Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Aspek-Aspek yang Harus Diperhatikan dalam Mengemukakan Tanggapan Penolakan



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam mengemukakan tanggapan penolakan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam mengemukakan tanggapan penolakan dalam teks diskus. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam mengemukakan tanggapan penolakan.

Aspek-Aspek yang Harus Diperhatikan dalam Mengemukakan Tanggapan Penolakan
www.ilmubindo.com

Aspek-aspek yang harus diperhatikan untuk mengemukakan tanggapan berupa penolakan seperti berikut.
  1. Mengemukakan penolakan pendapat melalui moderator
  2. Menunjukkan bagian yang terdapat kelemahan atau kesalahan sehingga peserta diskusi puas
  3. Tidak mencemooh, menghina, atau menyinggung perasaan
  4. Menghilangkan rasa sentimen, rasa kurang senang, dan rasa jengkel terhadap orang yang mengemukakan pendapat
  5. Jika menolak suatu pendapat, yang ditolak adalah pendapat bukan orang yang mengemukakan pendapat
  6. Mengemukakan pendapat dengan bahasa baik dan dilandasi dengan alasan logis
Contoh Teks Diskusi

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks diskusi dalam pembejaran bahasa Indonesia.  Adapun beberapa contoh teks diskusi tersebut adalah sebagai berikut.

Teks Diskusi 1
Kenakalan Remaja

Dewasa ini, pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal dari eksploitasi seksual pada media yang ada di sekeliling kita. Eksploitasi seksual video klip, majalah, televisi, dan film-film ternyata mandorong para remaja untuk melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda.

Dengan memilih tampilan atau tanyangan seks di media, para remaja itu beranggapan bahwa seks adalah sesuatu yang bebas dilakukan oleh siapa, dan di mana saja. Bahkan tidak sedikit remaja yang terjerumus pergaulan bebas lain misalnya narkoba, rokok, dan minuman keras.

Dapat diperkirakan setiap harinya lebih dari 2 juta remaja di negara kita telah mempergunakan rokok maupun narkoba. Oleh karena itu, kami memilih tema pergaulan bebas remaja untuk dikaji lebih lanjut sebagai informasi bagi kaum remaja. Masalah ini kami buat berdasarkan sumber-sumber yang jelas dan akurat dengan harapan supaya remaja dapat mengatasi libidonya sehingga para remaja dapat terhindar dari akibat negatif pergaulan bebas.

Dan mengimbau kepada para remaja untuk tidak salah langkah dalam mengambil keputusan oleh karena perubahan pola pikir yang terjadi pada dirinya. Semoga kita menjadi generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan bagi nusa dan bangsa.

Teks Diskusi 2
Apakah Minum Teh Baik atau Buruk

Tak jauh berbeda dengan kopi, kebiasaan minum teh sudah dilakukan dari dulu. Bahkan menjadi bagian dari tradisi. Biasanya teh disajikan ketika ada kunjungan tamun pertemuan atau bagi dari sarapan pagi dan bersantai di malam hari.

Teh diperkenalkan sejak 5000 tahun lalu bahwa minuman ini berkhasiat bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh berasal asli dari Asia Tenggara. Aroma dan rasanya yang khas menjadikan minuman ini sangat digemari oleh semua golongan masyarakat. Meskipun banyak manfaat  dari memimum teh, tetapi kebiasaan teh secara berlebihan bisa menimbulkan kerugian. 

Terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh sehingga menjadi bermanfaat bagi kesehatan, seperti polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya  sel kanker, vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang dapat membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. B-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L) yang berfungsi membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta memperkuat gigi.

Tetapi di balik manfaatnya yang banyak tersebut, kebiasaan minum teh yang tidak wajar memunyai pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Karena caffein yang terdapat di teh bisa menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat.

Selain itu caffein memiliki sifat ketergantungan sehingga tubuh akan terasa tidak fit jika tidak mengonsumsinya. Nah pada ibu menyusui, kaffein memengaruhi kelenjar ASI sehingga menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI. Zat caffein pada bayi zat ini dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral dalam teh juga memunyai kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal.

Jika kalian ingin mengonsumsi teh yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Karena jumlah tersebut masih batas normal kadar kaffein yang bisa dikonsumsi yaitu antara 750 mg/hari. Usahakan juga seduh teh dengan air yang tidak terlalu banyak dan tidak ditambahkan gula mencegah rusaknya zat-zat yang dikandung dan hilangnya manfaat teh.

Dalam kehidupan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga berpengaruh pada pencernaan.

Teks Diskusi 3
Full Day School

Full day schol adalah program yang meminta anak didik mengikuti proses belajar mengajar yang diselenggarakan secara penuh mulai pukul 07.00-16.00. Sistem ini mengharuskan siswa berada di sekolah selama sehari penuh maka banyak timbul pro dan kontra dengan diberlakukannya program ini. 

Pihak yang mendukung diberlakukannya program ini menganggap full day school sebagai solusi terbaik untuk mengantisipasi dampak buruk era globalisasi. Full day school dianggap dapat memberikan pelajaran, pembiasan yang baik, pendidikan dan pelatihan yang cukup agar siswa dapat mencapai dan memenuhi program jaminan mutu sekolah. Program ini pun membantu guru-guru untuk lolos sertifikasi guu dengan mengajar 24 jam per minggu.

Sedangkan pihak yang tidak setuju atau kontra berpendapat bahwa tingkat konsentrasi anak berbeda-beda. Siswa juga butuh istirahat yang cukup agar konsentrasinya tetap terjaga secara maksimal untuk mampu mencerna pelajaran yang diberikan. Selain itu, full day school memangkas waktu yang panjang dan hal ini akan menyulitkan siswa untuk melakukan kegiatan diluar sesuai minat masing-masing.

Full day school ingin berjalan lancar tergantung pada sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Jika prasarana memadai dan kegiatan sekolah dibuat menarik, maka full day school akan berjalan menyenangkan. Sebaliknya, jika prasarana sekolah buruk atau kurang memadai maka kegiatan full day school akan membosankan. Hal seperti inilah yang membuat siswa bosan dan pelajaran menjadi tidak efektif.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang spek-aspek yang harus diperhatikan dalam mengemukakan tanggapan penolakan. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami spek-aspek yang harus diperhatikan dalam mengemukakan tanggapan penolakan. Selamat belajar, semoga berhasil, dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Aspek-Aspek yang Harus Diperhatikan dalam Mengemukakan Tanggapan Penolakan

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /