Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kalimat Definisi Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia VIII (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kalimat devinisi dalam teks eksposisi pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami kalimat definisi dalam teks eksposisi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami kalimat definisi dalam teks eksposisi.

Kalimat Definisi Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia VIII (Revisi)
www.ilmubindo.com

Definisi adalah suatu pernyataan tentang maksud dengan suatu hal atau barang, suatu pernyataan atau penjelasan tentang makna suatu kata atau frasa. Definisi dapat pula berarti suatu proses meletakkan batas-batas penggunaan sebuah kata. Definisi dibedakan menjadi dua yaitu definisi secara sempit dan definisi secara luas. Definisi sempit bukan definisi mengenai suatu kata. Sementara itu, definsi luas mencakup pembatasan pengertian suatu barang atau hal yang didefinisikan.

A. Pengertian Kalimat Definisi

Berangkat dari etimologinya, jenis kata ini memeroleh namanya dari sebuah kata dalam bahasa Inggris (definition) yang memiliki makna 'definisi' atau rangkaian kalimat yang memberikan penjelasan dan batasan dari arti sebuah istilah. Itu berarti, kalimat definisi adalah kalimat yang bersifat memberikan keterangan atau penjelasan ayau suatu obyek secara umum. Maka dari itu, kalimat definisi sering kali memuat kata 'adalah'.

B. Karakteristik Kalimat Definisi 

Berikut adalah beberapa karakteristik dalam kalimat definisi. Adapun beberapa contoh kalimat definisi dalam teks eksposisi adalah sebagai berikut.
  • Menjelaskan makna atau arti dari suatu objek
  • Penjelasan bersifat umum atau tidak mengarah kepada ciri khusus suatu objek
  • Lazim ditemukan di laporan-laporan ilmiah
  • Jika kalimat ini dibalik, maka makna atau arti dari kalimat tersebut tidak berubah
C. Contoh Kalimat  Definisi

Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat definisi dalam teks eksposisi. Adapun contoh kalimat definisi adalah sebagai berikut.
  • Tangkai adalah salah satu bagian tubuh tanaman
  • Becak adalah kendaraan beroda tiga
  • Gitar adalah alat musik petik
  • Masjid adalah tempat beribadah umat Islam
  • Malang adalah sebuah kota di Jawa Timur
  • Buaya adalah hewan yang hidup di dua alam
  • Psikologi adalah ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia secara mendalam
  • Rumah adalah jenis bangunan yang dimaksudkan untuk hunian manusia
  • Unggas adalah kelas binatang bersayap
  • Cagar alam adalah suatu wilayah konservasi melindungi kekayaan flora
  • Uang adalah alat pertukaran yang sah
  • Nenek adalah sebutan untuk ibu dari ayah dan ibu kita
Jika kita membalik susunan kalimat-kalimat di atas, maka maknanya akan tetap sama. Ambil saja contoh "Daun adalah salah satu bagian tubuh tanaman" menjadi "Salah satu bagian tubuh tanaman adalah daun", artinya tidak akan berubah. 

D. Pengertian Paragraf Definisi

Paragraf definisi adalah salah satu bentuk paragraf eksposisi yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara diuraikan menjadi gagasan-gagasan penjelas yang berupa pengertian atau definisi suatu objek. Paragraf ini berfungsi untuk memberikan sebuah informasi sejelas-jelasnya kepada para pembaca.

Paragraf ini tidak hanya sebatas memberikan arti atau pengertian dalam hal nama saja, akan tetapi definisi yang disampaikan lebih luas.

E. Contoh Paragraf definisi

Berikut ini adalah beberapa contoh teks paragraf definisi dalam teks eksposisi. Adapun beberapa contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

Contoh Definisi Kesatu

Ekonomi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti rumah tangga dan nomos yang berarti aturan atau hukum. Jadi, ekonomi adalah aturan-aturan dalam rumah tangga, tetapi secara garis besar pengertian ekonomi adalah sebuah keilmuan yang mempelajari tentang aktivitas manusia dalam lingkup ekonomi yang berhubungan dengan aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi. Ilmu ini mempelajari 3 proses ekonomi yang telah disebutkan di atas, diantaranya adalah aktivitas produksi, dalam hal ini ekonomi membahas tentang bagaimana barang tersebut dibuat, seperti bahan baku, cara pengolahan, biaya, dan pembuat. Sementara itu, dalam hal aktivitas distribusi, ekonomi mempelajari bagaimana cara barang atau jasa tersebut bertemu dengan konsumen, seperti pemasaran, pemasokan, dan tempat penjualan. Kemudian aktivitas yang terakhir adalah konsumsi. Dalam hal ini, ilmu ekonomi membahas tentang bagaimana barang atau jasa tersebut setelah sampai kepada konsumen. Aktivitas ekonomi membahas tentang pembeli, alat pertukaran atau biaya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ekonomi adalah sebuah cabang keilmuan yang membahasa tentang aktivitas manusia dalam hal pembelian, penyaluran, dan pemakaian barang atau jasa.

Contoh Definisi Kedua

Fotosintesis terdiri dari kata foto yang berarti cahaya, dan synthesis yang berarti penggabungan. Secara harfiah, fotosintesis adalah sebuah proses kimiawi yang terjadi pada tumbuhan untuk membentuk zat makanan dengan bantuan dari energi matahari. Proses ini terjadi pada bagian daun yang memiliki zat klorofil, yaitu zat hijau daun yang berfungsi sebagai pengikat atau penangkap cahaya matahari. Secara garis besar proses ini membentuk zat makanan dari unsur-unsur hara, air, dan karbon dioksida yang pecah oleh sinar matahari dan menghasilkan energi dalam bentuk glukosa dan oksigen. Glukosa tersebut digunakan sebagai makanan oleh tumbuhan yang akan diangkut oleh pembuluh floem ke seluruh bagian tumbuhan. Sedangkan, oksigen merupakan zat sisa pembakaran yang dilepaskan kembali ke udara melalui stomata, yaitu pori-pori kecil pada daun tempat masuk dan keluarnya udara.

F. Contoh Teks Eksposisi

Di bawah ini adalah contoh teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII revisi. Adapun contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

Kebersihan Lingkungan Sekolah

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamana dalam proses KMB. Selain untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), kebersihan diperlukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang asri dan bersih.

Kalimat Definisi Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia VIII (Revisi)

Namun, masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolah. Di laci meja kelas biasanya banyak ditemukan sampah bekas makanan dan minuman. Siswa masih kurang kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mereka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan. Padahal di setiap titik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah. Kurang kesadaran akan kebersihan dan malas itulah penyakit siswa-siswi sekolah pada saat ini.

Akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor, serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah akan menjadi sarang nyamuk da serangga. Ruang kelas yang tidak dibersihkan akan kotor dan menimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar. Sampah yang berserakan atau tempat sampah yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru.

Alasan lain adalah para siswa berpikiran bahwa, kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab penjaga dan perawat sekolah sehingga mereka dengan enaknya membuang sampah sembarangan. Padahal kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah.

Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan. Dengan cara reboisasi, membersihkan kelas dan sekolah, lingkungan sekolah akan terasa nyaman untuk ditinggali warganya. Perlu diberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya agar siswa-siswi memiliki tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap sekolahnya.
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian definisi dalam teks eksposisi lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kalimat Definisi Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia VIII (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /