Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Penutup dan Bagian-Bagiannya dalam Teks Pidato Persuasif 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian dan bagian-bagiannya dalam teks pidato persuasif. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik, khususnya kelas IX yang sedang mencari referensi tentang pengertian dan bagian penutup dalam teks pidato. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah dalam membuat dan membawakan teks pidato di depan umum. Selamat belajar dan semoga membantu.

Pengertian Penutup dan Bagian-Bagiannya dalam Teks Pidato Persuasif 2019
www.ilmubindo.com

Penutup adalah bagian terakhir dalam suatu pidato. Bagian penutup pidato terdiri atas beberapa bagian sebagai berikut.

1. Simpulan/Kesimpulan
Bagian ini berisi inti dari suatu permasalahan dalam pidato

2. Ucapan Terima Kasih
Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada para tamu undangan yang datang atau para pendengar yang sudah datang memenuhi undangan atau panggilan. Baik secara langsung maupun tidak langsung.

3. Permohonan Maaf
Bagian ini berisi permohonan maaf pembicara atau orator kepada pendengar apabila terdapat perkataan yang salah, atau tingkah laku yang diangap tidak sopan di hati para pendengar dalam acara tersebut.

4. Salam Penutup
Salam penutup berisi ucapan salam untuk mengakhiri suatu pidato.
Contoh:
- wassalamu'alaikum warahmatulahi wabarakatuh
- salam siang Tuhan memberkati

Contoh teks pidato

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua,

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, karena telah memberikan rahmatnya, sehingga kita bisa berkumpul pada kesempatan ini dalam keadaan sehat wal afiyah.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang "Pentingnya menjaga kesehatan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik".

Perlu kita sadari bahwa kesehatan itu harganya memang sangat mahal. Bayangkan saja jika Anda tiba-tiba terserang penyakit jantung, coba Anda bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengobati penyakit tersebut, pastinya akan sangat mahal.

Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. Jika kesehatan kita terjaga dengan baik, sehingga dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan lancar dan bisa meraih prestasi yang lebih banyak di masa depan.

Dinamakan bangsa yang kuat jika bangsa tersebut memunyai rakyat yang sehat di dalamnya. Jika rakyat sehat, maka sebuah negara akan menjadi kuat dan sebaliknya. Nah, sebagai pelajar kita bisa menjaga kesehatan dari hal yang sederhana, seperti bangun tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan yang bergizi.

Sebelum berangkat sekolah, jangan terlalu banyak makan pagi agar di sekolah kita tidak terasa mengantuk. Setelah itu, jika ada pelajaran olahraga, antuasiaslah dalam mengikuti semua kegiatannya dengan baik, karena secara tidak langsung kamu sudah mencoba menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga selama seminggu sekali. Ketika istirahat, Anda juga diharuskan mengonsumsi makanan atau jajanan yang bersih dan sehat. Makanan yang sehat dan bersih bersih bisa kita lihat dari kemasannya.

Masih banyak lagi hal-hal yang dapat Anda kerjakan agar tubuh kita bisa terjaga kesehatannya. Yang paling penting adalah kita selalu peduli untuk menjaga kesehatan tubuh diri sendiri dan tentunya juga keluarga terdekat.

Agar kesehatan kita tetap terjaga karena lingkungan yang kumuh merupakan sumber daripada penyakit, maka jagalah kebersihan lingkungan di sekitar kita dalam kondisi yang baik. Maka dari itu, mulai saat ini marilah kita sama-sama menjaga kesehatan tubuh kita. Tanpa harus menunggu hingga esok hari. Mulailah hidup sehat dengan mudah yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan yang bisa saya sampaikan. Jika ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wasslamualaikum Wr. Wb.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan bagian-bagian penutup dalam teks pidato. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Penutup dan Bagian-Bagiannya dalam Teks Pidato Persuasif 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /