Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Meringkas Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah meringkas teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah meringkas teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dnan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkang-langkah meringkas teks diskusi. 

Langkah-Langkah Meringkas Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Teks diskusi dapat diringkas menjadi lebih padat. Meringkas merupakan kegiatan mengambil inti sari teks atau simpulan. Ringkasan merupakan penyajian singkat menggunakan kata-kata sendiri. Kejelasan urutan dan pokok-pokok isi diskusi perlu di perhatikan saat kalian akan melakukan ringkasan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian gunakan dalam melakukan ringkasan isi teks diskusi. Adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Membaca teks diskusi secara utuh dan teliti.
  2. Mencatat pokok-pokok teks diskusi.
  3. Membuat pokok-pokok teks menjadi kalimat. 
  4. Kalimat yang dibuat merupakan kalimat kalian sendiri dan tidak diambil secara utuh dari kalimat dalam teks diskusi.
  5. Membuat ringkasan sesuai urutan pokok-pokok teks diskusi.
Contoh Ringkasan Teks Diskusi

Berikut ini adalah contoh hasil ringkasan isi teks diskusi yang berjudul "Handphone dan Anak-Anak" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh hasil ringkasan isi teks diskusi adalah sebagai berikut.

Handphone dan Anak-Anak

Handphone adalah salah satu alat teknologi yang bisa memudahkan manusia dalam hal komunikasi. Hampir semua manusia di dunia ini menggunakan handphone termasuk anak-anak. Namun, pemberian handphone kepada anak-anak mendapatkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Pihak yang kontra sangat menyayangkan pemberian handphone kepada anak-anak, khususnya anak yang belum cukup umur. Mereka berpendapat bahwa handphone tersebut akan merusak masa kanak-kanak mereka yang seharusnya diisi dengan permainan dan interaksi dengan sesama. Dengan hadirnya handphone, mereka akan semakin menjauh dari dunia mereka. Anak-anak akan menjadi pasif dan gampang terkena penyakit.

Namun, bagi yang pro dengan pemberian handphone kepada anak-anak mengangap hak tersebut akan membantu mereka, khususnya orang tua untuk memberikan pengawasan kepada anak-anaknya. Dengan begitu mereka bisa menghubungi anak-anaknya. Dengan begitu mereka bisa menghubungi anak-anaknya kapanpun dan di manapun.

Terlebih lagi, mereka juga berpendapat bahwa handphone bisa membuat anak mereka menjadi pintar karena aplikasi-aplikasi pembelajaran yang ada di dalamnya. Berdasarkan dua pendapat yang telah dijabarkan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemberian handphone kepada anak-anak masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan orang tua. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus memilih yang terbaik bagi anak-anak.

Hasil Ringkasan:

Handphone adalah salah satu alat teknologi yang bisa memudahkan manusia dalam hal komunikasi. Pihak yang kontra sangat menyayangkan pemberian handphone kepada anak-anak, khususnya anak yang belum cukup umur. Namun, bagi yang pro dengan pemberian handphone kepada anak-anak mengangap hak tersebut akan membantu mereka, khususnya orang tua untuk memberikan pengawasan kepada anak-anaknya. Terlebih lagi, mereka juga berpendapat bahwa handphone bisa membuat anak mereka menjadi pintar karena aplikasi-aplikasi pembelajaran yang ada di dalamnya.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah meringkas teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak-anak dalam memahami cara meringkas teks diskusi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah-Langkah Meringkas Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /