Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Melengkapi Kalimat pada Bagian Teks Nonsastra (USBN 2019/2020)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal melengkapi kalimat pada bagian teks nonsastra dalam USBN bahasa Indonesia kelas 9 lengkap dengan kunci jawaban. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami contoh soal melengkapi kalimat pada bagian teks nonsastra dalam USBN bahasa Indonesia kelas 9 lengkap dengan kunci jawaban. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal melengkapi kalimat pada bagian teks nonsastra dalam USBN bahasa Indonesia kelas 9 lengkap dengan kunci jawaban.

www.ilmubindo.com

1. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Pak Aris adalah pemilik [...] Sumber Waras. Dalam penyusunan jenis obat, beliau selalu lakukan dengan cara yang [...]. Misalnya dengan membuat urutan secara [...]. Jenis dan kelompok obat dikelompokkan sesuai abjad. Selain itu, Pak Aris juga memisahkan antara obat generik dengan obat paten. Hal ini akan mempermudah pelayanan kepada pelanggan.

Kata  baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. apotik, sistimatis, alfabet
B. apotik, sistematis, alfabetis
C. apotik, sistematik, alfabetis
D. apotek, sistematis, alfabetik

Pembahasan: 
Agar membentuk paragraf padu, bagian-bagian rumpang tersebut harus diisi dengan kata-kata baku yang tepat. Kata-kata baku yang tepat adalah apotek, sistematik, dan alfabetis. Kata apotik tidak baku. Sementara itu, kata sistematis dan alfabet tidak tepat untuk melengkapi kalimat dalam paragraf tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

2. Cermatilah paragraf rumpang  berikut!
Era globalisasi dan [...] menuntut kita untuk bertindak cepat, mudah, efektif, hingga [...]. Globalisasi mendidik kita untuk mencapai tujuan sesempurna mungkin, bahkan dengan menghalalkan segala cara. Oleh karena itu, manusia modern cenderung [...].

Kata serapan yang tepat penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. modernisasi, instant, individualistik
B. modernisasi, instan, individualis
C. modern, instan, individualis
D. modernisasi, istant, individualis

Pembahasan: 
Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan kata serapan modernisasi, instan, dan individualistik tidak tepat penulisannya. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

3. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Keluarga kami tinggal di lingkungan yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Rumah-rumah warga  yang tinggal di lingkungan kami diberi cat [...]. Anak-anak suka bermain di taman yang disediakan. Buku-buku dan surat kabar yang tersedia di perpustakaan desa menjadi bacaan rutin [...] di desa kami. Sikap [...] merupakan kebiasaan warga yang selalu terpelihara di desa kami.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. warna-warni, muda-mudi, tolong-menolong
B. warna-warna, muda-mudi, tolong-tolong
C. warna-warni, muda-muda, tolong-ditolong
D. warna-warna, muda-mudi, tolong-menolong

Pembahasan:
Kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah warna-warni,muda-mudi, dan tolong-menolong. Kata ulang warna-warna, muda-muda, tolong-tolong dan tolong-ditolong tidak tepat untuk mengisi kalimat rumpang tersebut. Jadi, jawaban benar terdapat pada pilihan jawaban A.

4. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Era globalisasi membawa banyak perubahan terhadap gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mencipatakan berbagai macam peralatan yang membantu manusia dalam bekerja [...]. Bermain adalah salah satu jenis hiburan pilihannya. Dengan berkembang nya teknologi yang mencakup banyak aspek, jenis-jenis dari permainan pun mendapatkan pengaruhnya. Aspek tersebut menyebabkan munculnya istilah permainan modern.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. permainan modern merupakan jenis permainan yang memanfaatkan teknologi di dalamnya
B. kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai
C. jenis permainan modern menberikan banyakdampak negatif terhadap perkembangan anak
D. oleh karena itu, diperlukan kebijaksanaan orang tua dalam menyikapi masalah tersebut.

Pembahasan: 
Kalimat pengisi bagian rumpang dapat ditentukan berdasarkan kalimat-kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang. Bagian rumpang tersebut harus  diisi dengan kalimat tepat agar paragraf tersebut padu. Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah Kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai. Kalimat pada pilihan A, C, dan D tidak tepat untuk melengkapi paragraf.

5.  Bacalah kutipan teks berikut!
Dalam program pemulihan ... ini, aneka tumbuhan diberi kesempatan bernapas lega. Begitu juga binatang untuk dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik." Dalam program ini juga dilakukan pembersihan sampah terutama sampah plastik," ujar dia.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A. ekologi
B. ekosistem
C. habitat
D. biotik

Pembahasan:
Dalam keempat pilihan jawaban kata yang paling tepat adalah ekosistem karena arti kata ekosistem adalah keanekaragaman suatu komunitas dan lingkungannya yang berfungsi sebagai satu satuan ekologi di alam. Arti tersebut sesuai dengan konteks kalimat dalam teks.

6. Bacalah paragraf rumpang berikut!
Kontrak PT Freeport Indonesia (PTFI) di Tambang Grasberg, Papua, akan segera habis pada 2021. Freeport sudah beberapa kali memohon kepada Pemerintah agar mendapat [...] 20 tahun hingga 2041. Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mengatakan pihaknya akan memberi syarat bahwa Freeport harus bersedia mengubah status kontraknya dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. diperpanjang
B. perpanjangan
C. memperpanjang
D. memanjangkan

Pembahasan:
Kata tepat untuk mengisi paragraf rumpang tersebut adalah perpanjangan. Kata perpanjangan sesuai dengan konteks kalimat tersebut. Perpanjangan berarti perihal memperpanjang. Kata dalam pilihan jawaban A, C, dan D tidak sesuai konteks kalimat tersebut.

7. Bacalah teks rumpang berikut!
Membuat Alat Hidroponik dari Paralon
Langkah-langkah:
1) Lubangi pipa paralon dengan ukuran gelas plastik. Setiap lubang berjarak 10 cm.
2) Pasangkan pompa akuarium dengan pipa paralon sehingga membuat urutan dan susunan beraturan
3) Isilah gelas dengan irisan batang pakis hingga 1/3 bagian.
4) Masukkan benih atau bibit sayuran lalu tutup kembali menggunakan irisan batang pakis setinggi 1 cm.
5) Masukkan gelas plastik pada setiap lubang pipa paralon
6) [...]
7) Masukkan pipa paralon pada wadah penampung, lalu nyalakan pompa listrik

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. Tambahkan larutan nutrisi ke dalam gelas plastik
B. Isilah gelas plastik dengan kerikil atau spons
C. Tutuplah gelas yang berisi bibit sayuran
D. Letakkan pipa paralon di tempat yang tidak terkena sinar matahari

Pembahasan:
Kalimat yang tepat untuk mengisi larutan petunjuk membuat alat hidroponik dari paralon tersebut adalah pilihan jawaban A. Kalimat tersebut sesuai dengan urutan petunjuk sebelum dan sesudahnya sehingga menjadi padu. Pilihan jawaban B, C, dan D tidak tepat karena jika dilengkapkan menjadikan paragraf tidak padu.

8. Bacalah paragraf rumpang berikut!
Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, nikmat, dan karunia Tuhan yang diberikan kepada setiap manusia. Waktu adalah sebuah misteri kehidupan yang apabila sudah terjadi tidak akan dapat dikembalikan lagi. Menghargai waktu sebagai realisasi disiplin adalah salah satu sikap individu yang dapat mengatur waktu dengan baik. Kita semua pasti tahu bahwa manusia mempunyai waktu yang sangat singkat di dunia ini. Sudah sepantasnya kita [...] waktu sebaik mungkin.

Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. mengaplikasikan
B. menggunakan
C. menerapkan
D. memakai

Pembahasan:
Kata yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang tersebut adalah menggunakan. Kata tersebut sesuai konteks kalimatnya. Kata dalam pilihan jawaban A, C, dan D tidak sesuai konteks kalimat tersebut.

9. Bacalah Petunjuk rumpang berikut!
Prosedur Penggunaan Alat Penghisap Debu
1) Masukkan steker pada stopkontak
2) Tekan tombol power atau on pada alat penghisap debu
3) Dekatkan alat penghisap debu pada objek yang berdebu secara perlahan
4) [....]
5) Buka tutup alat penghisap debu dengan menekan tombol open
6) Keluarkan tabung berisi debu yang ada di dalam alat penghisap debu
7) Bilas dan cuci tabung dengan air bersih, lalu keringkan
8) Pasang kembali tabung ke dalam alat pengisap debu

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk rumpang tersebut adalah ....
A. Tekan tombol option untuk memilih menu yang kehendaki
B. Cabut steker dari stop kontak setelah selesai membersihkan objek yang dihendaki
C. Tekan tombol off apabila sudah selesai membersihkan objek yang berdebu
D. Simpan alat penghisap debu di tempat yang kering dan jauhkan dari jangkauan anak-anak

Pembahasan:
Kalimat prosedur yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut terdapat pada pilihan jawaban C. Kalimat tersebut sesuai dengan urutan petunjuk sebelum dan sesudahnya sehingga menjadi padu. Pilihan jawaban A, B, dan D tidak tepat karena teks prosedur menjadi tidak padu.

10. Cermati paragraf rumpang berikut!
Setiap Minggu pagi warga [...] mendatangi Gelora Manahan untuk menikmati libur akhir pekan. Kegiatan yang dilakukan warga mulai dari olahraga, berbelanja, hingga wisata kuliner. Kegiatan olahraga yang dilakukan warga, misalnya bersepeda, [...], atau sekadar berjalan kaki. Kagiatan berbelanja dan wisata kuliner didukung oleh adanya pedagang yang menjajakan makanan, pakaian, sepatu, perabot rumah tangga, dan tanaman dalam pot. Setiap kali pedagang menawarkan barang atau makanan dengan harga murah atau unik, warga [...] mengerumuninya.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. berduyun-duyun, lari-larian, desak-desakan
B. berduyun-duyun, berlari-lari, berdesak-desakan
C. terduyun-duyun, lari-larian, berdesak-desakan
D. terduyun-duyun, berlari-lari, desak-desakan

Pembahasan:
Bagian rumpang tersebut harus diisi dengan kata ulang tepat agar terbentuk paragraf padu. Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan kata ulang berduyun-duyun, berlari-lari, dan berdesak-desakan. Penulisan kata ulang lari-larian, desak-desakan, dan berduyun-duyun tidak tepat karena tidak sesuai dengan KBBI. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal melengkapi kalimat pada bagian teks nonsastra dalam USBN bahasa Indonesia kelas 9 lengkap dengan kunci jawaban. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami contoh soal melengkapi kalimat pada bagian teks nonsastra dalam USBN bahasa Indonesia kelas 9 lengkap dengan kunci jawaban. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Melengkapi Kalimat pada Bagian Teks Nonsastra (USBN 2019/2020)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /