Contoh Soal Menyimpulkan Pendapat Pro/Kontra dalam Teks - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_ Teks tanggapan kritis adalah karangan berisi tanggapan kritis terhadap suatu masalah. Tanggapan kritis merupakan tanggapan (komentar) seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Dalam mengemukakan tanggapan, seseorang harus tajam dalam menganalisis masalah. Selain itu, ia juga harus peka terhadap masalah yang ada. Tanggapan kritis tersebut dapat berupa kritik dukungan pernyataan setuju atau tidak setuju tentang baik buruknya suatu masalah disertai alasan logis. Alasan tersebut harus memberi dukungan atau solusi permasalahan yang dibahas. Pendapat pro disebut tanggapan kritis positif. Pendapat pro berupa persetujuan, dukungan, optimistis, dan pujian. Sebaliknya, pendapat kontra disebut tanggapan kritis negatif. Pendapat kontra berupa penolakan, kritik, pesimistis, dan keprihatinan.

Contoh Soal Menyimpulkan Pendapat Pro/Kontra dalam Teks - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

Contoh Soal UN:
1. Bacalah ilustrasi berikut!
Pasar makanan luar negeri mengancam keberadaan makanan tradisional. Kemasan dan strategi pemasaran makanan ala luar negeri lebih menarik. Makanan tradisional kalah bersaing dengan makanan cepat saji ala luar negeri. Makanan tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Makanan tradisional tanpa bahan pengawet. Makanan tradisional lebih sehat daripada makanan cepat saji ala luar negeri. Sebaliknya, makanan cepat saji ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. Makanan tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada makanan cepat saji ala luar negeri. Bahannya pun mudah diperoleh.

Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saya setuju mengonsumsi makanan tradisional karena dikemas menarik dan mudah didapatkan di toko-toko.
B. Saya lebih suka mengonsumsi makanan cepat saji ala luar negeri karena tidak perlu repot membuat sendiri.
C. Saya lebih suka mengonsumsi makanan cepat saji ala luar negeri karena kemasannya lebih menarik dan bergengsi.
D. Saya lebih suka mengonsumsi makanan tradisional karena tanpa bahan pengawet dan lebih menyehatkan.

Pembahasan:  
Tanggapan positif terdapat pada pilihan jawaban D. Kalimat tanggapan positif pada pilihan jawaban A, B, dan C tidak sesuai dengan ilustrasi tersebut.

Jawaban: D

2. Bacalah ilustrasi berikut!
Sebagian besar remaja selalu mengubah penampilan mereka sesuai perkembangan zaman. Menurut mereka, penampilan adalah nomor satu. Jika kita lihat, remaja Indonesia cenderung mengenakan pakaian modern dan mengikuti gaya berpakaian orang barat. Sebagian besar dari mereka melupakan budaya timur. Bagi mereka berpakaian bukan untuk melindungi tubuh dari panas, dingin, dan gigitan serangga, melainkan untuk tujuan status sosial dan identitas.

Kalimat tanggapan negatif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Menurut saya, remaja Indonesia dalam berpakaian sudah melupakan budaya timur.
B. Menurut saya, remaja Indonesia saat ini suka memburu pakaian impor untuk penampilannya.
C. Menurut saya, berpakaian modern sangat cocok untuk remaja Indonesia masa kini.
D. Menurut saya, berpakaian modern merupakan salah satu bentuk pemborosan.

Pembahasan:
Tanggapan negatif berisi keprihatinan dan penolakan. Tanggapan negatif terhadap teks tersebut terdapat pada pilihan jawaban A. Kalimat tanggapan pada jawaban B, C, dan D tidak sesuai dengan isi teks.

Jawaban: A

3. Bacalah ilustrasi berikut!
Dalam seminggu remaja bisa pergi ke mal tiga sampai empat kali. Di mal mereka hanya makan di restoran, nongkrong di kafe, dan cuci mata di pusat perbelanjaan. Para remaja terkadang mampir berbelanja walaupun barang yang dibeli tidak penting. Banyak remaja terjebak dalam kebiasaan mereka hanya mengandalkan gengsi.

Kalimat tanggapan negatif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Menurut saya, para remaja sering pergi ke mal agar dapat mengetahui perkembangan mode
B. Menurut saya, kebiasaan para remaja pergi ke mal akan mengakibatkan mereka menjadi konsumtif
C. Menurut saya, para remaja telah terjebak dalam kebiasaan sering pergi ke mal untuk keperluan tidak penting
D. Menurut saya, kebiasaan remaja sering berkunjung ke mal akan berdampak pada perilaku sehari-hari

Jawaban: C

4. Bacalah ilustrasi berikut!
Gaya hidup saat ini kebanyakan mengedepankan kecepatan dan serba instan. Gaya hidup ini memang tidak akan berdampak buruk dalam waktu dekat. Dalam jangka panjang gaya hidup ini akan berdampak buruk.
Keterbatasan informasi menyebabkan banyak orang enggan beralih ke gaya hidup organik. Selama ini masyarakat mengetahui bahwa makanan organik di jual dengan harga lebih mahal. Oleh sebab itu, belum banyak warga masyarakat menerapkan gaya hidup organik dalam kehidupan sehari-hari.

Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saya setuju karena makanan instan lebih praktis dan cepat. Makanan instan tidak berdampak buruk bagi kesehatan dalam waktu dekat
B. Saya setuju dengan makanan instan karena karena mudah di dapat. Masyarakat pun lebih menyukai makanan instan
C. Saya setuju masyarakat saat ini lebih menyukai gaya hidup serba instan. Selain lebih cepat saji, makanan instan juga lebih murah
D. Saya setuju masyarakat mulai bergaya hidup sehat dengan makanan organik. Harga makanan organik memang lebih mahal, tetapi dampaknya sangat baik untuk kesehatan.

Jawaban: D

5. Bacalah teks berikut!
Kebiasaan mendengarkan portable music player (PMP), seperti MP3 Player, bisa membuat telinga kita cedera. Hal tersebut terjadi jika kita terlalu sering memakai earphone atau headphone bervolume tinggi. Bertdasarkan penelitian, efek buruk datang jika menggunakan earphone selama lima jam dalam seminggu. Dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga. Kemungkinan terbesar kerusakan tersebut terjadi pada usia muda.

Kalimat tanggapan negatif berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. Menurut saya, menggunakan headphone untuk mendengarkan musik akan lebih baik. Sambil mendengarkan musik, kita dapat melakukan pekerjaan dengan penuh semangat
B. Menurut saya, terlalu sering menggunakan headphone akan mengakibatkan seseorang menjadi tidak peduli terhadap orang lain
C. Menurut saya, menggunakan headphone untuk mendengarkan musik tidak masalah asalkan dengan volume kecil. Menggunakan headphone dapat menghibur diri
D. Menurut saya, menggunakan headphone dalam jangka panjang dapat merusak pendengaran secara permanen. Sebaiknya pemakaian headphone dihindari.

Jawaban: D

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Simpulan Pendapat Pro dan Kontra dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh soal terbaru seputar UN bahasa Indonesia kelas 9. Dan harapannya semoga apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai dengan baik. Selamat belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL