Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Pidato Sambutan Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian pidato sambutan lengkap dengan contohnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga pengertian pidato sambutan yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Dan harapannya pengertian pidato sambutan yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Pengertian Pidato Sambutan Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Pidato sambutan adalah jenis pidato yang dapat disampaikan secara tertulis atau lisan. Sambutan biasa disampaikan oleh orang-orang tertentu karena jabatan atau kedudukannya. Hal-hal yang biasa dikemukakan dalam sambutan adalah sebagai berikut.
1. pembuka (sapaan, salam, permintaan izin kepada hadirin, ucapan syukur, dan ucapan terima kasih)
2. ungkapan perasaan (rasa senang atau hormat, ucapan selamat, dukungan moral terhadap kegiatan atau acara (permohonan maaf, ucapan terima kasih, dan salam penutup).

Contoh teks pidato sambutan

Halal bihalal Idul Fitri

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Alhamdulilah rabbil 'alamin, Wabihi nasta'iinu 'alaa umuuridduanya waddin, wash anbiya i wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in amma ba'du.

Saudara-saudara yang saya muliakan

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga saat ini tepatnya bulan Syawal kita berkesempatan menikmati kebahagiaan sehari-hari sejak permulaan. Kebahagiaan yang kita peroleh dan kita rasakan tidak lain merupakan bukti kesucian jiwa yang telah sebulan lamanya digembeleng dengan melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Rasa gembira dan suka cita serta keikhlasan menyambut datangnya bulang agung itu, diwujudkan dalam kumandang gema takbir, tahmid dan tahlil yang mengiringi hilir mudiknya orang-orang yang memberi dan menerima zakat.

Kegembiraan dan kebahagiaan yang dirasakan pada hari ini menumbuhkan keinginan berkunjung pada saudara-saudara, kerabat, handai taulan untuk saling memaafkan dan saling terhitung banyaknya. Memang meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuat dapat dilakukan kapan saja diluar bulan Syawal, akan tetapi tidak melebihi kemantapan dan keagungannya jika dibandingkan dengan bermaaf-maafan pada bulan Syawal dalam kesempatan Idul Fitri. Hal ini disebabkan pengaruh kesuciannya jiwa, sehingga baik permintaan atau pun pemberian maaf pada saat itu benar-benar keluar dari hati yang bersih dan itulah syarat dikabulkannya permintaan maaf di sisi Allah.

Sebagaimana telah menjadi kebiasaan pada Hari Raya Idul Fitri adalah melakukan halal bi hala atau bermaaf-maafan baik secara pribadi maupun secara keluarga. Semua itu kita lakukan tidak lain di maksudkan untuk mencari ridha Allah. Para hadirin yang berbahagia . Para hadirin yang berbahagia. Dalam melaksanakan halal bi hala atau saling memaafkan antarsesama, akan menampakkan ciri khasnya yaitu dengan berjabat tangan. Memang uluran tangan seseorang dalam saling berjabat tangan merupakan suatu bukti kehendaknya untuk lebih membersihkan dirinya dari  noda dan kesalahan, sekaligus merupakan bukti eratnya rasa persatuandan persaudaraan antarsesama.

Untuk itulah agar terhapus segala noda dan dosa serta sebagai penyempurnaan pelaksanaan ibadah puasa kita, hendaklah dalam Hari Raya Idul Fitri ini kita gunakan kesempatan ini untuk berhala bi hala, bersilaturahmi, mengunjungi kerabat dan handai taulan untuk meminta dan memberi maaf. Sebagai bukti atas permintaan maaf seseorang yang merasa bersalah harus berusaha sedapat mungkin untuk tidak mengulang semua perbuatan yang dapat menceburkan diri ke dalam lembah kesalahan dan dosa. Satu di antara usaha kita memperbaiki kesalahan ialah dengan cara meminta maaf, berhalal bi halal atau dengan bersilaturahmi.

Dengan demikian untuk melakukan tidaklah tertentu pada kesempatan Idul Fitri. Silatuhmi sebagai usaha pendekatan hubungan, merupakan tindakan mulia dan disenangi Allah sehingga oleh Rasulullah dijadikan ukuran menilai kebenaran iman seseorang. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, yang artinya:

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka bersilaturahmilah."

Demikianlah beberapa uraian yang dapat kami sampaikan dari beberapa keagungan bulan Swawal sebagai bulan halal, bulan silaturahmi yang penuh ampunan Tuhan. Atas nama (Pribadi, keluarga, saudara, teman, ketua panitia, kepala desa, ketua karang taruna ...), sekali lagi kami menyampaikan selamat datang kepada para hadirin sekalian. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya bagi kita semua. Akhirul kalam

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh pidato sambutan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga materi yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Pidato Sambutan Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /