Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Aspek-Aspek yang Diperhatikan dalam Menyimpulkan Isi Pidato Persuasif 2019



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang aspek yang perlu kalian perhatikan dalam menyimpulkan isi pidato persuasif. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari aspek-aspek saja yang harus di perhatikan dalam menyimpulkan isi pidato. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Aspek-Aspek yang Diperhatikan dalam Menyimpulkan Isi Pidato Persuasif 2019
www.ilmubindo.com

Aspek yang perlu diperhatikan dalam menyimpulkan isi teks pidato persuasif adalah sebagai berikut
1. simpulan harus memuat semua pokok-pokok isi berita
2. simpulan tidak menyimpang dari isi pidato
3. simpulan bukan merupakan komentar, tetapi ringkasan
4. memerhatikan penggunaan ejaan yang baik
5. memerhatikan pilihan kata dan diksi
6. memerhatkan tanda baca

Contoh teks pidato persuasif

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Para hadirin yang terhormat, 

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada hadirat Allah SWT atas berkah rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dengan kondisi seperti apapun. Saya di sini akan menyampaikan pidato mengenai motivasi untuk pantang menyerah.

Setiap orang pasti akan memiliki masalah yang berbeda-beda dalam hidup ini. Namun, bagi orang yang gigih hal itu akan dijadikan sebagai tantangan yang layak untuk ditaklukkan. Beban akan menjadi hal yang menghambat bila kita berpikir itu adalah masalah.

Akan tetapi, masalah bisa juga dipandang sebagai kesempatan untuk mengasah kemampuan diri dalam menyelesaikan hal yang menjadi masalah itu. Jadi hal yang penting adalah bagaimana cara kita dalam memandang suatu masalah.

Percayalah sagala macam badai akan berakhir. Tidak mungkin ada badai yang tak pernah reda. Begitu juga dengan hidup ini, tidak mungkin akan terus menerus diisi dengan hal yang membuat bahagia saja. Bukan begitu cara Tuhan mendidik kita untuk menjadi orang yang hebat.

Hal ini juga mirip dengan istilah laut yang ganas akan menghasilkan pelaut yang handal. Maka dari itu, orang yang biasa dengan berbagai persoalan hidup, biasanya dia akan menjadi orang yang pantang menyerah dan tangguh.

Menjadi orang yang pantang menyerah memang tidak mudah. Dibutuhkan komitmen terhadap diri sendiri yang kuat. Namun, bila kita dapat bertahan, maka hal itu adalah sesuatu yang baik dan merupakan awal dari keberhasilan lain yang akan kita raih.

Sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Demikianlah yang admin bagikan tentang aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menyimpulkan isi pidato persuasif. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih dalam tentang aspek dalam menyimpulkan teks pidato persuasif. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Aspek-Aspek yang Diperhatikan dalam Menyimpulkan Isi Pidato Persuasif 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /