Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kalimat Aktif dalam Pidato Persuasif | Bahasa Indonesia SMP 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh kalimat aktif dalam teks persuasif bahasa Indonesia kelas 9 revisi terbaru. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu rekan guru dan juga peserta didik dalam mencari referensi tentang kalimat aktif dalam bahasa Indonesia. Dan harapannya artikel yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah khususnya materi teks pidato. Selamat belajar dan semoga sukses. Berikut adalah penjelasannya.

Kalimat Aktif dalam Pidato Persuasif | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Kalimat aktif merupakan kalimat yang subjeknya melakukan kegiatan, aktivitas, pekerjaan, atau perbuatan tertetu.

Ciri-ciri kalimat aktif adalah sebagai berikut.
1.  subjeknya sebagai pelaku.
2. predikatnya berawalan me- atau ber-. Meskipun demikian, tidak sedikit kalimat aktif yang predikatnya tidak disertai kedua imbuhan tersebut.

Perhatikan contoh berikut!
1. Dia kini sudah pergi.
2. Ibu Marsella sedang asyik makan pisang goreng.
Berdasarkan hubungan antara predikat dan objeknya, kalimat aktif dibagi menjadi dua.

1. Kalimat aktif transitif
Kalimat aktif transitif adalah kalimat aktif yang predikatnya memerlukan objek.

Contoh:
1. Saya memotong kayu.
2. Mereka memanjat rumah.
3. Dia mengerjakan PR.
4. Orang itu telah mencuri pisang Pak RT.
2. Kalimat aktif intransitif
Kalimat aktif intransitif adalah kalimat aktif yang tidak memiliki objek.

Contoh:
1. Aku bernyanyi.
2. Bapak bekerja di kebun.
3. Kami berjalan menuju rumahnya.
4. Mereka bertengkar karena masalah kecil.

Contoh Teks Pidato

 Kebersihan Lingkungan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Hadirin yang terhormat,

Marilah kita panjatkan doa kepada Allah SWT atas berkat rahmat-Nya kita semua dapat verkumpul di tempat ini. Kita semua dapat berkumpul di tempat tanpa adanya halangan ke tempat ini. Kali ini saya akan berpidato mengenai pentingya kebersihan.

Setelah musim kemarau berlalu, maka akan datang musim penghujan. Sebelum musim ini tiba, ada baiknya kita berusaha mempersiapkan lingkungan di sekitar dengan memastikan kelancaran saluran pembuangan air.

Lancarnya saluran pembuangan air merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir. Salah satu cara untuk melancarkan saluran air yang tersumbat akibat menumpuknya sampah organik adalah dengan menggunakan campuran cuka putih, soda kue, dan juga air panas.

Namun, apabila saluran air terus tersumbat akibat sampah plastik, maka satu-satunya cara  adalah mengambil sampah tersebut. Tentu saja hal itu akan membuat jijik bagi orang yang sedang bekerja bakti untuk membersihkan lingkungan. Hanya saja daripada harus banjir, kerja bakti membersihkan lingkungan akan lebih baik dilakukan secara rutin.

Ingatlah bahwa Allah SWT menyukai kebersihan, karena kebersihan itu mencerminkan keimanan seseorang. Selain itu, perlu untuk menekankan kepada para generasi muda mengenai pentingnya membuang sampah di tempat sampah.

Jadilah generasi yang cinta akan kebersihan, sehingga apabila turis yang datang akan sangat nyaman berkunjung ke Indonesia. Dengan lingkungan yang bersih, maka tidak akan ada banyak bakteri yang berkembang biak.

Bakteri ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, dengan meningkatkan kebersihan lingkungan, maka akan meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar. Tentu kebaikan seperti ini akan sangat disukai oleh Allah SWT.

Selian dari menjaga kebersihan saluran air, kalian juga perlu untuk mengetahui cara untuk menjernihkan air yang akan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Kebersihan air ini juga penting, karena akan berdampak secara langsung ke tubuh.

Cara yang paling ampuh yakni dengan menggunakan biji kelor. Cara ini adalah cara yang bersifat alami. Bahkan jika dibandingkan dengan tawas. Penjernihan air dengan menggunakan daun kelorlebih aman bagi kesehatan.

Selain itu, biji kelor juga dapat mengikat berbagai macam zat logam yang tentunya akan berbahaya bagi tubuh apabila terkonsumsi. Jadi, bagi kalian yang masih memiliki pohon yang satu ini, harap untuk selalu dirawat dan kalau bisa dikembangkan.

Sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Demikianlah yang dapat kami jelaskan tentang kalimat aktif dalam teks persuasif bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga materi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat buat kita semua. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kalimat Aktif dalam Pidato Persuasif | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /