Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

4+ Teknik Membaca untuk Mengembangkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) 2019



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan teknik-teknik membaca untuk mengembangkan kecepatan efektif membaca. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teknik membaca efektif. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik baik perkembangan anak didik di sekolah, khususnya dalam tugas membaca dengan efektif. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

4+ Teknik Membaca untuk Mengembangkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) 2019
www.ilmubindo.com

Berikut ini adalah teknik membaca untuk mengembangkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM)

1. Skimming
Skimming adalah membaca teks secara cepat, menyeluruh untuk memeroleh gambaran umum, bagian penting, dan menyegarkan ingatan akan apa yang pernah kita baca.

2. Scanning
Scanning adalah membaca cepat, tetapi teliti. Teknik ini bertujuan memeroleh fakta atau informasi tertentu, misalnya kata-kata tertentu, misalnya kata-kata tertentu dalam kamus atau nomor telepon.

3. Selecting
Selecting adalah adalah memilih teks dan bagian teks yang dibaca berdasarkan kebutuhan. Teknik ini dilakukan sebelum kegiatan membaca judul-judul berita di surat kabar.

4. Skipping
Skipping adalah kegiatan membaca yang mengabaikan atau melompati bagian yang tidak diperlukan atau bagian yang sudah dimengerti.

Contoh Teks

Metode Mengajar yang Mengasyikkan,
Menyenangkan, dan Menghasilkan
(oleh Suparlan)

Foxfire merupakan metode penugasan atau pemberian tugas kepada peserta didik untuk melakukan kajian kemasyarakatan ke suatu daerah. Selanjutnya, hasil kajian itu disusun dalam bentuk tulisan singkat dan akhirnya diterbitkan sebagai bentuk laporan. Tentu saja materi penugasan tersebut terkait dengan materi pelajaran yang diajarkan.
 
Tujuan yang akan dicapai dengan menggunakan metode ini adalah untuk (1) meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga warisan sosial dan budaya masyarakat, (2) meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pengumpulan data, (3) meningkatkan keterampilan menulis.
Ada dua persyaratan utama untuk dapat menerapkan metode foxfire ini. Pertama, guru harus bersedia untuk bekerja sama dengan siswa. Guru berperan sebagai mentor yang membimbing dan memberikan petunjuk kepada siswa. Kedua, hasil kegiatan pengumpulan data harus diadministrasikan dengan baik untuk memudahkan pekerjaan guru dan siswa.
 
Foxfire merupakan metode pembelajaran yang cukup baru dan cukup unik karena mengembangkan pendekatan pembelajaran siswa aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan (PAKEM). Metode pembelajaran ini memiliki beberapa kelebihan. Pertama, para siswa akan memiliki keterampilan dalam proses pengumpulan data lapangan. Kedua, para siswa akan memiliki keterampilan dalam menulis. Ketiga, terjadi kerja sama yang sinergis antara sekolah dengan penerbit. Keempat, metode ini memberikan bekal keterampilan kepada siswa untuk dapat memeroleh penghasilan melalui menulis. Kelima, jika hasil karya siswa tersebut dapat diterbitkan dan laku dijual, kegiatan siswa ini akan dapat menghasilakan pendapatan ekonomi atau finansial (generate income).
 
Meskipun demikian, metode pembelajaran ini juga memiliki beberapa kelemahan. Pertama, diperlukan waktu yang cukup lama sehingga menyulitkan wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk membuat jadwal yang dapat mengakomodasi pelaksanaan metode ini. Kedua, diperlukan guru yang benar-benar memiliki kemampuan membimbing siswa untuk dapat menulis.
 
Secara umum, metode ini dikatakan baru dan cukup unik sejalan dengan penerapan pendekatan PAKEM yang sedang dikembangkan. Walaupun terdapat kelemahan dalam penerapannya, metode ini masih mungkin dapat dilaksanakan dengan model penugasan proyek. Waktu yang digunakan siswa adalah waktu di luar kegiatan belajar-mengajar (KBM). Model penugasan proyek ini sangat dianjurkan dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Jika metode ini dapat diterapkan, saya yakin akan berdampak sangat positif kepada siswa. Apalagi kalau hasil pekerjaan siswa tersebut diterbitkan dan dipasarkan, tentu sangat membanggakan.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang 4 teknik membaca untuk mengembangkan kecepatan membaca. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dan dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan belajar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4+ Teknik Membaca untuk Mengembangkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /