Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal UN Bahasa Indonesia SMP Sesuai Indikator Terbaru 2020



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal un bahasa Indonesia kelas 9 sesuai dengan indikator UN bahasa Indonesia kelas 9. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 yang akan mengikuti UN tahun ini. Harapannya contoh soal yang admin bagikan ini dapat mengantarkan anak didik untuk meraih nilai terbaik UN tahun ini khusus mata pelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan sukses selalu buat kalian semuanya.

Contoh Soal UN Bahasa Indonesia SMP Sesuai Indikator Terbaru 2020
www.ilmubindo.com

1. Indikator soal: Anak didik mampu menentukan makna kata/kalimat dalam teks

Bacalah paragraf berikut!
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Gunung Merapi berstatus level II atau waspada. Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar ke arah hulu kali Gendol. BPPTKG menambahkan jarak luncur guguran maksimal 300 meter terjadi pada pukul 19.05 WIB. Intensitas guguran rendah dengan potensi material yang kecil sehingga belum membahayakan penduduk.

Makna kata yang bercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A. jumlah
B. tataran
C. tingkat
D. kaitan

Jawaban: C

2. Indikator soal: Anak didik mampu menentukan informasi tersurat teks

Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertekad membangun sekitar 300 jembatan gantung diberbagai daerah seluruh Indonesia pada tahun 2018-2019. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa kehadiran jembatan gantung disambut baik oleh masyarakat karena manfaatnya nyata. Oleh karena itu, Kementerian PUPR menargetkan membangun 134 jembatan pata tahun 2018 dan 166 jembatan pada tahun 2019. Pembangunan jembatan tersebut juga melibatkan masyarakat lokal. Selain untuk memperdayakan masyarakat, diharapkan masyarakat juga dapat mempunyai rasa memiliki dan menjaga kondisi jembatan yang ditargetkan rampung Desember 2018. Menteri Basuki belum memerinci jumlah anggaran yang diperlukan untuk membangun sekitar 300 jembatan gantung tersebut.

Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Bagaimana kondisi jembatan yang akan dibangun dan diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat?
B. Mengapa Menteri Basuki belum memerinci jumlah anggaran yang diperlukan untuk membangun sekitar 300 jembatan gantung?
C. Bagaimana cara Kementerian PUPR memperbaiki kondisi jembatan yang sudah tidak layak pakai oleh masyarakat?
D. Mengapa Kementerian PUPR memberdayakan masyarakat lokal dalam pembangunan jembatan gantung

Jawaban: D

3. Indikator soal: Anak didik mampu menentukan bagian teks

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 3 dan 4!
1) Buku Pengembangan Seni Anak Usia Dini ini ditulis oleh Novi Mulyani. 2) Buku ini berisi beberapa tips agar pembaca mampu belajar dan memahami perkembangan seni pada anak. 3) Buku ini terdiri atas delapan bab yang membahas seni anak usia dini. 4) Buku ini berisi berbagai seni dalam pendidikan anak usia dini, mulai dari seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, seni dan pendidikan karakter kreativitas, dan perkembangan anak.

1) Materi yang terdapat di dalam buku ini lengkap dengan diksi yang mudah dipahami. 2) Namun, gambar dalam buku masih berwarna hitam putih sehingga kurang menarik untuk dilihat. 3) Buku ini sangat bermanfaat buat orang tua. 3) Orang tua memiliki andil besar dalam membantu pengembangan seni anak sejak usia dini.

Pernyataan yang merupakan kelemahan buku pada teks tersebut terdapat pada ....
A. paragraf kedua kalimat ketiga
B. paragraf kedua kalimat kedua
C. paragraf pertama kalimat keempat
D. paragraf pertama kalimat satu

Jawaban: B

4. Indikator soal: Anak didik mampu menentukan bagian teks

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 3 dan 4!
1) Buku Pengembangan Seni Anak Usia Dini ini ditulis oleh Novi Mulyani. 2) Buku ini berisi beberapa tips agar pembaca mampu belajar dan memahami perkembangan seni pada anak. 3) Buku ini terdiri atas delapan bab yang membahas seni anak usia dini. 4) Buku ini berisi berbagai seni dalam pendidikan anak usia dini, mulai dari seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, seni dan pendidikan karakter kreativitas, dan perkembangan anak.

1) Materi yang terdapat di dalam buku ini lengkap dengan diksi yang mudah dipahami. 2) Namun, gambar dalam buku masih berwarna hitam putih sehingga kurang menarik untuk dilihat. 3) Buku ini sangat bermanfaat buat orang tua. 3) Orang tua memiliki andil besar dalam membantu pengembangan seni anak sejak usia dini.

Pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks tersebut terdapat pada ....
A. paragraf kedua kalimat keempat
B. paragraf kedua kalimat kesatu
C. paragraf pertama kalimat keempat
D. paragraf pertama kalimat ketiga

Jawaban: B

5. Indikator soal: Anak didik mampu menentukan gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks

Bacalah paragraf berikut!
Hutan yang menyediakan sunber daya (hayati dan nonhayati) yang dapat dimanfaatkan hidup yang disebut hasil hutan. Hasil hutan terbagi dalam dua jenis yaitu hasil hutan kayu dan hasil hutan bukan kayu. Kayu telah lama digunakan manusia untuk berbagai keperluan di antaranya untuk berbagai keperluan, diantara untuk membangun tempat tinggal, bahan pembuat perkakas, maupun bahan baku kertas. Hasil hutan bukan kayu adalah hasil hutan hayati, baik nabati maupun hewani beserta produk turunan dan budidaya, kecuali kayu yang berasal dari hutan. Tidak kalah dengan kayu, jenis hasil hutan bukan kayu di Indonesia juga sangat beragam. Berdasarkan jenis produknya, hasil hutan bukan kayu dapat dikelompokkan menjadi hasil hutan bukan kayu yang berasal dari tumbuhan dan tanaman, serta yang berasal dari hewan.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. hasil hutan bukan kayu dimanfaatkan manusia
B. kayu bermanfaat untuk berbagai keperluan manusia 
C. sumber daya yang disediakan hutan disebut hasil hutan
D. hutan dapat dimanfaatkan manusia untuk mencari nafkah

Jawaban: C

6. Indikator soal: Simpulan pendapat pro/kontra

Bacalah paragraf berikut!
1) University of Technology Sydney (UTS) Insearch Australia kembali menawarkan beasiswa untuk program Future Leaders Scholarship. 2) Beasiswa ini menawarkan beasiswa AUD 3,000 atau sekitar 32 juta rupiah untuk biaya studi bagi para pelajar Indonesia yang mendaftarkan diri ke UTS Insearch sebelum Desember 2019. 3) Stefani, Manajer Mitra UTS Insearch, menjelaskan selain beasiswa tersebut para pelajar ini juga akan menerima akses ke Program Kepemimpinan khusus dari UTS senilai AUD 2,000 atau sekitar 21 juta rupiah untuk membantu mempersiapkan mahasiswa dalam magang. 4) Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari konsep dan semangat enterpreneurship.

Simpulan yang berupa persetujuan penulis dalam paragraf tersebut ditunjukkan angka ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

Jawaban: A

7. Indikator soal: Anak didik mampu menentukan ringkasan isi teks

Bacalah teks berikut dengan saksama!
Komedo adalah bintik-bintik yang muncul pada kulit akibat folikel rambut yang tersumbat. Komedo termasuk jenis jerawat ringan yang terjadi pada wajah. Namun, komedo juga dapat muncul pada punggung, dada, leher, lengan, dan pundak. Komedo mudah terlihat pada kulit karena warnanya yang lebih gelap. Komedo sedikit muncul, tetapi tidak bengkak seperti jerawat.

Komedo dapat dicegah dengan rajin melakukan kegiatan mencuci muka. Kegiatan mencuci muka dapat dilakukan setelah bangun dan sebelum tidur. Tumpukkan minyak yang dapat menyebabkan komedo dapat hilang setelah dibasuh dengan air. Penting juga untuk membersihkan wajah setelah makan makanan berminyak, seperti pizza karena minyak dari makanan juga dapat menutup pori-pori.

Ringkasan yang tepat bacaan tersebut adalah ....
A. Komedo muncul akibat folikel rambut yang tersumbat dan dapat dicegah dengan rajin melakukan kegiatan mencuci muka.
B. Komedo termasuk jenis jerawat ringan yang terjadi pada wajah dan dapat muncul pada punggung
C. Komedo mudah terlihat pada kulit karena warnanya yang lebih gelap dan bentuknya sedikit menimbul
D. Tumpukan minyak yang dapat menyebabkan komedo dapat hilang setelah mencuci muka

Jawaban: A

8. Indikator soal: Anak didik mampu menentukan perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks

Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Biduran akan muncul sebagai reaksi alergi yang disebut alergen. Nah, biasanya biduran akan muncul saat kondisi imun atau pertahanan tubuh kita sedang tidak baik. Alergen ini kemudian akan merangsang sistem pertahanan tubuh kita dan menyebabkan keluarnya zat-zat seperti histamin dalam tubuh yang mengakibatkan munculnya gejala alergi. Histamin dalam tubuh berfungsi untuk membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan alergi. Selain itu, histamin berfungsi untuk membantu, mendukung beberapa fungsi tubuh, lo, seperti membantyu menghancurkan makanan. Nah, walaupun histamin mempunyai fungsi yang penting bagi tubuh, kalau produksi histamin terlalu berlebihan, tidak baik buat tubuhmu. Reaksi histamin yang berlebihan akan menyebabkan munculnya gelajala alergi seperti biduran, nih.

Teks II
Diphenhydramine adalah obat antihistamin generasi pertama. Obat ini membantu meredakan pilek, bersin, mata gatal atau berair, dan hidung atau tenggorakan gatal. Gejala-gejala ini bisa terjadi karena demam, alergi saluran pernapasan atas lainnya, atau flu biasa. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati dan mengurangi kemerahan akibat gatal di tubuh. Obat ini bekerja dengan menghambat efek zat kimia tertentu penyebab gatal. Produk ini juga mengandung bahan lain yang membantu menghilangkan gejala seperti kulit kering, basah, dan bernanah.

Perbedaan penggunaan bahasa dalam kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks I: efektif, Teks II: tidak efektif
B. Teks I: baku, Teks II: tidak baku
C. Teks I: mudah dipahami, Teks II: berbelit-belit
D. Teks I: santai, Teks II: resmi

Jawaban: D

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal UN bahasa Indonesia sesuai dengan kisi-kisi UN SMP. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam persiapan menghadapi ujian nasional tahun ini khusus anak didik kelas 9. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat mengantarkan kalian semua dalam memeroleh nilai terbaik UN tahun ini. Sukses selalu buat kalian semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal UN Bahasa Indonesia SMP Sesuai Indikator Terbaru 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /