Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Teks Ulasan Bertema Religi | Bahasa Indonesia Kelas 8 Revisi



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh teks ulasan bertema religi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh teks ulasan bertema religi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh teks ulasan bertema religi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Contoh Teks Ulasan Bertema Religi | Bahasa Indonesia Kelas 8 Revisi
 www.ilmubindo.com

Di bawah ini adalah salah satu contoh teks ulasan bertema religi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 revisi. Semoga dengan adanya contoh soal ini dapat membantu anak didik dalam memahami berbagai contoh teks ulasan yang ada dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks ulasan tersebut adalah sebagai berikut.

Malam Lebaran

Setiap kali menjelang lebaran, saya selalu diingatkan lirik Sitor Situmorang dalam puisinya yang berjudul "Malam Lebaran". Puisinya hanya terdiri atas satu larik: Bulan di atas Kuburan. Meskipun pendek, puisi ini menyiratkan makna yang amat dalam.

Dalam sisi bentuk, puisi "Malam Lebaran" dapat dikatakan sebagai puisi kontemporer yang cenderung bebas gaya penulisannya, tidak ada aturan yang mengikat. Saya justru tertarik untuk menelaah puisi ini dari muatan isinya yang amat dalam itu. Saya juga tidak menggunakan pendekatan atau teori sastra tertentu, tetapi lebih pada upaya penafsiran dan pemaknaan dari sudut pandang pribadi saya sebagai seorang penikmat dan pencinta puisi yang ingin saya kaitkan dengan momentum lebaran.

Kalau kita perhatikan dengan saksama, larik pendek itu tidak bisa dipisahkan dari judulnya. Secara sederhana, puisi tersebut bisa kita parafrasakan menjadi: //Pada malam lebaran, ada rembulan di atas kuburan//. Dalam penafsiran saya, setidaknya ada tiga frasa dan kata kunci yang hendak ditekankan oleh penyair kelahiran Harianboho, Samosir, Sumatera Utara ini, yaitu malam lebaran, rembulan, dan di atas kuburan. Dari sisi logika. larik puisi ini jelas tak masuk akal. Rembulan tak mungkin muncul pada malam lebaran, bukan? Namun, sesungguhnya larik tersebut tak bisa hanya sebatas kita yang hendak diungkapkan sang penyair.

Lebaran, sebagaimana dipahami oleh banyak orang, merupakan saat penuh menjalankan ibadah puasa. Hampir  semua orang tenggelam dalam hiruk-pikuk kemeriahan menyambut kemenangan itu. Semua orang tidak ada yang melewatkan momentum yang penuh berkah dan ampunan itu. Tidak salah jika Sitor Situmorang menggunakan kata bulan sebagai simbol kebahagiaan dan kemeriahan.

Namun, di balik kemeriahan dan kebahagiaan pada malam lebaran itu, ada juga penderitaan hidup. Tidak sedikit saudara-saudara kita yang masih harus berpuasa (menahan lapar dan dahaga) dan mengalami kelaparan pada saat hari kemenangan itu. Mereka tidak bisa mudik dan ikut menyambut lebaran di kampung halaman. Situasi dan keadaan yang kurang menguntungkan membuat mereka mau tidak mau meniadakan momentum lebaran dalam kehidupannya. Mereka hanya bisa mendengarkan gema suara takbir yang terdengar pilu. Tak salah juga kalau Sitor Situmorang menggunakan frasa di atas kuburan untuk menggambarkan hal tersebut .

Seharusnya lebaran juga perlu dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk saling berbagi dan bersilaturahmi, khususnya kepada mereka yang bernasib kurang beruntung. Konon, di balik kekayaan dan penghasilan yang kita miliki ada hak bagi fakir miskin dan anak-anak terlantar. Lebaran juga, perlu dimaknai sebagai alat bertobat dan mengakui semua kesalahan kita.

Bisa jadi, penafsiran ini tidak seperti yang ingin diungkapkan oleh Sitor Situmorang. Namun, sebagai bentuk sastra, puisi yang multitafsir bisa dimaknai oleh setiap orang dengan pemahamannya masing-masing.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh teks ulasan bertema religi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh teks ulasan bertema religi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Teks Ulasan Bertema Religi | Bahasa Indonesia Kelas 8 Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /