Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Menentukan Makna Kata/Kalimat dalam Teks - UNBK SMP/MTs 2020


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Teks atau bacaan mengandung makna dan informasi. Tujuan membaca adalah menemukan makna dan informasi tersebut. Proses menemukan makna dan informasi dalam teks bergantung pada jenis bacaannya. Makna dalah arti atau pengertian yang diberikan terkait suatu bentuk kebahasaan. Makna atau artidapat ditemukan dalam kamus. Kamus yang lazim digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Linguistik, dan Kamus Istilah Sastra. Untuk menemukan makna kata, diperlukan proses membaca memidai.

Kata merupakan satuan bahasa terkecil yang memiliki dua unsur, yaitu unsur bentuk dan isi. Unsur bentuk adalah wujud yang dapat ditangkap pancaindra. Unsur isi atau makna adalah wujud yang dapat dipahami oleh pikiran karena dirangsang oleh unsur bentuk. Misalnya, kata mobil adalah unsur bentuk karena dapat ditangkap oleh indra penglihatan. Unsur isi atau makna kata mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Pengertian mobil dari segi bentuk dan isi tersebut yang sesuai dengan kesepakatan pemakai bahasa disebut juga makna leksikal, artinya makna kata sesuai dengan makna dalam kamus.

Contoh Soal Menentukan Makna Kata/Kalimat dalam Teks - UNBK SMP/MTs 2020
www.ilmubindo.com

Selain makna kata, kamu dapat menentukan makna kalimat dalam teks atau bacaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final, dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa. Makna kalimat dalam teks dapat ditentukan berdasarkan konteks dalam teks tersebut. Sebagai contoh, sebuah teks prosedur atau tanggapan deskriptif  terdiri atas beberapa kalimat. Kalimat satu dengan kalimat lainnya harus memiliki satu kesatuan ide. Antarkalimat tersebut harus saling berhubungan atau koherensi. Cara menemukan makna kalimat dalam teks dengan mencari kalimat yang mirip dengan kalimat tersebut. Makna kalimat baru tersebut masih dalam satu kesatuan ide.

Contoh Soal UN:

1. Bacalah teks berikut!
Sebanyak sepuluh pelaku usaha kecil menengah di bidang kuliner menerima penghargaan dalam rangka UKM Pangan Award 2012. Penghargaan diberikan oleh Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurti, di Kantor Kementerian Perdagangan. Pemberian penghargaan tersebut dilakukan pada hari Rabu, 3 Oktober 2012. Kesepuluh penerima penghargaan ini berhasil menyisihkan 82 peserta dari 20 provinsi di Indonesia lainnya.

Makna kata kuliner dalam teks tersebut adalah ....
A. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan mengonsumsi makanan.
B. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan jalan-jalan
C. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan pariwisata
D. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan perdagangan

Pembahasan: 
Kata kuliner merupakan kata baru dalam istilah bahasa Indonesia. Kata tersebut merupakan serapan dari bahasa Inggris culinary yang artinya berhubungan dengan dapur atau masakan. Istilah tersebut selain di kamus dapat kamu temukan di website atau internet. Arti kata tersebut menurut beberapa sumber dalam internet adalah bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan mengonsumsi makanan.

Jawaban: A

2. Bacalah paragraf berikut!
Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI Jakarta mempelajari berdasarkan hasil evaluasi musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.

Makna kata simulasi dalam paragraf tersebut adalah ....
A. mencoba
B. menghitung
C. memeragakan
D. mengantisipasi

Pembahasan: 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata simulasi mengandung makna memeragakan sesuatu dalam bentuk tiruan. Jadi, jawaban yang sesuai terdapat pada pilihan jawaban C. Pilihan jawaban A, B, dan D tidak tepat karena tidak sesuai arti dalam kamus.

Jawaban: C

3. Bacalah kutipan teks berikut!
Bagiku sendiri, Bumi boleh dibilang debut fiksi fantasi yang cukup ambisius dan menghibur. Ambisius karena faktanya Bumi adalah buku pertama dari tetralogi fantasi yang konon telah disiapkan Tere Liye.

Makna kata ambisius yang tepat pada kutipan teks ulasan tersebut adalah ....
A. suatu harapan yang ingin di dapatkan
B. berkeinginan keras mencapai sesuatu
C. usaha yang menghalalkan segala cara
D. tujuan yang harus dicapai

Pembahasan:
Makna kata ambisius yang sesuai dengan teks tersebut adalah berkeinginan keras untuk mencapai sesuatu.

Jawaban: B

4. Bacalah kutipan teks berikut!
Ketika membangun atau merenovasi rumah, selain tata ruang, bentuk dapur, kamar mandi, desain kamar tidur, furnitur, dan material yang digunakan, harus diperhatikan hal kecil seperti bentuk atap atau desain keramik lantai.

Makna kata desain yang tepat pada kutipan teks prosedur tersebut adalah ....
A. proses untuk membuat dan menciptakan objek baru
B. seni motif untuk menghasilkan karya yang berbeda
C. gambaran objek untuk menciptakan seni baru
D. suatu proses seni dalam menciptakan objek yang lain

Pembahasan:
Makna kata desain yang paling tepat untuk kutipan teks tersebut adalah pada jawaban A.

Jawaban: A

5. Bacalah paragraf berikut!
Sampah saat ini menjadi salah satu permasalahan kota yang mendesak untuk ditangani. Jika tidak bijak mengelolanya, sampah dapat menimbulkan konflik baik antarwarga maupun antarpemangku kepentingan. Konflik tersebut terjadi beberapa waktu lalu. Masalah pengelolaan sampah kota menimbulkan polemik antara Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, dengan DPRD Kota Bekasi terkait TPST Bantargebang.

Kalimat bercetak  miring tersebut memiliki makna ....
A. Pengelolaan sampah yang tidak bijak dapat menimbulkan konflik antarwarga dan pemangku kepentingan
B. Pengelolaan sampah dapat menimbulkan ketegangan baik ditingkat warga maupun antarpemangku kepentingan
C. Warga dan pemangku kepentingan diharapkan bersikap bijaksana dalam mengelola sampah
D. Pihak yang berkewajiban mengelola sampah yaitu warga dan pemangku kepentingan

Pembahasan:
Kata kunci dalam kalimat bercetak miring tersebut adalah tidak bijak dan konflik. Oleh karena itu, makna tepat sesuai kalimat.

Jawaban: A

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Menentukan Makna Kata/Kalimat dalam Teks dalam Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih jelas tentang makna kata dalam soal UN bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Menentukan Makna Kata/Kalimat dalam Teks - UNBK SMP/MTs 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /