Pengertian Membaca Memidai Lengkap dengan Contohnya

Ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang pengertian membaca memidai lengkap dengan contohnya. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya yang sedang mencari referensi tugas atau bahan ajar bagi Bapak dan Ibu Guru tentang membaca memidai. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Pengertian Membaca Memidai Lengkap dengan Contohnya
www.ilmubindo.com

Membaca memidai adalah teknik membaca untuk memeroleh informasu secara cepat dan langsung pada sasarannya. Dalam kehidupan sehari-hari membaca memidai digunakan, antara lain untuk:
1. mencari nomor telepon
2. mencari kata dalam kamus
3. mencari entri pada indeks
4. mencari angka-angka statistik
5. melihat jadwal perjalanan kereta atau pesawat
6. melihat jadwal pertandingan sepak bola
7. melihat daftar acara televisi

Untuk memudahkannya, kita harus memahami istilah dan petunjuk penggunaan dalam kamus, seperti entri, tajuk, bentuk kata dasar, ucapan atau ejaan, jenis kata, dan sinonim.

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk memudahkan menemukan makna kata yang kamu cari dalam kamus adalah sebagai berikut.
1. Tentukan entri kata yang dicari
2. Ingatlah fonem awal dari kata entri yang kamu cari
3. Bila entri kata yang kalian cari adalah kata berimbuhan, carilah terlebih dahulu kata dasarnya
4. Bukalah halaman kamus yang memuat kata-kata yang fonem awalnya sama dengan awal kata entri yang dicari
5. Perhatikan kata yang ditulis di halaman kiri atau kanan atas untuk mengetahui apakah entri kata yang kalian cari berada pada halaman tersebut
6. Jika sudah menemukan kata yang dicari, carilah keterangan tentang makna dan contoh penggunaannya.

Misalkan kalian mencari makna kata menuju.
Kata Menuju berasal dari kata dasar tuju
kata kepala dari kata menuju adalah tuju

Berikut kutipan entri dari kamus.
¹tu.ju v, me.nu.ju ₁/1 pergi ke arah; mengarah 
(ke); pergi (ke) jurusan: keesokan harinya mereka ~ ke Bandung: kereta bergerak~ Jakarta; 2 mengarah; mengabah: ditarik garis ~ titik A; 3 melemparkan, melontarkan dsb arah ke: gelang-gelang rotan itu dipakai untuk ~ barang-barang yang di meja itu; 4 menjadikan maksud (sasaran, arah); memaksudkan; 5 mendatangi: bus itu ~ pelabuhan;

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh membaca memidai. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang membaca memidai. Semoga bermanfaat dan terima kasih.