Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Tujuan Pidato Persuasif Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tujuan teks pidato persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX 2019. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas IX yang sedang mencari referensi tentang tujuan dari teks pidato persuasif. Dan harapannya materi kali ini dapat memberikan dampak yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga bermanfaat. Nah, berikut ini adalah tujuan dari pidato persuasif.

Tujuan Pidato Persuasif Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Secara umum, pidato bertujuan menyampaikan pikiran dengan maksud tertentu. Tujuan tersebut akan menentukan cara dan materi yang disampaikan. Adapun tujuan dari pidato persuasif adalah sebagai berikut.

1. Menggerakkan Pendengar
Pendengar akan tergerak untuk melakukan sesuatu sesuai isi pidato yang disampaikan oleh pembicara. Salah satu tokoh yang dikenal akan keahliannya dalam menggerakkan orang lain lewat pidatonya adalah Bung Karno. Isi pidato yang disampaikan Bung Karno mampu membangkitkan semangat bangsa Indonesia.

2. Menghibur Pendengar
Seseorang dapat menghibur pendengar dengan cara berpidato. Berpidato untuk menghibur dilakukan dengan menyisipkan humor. Bukan sembarang humor, melainkan humor yang benar-benar menghibur.

3. Meyakinkan Pendengar
Berpidato bertujuan meyakinkan pendengar untuk memercayai isi pidato yang disampaikan. Oleh karena itu, isi pidato harus benar-benar menyakinkan pendengar. Setelah mendengar pidato yang disampaikan, pendengar menjadi yakin akan isi pidato yang disampaikan oleh pembaca.

4. Memberikan Informasi
Berpidato bertujuan memberikan informasi atau keterangan kepada orang lain. Pendengar diharapkan memahami dan melaksanakan isi pidato tersebut. 

Berikut ini adalah contoh teks pidato persuasif yang berjudul "Lingkungan Sekolah."

Lingkungan Sekolah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Prof. Hendro Sihotang, M.Pd. selaku kepala sekolah SMA Pelita Kasih
Yang terhormat Ibu Meryana, M.Pd. selaku wakil kepala sekolah.
Yang terhormat bapak dan ibu dewan guru dan seluruh staff di SMA Pelita Kasih
Dan tak lupa siswa-siswi SMA Pelita Kasih yang saya cintai dan saya banggakan

Marilah kita ucapkan rasa syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, yang selalu memberikan nikmat, sehingga kita berkumpul pada acara ini dalam keadaan sehat dan tanpa suatu halangan apapun.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga kelak kita bisa dipertemukan oleh beliau di Surga oleh Allah SWT.

Di pagi hari yang cerah ini saya akan menyampaikan pidato singkat mengenai lingkungan sekolah. Mengingat apa yang terjadi pada lingkungan sekolah pada saat ini sangat-sangat memprihatinkan karena banyaknya sampah yang berserakan di lingkungan sekolah.

Hadirin yang berbahagia,

Lingkungan adalah tempat di mana kita berpijak, tempat di mana kita hidup. Jika lingkungan kita bersih, maka diri kita juga akan bersih. Sebaliknya, jika lingkungan tempat tinggal kita kotor, maka diri kita juga akan ikut kotor. Apalagi jika lingkungan kotor ini ada di sekolah, di mana setiap hari kita belajar untuk menuntut ilmu di dalamnya. Apakah kita sudah merasa nyaman? Tentunya sama sekali tidak, yang jelas kita akan merasa risih sehingga proses belajar bisa terganggu.

Lingkungan sekolah yang bersih tidak akan mengganggu kenyamanan dalam belajar, sehingga ilmu-ilmu yang diberikan oleh bapak ibu guru bisa kita terima dengan baik dan sebaliknya. Bahkan, lingkungan sekolah yang kotor dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Hadirin yang berbahagia,

Agar kita semua selalu merasa nyaman dalam proses belajar mengajar. Sudah seharusnya kita bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita dengan baik dan bersih. Oleh sebab itu, mulai sekarang marilah kita menjaga kebersihan lingkungan sekolah ini. Sebelum melakukan itu, kita harus menanamkan perilaku hidup bersih di dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dengan membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, bersama-sama membersihkan toilet agar menjadi bersih dan tidak lagi mengeluarkan bau tidak sedap juga sangat diperlukan. Jangan lupa juga untuk membersihkan sampah-sampah yang terkumpul di selokan depan sekolah.

Menjaga dan membersihkan lingkungan sekolah bukan hanya tanggung jawab dari Bapak penjaga sekolah saja, tetapi juga merupakan tanggung jawab kita semua sebagai penghuni sekolah. Maka dari itu, marilah kita bersama-sama gotong-royong untuk membersihkan sekolah ini. Karena sekolah yang bisa kita nikmati bersama-sama. Dengan keterlibatan semua penghuni sekolah, maka pekerjaan akan terasa lebih ringan dan lebih cepat selesai.

Hadirin yang berbahagia,

Itulah pidato singkat tentang kebersihan di lingkungan sekolah. Semoga pidato yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat dan memotivasi kita semua untuk bisa menanamkan perilaku hidup yang bersih agar menjadi sekolah yang bersih, sehat, dan nyaman.

Jika dalam penyampaian pidato ini terdapat kesalahan atau menyinggung perasaan orang lain, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaiukum Wr. Wb.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang tujuan teks pidato dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini memberikan dampak positif yang baik bagi kamajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tujuan Pidato Persuasif Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /