Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Membandingkan Dua Teks | UN Bahasa Indonesia SMA 2020


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com-  Kali ini admin akan membagikan contoh soal UN Bahasa Indonesia kelas XII indikator soal membandingkan dua teks lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar UN Bahasa Indonesia kelas XII SMA. Dan harapannya contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Contoh Soal Membandingkan Dua Teks | UN Bahasa Indonesia SMA 2020
www.ilmubindo.com

1. Perhatikan kedua teks berikut!
Teks 1
Banyak lho aktivitas keseharian kita yang tanpa sadara adalah aktivitas yang memiliki manfaat untuk eksehatan tubuh. Sebagai contoh aktivitas pola tidur yang baik, pola makan yang baik, serta pola keseharian yang baik. Nah, aktivitas itu jika benar-benar dilakukan sangat menjamin tunuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak dibanding dengan cara modern dan instan. Cara alami kayak gini juga bisa menjadi cara menjaga menjaga kesehatan tubuh mulai dari paru-paru, jantung, dan mata. Selanjutnya, olahraga rutin, makan teratur, banyak minum air putih, makan teratur, mengonsumsi obat herbal, dan menjalani pola hidup sehat.

Teks 2
Mengonsumsi pola makan seimbang merupakan anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrisi tiap individu. Zat gizi tersebut, di antaranya karbohidrat, tepung-tepungan, gula, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat.
Pola makan sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut, di antaranya menjaga kondisi tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat tersebut, di antaranya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan seimbang dapat meningkatkan konsetrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak sehat akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidakmasimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktivitas.

Perbedaan penggunaan bahasa dalam kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
Bahasa ilmiah
Bahasa sehari-hari
B.
Bahasa baku
Bahasa tidak baku
C.
Bahasa resmi
Bahasa santai
D.
Bahasa sehari-hari
Bahasa ilmiah
E.
Bahasa ilmiah
Bahasa santai

Jawaban: D
Perbedaan penggunaan bahasa dalam suatu teks dapat kita ketahui dengan menganalisis kosakata yang digunakan. Kosakata tersebut dapat berupa kosakata asli bahasa Indonesia, kosakata asing, bahasa sehari-hari, bahasa lugas, ataupun menggunakan majas. Teks 1 pada kutipan tersebut menggunakan bahasa sehari-hari. Adapun teks 2 pada kutipan tersebut menggunakan bahasa ilmiah.

2. Perhatikan kedua teks berikut!
Teks 1
Penutupan penambangan pasir ilegal di kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berdampak pada terpuruknya usaha penjualan pasir di Kabupaten Pamekasan. Sejumlah tempat penjualan pasir hitam dari Pasuruan, Kabupaten Lumajang, pun terancam gulung tikar.
"Sekarang stok pasir sudah habis. Sudah tidak ada yang masuk lagi. Banyak pelanggan kecewa karena tidak terlani," kata Kholiq, pengusaha di pasir di Jalan Raya Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (6/10/2015).

Teks 2
Tiga titik penambangan pasir ilegal yang beroperasi di sepanjang Sungai Serayu. Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ditutup. Penutupan tersebut dilakukan oleh tim gabungan Polda Jawa Tengah dan Balai Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) wilayah Serayu Selatan, Rabu (7/10/2015). Penutupan penambangan pasir tanpa perlawanan sudah kabur. Di duga penertiban tersebut sudah bocor. Ketiga penambangan pasir ilegal yang ditutup berada di Desa Tumiyang, Kecematan Kebasen, Desa Srowot, Kecematan Kalibagor, dan Desa Somakaton, Kecematan Somagede. Penambangan tersebut berada di sepanjang Sungai Serayu.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
apa, bagaimana, siapa, di mana, kapan siapa, apa, bagaimana, kapan, di mana
B.
apa, mengapa, siapa, di mana, kapan apa, siapa, kapan, bagaimana, di mana
C.
siapa, apa. di mana, mengapa, kapan bagaimana, kapan, siapa, apa, di mana
D.
mengapa, siapa, apa, di mana, kapan siapa, di mana, kapan, bagaimana, apa
E.
apa, mengapa, di mana, siapa, kapan siapa, kapan, mengapa, apa, di mana

Jawaban: B
Perbedaan penyajian suatu teks dapat kita ketahui dengan menjawab pertanyaan 5W + 1H. Berdasarkan kutipan kedua berita tersebut, isi teks 1 dapat kita ketahui dengan menjawab pertanyaan apa, mengapa, siapa, di mana, kapan. Adapun isi teks 2 dapat kita ketahui dengan menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, bagaimana, di mana.

3. Perhatikan kedua teks berikut!
Teks 1
Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun dalam negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini mengangkat keindahan bawah laut Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia.

Teks 2
Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dar 600 pulau. kepulauan Raja Ampat memiliki potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di Papua Barat ini sangat terkenal dengan wisata tempat lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik dunia. Laut di kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman flora dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat memunyai 75% seluruh spesies karang di dunia.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Membahas film Edis Paradise 3
B. Membahas keindahanpulau-pulau di Raja Ampat
C. Membahas keragaman flora dan fauna Raja Ampat
D. Membahas objek wisata Raja Ampat
E. Membahas pusat segitiga karang dunia

Jawaban: D
Kedua teks tersebut sama-sama membahas tentang objek wisata Raja Ampat. Hal tersebut dapat kita ketahui dari kutipan teks 1 berikut Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun dalam negeri. Selain itu kita dapat pula mengetahui dari kutipan teks 2 berikut Tempat wisata di Papua Barat ini sangat terkenal dengan wisata tempat lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik dunia.

4. Teks berikut untuk nomor 4 dan 5!
Kutipan 1
Kita menyadari, pertarungan manusia dengan binatang penyebab penyakit akan terus berlangsung. Secara dialektik, tantangan alam ini sudah direspons oleh manusia dengan pengetahuan dan kecerdasan, tetapi belum merata hasilnya. Itulah tugas yang masih harus kita giatkan. Mau tidak mau, sosialisasi tentang DBD masih harus kita genjarkan. Kita juga awas terhadap perubahan musim yang membuat irama hidup nyamuk Aedes aegypti berpotensi berubah. Selain pemerintah masyarakat harus ikut menanggulangi DBD, dan untuk itu terus diberdayakan.
Kutipan 2
Idealnya rantai perdagangan harus pendek, efisien, dan adil. Hal ini dapat tercapai setidaknya melalui tiga cara. Yang terbaik adalah melalui organisasi petani. Bentuk ideal berdasarkan sifat gotong royong masyarakat kita adalah koperasi, yang dapat menjadi unit pembelian sarana produksi, produsen memiliki daya tawar lebih baik mengintegrasikan diri ke dalam sistem logistik yang lebih besar. Dengan demikian, pihak produsen, dalam hal ini petani, akan lebih diuntungkan.

4. Perbedaan inti opini kedua teks di atas adalah ....

Kutipan 1
Kutipan  2
A.
Masyarakat dan pemerintah harus menanggulangi penyebaran DBD Petani akan lebih diuntungkan dengan pembelian melalui koperasi petani
B.
Masyarakat harus berperan aktif dalam menanggulangi penyebaran DBD Pedagang mempunyai pengaruh yang besar dalam rantai perdagangan
C.
Nyamuk Aedes aegyti menyebar seiring dengan perubahan musim Masyarakat petani dirugikan dengan perdagangan melalui koperasi
D.
Pemerintah adalah gembala yang bertanggung jawab terhadap pemberantasan nyamuk Koperasi petani memiliki peranan besar memutus rantai perdagangan ilegal
E.
Pemerintah dapat menanggulangi penyebaran DBD dengan baik Petani adalah korban utama perdagangan yang tidak menguntungkan

Jawaban: A
Perbedaan isi dalam suatu teks dapat kita ketahui dengan menganalisis pokok persoalan yang dibahas dalam tiap teks. Teks 1 pada kutipan tersebut berisi Masyarakat dan pemerintah harus menanggulangi penyebaran DBD. Adapun teks 2 pada kutipan tersebut berisi Petani akan lebih diuntungkan dengan pembelian melalui koperasi petani.

5. Perbedaan pokok persoalan kedua kutipan tajuk tersebut adalah ....

Kutipan 1
Kutipan 2
A.
Peran pemerintah dalam penyebaran DBD Pembelian sarana produksi pertanian
B.
Maraknya penyakit DBD Korban utama pemasaran pertanian
C.
DBD adalah penyakit mematikan Peran koperasi petani
D.
Penyebab penyakit DBD Fungsi koperasi petani
E.
Penanggulangan DBD Pemasaran hasil pertanian

Jawaban: E
Perbedaan isi dalam suatu teks dapat kita ketahui dengan menganalisis pokok persoalan yang dibahas dalam tiap teks. Teks 1 pada kutipan tersebut berisi Penanggulangan DBD. Adapun teks 2 pada kutipan tersebut berisi Pemasaran hasil pertanian.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal dan pembahasan materi UN Bahasa Indonesia kelas XII SMA. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang  baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Membandingkan Dua Teks | UN Bahasa Indonesia SMA 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /