Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Nilai Moral yang Terdapat dalam Sebuah Cerita | Dongeng, Fabel, dan Cerita Terjemahan


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh nilai moral yang terdapat dalam sebuah cerita. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang nilai moral dalam sebuah cerita. Dan semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Contoh Nilai Moral yang Terdapat dalam Sebuah Cerita | Dongeng, Fabel, dan Cerita Terjemahan
www.ilmubindo.com

Pengertian Nilai Moral
Nilai moral adalah nilai yang dapat diambil oleh pembaca dari suatu cerita.

Nilai Moral dalam Buku Terjemahan Georgia Abbot
Nilai moral yang terkandung dalam cerita berisi anak panti asuhan yang disekolahkan oleh seseorang, sehingga dia harus menunjukkan rasa terima kasihnya. Pelajar menunjukkan rasa terima kasih kepada orang tua atau orang yang membiayai adalah dengan menunjukkan kesungguhan dalam belajar.

Daya pikir untuk membayangkan atau menciptakan gambaran kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman, khalayan suatu cerita. Wacana, artikel itu tersusun dalam beberapa kalimat, dan kalimat tersusun atas beberapa kata-kata. Dari paragraf-paragraf itulah akan menganalisis pikiran dan imajinasi pelakunya.

Pengertian Imajinasi
Imajinasi merupakan sumber awal pengetahuan manusia.

Sumber Awal Pengetahuan Manusia
Pengetahuan ini diturunkan secara sistematis melalui logika. Logika ini pun dalam pelaksanaannya melewati apa yang disebut ekspresi. Eksperesi ini memiliki dua jalur logika: (a) Jalur logika yang berdasarkan fakta, contohnya adalah ilmu pengetahuan bahasa Indonesia, dan (b). Jalur logika berdasarkan nonfakta, contohnya adalah karya-karya sastra.

Buku Terjemahan Anak Terjemahan
Judul : Georgia Abbot
Pengarang : Shogo Hirata
Alih bahasa : Jenny Vitasari
Tempat terbit : Jakarta
Tahun terbit : 1991

Nilai Moral yang Ditunjukkan dalam Buku Cerita Terjemahan Georgia Abbot
1. Nilai moral dari cerita ini adalah menunjukkan rasa kasih sayang pada sesama, terutama tampak sekali rasa sayang Georgia Abbot kepada adik-adik asuhnya di panti asuhan.
2. Kebahagiaan akan datang kepada seseorang apabila perilaku dan perbuatan yang baik serta santun selalu mewarnai hidupnya. Nilai moral cerita ini yang lain ialah Georgia berterima kasih dengan tulus kepada orang tua asuhnya, dengan cara belajar tekun dan melaporkan semua perkembangan belajarnya.
3. Gambaran watak Georgia yang santun, ramah, dan mudah bergaul, sehingga ia bisa diterima oleh banyak orang.

Nilai Budaya dalam Buku Cerita Terjemahan Georgia Abbot
1. Nilai budaya yang ditemukan adalah sadar akan tugasnya sebagai pelajar, maka Georgia selalu rajin belajar.
2. Kemauan yang kuat dalam belajar, seorang anak panti asuhan dapat menempuh pendidikan tinggi, dan lulus universitas dengan nilai terbaik.

Manfaat Membaca Buku Cerita Terjemahan Georgia Abbot
Manfaat yang dapat diambil dari membaca buku dari cerita adalah ada perilaku baik dan perilaku buruk yang ditunjukkan tokoh cerita. Perilaku baik dapat ditiru, tetapi ada juga hal-hal yang mungkin tidak secara nyata justru menebarkan bibit kejelekan, dan perlu dihindari. Membaca suatu cerita bukan sekadar membaca, tapi mengambil manfaat dari cerita.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang nilai moral dalam sebuah cerita. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang nilai-nilai moral dalam sebuah cerita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Nilai Moral yang Terdapat dalam Sebuah Cerita | Dongeng, Fabel, dan Cerita Terjemahan

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /