Kumpulan 10+ Contoh Soal UN Kelas 9 Dilengkapi Kunci Jawaban (Ujian Nasional 2019/2020)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 dalam mencari referensi tentang contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan.

Kumpulan 10+ Contoh Soal UN Kelas 9 Dilengkapi Kunci Jawaban (Ujian Nasional 2019/2020)
www.ilmubindo.com

1.  Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 1-3.
1) Dengan meminta bantuan pedagang disebelahnya, ia menghitung jumlah uang yang berhasil didapatkan setiap hari harinya. Jika ada kelebihan, tak lupa ia berikan kelebihan itu untuk bersedekah. Bas memang baik. Melihat ini aku tak percaya bahwa Bas akan meninggal dunia seperti itu.
2) Pernah suatu hari ditengah kegelapan saat melewati lorong, ia pun membawa sebuah lampu senter. Entah mengapa ia lakukan itu. Padahal, ia seorang tunanetra. Aku pun bertanya kepadanya, "Untuk apa kau nyalakan lampu senter? Bukankah ini tak akan berguna untukmu? Kau sendiri tidak bisa melihat."
3) Dengan penuh keyakinan, dia menjawab. "Kau benar. Aku memang buta. Bagiku tak ada gunanya. Namun, tidakkah kau melihat bahwa lampu senter ini menerangi ruang sekitar. Jalanan pun menjadi terang."
4) Saat itu juga ada pemandangan haru. Au bahkan tidak bisa berkata apa-apa. Aku belajar dari hal ini. Aku yang juga tak memiliki satu tangan ini merasa bersyukur mengenal Bas. Dulu aku merasa sedih dan hampir putus asa. Aku sempat bingung apa yang bisa kulakukan saat itu. Hingga aku dipertemukan Allah dengan seorang laki-laki buta yang tak lain adalah Bas. Bas mengajari kau banyak hal tentang hidup. Lewat perbuatannya, lewat sikapnya terhadap orang-orang, dunia ini, dan segala yang ada disekitarnya. Akan tetapi, aku masih tak percaya bahwa Bas akan meninggal dan dikenang orang dengan cara yang demikian.

1. Bukti watak Bas memiliki watak yang baik terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 1), 2), dan 4)
D. 2), 3), dan 4)

Pembahasan:
Kalimat 1), 2), dan 3) merupakan deskripsi watak Bas yang baik kepada orang lain. Dalam pemaparan tersebut, tokoh aku menyebut bahwa Bas senang memberikan kelebihan uangnya untuk disedekahkan. Bas juga pernah menyalakan lampu senter untuk menerangi lorong gelap saat berjalan bersama tokoh aku meskipun dirinya buta.

2. Nilai religius yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....
A. menyesali dosa-dosa pada masa lalu lebih baik daripada terlambat
B. Tuhan akan mempertemukan orang yang baik dengan orang yang baik lainnya
C. orang yang rendah diri sebenarnya adalah orang mulia
D. memaafkan kesalahan orang lain merupakan penebusan dosa

Pembahasan:
Nilai religius adalah nilai-nilai yang berhubungan antara manusia dan Tuhannya. Tuhan akan mempertemukan orang baik dengan orang baik lainnya, seperti tokoh aku yang dipertemukan dengan Bas adalah nilai religius dalam cerpen tersebut.

3. Makna kata bercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ....
A. menabung
B. baik sangka
C. berderma
D. memberi hadiah

Pembahasan:
Makna kata bersedekah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah berderma.

Cermati kedua teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 4 dan 5.
Teks 1
Semua fasilitas yang di Jewel ramah anak. Contohnya, ada Discovery Slide, patung seni yang merangkap sebagai slide anak-anak yang berhadapan dengan Rain Vortex dan Forest Valley. Selanjutnya, ada puff kabut yang melayang di seluruh kompleks, membuat anak seolah bermain di antara awan. Untuk pengunjung yang ingin memacu andrenalin, terdapat Canopi Bridge, jalan setapak yang tingginya 75 kaki dari permukaan tanah.
Teks 2
Sedikitnya, ratusan oang memadati kawasan yang terletak di pinggir pantai selatan Flores itu. Umumnya, pengunjung hendak jalan-jalan dan membeli kue serta minuman untuk berbuka puasa. Setiap bulan Ramadan, Jalan Hasanuddin ini selalu disulap menjadi pasar oleh warga setempat. Sebuah pasar yang menjual kue-kue dari minuman khas yang dibuat khusus pada bulan Ramadan. Meski tidak resmi, setidaknya ada puluhan pedagang yang berjualan di Jalan Hasanuddin ini.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1 : urutan waktu, teks 2 : urutan tempat
B. teks 1 : urutan tempat, teks 2 : urutan waktu
C. teks 1 : urutan tempat, teks 2 : urutan peristiwa
D. teks 1 : urutan sebab-akibat, teks 2 " urutan peristiwa

Pembahasan:
Teks 1 menyajikan urutan tempat. Hal ini terlihat pada uraian tentang berbagai lokasi dan fasilitas di Jewel yang ramah anak. Sementara itu, di teks 2 menyajikan urutan peristiwa. Hal itu terlihat pada uraian aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung pantai selatan Flores.

5. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah sebagai berikut ....
A. teks 1 : tidak menggunakan kata tunjuk, teks 2 : menggunakan kata tunjuk
B. teks 1 : menggunakan kata sandang, teks 2 : menggunakan kata sandang
C. teks 1 : menggunakan kalimat aktif dan pasif, teks 2 : menggunakan kalimat langsung
D. teks 1 : menggunakan kata ganti orang pertama, teks 2 : menggunakan kata ganti orang ketiga

Pembahasan:
Kalimat pada teks 1 tidak menggunakan kata tunjuk. Sementara itu, beberapa kalimat pada teks 2 menggunakan kata tunjuk itu dan ini.

6. Cermati kutipan teks berikut!
Pada tahun 1732, Anders Celcius memulai "tur besar" dengan mengunjungi observatorium terkenal di Eropa seperti di Jerman, Italia, dan Prancis. Di Paris, dia mendukung diadakannya upaya pengukuran meridian di Lapland. Selanjutnya, pada tahun 1736, dia berpartisipasi dalam ekspedisi yang digalang Akademi Sains Perancis.

Makna kata yang bercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A. perjalanan armada kapal
B. perjalanan kapal keliling dunia
C. perjalanan penyelidikan ilmiah
D. penelitian ilmiah di suatu tempat

Pembahasan:
Arti kata ekspedisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah 'perjalanan untuk keperluan penyelidikan ilmiah'.

7. Cermati teks berikut!
Togean, kepulauan di bawah "kepala" Sulawesi merupakan destinasi sempurna untuk wisatawan yang menginginkan alam bawah air indah dengan suasana masih alami. Kepulauan itu merupakan salah satu bagian dari segitiga koral dunia yang terbentang sepanjang Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timur Leste. Di sana tersimpan kekayaan alam laut yang luar biasa. Kepulauan Togean merupakan surga bagi penyelam dengan lebih dari 300 spot penyelamatan. Kepulauan di Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah itu memiliki spot selam yang beragam.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. lokasi wisata alam Kepulauan Togean menyediakan suasana yang alami untuk berlibur
B. liburan pada musim panas dengan pergi ke Togean akan menghemat anggaran
C. liburan kapan pun membutuhkan kecermatan dalam penggunaan anggaran
D. pakaian tipis untuk ke pantai membantu mengurangi kapasitas bagasi kita

Pembahasan:
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah A. Pernyataan tersebut membahas suasana alami Kepulauan Togean. Pernyataan jawaban B, C, dan D tidak sesuai dengan konteks kalimat dalam teks.

Bacalah kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9.
1) Dua tahun sejak kepergian Rusli, kerja kerasnya menunjukkan hasil. Rusli rutin mengirimi uang ke orang tuanya. Nominal yang lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk biaya hidup sehari-hari. Sisanya digunakan berbagai hal; merenovasi rumah, biaya sekolah adik perempuan Rusli, bahkan membeli dua buah sepeda motor. Rumah gubuk milik keluarga Rusli di kampung tinggal kenangan. Rumah yang sebelumnya didominasi tripleks dan bilik bambu berganti bata merah yang lebih kukuh, beratap genting yang lebih bagus, dan berhalaman luas yang difungsikan sebagai kebun. Tak ada lagi rutinitas meletakkan panci dan ember di lantai kamar atau ruangan lain karena atap yang bocor kala hujan deras.
2) Siapa yang tak iri atas semua pencapaian itu. Maka, cibiran-cibiran pun bermunculan, terdengar oleh keluarganya, kemudian disampaikan lagi pada Rusli dalam bentuk pesan singkat. Hal yang dikhawatirkan warga kampung akhirnya terjadi juga, para pemuda mendadak ingin jadi TKI, tetapi tak ada yang mendapat restu. Ironi, banyak iri pada hasil akhir, tetapi menolak berproses.
3) Rusli segera menampik suara-suara sumbang ditelinganya. Kepulangannya tidak boleh diisi kegelisahan seperti itu. Mengapa harus repot dengan cibiran orang lain, sementara orang-orang yang mencibir Rusli tidak memiliki tanggung jawab apa-apa atas kehidupan keluarganya di kampung. Bahkan sewaktu keluarga Rusli sedang mengalami kesusahan, tak sedikit warga kampung yang menutup mata.
4) Pria itu hanya ingin pulang dengan tenang, bertemu keluarganya, terlebih Bapak. Bapak yang pernah memangut tangannya saat hendak berangkat ke Korea. Bapak yang pagi buta membantu menyiapkan keperluan Rusli. Bapak yang rela menyelipkan tabungan terakhirnya ke saku Rusli sebagai bekal perjalanan. Bapak yang menjadi segala-galanya bagi Rusli.

8. Bukti latar suasana mengharukan pada kutipan tersebut ditunjukkan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Latar suasana sedih terlihat pada kalimat 4) yang menunjukkan keikhlasan dan dukungan Bapak ketika melepas Rusli pergi merantau ke Korea.

9.  Komentar yang tepat sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. tidak baik seorang larut dalam kesedihan terus-menerus
B. janga mendengarkan cibiran orang lain yang iri terhadap kita
C. ketika kita sedang bersedih, tidak ada yang bisa diajak berbicara
D. betualang akan menuntun kita ke dalam dunia kita sendiri

Pembahasan:
Komentar yang sesuai dengan isi teks adalah kalimat jawaban B. Hal ini disebabkan kalimat B mengomentari perihal seorang yang berusaha untuk tidak mendengarkan cibiran orang lain dan hanya fokus pada hal yang membuatnya bahagia.

10. Cermatilah teks petunjuk cara membuat jus mangga berikut!
1) Siapkan blender
2) Masukkan buah mangga ke blender
3) Masukkan air dan es batu beserta gula secukupnya
4) [...]
5) Setelah selesai, matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas
6) Jus mangga siap dihidangkan

Petunjuk tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ....
A. cuci bersih mangga sebelum blender dinyalakan
B. blender buah mangga, tuangkan es batu satu-satu
C. tuangkan es buah gelas, kemudiam aduk
D. nyalakan blender hingga seluruhnya tercampur

Pembahasan:
Petunjuk yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah jawaban D. Hal tersebut sesuai dengan konteks kalimat berikutnya, yaitu 5) yang menyatakan Setelah selesai, matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas. Berdasarkan hal tersebut, kalimat sebelumnya yang sesuai adalah Nyalan blender hingga seluruhnya tercampur.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.