Contoh Soal Menentukan Makna Tersurat dalam Cerpen dan Fabel - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat mengantarkan kalian memeroleh nilai terbaik untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Sukses buat kalian semuanya.

Contoh Soal Menentukan Makna Tersurat dalam Cerpen dan Fabel - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

1. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Dan saat ia memandang ke langit, ia melihat sesuatu yang sangat indah. Kupu-kupu dengan sayap warna-warni terbang di atas tupai itu, kemudian menyapanya, "Halo teman, masih ingatkah kau padaku?"
Tupai itu hanya terkagum-kagum dengan keindahan kupu-kupu, "siapa kau, hei kupu-kupu cantik?"
"Aku adalah ulat bulu jelek yang dulu di atas pohon ini bersamamu",
Tupai terkejut, "Bagaimana mungkin?"
"Aku memiliki masa yang disebut metamorfosis, dan setelah itu aku akan berubah menjadi kupu-kupu. Setiap ulat bulu akan berubah seperti aku". Tupai terheran-heran, kemudian menyesal telah mengejek ulat bulu. Kemudian tupai meminta maaf akan kesalahannya dulu, dan ia tidak lagi suka mengejek orang lain.

Makna tersurat dari kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Mintalah maaf kalau melakukan kesalahan
B. Jangan suka mengejek segala ciptaan Tuhan
C. Bertemanlah tanpa membeda-bedakan 
D. Kagumilah segala keindahan makhluk Tuhan

Jawaban: B

2. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Mungkin bosan akibat terlalu lama bersatu dalam kedamaian, warga Rimba Nusa tiba-tiba terbelah menjadi tiga kelompok. Satu di pihak harimau, satunya di pihak ular belang, dan satunya lagi mengaku netral pencinta kedamaian. Gara-garanya sepele, tetapi senggaja dibesar-besarkan untuk memicu konflik perselisihan. Pada satu dari enam pohon bambu keramat Rimba Nusa, terdapat dua lubang yang dianggap menodai kemulusannya.

Makna tersurat kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Masalah sepele yang dibesar-besarkan mengakibatkan warga Rimba Nusa terbelah menjadi tiga kelompok
B. Warga rimba Nusa yang terpecah akibat warga Rimba Nusa yang tidak bertanggung jawab menebar isu
C. Warga Rimba Nusa tidak ingin kedamaian makanya terbelah menjadi tiga kelompok akibat masalah sepele
D. Perselisihan antar kelompok yang terjadi di Rimba Nusa karena warganya bosan dengan cinta damai

Jawaban: A

3. Bacalah penggalan fabel berikut!
Hiduplah seekor Rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong dan pemarah. Ia sering meremehkan kemampuan hewan lain. Pada suatu hari, si Rusa berjalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura tersebut berwarna hitam dengan bintik biru bercahaya seperti mutiara. "Kura-kura, apa yang sedang Engkau lakukan di sini?"
Makna kata mutiara pada teks tersebut adalah ....
A. permata
B. kristal
C. batu
D. perhiasan

Jawaban: A

4. Bacalah kutipan teks berikut!
Selama ini, masyarakat mengenal sosok Rossa Roslaina Handayani alias Rossa sebagai penyanyi. Namun, siapa sangka ibunda dari Rizky Langit Ramadhan ini juga jago berbisnis. Rossa memilih berinvestasi pada bidang properti. Ia menekuni bisnis jual-beli rumah sejak 2002. Guna melipatgandakan asetnya, Rossa membli rumah di pasar sekunder untuk investasi. Lalu, penyanyi bersuara sopran ini akan menjualnya kembali.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Rossa sekarang beralih profesi menjadi penjual rumah
B. Selain jago menyanyi, Rossa juga jago berbisnis
C. Rossa mempunyai suara yang merdu
D. Rossa seorang penyanyi yang mempunyai anak tunggal

Jawaban: B

5. Bacalah kutipan teks berikut!
Film Tiga Dara, yang diproduksi pada 1956, diputar lagi di bioskop-bioskop sejak 11 Agustus 2016. Film lawas ini pantas menjadi kenangan sepanjang masa. Kita mau mengenang apa atau siapa? Sekian orang mengenang dan mengagumi para pemeran dalam fil itu. Sanjungan kepada sutradara Usmar Ismail tentu tak lupa diberikan lewat tepuk tangan sejenak. Penonton mungkin terkesima melihat busana dan berbagai benda dari masa lalu di sana.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Film Tiga Dara menjadi kenangan sepanjang masa
B. Film Tiga Dara dikagumi oleh banyak penonton
C. Film Tiga Dara disutradarai oleh orang hebat
D. Film Tiga Dara diperankan oleh artis yang terkenal

Jawaban: A

6. Cermatilah penggalan teks fabel berikut!
Tidak jarang pula Anjing itu mengigit tumit dari orang yang temuinya. Karena biasaan itu, majikannya memasang kalung lonceng di lehernya sebagai penanda jika Anjing ini akan mendekat. Si Anjing menganggap bahwa lonceng tersebut sebagai ciri khasnya. Anjing itu sangat bangga dan senggaja membunyikannya di setiap sudut pasar. Dia selalu berlari ke setiap penjuru dann menunjukkan lonceng tersebut kepada setiap orang yang lewat.
Makna kata penanda dalam teks fabel di atas adalah ....
A. lambang
B. ciri
C. bukti
D. bahaya

Jawaban: B

7.  Cermatilah cerpen berikut!
Rapat dibuka bakda Isya ketika gerimis tiris dan langi malam menghamparkan warna abu-abu  pucat. Sekitar 15 kepala keluarga Cibaresah berkumpul di rumah Munar. Meraka mau memenuhi undangan lantaran pengundangnya sesepuh desa. Sebagian dengan perasaan terpaksa dan masygul. sebagian lagi cari angin. Sebagian karena ingin ngerumpi. Cuma Casmidi yang tidak hadir. Karena dia tidak diundang. Karena dialah yang membuat sesepuh desa bernama Munar mengelar rapat pada hari itu. Tapi, istri dan anaknya ada di sana.
Makna kata sesepuh dalam cerpen di atas adalah ....
A. orang yang penting
B. orang yang dituakan
C. orang yang kaya raya
D. orang yang bijaksana

Jawaban: B

8. Bacalah fabel berikut!
Elin adalah sosok yang sangat baik, suka menolong, dan ramah. Ia tidak sungkan untuk membantu setiap hewan yang ingin meminta bantuan kepadanya. Namun, takdir kehidupan tidak sesuai dengan kebaikannya. Salah satu kaki Elin tidak sempurna seperti kelinci pada umumnya. Dulu,saat dia teramat kecil, ia pernah tertangkap oleh pemburu. Elin sempat melarikan diri saat pemburu tersebut pergi meninggalkannya sebentar untuk mengambil sesuatu dan Elin memanfaatkan waktu itu untuk melarikan diri. Walaupun, kakinya yang satu bercucuran darah, dia lari ke tempat yang aman dengan sekuat tenaganya.

Makna kata ramah pada teks tersebut adalah ....
A. baik hati dan menarik budi bahasanya
B. manis tutur katanya
C. suka menolong
D. suka bercanda

Jawaban: A

9. "Semua sudah hadir. Peserta dimohon untuk bersiap," kata sang Gagak yang kali ini bertugas sebagai wasit pertandingan. Dengan sigap Kelinci muncul dari balik tenda. Ia berjalan lincah, melompat kesana-kemari menunjukkan kegesitannya dalam berlari. Sang Kelinci berdiri di samping Kura-kura.

Makna kata sigap yang tepat pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. tangkas
B. hebat
C. kuat
D. rajin

Jawaban: A

10. Pada suatu hari, Kancil merasa sangat lapar. Dia berjalan kesana-kemari, tetapi tidak mendapatkan makanan. Ketika hari sudah sore, Kancil melihat Kera sedang asyik makan pisang di atas pohon. Nikmat betul kelihatannya.
Kancil ingin sekali menikmati pisang itu. Akan tetapi, bagaimana caranya mengambil pisang itu? Memanjat pohon, ia tidak bisa. "Meminta pada Kera, pasti ia tidak memberi. Kera itu kan pelit." Kancil mencari akal. Kancil pun menemukan akal.
Ia melempari Kera dengan batu-batu kecil. Mula-mula Kera tidak peduli. Kancil tidak berputus asa. Kancil terus melempari Kera. Ia berusaha agar Kera marah. Lama-kelamaan Kera menjadi kesal dan marah. Ia balik melempari Kancil. Mula-mula Kera melempar dengan kulit pisang. Setelah kulit pisang habis, Kera melempari Kancil dengan buah pisang.
Kancil pura-pura kesakitan. Kera semakin bersemangat melempar hingga semua pisang dilempari ke arah Kancil. Kera merasa puas kemudian meninggalkan pohon itu. Akal Kancil berhasil. Setelah Kera pergi, Kancil mulai mengumpulkan pisang yang berserakan. Dimakannya pisang-pisang itu dengan santai.
"Hmm... enak sekali"

Makna tersurat dalam fabel tersebut adalah ....
A. Kera yang baik karena mau memberikan makanannya kepada Kancil.
B. Kancil dimusuhi kera karena ulah jahilnya.
C. Dengan akalnya, Kancil akhirnya dapat menikmati pisang tanpa harus memanjat terlebih dahulu
D. Dengan kecerdikannya, Kancil berhasil membuat Kera untuk melemparinya dengan pisang.

Jawaban: C

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal menentukan makna tersurat dalam teks cerpen dan fabel. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini bermanfaat buat anak didik semuanya. Selamat belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL