Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian, Ciri, dan Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Pidato 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian, ciri, dan contoh kalimat persuasif dalam teks pidato. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, ciri, dan contoh kalimat persuasif. Dan harapanya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah, khususnya kalimat persuasif. Selamat belajar dan semoga bermanfaat buat kalian semua. 

Pengertian, Ciri, dan Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Pidato 2019
www.ilmubindo.com

Kalimat persuasif adalah kalimat yang berisi ajakan dan bertujuan untuk memengaruhi pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau kehendak penulis/pembicara.

Ciri-ciri kalimat persuasif adalah sebagai berikut
1. bertujuan untuk membujuk, mengajak, dan memengaruhi seseorang
2. biasanya menggunakan kata ayo, mari, silakan, jadi, dan kata-katanya bersifat mengajak lainnya
3. biasanya menggunakan tanda seru (!) di akhir kalimat

Contoh kalimat persuasif dalam teks pidato adalah sebagai berikut
1. Ayo, kita membiasakan hidup bersih, demi kebaikan kita bersama.
2. Mari kita sama-sama menjaga kedaulatan negara kita yang tercinta ini
3. Silakan kita saling memaafan jika terdapat kesalahan
4. Jadi, sebagai masyarakat sosial kita harus saling membantu satu sama lain

Contoh Teks Pidato Persuasif

Assalamualaikum Wr. Wb,
Kepada para hadirin yang terhormat,

Pertama-tama marilah kita ucapkan puji syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini. Selain itu, mari kita ucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena sudah membimbing umat Islam ke jalan yang benar.

Saya di sini akan menyampaikan pidato yang berkaitan dengan remaja. Pada masa ini, memang akan ada banyak pertentangan antara orang tua dan juga sang anak. Walaupun demikian, orag tua tetap memiliki peranan untuk dapat mengarahkan orang lain.

Remaja adalah generasi penerus bangsa di masa depan. Oleh sebab itu, bagi kalian memiliki anak sedang dalam masa remaja, maka kalian diharuskan untuk menjadi lebih peduli terhadap pergaulan anak. Sebagai orang tua diharuskan untuk lebih mengajar agar remaja tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah, seperti merokok, tawuran, dan juga narkoba.

Pada dasarnya, memiliki banyak teman adalah hal yang baik. Hanya saja harus dengan teman-teman yang berwatak dan berperilaku baik, agar anak tidak terjerumus. Dalam masa remaja, biasanya mereka akan lebih mendengarkan apa yang dikatakan oleh teman daripada yang dikatakan oleh orang tua sendiri.

Tawuran adalah kegiatan yang merugikan diri sendiri, orang tua, dan juga orang lain, karena dapat menyebabkan diri sendiri terluka, orang tua malu, dan merenggut nyawa orang lain atau membuat orang lain terluka.

Sekian pidato yang saya sampaikan dan semoga bermanfaat. Apabila ada perkataan yang salah, saya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, ciri, dan contoh kalimat persuasif dalam teks pidato. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri, dan Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Pidato 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /