Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal Membandingkan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal ujian nasional (UN) Bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2019 dengan indikator membandingkan penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks. Semoga soal kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih jauh tentang contoh dan tipe soal ini dalam ujian nasional. Selamat belajar dan salam sukses UN 2019.

1. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Di distrik Bang Khun Thian, Thailand. ada satu kera jantan yang paling mencolok. Kera jantan yang dinamai Paman Fetty tersebut tubuhnya sangat gemuk (mencapai 15 kilogram). Saking gemuknya, perut Paman Fetty bisa menyentuh lantai. Menurut para peneliti, rata-rata kera jantan hanya berbobot 6-7 kilogram. Itu artinya. Paman Fetty mengalami kegemukan. Wah, tak disangka, ya, ternyata kera juga bisa mengalami kegemukan seperti manusia.
Hewan yang mengalami kegemukan bisa terganggu kesehatannya.Untuk menghindari hal itu, Paman Fetty pun dibawa ke tempat rehabilitasi hewan khusus. Di tempat itu, Paman Fetty akan diberi makanan yang lebih sehat dan teratur. Selain itu, Paman Fetty akan diajak berolahraga, seperti berlari dan menggelantung di atas pohon. Semoga saja diet yang dilakukan Paman Fetty bisa berhasil, ya, teman-teman. O iya, jika kamu tidak mau mengalami kegemukan, perbanyaklah makan buah dan sayur.

Contoh Soal Membandingkan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks

Teks 2
Pola makan merupakan perilaku paling penting yang dapat memengaruhi keadaan gizi seseorang. Kondisi gizi seseorang disebabkan kuantitas dan kualitas makanan serta minuman yang dikonsumsi. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis atau penyakit menular, pola makan masyarakat perlu ditingkatkan ke arah konsumsi gizi seimbang.
Keadaan gizi yang baik dapat meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat. Gizi yang optimal sangat penting untuk pertumbuhan normal serta perkembangan fisik dan kecerdasan bayi, anak-anak, serta seluruh kelompok umur. Gizi yang baik membuat berat badan terkena penyakit infeksi, produktivitas kerja meningkat, serta terlindung dari penyakit kronis.

Perbedaan pengunaan bahasa dalam kedua teks tersebut adalah ....


Teks 1
Teks 2
A.
efektif
tidak efektif
B.
baku
tidak baku
C.
mudah dipahami
berbelit-belit
D.
santai
resmi

2. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
PT Dirgantara Indonesia (DI) dan (Lapan) sukses menerbangkan purwarupa pesawat pertama N219 untuk pertama kalinya dalam acara flight test di landasan pacu Bandar Udara Husein Sastranegara, Bandung, Rabu, 16 Agustus 2017. Peristiwa serupa terjadi 22 tahun lalu saat perusahaan milik negara ini membuat pesawat N250.

Teks 2
Purwarupa pesawat pertama N219 dari PT Dirgantara Indonesia (Persero) melakukan uji coba perdana di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Rabu, 16 Agustus 2017. Uji coba penerbangan perdana pesawat tersebut dilakukan sekira pukul 09.10 WIB dan disaksikan langsung oleh Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin. Dengan terbang mengelilingi rute di kawasan Batujajar dan Waduk Saguling, purwarupa pesawat pertama N219 diujicobakan.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
diawali unsur siapa, diakhiri unsur apa
diawali unsur apa, diakhiri unsur bagaimana
B.
diawali unsur apa, diakhiri unsur kapan
diawali unsur mengapa, diakhiri unsur apa
C.
diawali unsur bagaimana, diakhiri unsur siapa
diawali unsur kapan, diakhiri unsur mengapa
D.
diawali unsur di mana, diakhir unsur mengapa
diawali unsur bagaimana, diakhiri unsur siapa

3. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Andi rajin belajar. Setiap hari dia tidak lupa menyisihkan dua jam waktunya untuk belajar. Andi rajin belajar karena ingin pintar sehingga dapat meraih cita-citanya. Cita-cita Andi adalah menjadi seorang guru.

Teks 2
Andi anak yang rajin. Tak lupa dia selalu belajar tiap harinya. Belajar enggak lama sih, paling satu jam setiap harinya. Andi belajar untuk meraih cita-citanya sebagai guru.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
mudah dipahami berbelit-belit
B.
efektif
berbelit-belit
C.
resmi santai
D.
baku tidak baku

4. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Tim nasional U-22 Indonesia sukses memetik kemenangan telak 3-0 dalam laga kedua penyisihan Grup B SEA Games kontra Filipina. Kamis 17 Agustus 2017. di Shah Alam Stadium, Malaysia. Torehan itu pun langsung ditanggapi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Imam Nahrawi memberikan apresiasi positif terkait penampilan Timnas U-22 di ajang Sea Games 2017 ini.

Teks 2
Tim nasional U-19 Indonesia berhasil membantai Filipina 9-0 dalam laga kedua penyisihan grup B Piala AFF U-18, Kamis (7-9-2017) di Myanmar. Kemenangan dengan skor telak itu ternyata tidak di sangka-sangka oleh manajer timnas U-19, Roni Fauzan.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
apa, di mana, kapan, bagaimana, siapa apa, kapan, di mana, bagaimana, siapa
B.
apa, kapan, di mana, siapa, bagaimana apa, kapan, di mana, bagaimana, siapa
C.
apa, kapan, di mana, bagaimana, siapa apa, di mana, bagaimana, kapan, siapa
D.
apa. kapan, di mana, siapa, mengapa apa, kapan, di mana, siapa, bagaimana

5.  Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1
Komunikasi merupakan landasan utama dan pengetahuan dasar bagi suatu individu dalam berinteraksi sosial dengan individu lainnya. Pentingnya komunikasi juga tak terelakan dari kehidupan setiap manusia, dalam mendukung proses komunikasi, setidaknya ada beberapa hal yang seharusnya dicermati dalam berkomunikasi. Salah satu hal yang seharusnya menjadi perhatian tiap individu dalam berkomunikasi adalah etika.

Teks 2
Jakob lahir di Jowahan, Borobudur sebagai anak seorang guru sekolah rakyat. Sempat mengenyam pendidikan seminari untuk mengejar cita-citanya menjadi pastor, tetapi kemudian menekuni dunia mengajar. Setelah itu, Tuhan mengarahkannya menjadi wartawan hingga menjadi pengusaha. Kariernya di dunia jurnalistik dimulai dari menjadi redaktur di majalah Penabur. Hingga pada tahun 1963, Jakob mendirikan majalah Intisari bersama PK Ojong, menyusul Kompas pada tahun 1965, dan unit-unit usaha lainnya.

Perbedaan ciri bahasa kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
kata keterangan tempat dan kalimat perintah terdapat kata rujukan dan metafora
B.
terdapat kata rujukan dan metafora kata keterangan tempat dan kalimat perintah
C.
terdapat kata hubung dan kata rujukan terdapat kata sifat dan kata kerja
D.
adanya kalimat majemuk setara adanya kata keterangan tempat dan waktu

Kunci Jawaban:
  1. D
  2. A
  3. D
  4. B
  5. D

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Membandingkan Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template