Contoh Soal Menentukan Alasan Kesalahan Penggunaan Kata, Kalimat, dan Ketidakpaduan Paragraf - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal "Menentukan Alasan Kesalahan Penggunaan Kata, Kalimat, dan Ketidakpaduan Paragraf" dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh kelas yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh soal terbaru seputar bahasa Indonesia indikator "Menentukan Alasan Kesalahan Penggunaan Kata, Kalimat, dan Ketidakpaduan Paragraf". Selamat belajar dan semoga berhasil.

Contoh Soal Menentukan Alasan Kesalahan Penggunaan Kata, Kalimat, dan Ketidakpaduan Paragraf - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

1. Bacalah paragraf berikut!
Keberhasilan usaha tani tidak hanya dilihat dari keberhasilan berproduksi yang ditunjukkannya dengan besarnya produksi per satuan luas. Usaha tani dikatakan berhasil jika pelaku juga dapat menjual hasil produksinya dengan harga tinggi untuk memeroleh keuntungan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang lebih baik karena harga hasil pertanian dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar. Dengan demikian, lembaga pemasaran merupakan badan hukum atau perorangan yang bergerak dalam jasa pemasaran.

Paragraf tersebut terdapat kesalahan karena ....
A. penggunaan kalimat tidak efektif
B. penggunaan kalimat tidak baku
C. penggunaan kalimat berlebihan
D. penggunaan kalimat tidak padu

Jawaban: D

2. Bacalah paragraf berikut!
Kelapa banyak diusahakan oleh masyarakat secara turun-temurun. Hampir semua bagian tanaman kelapa dapat di manfaatkan dan mampu memberikan nilai tambah secara ekonomi. Salah satu bagian dari buah kelapa yang dapat dimanfaatkan dengan diolah adalah air kelapa. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan nata de coco yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Proses pembuatannya yang sederhana dapat diusahakan dalam skala rumah tangga. Pembuatan dalam skala kecil ini dapat menyerap tenaga kerja dan mendapatkan tambahan penghasilan.

Kalimat tercetak miring dalam paragraf tersebut salah karena ....
A. kalimat tersebut tidak koheren
B. kalimat tersebut tidak padu
C. kalimat tersebut tidak efektif
D. kalimat tersebut tidak baku

Jawaban: C

3. Bacalah paragraf berikut!
Masyarakat merumuskan sejumlah norma sosial sebagai pedoman bertingkah laku. Bahkan, agar semua warga mematuhi norma sosial, masyarakat juga menyepakati sangsi bagi mereka yang melanggar norma. Beberapa tindakan pelanggaran norma membuahkan hukuman bersifat ringan bagi pelakunya.

Penggunaan kata sangsi dalam paragraf tersebut salah karena ....
A. kata tersebut memiliki makna ambigu
B. kata tersebut tidak baku
C. kata tersebut tidak sesuai dengan KBBI
D. kata tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat

Jawaban: D

4. Cermati paragraf berikut!
1) Perusahaan yang merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang produksi barang ataupun jasa. 2) Barang dan jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan kolega dan pelanggan. Sebagai sebuah organisasi, perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lainnya. 3) Agar dapat tampil sebagai pemenang, menejemen harus memiliki keunggulan. 4) Salah satu keunggulan tersebut adalah keunggulan komparatif yang tercermin pada berbagai pelayanan yang diberikan.

Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ....
A. 3)
B. 1)
C. 4)
D. 2)

Jawaban: A

5. Cermati paragraf berikut!
1) Potensi wisata bahari telah menjadi penggerak ekonomi Indonesia. 2) Penyebabnya adalah pariwisata telah mampu menggerakkan banyak sektor ekonomi lainnya. 3) Di sekitar tempat wisata biasanya sering selalu dibarengi dengan pertumbuhan industri  perhotelan dan rumah makan. 4) Selain itu, berkembang pula industry jasa, seperti, pemandu wisata, transportasi, dan persewaan.

Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

Jawaban: B

6. Cermati kalimat berikut!
Hendrik harus bertalian orang yang bersangkutan jika ia ingin mengetahui perdebatannya lebih jelas lagi.
Perbaikan kata tepat untuk mengganti kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. menghubungi, persoalannya
B. bersambung, perbincangannya
C. berkaitan, pembahasannya
D. menghampiri, perselisihannya

Jawaban: A

7. Cermati kalimat berikut!
Setiap orang lain dianjurkan mengonsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif.
Perbaikan tepat kalimat tidak efektif tersebut adalah ....
A. Setiap orang dianjurkan mengonsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi agar mereka dapat beraktivitas produktif
B. Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar dapat beraktivitas produktif.
C. Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif
D. Setiap orang dianjurkan mengonsumsi makanan yang cukup mengadung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif.

Jawaban: B 

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal menentukan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf dalam UN bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini bermanfaat buat anak didik dan bisa mengantarkan kalian dalam memeroleh nilai terbaik di UN nantinya. Selamat belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL