Contoh Soal Meringkas Isi Teks - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_ Rangkuman atau ringkasan merupakan penyajian bacaan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang bacaan asli. Langkah-langkah membuat rangkuman antara lain sebagai berikut. 1) Membaca bacaan atau karangan asli untuk mengetahui kesan umum, maksud pengarang, dan sudut pandangnya. 2) Mencatat gagasan utama tiap-tiap paragraf dalam bacaan. 3) Menyusun ringkasan dengan menyusun gagasan utama bacaan menjadi satu paragraf. 4) Membaca paragraf ringkasan dan memperbaiki jika terdapat kesalahan. Atau arti lain dari rangkuman adalah hasil dari memperpendek atau meringkas bacaan. Oleh karena itu, untuk bisa membuat rangkuman dapat dilakukan dengan menyusun kembali ide pokok-ide pokok yang ada dalam bacaan menjadi satu kesatuan yang utuh.

Contoh Soal Meringkas Isi Teks - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

1. Bacalah kutipan paragraf berikut!
Upaya pemeliharaan kesehatan tidak akan berhasil jika tidak ada perubahan sikap mental dan perilaku. Dari sekian banyak penyakit terkini, sumbernya tiada lain adalah gaya hidup yang keliru. Jika menjalankan hidup yang sehat dan benar, penyakit akan jauh dari kita. Gaya hidup yang sehat dan benar dapat dilakukan dengan cara makan yang bergizi, berolahraga dengan takaran yang pas, stop merokok dan kurangi alkohol, serta mental batin yang tenang.

Rangkuman bacaan tersebut adalah ....
A. Gaya hidup yang sehat dan benar dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit
B. Upaya pemeliharaan kesehatan sangat penting bagi orang Indonesia.
C. Jika ingin sehat, jauhi merokok serta mental batin yang tenang.
D. Berbagai penyakit yang menyerang seseorang dikarena pola makan yang keliru.

Pembahasan: 
Rangkuman merupakan intisari uraian yang dipaparkan. Rangkuman disebut juga ringkasan. Rangkuman disajikan singkat dari karangan asli, dengan tetap memerhatikan urutan isi. Bacaan tersebut membahas upaya pemeliharaan kesehatan dengan gaya hidup sehat untuk menghindari berbagai penyakit. Pilihan jawaban yang benar adalah A. Pilihan jawaban B, C, dan D tidak tepat karena ringkasan bacaan tidak mewakili keseluruhan isi.

Jawaban: A

2. Bacalah teks berikut!
Diabetes militus merupakan kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik kenaikan kadar glukosa darah yang terjadi kelainan sekresi insulin, kelainan kerja insulin atau kedua-duanya. Gejala penderita penyakit ini antara lain sering buang air kecil, mata kabur, lemah badan, serta mudah haus dan lapar. Komplikasi Diabetes militus adalah penyakit jantung, stroke, buta, gagal ginjal, kerusakan syaraf, dan luka kaki yang sulit disembuhkan.
Diabetes militus tidak dapat disembuhkan. Namun, penderitanya tetap dapat melakukan aktivitas seperti orang normal jika dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik.

Rangkuman bacaan yang tepat adalah ....
A. Penderita Diabetes harus mengontrol makanannya supaya kesehatannya stabil
B. Komplikasi Diabetes militus antara lain penyakit jantung dan kerusakan syaraf.
C. Diabetes militus merupakan penyakit metabolik yang tidak dapat disembuhkan
D. Penderita Diabetes dapat beraktivitas normal jika mengontrol kadar gula dengan baik

Pembahasan: 
Rangkuman dapat dilakukan dengan mengabungkan gagasan-gagasan utama dari paragraf yang ada pada bacaan. Berdasarkan bacaan tersebut, rangkuman yang tepat adalah sesuai dengan jawaban C. Kalimat tersebut mewakili keseluruhan uraian yang ditampilkan dalam bacaan. Pilihan jawaban A, B, dan D hanya menyampaikan potongan-potongan bacaan.

Jawaban: C

3. Perhatikan wacana berikut!
Batuk sebenarnya bukan penyakit refleks, karena mengalami rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat terjadi karena saluran pernapasan atau paru-paru terkena infeksi kuman-kuman tertentu. Udara dingin atau lembab dapat juga membuat orang batuk atau bersin.
Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih akibat gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu. Obat batuk itu disebut ekspektoran.

Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah ....
A. Penyakit batuk yang dikarenakan rangsangan udara yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara terinfeksi, maka harus diobati dengan ekspektoran.
B. Pengaruh batuk itu terjadi karena asap pabrik, gas asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga saluran paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut dapat dengan obat yang dibeli di pasar bebas.
C. Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, rokok, bau-bauan, gas, dan kekurangan udara saluran pernapasan. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran
D. Terjadinya penyakit batuk karena polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, dan kekurangan udara. Namun, semua dapat diobati dengan obat tradisional yang dibuat di pasaran bebas.

Pembahasan:
Rangkuman wacana yang terdiri atas dua paragraf dapat dibuat dengan menggabungkan ide pokok kedua paragraf tersebut.

Jawaban: C

4. Perhatikan bacaan berikut!
Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional pada namanya wajib melepaskan embel-embel tersebut. Pengaturan yang mewajibkan hal itu berlaku mulai Agustus 2010.
Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan pasien. Padahal kelangsungan hidup mereka bergantung pada rumah sakit.

Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah ....
A. Kewajiban melepaskan nama internasional pada nama rumah sakit dimaksudkan untuk menghindari kesesatan interpretasi pasien
B. Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional wajib melepaskan embel-embel tersebut
C. Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi pasien rumah sakit berlabel internasional
D. Pelapasan kata internasional pada sejumlah rumah sakit penting karena kelangsungan hidup pasien ada pada rumah sakit.

Pembahasan:
Rangkuman dapat ditentukan dari penggabungan masing-masing ide pokok paragraf yang akan dirangkum. Ide pokok paragraf pertama adalah kewajiban melepaskan nama internasional pada rumah sakit, sedangkan ide pokok paragraf kedua adalah tujuan pelepasan nama tersebut untuk menghindari kesesatan interpretasi pasien.

Jawaban: A

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Rangkuman atau Ringkasan Isi Teks dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih jelas tentang contoh soal rangkuman. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari bermanfaat buat kalian nantinya ketika akan mengikuti ujian nasional. Selamat belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL