Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kalimat Deskriptif Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Kali ini kita akan membahas tentang pengertian kalimat deskriptif lengkap dengan contohnya dalam teks tanggapan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memncari referensi tentang pengertian kalimat deskriptif lengkap dengan contohnya dalam teks tanggapan. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian kalimat deskriptif lengkap dengan contohnya dalam teks tanggapan.

Kalimat Deskriptif Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Pengertian Kalimat Deskriptif

Kalimat deskriptif adalah kalimat yang menggambarkan keadaan tertentu suatu objek. Pembaca dapat melihat, mendengarkan, merasakan, dan mencium secara imajinatif tentang objek yang dimaksud. Kalimat-kalimat deskriptif dapat disusun menjadi paragraf deksriptif.

Ciri-Ciri Kalimat Deskriptif

Berikut ini adalah ciri-ciri paragraf deskriptif dalam teks tanggapan. Adapun ciri-ciri paragraf deskriptif adalah sebagai berikut.
  1. Paragraf ini dibuat dengan tujuan memberikan gambaran atau perasaan terhadap pembaca tentang objek yang ingin diketahui. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan secara langsung objek yang dideskripsikan.
  2. Paragraf ini biasanya berisi kalimat deskripsi yang melambangkan atau menceritakan detail sebuah objek. Yang biasanya digambarkan adalah orang, sebuah tempat, keindahan alam, serta hal-hal lain yang bisa di nilai menggunakan panca indera.
Jenis-Jenis Kalimat  Deskriptif

Adapun jenis-jenis dalam paragraf teks tanggapan adalah sebagai berikut.
  1. Paragraf deskripsi waktu, yaitu sebuah paragraf di mana dalam pengembangannya berdasarkan pada sebuah waktu dari peristiwa tersebut.
  2. Paragraf deskripsi spasial, yaitu paragraf yang menggambarkan sebuah objek secara detail. Dan biasanya paragraf ini secara khusus digunakan untuk mendeskripsikan sebuah ruangan, benda, atau sebuah tempat.
  3. Paragraf deskripsi subjektif, yaitu sebuah paragraf deskriptif di mana dalam penggambarannya objeknya disertai dengan opini dari penulisnya.
  4. Paragraf deskripsi objektif, yaitu paragraf di mana dalam penjelasannya objeknya tidak disertai dengan opini dari penulisnya.
Contoh Kalimat  Deskriptif

Di bawah ini beberapa contoh kalimat deskriptif dalam teks tanggapan. Adapun contoh-contoh paragraf deskriptif dalam teks tanggapan.

Contoh Kalimat Deskriptif 1

Sungai Ciliwung adalah salah satu sungai yang mengalir di seluruh Jakarta, tapi sayangnya sungai ini sudah tidak terjaga kebersihannya sehingga terlihat sangat jorok. Banyak sampah yang bertaburan di pinggir sungai seperti botol bekas minuman, plastik, dan masih banyak lagi jenis sampah yang lainnya.

Contoh Kalimat Deskriptif 2

Dalam waktu yang tidak lama, aku mencoba mengamat orang-orang disekitarku. Di sebelah kiriku ada lelaki yang begitu tampan memiliki rambut pendek dan berwarna hitam, kulitnya putih dan bibirnya tipis. Dia memiliki mata sipit dan senyumnya sangat manis sekali.

Contoh Kalimat Deskriptif 3

Lapisan ozon saat ini semakin menipis, hutan tropis juga mulai meranggas. Gurun atau tanah kering juga semakin meluas. Hal ini berakibat pada suhu bumi yang meningkat, menyebabkan cuaca tidak tentu dan banyak bencana. Kesimpulan yang didapat adalah kondisi bumi semakin kritis dan siapa yang bertanggung jawab, tentu pada manusia.

Contoh Kalimat Deskriptif 4

Putri memakai bawahan panjang dengan warna coklat. Warna yang sangat sesuai dengan warna blush yang dipakainya. Bawahan dan blush yang dipakai semakin menambah kecantikan yang dimilikinya. Dengan setelan tersebut Putri berjalan dengan anggun dan memikat hati banyak orang.

Contoh Kalimat Deskriptif 5
  • Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3, dan berat 300 kilo gram.
  • Bulunya berwarna putih dan cokelat keemasan-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam
  • Kuda memunyai ekor sepanjang 1 meter
  • Harimau memiliki ukuran tubuh yang besar dan senang memangsa hewan lainnya di dalam hutan.
  • Penebangan pohon itu menimbulkan kebisingan yang sangat mengganggu di siang hari.
  • Penyanyi itu bernyanyi dengan sangat merdu
  • Kampus Darma Negara sangat besar dan luas dipenuhi pohon-pohon hijau nan sejuk
  • Gajah Afrika memiliki berat tubuh mencapai 3 ton sama dengan ukuran 3 buah bus.
  • Tina memiliki senyum yang sangat lebar dan menawan hati
  • Pohon cendana dapat hidup di pedalaman Kalimantan hingga mencapai 100 tahun.
  • Sungai Amazon panjangnya hingga mencapai 45 km dan lebarnya mencapai 2 km.
  • Bunga kamboja berproduksi dengan cara menghasilkan benih pada bagian yang menyerupai tanduk.
  • Kumbang Bulls Eye mampu mengangkat beban hingga 4 kali berat tubuhnya.
  • Capung dapat terbang hingga mencapai 4 km dalam sehari tanpa berhenti sekali pun.
  • Burung elang mampu bertelur sekitar 5 hingga 6 butir dalam sekali bertelur.
  • Ular Python tubuhnya sangat panjang dan kuat hingga mampu menelan seekor kerbau
  • Bangunan sekolah SDN 359 Wonosari sudah mulai reot dengan genteng-genteng yang sudah bolong.
  • Wanita misterius itu menggunakan penutup wajah berwarna merah dan dress bermotif bunga.
  • Pencuri itu memakai baju berwarna merah dan memakai topi hitam yang menutupi seluruh wajahnya.
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis, dan contoh kalimat deskriptif. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis, dan contoh kalimat deskriptif. Selamat belajar dan semoga bermanfaat. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kalimat Deskriptif Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /