itu, orator juga dapat memainkan ekspresi, seperti roman, kontak mata, dan gestur (gerak-gerik anggota tubuh).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, persuasif memiliki pengertian bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Mengacu pada pengertian ini, pidato persuasif merupakan pidato yang berusaha untuk membujuk secara halus atau mengajak pendengar dengan menyampaikan pendapat, gagasan, dan alasan yang jelas, masuk akal, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hal ini dimaksudkan agar sang orator mampu menyakinkan dan memengaruhi pendengar bahwa apa yang disampaikan itu benar adanya. Jika perlu, gunakan berbagai data dari berbagai sumber atau rujukan yang terpercaya. Hindarkan data bohong (hoaks) yang justru akan menyesatkan pendengar. Sebagai pidato yang berusaha untuk membujuk dan mengajak pendengar, pada bagian akhir, biasanya ditandai dengan kata-kata ajakan.

Perhatikan contoh berikut!
...
Mengingat demikian pentingnya nilai persaudaraan dan kerukunan di tengah keberagaman budaya negeri ini, mari kira terus berangkulan, menghindari kebencian dan permusuhan, serta berusaha menciptakan suasana damai ditengah-tengah kehidupan masyarakat.
...

...
Kita sangat prihatin dengan kerusakan lingkungan yang terjadi di mana-mana. Dalam suatu seperti ini, kita tidak perlu mempersoalkan siapa yang bersalah dan siapa yang harus bertanggung jawab. Persoalan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, marilah kita mulai peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan dari diri sendiri saat ini juga.
...

Contoh pidato

Pentingnya Pendidikan Moral

Bismilahirrohmaanirrohiim
Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat seluruh hadirin sekalian di tempat ini.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada kehadirat Allah SWT, karena atas berkah dan rahmay-Nya kita semua dapat di sini dan lebih memahami mengenai pentingnya pendidikan moral. Perjumpaan kali ini, kita harapkan untuk dapat berkontribusi dalam membangun karakter atau moral dari generasi muda berikutnya.

Seperti yang kita ketahui dari banyak berita. Sering kali terjadi tawuran antarpelajar, kasus pencurian, perampokan, dan pembunuhan. Sebagai generasi masa kini, kalian juga dapat turut berkontribusi dalam mengurangi angka kriminalitas ini.

Caranya adalah dengan memperkuat dan menggencarkan pelajaran moral kepada anak bangsa saat ini. Mengubah generasi yang sudah terlanjur tua akan lebih susah dibandingkan dengan mengubah generasi yang lebih muda.

Jadi bagi Bapak dan Ibu sekalian, kini saatnya untuk memberikan pendidikan moral sejak dini. Anak-anak kita akan menjai harapan di masa depan. Yang jelas, pendidikan moral ini merupakan tanggung jawab kedua orang tua.

Cara yang paling mudah untuk menanamkan moral adalah dengan menceritakan berbagai macam cerita yang berisikan moral. Salah satu cerita yang berisikan moral adalah cerita rakyat Malin Kundang. Di dalam kisah Malin Kundang, anak akan memahami bahwa hormat kepada orang tua adalah hal yang sangat penting.

Sekian pidato dari saya mengenai pentingnya pendidikan moral. Bila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikianlah yang dapat kami jelaskan tentang pengertian pidato persuasif secara umum dan pengertian pidato persuasif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Pidato Persuasif dan Pengertian Pidato Persuasif Menurut KBBI

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /