Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Pengertian Pidato Persuasif dan Pengertian Pidato Persuasif Menurut KBBI

ilmubindo.com_ Pidato (orasi) pada hakikatnya merupakan kegiatan berbicara untuk menyampaikan suatu hal di depan banyak orang atau di depan umum. Hal yang disampaikan oleh orator bisa berupa pendapat, gagasan informasi, atau pesan-pesan tertentu. Sebagai keterampilan berbicara, pidato yang baik tidak semata-mata ditentukan oleh tema atau isi pidato, tetapi juga ditentukan oleh kemampuan orator dalam menjalin komunikasi dengan pendengar (audiens). Jalinan komunikasi dengan pendengar sangat ditentukan oleh vokal, intonasi, dan ekspresi orator. Pidato akan menarik apabila sang orator menyampaikan isi pidato dengan vokal yang jelas dan lantang, intonasi yang tepat, seperti nada, tempo dan jeda. Selain itu, orator juga dapat memainkan ekspresi, seperti roman, kontak mata, dan gestur (gerak-gerik anggota tubuh).

Pengertian Pidato Persuasif dan Pengertian Pidato Persuasif Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, persuasif memiliki pengertian bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Mengacu pada pengertian ini, pidato persuasif merupakan pidato yang berusaha untuk membujuk secara halus atau mengajak pendengar dengan menyampaikan pendapat, gagasan, dan alasan yang jelas, masuk akal, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hal ini dimaksudkan agar sang orator mampu menyakinkan dan memengaruhi pendengar bahwa apa yang disampaikan itu benar adanya. Jika perlu, gunakan berbagai data dari berbagai sumber atau rujukan yang terpercaya. Hindarkan data bohong (hoaks) yang justru akan menyesatkan pendengar. Sebagai pidato yang berusaha untuk membujuk dan mengajak pendengar, pada bagian akhir, biasanya ditandai dengan kata-kata ajakan.

Perhatikan contoh berikut!
...
Mengingat demikian pentingnya nilai persaudaraan dan kerukunan di tengah keberagaman budaya negeri ini, mari kira terus berangkulan, menghindari kebencian dan permusuhan, serta berusaha menciptakan suasana damai ditengah-tengah kehidupan masyarakat.
...

...
Kita sangat prihatin dengan kerusakan lingkungan yang terjadi di mana-mana. Dalam suatu seperti ini, kita tidak perlu mempersoalkan siapa yang bersalah dan siapa yang harus bertanggung jawab. Persoalan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, marilah kita mulai peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan dari diri sendiri saat ini juga.
...

Pelajari juga materi tentang >> Cara menelaah Struktur Teks Pidato Persuasif

Demikianlah yang dapat kami jelaskan tentang pengertian pidato persuasif secara umum dan pengertian pidato persuasif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Pidato Persuasif dan Pengertian Pidato Persuasif Menurut KBBI