Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Menyimpulkan Isi Tersirat Teks Nonsastra | UN SMA 2020


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com-  Kali ini admin akan membagikan contoh soal UN bahasa Indonesia SMA kelas XII indikator soal menyimpulkan isi tersirat teks nonsastra lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Dan harapannya contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan rasa percaya diri yang luar biasa buat anak didik kelas XII untuk menghadapi UN tahun ini. Selamat belajar dan semoga sukses.

Contoh Soal Menyimpulkan Isi Tersirat Teks Nonsastra | UN SMA 2020
www.ilmubindo.com

1. Bacalah paragraf berikut!
Negeri ini telah lebih dari 20 tahun melaksankan wajib belajar pendidikan dasar 6 tahun dan telah 10 tahun melaksanakan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun. Maksud dan tujuan pelaksanaan wajib belajar adalah memberikan pelayanan kepada anak bangsa untuk memasuki sekolah dengan biaya murah dan terjangkau oleh kemampuan masyarakat banyak. Apabila perlu, pendidikan dasar 6 tahun seharusnya dapat memberikan pelayanan secara gratis karena dalam pendidikan dasar enam tahun kebutuhan mendasar bagi warga negara mulai berikan. Di sekolah dasar inilah anak bangsa akan dididik agar bisa membaca, menulism, dan berhitung, serta dasar berbagai pengetahuan lain. Tiap anak bangsa harus mengikuti wajib belajar mulai dari jenjang yang terendah, yaitu sekolah dasar.

Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah menjelaskan bahwa ....
A. anak usia 7-12 tahun minimal mampu membaca, menulis, dan berhitung
B. wajib belajar pendidikan 6 sampai 9 tahun bagi masyarakat
C. wajib belajar pendidikan dasar itu harus murah dan terjangkau oleh masyarakat
D. pendidikan dasar 6 tahun seharusnya diberikan pelayanan secara gratis
E. tiap wajib belajar harus dimulai dari jenjang sekolah dasar

Jawaban: C
Suatu teks ditulis pasti memunyai tujuan tertentu. Tujuan penulis teks dapat kalian temukan melalui dua cara, yakni secara tersirat dan tersurat. Makna tersirat ialah makna teks yang harus kalian simpulkan sendiri. Makna tersurat ialah makna yang jelas terdapat dalam kalimat-kalimat teks tersebut. Tujuan penulisan pada teks tersebut dapat kita temukan secara tersurat, yakni wajib belajar pendidikan dasar itu harus murah dan terjangkau oleh masyarakat. Pernyataan tersebut terdapat pada kutipan berikut. "Maksud dan tujuan pelaksanaan wajib belajar adalah memberikan pelayanan kepada anak bangsa untuk memasuki sekolah dengan biaya murah dan terjangkau oleh kemampuan masyarakat banyak."

2. Bacalah paragraf berikut!
Menghadapi kondisi kenaikan harga seperti ini pemerintah melakukan operasi psar dan pasar murah. Tetapi, upaya yang dilakukan pemerintah tersebut kurang efektif karena berbicara harga pasaran tetap melambung tinggi. Karena itu, ke depan pemerintah harus mengambil kebijakan atau langkah-langkah lain yang lebih efektif. Bagi masyarakat berpunya, kenaikan harga seperti itu mungkin tidak menjadi masalah karena selama ini mereka konsumsi juga bukan yang dijual di pasar tradisional. Tapi, bagi masyarakat menengah ke bawah, kenaikan harga seperti itu sangat memberatkan karena penghasilan tetap alias tidak berubah.

Tujuan penulis pada kutipan tersebut adalah ....
A. mengingatkan pemerintah untuk melakukan operasi pasar atau pasar murah
B. memberitahukan masyarakat bahwa pemerintah melakukan operasi pasar murah
C. mengajak pemerintah untuk mengambil kebijakan yang efektif
D. memengaruhi pedagang agar tidak menaikkan harga terlalu tinggi
E. memberitahukan pemerintah bahwa masyarakat kelas bawah sangat keberatan atas kenaikan harga ini

Jawaban: C
Suatu teks ditulis pasti memunyai tujuan tertentu. Tujuan penulis teks dapat kalian temukan melalui dua cara, yakni secara tersirat dan tersurat. Makna tersirat ialah makna teks yang harus kalian simpulkan sendiri. Makna tersurat ialah makna yang jelas terdapat dalam kalimat-kalimat teks tersebut. Tujuan penulis pada kutipan tersebut dapat kalian ketahui secara tersurat berdasarkan kalimat berikut Karena itu, ke depan pemerintah harus mengambil kebijakan atau langkah-langkah lain yang lebih efektif. Berdasarkan kalimat tersebut, dapat disimpulkan bahwa tujuan penulisa adalah mengajak pemerintah untuk mengambil kebijakan yang efektif.
 
3. Bacalah paragraf berikut!
Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi. Beragam kita dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan ....
 
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. kita akan mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan dan merawat kecantikan
B. kaum wanita berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik
C. biaya yang diperlukan untuk menurunkan berat badan tidaklah mahal bila dilakukan dengan berolahraga
D. para remaja di kota-kota besar sering kesulitan untuk melakukan diet di salon atau dokter
E. Banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cara yang efektif
 
Jawaban: E
Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Isi paragraf tersebut adalah banyak iklan yang menawarkan beragam cara diet. Berdasarkan isi tersebut, simpulan yang tepat adalah Banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cara yang efektif.
 
4. Bacalah paragraf berikut!
Setelah dilakukan penilaian terhadap ulangan Bahasa Indonesia kelas XII IPA, yang memeroleh nilai 8 sebanyak 25 orang, nilai 7 sebanyak empat orang, dan 6 hanya 1 orang. Jumlah siswa 30 orang.
 
Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Dapat dikatakan nilai mereka baik
B. Belum dapat dikatakan mereka pintar
C. Mereka belum dikatakan siswa yang pandai
D. Jadi, guru mereka boleh berbangga
E. Memang mereka anak yang rajin-rajin
 
Jawaban: A
Paragraf tersebut dikembangkan dengan cara generalisasi. Generalisasi adalah jenis penalaran induktif yang mengambil simpulan secara umum dari data-data yang bersifat khusus. Simpulan dari suatu paragraf generalisasi haruslah bersifat umum dan mengacu pada data-data yang ada. Pada paragraf tersebut terdapat data-data khusus berupa nilai ulangan Bahasa Indonesia kelas XII IPA yang baik/memaskan. Berdasarkan data tersebut, simpulan yang tepat adalah dapat dikatakan nilai mereka baik.
 
5. Bacalah paragraf berikut!
Selama beberapa tahun terakhir, pabrik-pabrik gula di Indonesia mengidap penyakit parah. Candi baru adalah satu dari tiga belas pabrik gula di Jawa Timur. Pabrik gula di seluruh Indonesia, bukan saja ketinggalan teknologi, melainkan juga kehilangan daya saing. Bila hal ini dibiarkan berlarut-larut, akan terjadi penutupan pabrik dan berdampak kepada lapangan kerja masyarakat setempat. Dengan demikian, pemerintah boleh mencegah hal iini terjadi dengan memberikan bantuan alat yang canggih.

Tujuan penulisan artikel tersebut adalah ....
A. mengimbau kepedulian pemerintah terhadap keadaan pabrik gula
B. menjelaskan kerusakan sebuah pabrik gula Candi Baru
C. menggambarkan perekonomian masyarakat di sekitar pabrik gula
D. mengingatkan agar meningkatkan cara mengolah gula supaya tidak terpuruk
E. menginformasikan beberapa pabrik gula yang ada di Indonesia saat ini

Jawaban: A
Suatu teks ditulis pasti memunyai tujuan tertentu. Tujuan penulis teks dapat kalian temukan melalui dua cara, yakni secara tersirat dan tersurat. Makna tersirat ialah makna teks yang harus kalian simpulkan sendiri. Makna tersurat ialah makna yang jelas terdapat dalam kalimat-kalimat teks tersebut. Tujuan penulisan pada kutipan tersebut dapat kalian ketahui secara tersirat yakni mengimbau kepedulian pemerintah terhadap keadaan pabrik gula.
 
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal UN Bahasa Indonesia kelas XII indikator soal "Menyimpulkan Isi Tersirat Teks Nonsastra". Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Menyimpulkan Isi Tersirat Teks Nonsastra | UN SMA 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /