Contoh Soal Melengkapi Paragraf dengan Kata dan Kalimat - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_Sebuah teks atau paragraf ialah rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan rangkaian kalimat itu yang membentuk satu kesatuan pokok bahasan. Sebuah teks biasanya terdiri atas pikiran, gagasan, atau ide pokok yang dibantu dengan kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Teks yang baik memiliki kesatuan, kepaduan, dan kelengkapan. Kesatuan adalah paragraf hanya mengandung satu gagasan pokok. Gagasan pokok diletakkan dalam sebuah kalimat utama. Dalam teks mungkin terdapat beberapa gagasan tambahan, tetapi gagasan itu harus berfokus pada satu gagasan utama. Kepaduan teks adalah hubungan antara kalimat-kalimat dalam satu teks. Kalimat dalam sebuah teks berhubungan satu sama lain. Dengan demikian, kalimat-kalimat di dalam sebuah teks berpadu dalam mendukung gagasan utama. Kelengkapan adalah bahwa kalimat-kalimat penjelas sudah tuntas menjelaskan kalimat utama.

Contoh Soal Melengkapi Paragraf dengan Kata dan Kalimat - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

Contoh Soal UN:
1. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Pak Aris adalah pemilik [...] Sumber Waras. Dalam penyusunan jenis obat, beliau selalu lakukan dengan cara yang [...]. Misalnya dengan membuat urutan secara [...]. Jenis dan kelompok obat dikelompokkan sesuai abjad. Selain itu, Pak Aris juga memisahkan antara obat generik dengan obat paten. Hal ini akan mempermudah pelayanan kepada pelanggan.

Kata  baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. apotik, sistimatis, alfabet
B. apotik, sistematis, alfabetis
C. apotik, sistematik, alfabetis
D. apotek, sistematis, alfabetik

Pembahasan: 
Agar membentuk paragraf padu, bagian-bagian rumpang tersebut harus diisi dengan kata-kata baku yang tepat. Kata-kata baku yang tepat adalah apotek, sistematik, dan alfabetis. Kata apotik tidak baku. Sementara itu, kata sistematis dan alfabet tidak tepat untuk melengkapi kalimat dalam paragraf tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Jawaban: C

2. Cermatilah paragraf rumpang  berikut!
Era globalisasi dan [...] menuntut kita untuk bertindak cepat, mudah, efektif, hingga [...]. Globalisasi mendidik kita untuk mencapai tujuan sesempurna mungkin, bahkan dengan menghalalkan segala cara. Oleh karena itu, manusia modern cenderung [...].

Kata serapan yang tepat penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. modernisasi, instant, individualistik
B. modernisasi, instan, individualis
C. modern, instan, individualis
D. modernisasi, istant, individualis

Pembahasan: 
Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan kata serapan modernisasi, instan, dan individualistik tidak tepat penulisannya. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

Jawaban: B

3. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Keluarga kami tinggal di lingkungan yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Rumah-rumah warga  yang tinggal di lingkungan kami diberi cat [...]. Anak-anak suka bermain di taman yang disediakan. Buku-buku dan surat kabar yang tersedia di perpustakaan desa menjadi bacaan rutin [...] di desa kami. Sikap [...] merupakan kebiasaan warga yang selalu terpelihara di desa kami.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. warna-warni, muda-mudi, tolong-menolong
B. warna-warna, muda-mudi, tolong-tolong
C. warna-warni, muda-muda, tolong-ditolong
D. warna-warna, muda-mudi, tolong-menolong

Pembahasan:
Kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah warna-warni,muda-mudi, dan tolong-menolong. Kata ulang warna-warna, muda-muda, tolong-tolong dan tolong-ditolong tidak tepat untuk mengisi kalimat rumpang tersebut. Jadi, jawaban benar terdapat pada pilihan jawaban A.

Jawaban: A

4. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Era globalisasi membawa banyak perubahan terhadap gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mencipatakan berbagai macam peralatan yang membantu manusia dalam bekerja [...]. Bermain adalah salah satu jenis hiburan pilihannya. Dengan berkembang nya teknologi yang mencakup banyak aspek, jenis-jenis dari permainan pun mendapatkan pengaruhnya. Aspek tersebut menyebabkan munculnya istilah permainan modern.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. permainan modern merupakan jenis permainan yang memanfaatkan teknologi di dalamnya
B. kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai
C. jenis permainan modern menberikan banyakdampak negatif terhadap perkembangan anak
D. oleh karena itu, diperlukan kebijaksanaan orang tua dalam menyikapi masalah tersebut.

Pembahasan: 
Kalimat pengisi bagian rumpang dapat ditentukan berdasarkan kalimat-kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang. Bagian rumpang tersebut harus  diisi dengan kalimat tepat agar paragraf tersebut padu. Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah Kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai. Kalimat pada pilihan A, C, dan D tidak tepat untuk melengkapi paragraf.

Jawaban: B

5.  Bacalah kutipan teks berikut!
Dalam program pemulihan ... ini, aneka tumbuhan diberi kesempatan bernapas lega. Begitu juga binatang untuk dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik." Dalam program ini juga dilakukan pembersihan sampah terutama sampah plastik," ujar dia.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A. ekologi
B. ekosistem
C. habitat
D. biotik

Pembahasan:
Dalam keempat pilihan jawaban kata yang paling tepat adalah ekosistem karena arti kata ekosistem adalah keanekaragaman suatu komunitas dan lingkungannya yang berfungsi sebagai satu satuan ekologi di alam. Arti tersebut sesuai dengan konteks kalimat dalam teks.

Jawaban: B

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Melengkapi Paragraf dengan Kata dan Kalimat dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga kiranya contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih dalam tentang Contoh Soal Melengkapi Paragraf dengan Kata dan Kalimat. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini bermanfaat. Terima kasih.

BUKA SOAL