Langkah-Langkah dalam Menyimpulkan Teks Berita

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah dalam menyimpulkan sebuah teks berita. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah dalam menyimpulkan sebuah teks berita. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah dalam menyimpulkan sebuah teks berita.

Langkah-Langkah dalam Menyimpulkan Teks Berita

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah menyimpulkan sebuah teks berita. Terlebih dahulu admin akan menjelaskan kepada kalian tentang apa sih perbedaan antara teks berita dengan simpulan. Nah, di sini kita akan membahas lebih dalam tentang keduanya. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di berikut ini.

Pengertian Teks Berita

Teks berita merupakan teks yang berisi kejadian, peristiwa, dan informasi tentang sesuatu yang telah atau sementara berlangsung. Di dalam menyampaikan teks berita dapat disampaikan dengan dua cara yaitu, lisan dan tulisan. Contoh teks berita secara lisan bisa kita lihat melalui media televisi yang ada di rumah kalian. Dan secara tulisan dapat kalian baca di media cetak seperti koran dan majalah. Untuk zaman yang modern ini orang biasanya membaca berita cukup dari handphone saja.

Dengan membaca  atau mendengarkan teks berita, kalian dapat memeroleh berbagai informasi mengenai suatu hal. Bertambahnya informasi berarti bertambah pula pengetahuan dan wawasan kalian, sehingga dapat berfikir secara menyeluruh, efektif, kreatif, dan kritis terhadap suatu masalah yang terjadi di sekitar kalian.

Pengertian Kesimpulan

Kesimpulan adalah suatu kalimat yang disampaikan dari beberapa ide pemikiran dengan aturan-aturan yang berlaku. Untuk mengambil sebuah kesimpulan harus ada dua cara yang bisa kita gunakan yaitu dengan menggunakan pola penalaran induktif dan dedukitf.

Teknik Menentukan Simpulan


  1. Teknik scanning, yaitu membaca dengan cara mencari ide pokok atau kata kunci pada setiap paragraf yang terdapat dalam teks tersebut.
  2. Teknik generalisasi, yaitu mengambil kesimpulan lewat proses penarikan pernyataan secara umum berdasarkan beberapa kalimat fakta.
  3. Teknik analogi, yaitu menarik simpulan dengan membandingkan dua hal yang berbeda namun memiliki kesamaan pada sektor tertentu.
Bagaimana cara menyimpulkan teks berita?

Dalam menyimpulkan berita yang ditonton dari televisi atau didengarkan di radio, kita harus menentukan terlebih dahulu unsur-unsur teks beritanya. Berikut ini adalah beberapa unsur-unsur teks berita.

Unsur-Unsur Teks Berita

Unsur-unsur pokok dalam teks berita dapat dirumuskan dengan menggunakan 5W + 1H. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.
  1. What (Apa), yaitu Apa yang sedang terjadi?
  2. Who (Siapa), yaitu Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?
  3. Why (Mengapa), yaitu Mengapa hal itu bisa terjadi?
  4. When (Kapan), yaitu Kapan peristiwa itu terjadi?
  5. Where (Di mana), yaitu Di mana peristiwa itu terjadi?
  6. How (Bagaimana), yaitu Bagaimana peristiwa itu terjadi?
Unsur-unsur teks berita di atas bisa kalian gunakan sebagai bahan untuk menyimpulkan isi berita. Perlu juga kalian ketahui bahwa tidak semua informasi yang penting dapat dijadikan sebuah kesimpulan. Informasi penting tersebutlah yang disebut dengan pokok-pokok teks berita. Di bawah ini adalah contoh kesimpulan dari teks berita.

"Untuk meningkatkan minat baca warga, Sururi  mengedarkan buku. Hal ini terjadi di Kabupaten Banyumas, Purwekerto, Jawa Tengah, pada 29 Mei 2016. Sururi mengedarkan buku menggunakan kuda sehingga disebut kuda pustaka"

Langkah-Langkah Menyimpulkan Teks Berita

  1. Menyimak atau membaca teks berita dengan saksama.
  2. Mencatat pokok-pokok isi berita yang kalian dapatkan seperti tema dan peristiwa yang diberitakan, orang yang diberitakan, tempat kejadian, waktu kejadian, proses kejadian, dan peristiwa yang sedang diberitakan.
  3. Membuat kesimpulan berita dengan cara menyusun pokok-pokok teks berita kemudian disusun dalam bentuk kalimat berita.
  4. Menyimpulkan isi berita dapat ditulis dalam bentuk kalimat berita
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menyimpulkan sebuah teks berita. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan pengetahuan baru kepada anak didik dalam membuat kesimpulan sebuah teks. secara khusus teks berita. Terima kasih dan selamat belajar.