Langkah-Langkah Merangkum dan Membuat Sinopsis Buku Fiksi dan Nonfiksi Revisi

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Langkah-Langkah Merangkum dan Membuat Sinopsis Buku Fiksi dan Nonfiksi Revisi
www.ilmubindo.com

A. Pengertian Rangkuman

Rangkuman adalah cara menyajikan karangan yang panjang dalam bentuk singkat. Rangkuman tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang. Merangkum bertujuan memahami dan mengetahui isi buku atau karangan. Latihan merangkum akan menuntun seseorang dapat membaca karangan asli dengan cermat dan dapat menuliskannya kembali.

B. Langkah-Langkah Merangkum

Langkah-langkah yang harus diperhatikan ketika merangkum sebagai berikut.
  1. Membaca bacaan dengan saksama hingga dua atau tiga kali.
  2. Membaca perintah atau pentunjuk dengan teliti untuk mengetahui tugas yang akan dikerjakan.
  3. Membaca sekali lagi bacaan, lalu gagasan utama.
  4. Menyusun rangkuman sementara berdasarkan catatan-catatan dengan kalimat sendiri.
  5. Membaca kembali rangkuman sementara dan mengadakan perbaikan jika terjadi kesalahan.
  6. Menghitung jumlah kata dalam rangkuman sementara.
  7. Menulis rangkuman jadi dan mencantumkan jumlah kata pada akhir rangkuman.
C. Pengertian Sinopsis

Sinopsis adalah ringkasan cerita pendek dengan menggunakan alur tepat dan menarik dari cerpen, novel, drama, atau film. Pembuat sinopsis berusaha memahami karya sastra dari segi alurnya. Tujuan membuat sinopsis mendorong pembaca untuk membaca karya sastra secara utuh.  Langkah-langkah membuat sinopsis tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah membuat rangkuman. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam membuat sinopsis.
  1. Alur atau jalan cerita sebaiknya disusun secara kronologis dan tepat sesuai alur asli.
  2. Bahasa (kalimat) yang digunakan adalah bahasa (kalimat) perangkum adalah mengutamakan aspek persuasif.
  3. Sinopsis harus dapat memberi rangsangan kepada pembaca untuk membaca naskah aslinya.
D. Contoh Sinopsis Buku Fiksi dan Nonfiksi

Berikut ini adalah contoh sinopsis buku fiksi dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh sinopsis tersebut adalah sebagai berikut.

Penulis: Merari Siregar
Penerbit: Balai Pustaka
Tahun Pertama Terbit: 1920
Jumlah Halaman:

Novel yang satu ini dikategorikan novel klasik terbitan Balai Pustaka. Ia zaman di mana sastra Indonesia masih didominasi penggunaan bahasa Melayu yang kental. Adapun tema umum novel yang satu ini adalah kehidupan percintaan seorang gadis yang pernikahannya tidak membawa pada hidup yang bahagia tetapi justru pada kesengsaraan. Tokoh sentral dalam kisah cinta ini bernama Mariamin dan Aminu'ddin. Keduanya berkerabat dekat tetapi berbeda nasib. Aminu'ddin merupakan anak kepala kampung. Seorang bangsawan yang kaya raya dan disengani banyak orang. Sementara itu Mariamin tumbuh di lingkungan keluarga yang miskin. Sejak kecil keduanya sudah berkenalan dan bermain bersama. Beranjak dewasa, Aminu'ddin dan Mariamin merasakan Aminu'ddin berjanji akan menikahi Mariamin. Niatnya ini diutarakan pada ibu dan ayahnya, Banginda Diatas. Sang ibu setuju sebab ia menganggap Mariamin masih keluarnganya dan dengan menikahkan dengan Aminu'ddin, ia bisa menolong kemiskinan gadis itu. Namun, pendapat berbeda datang dari ayah Aminu'ddin yang Baginda Diatas. Ia diam-diam tidak menyetujui rencana Aminu'ddin sebab ia beranggapan pernikahan tersebut tidak pantas dan akan menurunkan derajat bangsawannya.

Untuk mewujudkan niatnya, akhirnya Aminu'ddin berangkat ke Medan untuk mencari kerja. Saat di Medan, ia masih rajin berkirim kabar dengan Mariamin. Sampai suatu waktu, ia menggirim berita ke kampung bahwa ia sudah siap untuk berumah tangga dengan wanita pujaannya tersebut. Sayangnya, Baginda Diatas, ayah Aminu'ddin tidak setuju. Ia menyusun rencana agar istrinya tidak menyetujui keinginan Aminu'ddin. Caranya, ia membawa istrinya ke dukun sewaan dan pura-pura meramal jodoh terbaik untuk Aminu'ddin, anaknya. Sang dukun berkata bahwa jodoh Aminu'ddin bukanlah Mariamin melainkan seorang gadis bangsawan di desa mereka. Ibu Aminu'ddin pun percaya dan setuju ke Medan dengan membawa gadis bangsawan yang hendak dinikahkan dengan Aminu'ddin.

Saat mereka tiba di Medan, Aminu'ddin kaget sebab keputusan orang tuanya menjodohkan dengan gadis tersebut memukul jiwanya. Tapi ia tidak bisa menolak sebab saat itu ia terikat adat yang harus selalu patuh pada keputusan orang tua. Akhirnya Aminu'ddin mengirim surat kepada Mariamin sambil memohon maaf karena ia terpaksa menikahi gadis lain meskipun tanpa cinta. Mendengar kabar tersebut, Mariamin sangat sedih. Ia bahkan sempat sakit. Setahun berselang, ibu Mariamin akhirnya menerima pinangan seorang laki-laki bernama Kasibun. Ia berharap pernikahan tersebut akan mengobati luka Mariamin. Akan tetapi apa yang diniatkan Ibu Mariamin tidak terjadi. Pernikahan tersebut malah menambah penderitaan lain bagi Mariamin. Sebab, ternyata Kasibun memiliki istri yang diceraikannya dengan alasan ingin menikahi Mariamin.

Pada akhirnya Mariamin tak sanggup lagi dan akhirnya melaporkan suaminya, Karibun ke Polisi. Akhirnya Karibun ditetapkan bersalah dan diwajibkan membayar denda serta melepaskan Mariamin tak lagi jadi istrinya. Mariamin akhirnya kembali ke desanya dan hidup menderita di sana. Ia sakit-sakitan hingga akhirnya meninggal dunia dalam derita.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami langkah-langkah merangkum dan membuat sinopsis buku fiksi dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.