Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Struktur Teks Fabel dan Legenda



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan struktur teks fabel dan legenda dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 7. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 7 yang sedang mencari referensi terbaru seputar teks fabel yang di berikan oleh bapak dan ibu guru di sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian sukses. 

Pada dasarnya cerita legenda dan fabel mempunyai struktur teks yang sama. Keduanya termasuk cerita prosa rakyat yang banyak disukai oleh anak-anak. Cerita prosa rakyat memiliki struktur berupa orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Nah, untuk lebih jelasnya kalian bisa baca di bawah ini.

Struktur Teks Fabel dan Legenda
www.ilmubindo.com

1. Orientasi
Orientasi merupakan pembuka dalam cerita fabel. Orientasi berisi pengenalan tokoh, latar, dan watak tokoh. Pengenalan tokoh meliputi kejadian yang dialami tokoh atau pelaku utama. Pengenalan latar berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar digunakan pengarang untuk menghidupkan sebuah cerita dan menyakinkan pembaca. Dengan kata lain, latar ini mengekspresikan watak, baik secara psikis maupun fisik.

2. Komplikasi
Tahapan ini berisi urutan kejadian. Kejadian-kejadian ini dihubungkan secara sebab-akibat. Peristiwa satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa lain. Komplikasi muncul akibat munculnya suatu konflik yang diceritakan pada tahapan orientasi. Tahap ini ditandai dengan reaksi pelaku dalam cerita legenda atau fabel terhadap konflik, hingga konflik memuncak (klimaks).

3. Resolusi
Resolusi merupakan suatu keadaan ketika konflik terpecahkan dan menemukan penyelesaiannya. Tahapan ini ditandai dengan pengungkapan solusi dari berbagai konflik yang dialami tokoh.

4. Koda/Amanat
Koda/amanat berisi perubahan perilaku tokoh dan nilai-nilai yang dapat dipetik dari cerita tersebut.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang struktur teks fabel dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Struktur Teks Fabel dan Legenda

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template