Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Unsur-Unsur Teks Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang unsur-unsur kesastraan dalam teks cerita inspirasi bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tugas tentang unsur-unsur kesastraan dalam teks cerita inspirasi bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami unsur-unsur kesastraan dalam teks cerita inspirasi bahasa Indonesia. Berikut ini adalah unsur teks cerita inspirasi.

Unsur-Unsur Teks Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Teks cerita inspirasi mengandung unsur-unsur pembangun dalam karya sastra. Unsur-unsur tersebut meliputi unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Unsur Intrinsik

Berikut ini adalah beberapa unsur intrinsik yang terdapat dalam sebuah teks cerita inspirasi. Adapun unsur-unsur cerita inspirasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tema 

Tema yang disajikan dalam teks cerita inspirasi bersifat implisit. Kenapa implisit karena cerita inspirasi merupakan cerita yang singkat. Teks cerita inspirasi biasanya hanya terdiri atas satu tema yang utama. Walaupun begitu, bukan berarti bahwa sebuah teks cerita inspirasi memiliki satu atau dua sub tema. 

2. Alur

Aur dalam teks cerita inspirasi adalah kerangka dasar penting dalam membuat jalan cerita. Dalam alur ini jalan cerita sebuah teks cerita inspirasi terjadi. Alur akan mengarahkan pendengar atau pembaca ke inti permasalahan yang merupakan klimaks teks cerita inspirasi. Di klimaks inilah pesan cerita teks cerita inspirasi tersampaikan secara tersirat.

3. Penokohan 

Penokohan adalah menggambarkan kualitas  mental individu tokoh. Penokohan merupakan salah satu bagian penting dalam teks cerita inspirasi. Dalam jenis teks cerita inspirasi tokoh terkenal, tokoh yang muncul adalah tokoh-tokoh yang dikenal publik dan memiliki sikap yang baik dan berprestasi.

4. Latar

Latar merupakan landasan pijak suatu teks cerita inspirasi. Latar dalam teks cerita inspirasi terbagi menjadi tiga yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial budaya. Dalam teks cerita inspirasi ketiga latar ini saling berhubungan antara satu sama lainnya.

5. Sudut Pandang

Sudut pandang merupakan cara pengarang dalam menceritakan suatu teks cerita inspirasi. Dalam teks cerita imajinasi, sudut pandang terbagi menjadi 3 bagian yaitu sudut pandang orang pertama, sudut pandang orang ketiga, dan sudut pandang campuran. Karena teks cerita inspirasi merupakan cerita singkat, sudut pandang yang sering digunakan oleh para pengarang adalah orang ketiga.

6. Amanat

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca. Amanat dalam teks cerita inspirasi muncul secara implisit. Amanat ini nantinya akan terlihat di bagian klimaks dalam cerita. Dan yang menjadi permasalahan di sini adalah amanat dalam teks cerita inspirasi tidak mudah untuk kita simpulkan. 

Unsur Ekstrinsik

Berikut ini adalah beberapa unsur ekstrinsik dalam teks cerita inspirasi. Adapun unsur-unsur cerita inspirasi adalah sebagai berikut.

1. Bahasa
 
Bahasa merupakan sarana yang digunakan dalam karya sastra. Bahasa yang digunakan dalam sebuah karya sastra dipengaruhi oleh bahasa pengarang. Unsur bahasa daerah dimungkinkan masuk ke karya sastra tersebut. Bahasa pengarang berkaitan erat dengan unsur ekstrinsik.

2. Latar Belakang Pengarang
 
Latar belakang pengarang meliputi pemahaman kita terhadap sejarah hidup pengarang dan juga sejarah hasil karangan-karangan yang ditulis pengarang sebelumnya. Latar belakang pengarang terdiri atas biografi pengarang, kondisi psikologis pengarang, dan aliran sastra yang dianut pengarang.

3. Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Karya Sastra
 
Sebuah karya sastra termasuk cerita inspirasi mengandung nilai-nilai kehidupan yang berlaku dalam masyarakat. Nilai-nilai tersebut menggambarkan norma, tradisi, aturan, dan kepercayaan yang dianut atau dilakukan oleh masyarakat. Nilai-nilai tersebut meliputi nilai moral, sosial, budaya atau adat istiadat, dan religi.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang unsur-unsur kesastraan dalam teks cerita inspirasi bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami unsur-unsur kesastraan dalam teks cerita inspirasi bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Unsur-Unsur Teks Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /