Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

70+ Contoh Soal Teks Buku Fiksi dan Teks Tanggapan Kelas IX Dilengkapi Kunci Jawaban


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal buku fiksi dan teks tanggapan dilengkapi kunci jawaban dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi contoh soal buku fiksi dan teks tanggapan dilengkapi kunci jawaban dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

70+ Contoh Soal Teks Buku Fiksi dan Teks Tanggapan Kelas IX Dilengkapi Kunci Jawaban

Gambar: freepik.com

1. Berikut ini yang tidak termasuk dalam buku fiksi adalah ....
A. buku cerita anak
B. dongeng
C. novel
D. biografi
 
2. Buku fiksi dibangun oleh dua unsur yaitu ....
A. resmi dan tidak resmi
B. baku dan tidak baku
C. intrinsik dan ekstrinsik
D. denotatif dan konotatif

3. Pokok persoalan yang menjadi dasar atau inti cerita fiksi adalah pengertian unsur intrinsik buku fiksi bagian ....
A. tema
B. plot
C. amanat
D. sudut pandang

4. Jalinan peristiwa yang membangun cerita yang terdiri atas tahap perkenalan, konflik, klimaks, dan antiklimaks merupakan pengertian dari ....
A. tema
B. alur
C. amanat
D. sudut pandang

5. Pesan moral yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca dan memiliki kaitan yang sangat erat dengan konflik disebut ....
A. tema
B. alur
C. amanat
D. sudut pandang

6. Posisi pengarang dalam cerita disebut ....
A. tema
B. alur
C. amanat
D. sudut pandang
 
7. Para pelaku dalam cerita disebut ....
A. amanat
B. latar
C. tokoh
D. gaya bahasa

8. Cara pegarang dalam menyajikan cerita, khususnya yang terkait dengan penggunaan bahasa disebut ....
A. tema
B. tokoh
C. gaya bahasa
D. amanat

Kutipan berikut untuk nomor 9-10!

(1) Ayah melempaskan kami seperti takkan melihat kami lagi. (2) Bagi beliau, Eropa tak terbayangkan jauhnya. (3) Ayahku yang pendiam, tak pernah sekolah, puluhan tahun menjadi kuli tambang. (4) Paru-parunya disesaki gas beracun, napasnya berat, tubuhnya keras seperti kayu. (5) Ia menatap kami seakan kami bertanya yang paling berharga, seakan Eropa merampas kami darinya.

(6) Air matanya pelan, aku memeluk ayahku, ayah yang aku cintai melebihi apa pun, tangannya yang kaku merengkuhku. (7) Pesawat kecil itu terangkat, dari jendela kulihat ayahku melambai-lambai dengan sapu tangan yang dulu dipakainya untuk mengikat kakiku pada tuas sepeda forefernya supaya kakiku tak terjerat jari-jari ban. (8) Aku tahu aku akan meridnukan laki-laki pendiam itu, kuliat lambaiannya sampai jauh hingga tak nampak lagi, aku tersedu-sedu.

9. Watak tokoh ayah dalam kutipan novel tersebut adalah ...
A. Ramah
B. Lemah
C. Penyayang
D. Pengertian

10. Pendeskripsian watak tokoh ayah juga seorang pendiam dalam kutipan novel tersebut adalah ...
A. Dialog antartokoh
B. Penjelasan tidak langsung
C. Pikiran tokoh
D. Tindakan tokoh

11. Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda.

Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam penggalan tersebut adalah ….
A. Orang pertama pelaku utama
B. Orang ketiga pelaku sampingan
C. Orang ketiga pelaku utama
D. Orang pertama dan ketiga

12. (1) Perahu terombang-ambing pelan (2) Jasmine memperbaiki posisi snorkel (3) Tegar meneriakkan agar tidak jauh-jauh (4) Jasmine mengacungkan tangannya (5) Dari sini terlihat betul betapa senangnya Jasmine.

Kalimat yang menunjukkan latar tempat terdapat dalam nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

13. Cermati kutipan berikut!

Tapi itu tak dapat dicapai dengan kenduri saja. Masa dan keadaanlah yang menentukan. Ompi yakin, masa itu pasti akan datang. Dan, ia menunggu dengan hati yang disabar-sabarkan. Pada suatu hari yang gilang gemilang, angan-angannya pasti merupa jadi kenyataan. Dia yakin itu bahwa Indra Budiman-nya akan mendapat nama tambahan dokter di muka namanya sekarang. Atau salah satu titel yang mentereng lainnya. Ketika Ompi mulai mengangankan nama dambaannya itu, diambilnya kertas dan potlot ditulisnya nama anak-anak, Dr. Indra Budiman. Dan Ompi merasa bahagia sekali. Ia yakinkan kepada para tetangganya akan cita-citanya yang pasti tercapai itu.

Amanat yang terkandung dalam penggalan prosa di atas adalah….
A. Janganlah terlalu yakin dengan angan-angan sendiri.
B. Cita-cita orang tua akan tercapai kalau didukung oleh anaknya.
C. Asal kita yakin, pengaruh dari orang lain tak ada artinya.
D. Hendaklah kita yakin dengan apa yang kita cita-citakan.

14. Udara danau Menjakut berbau bunga kopi, tertiup perlahan memasuki rongga hati, dan menghempas dadaku pada barisan awan di langit menuju arah laut, ke arah pantai, ke arah teluk Tanjung Cina. Di sanalah Sulaiman lelaki yang telah menebas separuh umurnya, telah terkubur dan pergi.

Majas yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. personifikasi
B. hiperbola
C. metafora
D. sinestesia

15. Cermati kutipan berikut!

Tiap-tiap pemuda yang bersekolah di Betawi dalam bertamasyadi Danau Singkarak atau Sawahlunto dan singgah ke Solok, belum pernah mereka melampaui sebuah rumah kecil yang amat bersih rupanya. Rumah itu dibeli oleh Ibu Hanafi dan disanalah ia tinggal bersama Rapiah karena perlu menyekolahkan Syafei. Rapiah tidak suka bercerai lagi dengan mertuanya yang sudah dipandangnya sebagai ibu kandungnya, sedangkan Ibu Hanafipun berkata hendak menurutkan orang kedua itu ke mana perginya. Rapiah tetap menolak hendak dipersuamikan. Ia berkata tak sampai hati akan memberi ayah tiri pada Syafei. Ibu Hanafi memerlukan benar menyembelih ayam, tiap-tiap kedatangan anak-anak sekolah dari betawi. Pemuda-pemuda itu senang sekali datang berkunjung ke rumah orang yang peramah dan bijaksana itu. 

Hal dalam kutipan yang terkait dengan kehidupan bermasyarakat sekarang ini adalah…
A. Tidak menikah lagi sesudah suami meninggal demi masa depan anak yang dicintai.
B. Jika bertamasya ke Danau Singkarak atau Sawahlunto singgah ke rumah sanak saudara di sana.
C. Hendaklah kita mengunjungi keluarga kita yang ada di daerah.
D. Suatu Keluarga menyiapkan hidangan yang baik untuk menjamu tamu.
 
16. Namun takdir berkata lain, dimalam sebelum pertunangan mereka, Bali terserang Bom dan keluarga Rosie menjadi korban. Nathan meninggal, Rosie yang tak mampu menahan kehilangan, depresi dan bersikap seperti orang gila.Suasana yang terdapat dalam novel tersebut adalah ...
A. Gunda
B. Sedih
C. Tegang
D. Khusyuk

Penggalan novel berikut untuk nomor 17 dan 18!

Serba susah, serba salah. Ini tak kuat, ini tak sanggup. Dan sementara itu pikiran dan semangat selalu dikacaukan dan diharubirukan oleh sesal tak putus, sedih tak berkesudahan. Teringat sawah dan rumah pusaka bapak, yang telah dijual dan dihabiskan! Terkenang kebaikan istri, yang telah meninggalkan dunia karena makan hati oleh perbuatan dan kelakukan diri sendiri. Di mana tinggal kemegahan selama ini. Akan pelengah-lengah pikiran dan akan pembeli nasi Mak Iyah mau tak mau. Ia pun bekarja juga menganyam topidari pandan seperti pada malam itu. Akan tetapi perasaannya selalu tergoda, semangatnya senantiasa terganggu!

17. Isi penggalan novel tersebut mengungkapkan ….
A. kesengsaraan tokoh menghadapi masa lalu
B. kebingungan tokoh menghadapi sesuatu
C. kelesuan tokoh untuk melakukan sesuatu
D. penyesalan tokoh atas perbuatannya sendiri
 
18. Konflik yang tersirat pada penggalan novel tersebut lebih didasarkan pada masalah….
A. Sosial
B. Budaya
C. Kejiwaan
D. Politik

19. Ya, aku gadis normal layaknya yang lain. Tanpa satu kaki bukanlah masalah, tanpa satu kaki bukanlah penghambat untuk meneruskan segala mimpi yang tersimpan dalam diri. Aku bisa menjalani semuanya, aku bisa menghirup udara pagi, aku bisa menari walau hanya di kursi roda, aku bisa sekolah lagi. Semoga aku pun bisa membuat catatan manis untuk orang yang mengashiku biarpun anggota tubuhku tak lengkap.

Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. Kekurangan tidak menghalangi kita untuk berkarya.
B. Kita tidak boleh mencela orang yang kekurangan.
C. Seharusnya kita kasihani orang yang kekurangan.
D. Hendaklah menghargai orang yang kekurangan.

20. Bagi nenek, wibawa harus terus dijaga agar orang di luar griya mau menghargainya. Kenyataannya? Memang nenek bisa mengatur keluarga. Bahkan Ida Bagus Tugur, suaminya, takkan berkutik hanya dengan batuk kecil. Anehnya, nenek hanya pandai membaca kesalahan – kesalahan yang dibuat suaminya. Tapi dia tidak lihai membaca kesalahan anak kesayangannya, anak lelaki satu – satunya yang teramat dia kagumi dan terlalu sering membuat masalah itu.

Pembuktian latar suasana tidak nyaman dalam kutipan novel tersebut adalah ….
A. Nenek selalu mempersalahkan suaminya.
B. Nenek selalu menjaga wibawanya.
C. Nenek tidak bisa mengatur keluarga. 
D. Suami nenek tidak berkutik dengan batuk kecil.

21. Aku dan kakakku ibarat minyak dengan air. Sikap dan gagasan yang kami lontarkan selalu berbeda. Sebagai adik, aku mengalah karena ingin selalu menjaga hubungan baik. Apalagi usia kami yang semakin merambat tua.

Unsur intrinsik yang dominan dalam kutipan novel tersebut adalah ….
A. tema
B. latar
C. alur
D. penokohan

22. Bacalah kutipan novel berikut!

Tegar, seorang pemuda sukses dengan tingkat kemapanan luar biasa, bertanggung jawab, jujur, tampan, tubuh atletis, tak kurang suatu apa pun, namun belum menikah hingga usianya sudah 35 tahun. Tegar pernah patah hati, menyaksikan pujaan hatinya, Rosie (yang telah dia cinta selama 20 tahun) dilamar oleh sahabatnya sedniri yang baru dikenalkannya pada Rosie dua bulan yang lalu.

Rosie amat sangat menyukai sunset, tak pernah sekalipun wajahnya berpaling saat 47 detik sunset berlangsung, kecuali saat Nathan melamarnya di atas puncak Gunung Rinjani. Rosie memandang wajah Nathan. Tegar tak kuasa lebih lama lagi menyaksikan hal menyakitkan tersebut dan langsung memutuskan untuk menghilang dari kehidupan mereka berdua.

Karakter tokoh Tegar dalam kutipan novel tersebut dapat diketahui melalui ...
A. Dialog antartokoh
B. Penjelasan langsung
C. Pikiran tokoh
D. Tindakan tokoh

24. Begitulah takdir membentuk suatu kisah yang sangat panjang hanya untuk menyatukan kedua orang tersebut. Setelah melalui banyak kesedihan, waktu, akhirnya mereka diberi kesempatan untuk bersama.

Kalimat dalam kutipan novel di atas merupakan ...
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Koda
 
24. Bacalah dialog berikut!
Trisna: "Gue juga punya tips masakan yang bisa jadiin makanan enak"
Radit: "Apa emang?"
Trisna: "Salmon fillet paling bagus dimasak dalam oven tingkat panas rendah, perlahan, dan dengan satu loyang air agar udaya panasnya terasa sedikit lembab"
Radit: "Gue punya tips untuk nambahin tips lo, tips masak gue satu-satunya: kalo abis masak, kompornya jangan lupa dimatiin."

Watak tokoh Radit dalam dialog novel diatas adalah ...
A. Kocak
B. Aneh
C. Cerdas
D. Gak jelas

25. "Selesaikan pelajaranmu dulu, Manen. Zaman sekarang, seorang wanita sebaiknya dapat berdiri sendiri, apalagi kalau ia dapat membangun masyarkat."

Amanat yang paling tepat untuk penggalan novel diatas adalah ...
A. Wanita sebaiknya dapat mandiri
B. Wanita harus bermasyarakat
C. Pendidikan suami istri harus seimbang
D. Cita-cita jangan sampai gagal

26. Perhatikan kutipan novel berikut!

Bapak selalu membanding-bandingkan aku dengan Mas Bagus, abangku yang kuliah di jurusan pertambangan. Mas Bagus selalu baik dimata bapak. Bapak selalu membanggakan prestasi Mas Bagus karena selalu menjadi juara kelas ketika masih di SMU. Adapun aku, meskipun pernah masuk peringkat sepuluh besar tapi nilai raportku tak setinggi nilai raport Mas Bagus.

Watak tokoh Bapak dalam kutipan novel tersebut adalah ....
A. Suka membanding-bandingkan anaknya
B. Selalu membela anak yang lebih kecil
C. Tokoh tidak perhatian pada keluarganya
D. Membandingkan tokoh aku dengna Bagus

27. Perhatikan kutipan novel berikut!

Kutipan 1

Bu Mus mendekati setiap orang tua murid di bangku panjang tadi, berdialog sebentar dengan ramah, dan mengabsen kami. Semua telah masuk kedalam kelas, telah mendapatkan teman sebangkunya masing-masing, kecuali aku dan anak laki-laki kotor berambut keriting merah yang tak terkenal tadi. Ia tak bisa tenang. Anak itu berbau hangus seperti karet terbakar. "Anak Pak Cis akan sebangku dengan Lintang". Kata Bu Mus pada ayahku.

Kutipan 2

"Allah maha adil. Jika sempit dunia ini bagimu berdua, maka alam akhirat adalah lebih luas dan lapang, disanalah kelak makhluk menerima balasan dari kejujuran dan kesabarannya, bukan mimpi dan bukan tonil. Kami pun dalam menunggu titah pula, sebab ada masanya datang dan ada masanya pergi.

Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah ...
A. Kutipan novel I tentang kemiskinan, novel II tentang pendidikan
B. Kutipan novel I tentang pendidikan, novel II tentang kebudayaan
C. Kutipan novel I tentang pendidikan, novel II tentang keimanan
D. Kutiapn novel I tentang kemiskinan, novel II tentang ketuhanan

28. Cermati kutipan novel berikut!

Kamu harus menuruti etika keluarga. Jangan jatuh cinta pada sepupumu, Warno. Banyak wanita lain yang jatuh cinta kepadamu. Anak pak RT itu, berkali-kali menanyakan nasibmu.

Nilai yang terkandung dalam penggalan novel di atas adalah ...
A. Adat
B. Sosial
C. Ekonomi
D. Pendidikan

29. Perhatikan kutipan cerita berikut ini!

“Ya Allah, Gusti Allah, Bude,” Surastri terisak. “Kami semua mengira Bude sudah meninggal, ternyata Bude Humaini masih hidup. Alhamdulillah.” Para mahasiswi yang kos di rumah sewa itu akhirnya tahu. Ternyata selama ini Astuti menyimpan bebannya sampai rapat. Tempat mengadunya hanya satu, yaitu Tuhan di atas sana. Mengaji membaca Al quran setiap malam yang dilakukan sampai menangis adalah cara yang dipilihnya dalam memohon Tuhan untuk mengembalikan ibunya. Segenap penghuni kos itu terhenyak, ketika mereka membayangkan, bagaimana kira-kira yang mereka rasakan jika merekalah yang mengalami peristiwa itu.

(Dikutip dari: Langit Kresna Hariadi, Ratu Kecantikan)

Amanat yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....
A. Berempati kepada orang lain lebih baik daripada berprasangka.
B. Jangan berprasangka kalau tidak tahu yang sebenarnya.
C. Jangan mengadu kepada orang lain yang tidak tahu masalahnya.
D. Berdoa dan memohonlah kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 
30. Kalimat berikut yang memakai kata tidak baku adalah ....
A. Kita harus berani menanggung resiko terburuk yang akan terjadi.
B. Alat canggih itu bekerja dengan sistematis.
C. Hanya kalangan elite yang boleh masuk ke ruangan itu.
D. Lagu itu dianggap tidak akseptabel untuk didengar. 

31. Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan....
A. Kenyataan
B. Kesuksesan seseorang
C. Khayalan atau imajinasi pengarang
D. Ide penulis
 
32. Buku yang berisi perihal hasil karya pengarang berupa dongeng rekaan perihal tokoh yang mengalami konflik dan melalui tahapan-tahapan kejadian merupakan pengertian dari ....
A. buku pelajaran
B. buku fiksi
C. buku ilmiah
D. buku nonfiksi
 
33. Wajar jika Vrey sangat waspada, saat ini dia tengah menyusup ke dalam Hutan Telssier, tempat suci bangsa asli penghuni benua Ther Melian, Bangsa Elvar. Mereka awet muda dengan wajah menawan, memiliki pendengaran dan penglihatan setajam rubah, dan mampu bergerak secepat angin. Tapi yang lebih hebat lagi, Elvar adalah mahluk abadi, mereka tidak dapat meninggal karena usia tua.
 
Kutipan tersebut terdapat pada jenis buku....
A. fiksi
B. nonfiksi
C. biografi
D. pengetahuan
 
34. Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah....
A. buku biografi
B. novel
C. buku puisi
D. buku drama
 
35. Berikut ini termasuk hal-hal yang harus dicantumkan dalam penyusunan data buku untuk keperluan resensi, kecuali....
A. Judul buku
B. Pengarang
C. Kelebihan dan kelemahan buku
D. Penerbit

36. Bacalah paragraf berikut!
Pentas Seni SMP Denabel telah berakhir dengan sukses. Kerja keras panitia membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Mulai dari seksi acara, konsumsi, seksi keamanan semua berjalan baik. Namun, ada satu hal yang terlupakan, yaitu koordinasi. Koordinasi antara panitia dengan pihak sekolah kurang terjalin, sehingga ada beberapa hal yang tidak berjalan. Banyak guru di sekolah tersebut yang tidak hadir karena keterbatasan informasi. Acara lebih didominasi acara siswa. Lebih terkesan, tidak ada guru pun, acara tetap berjalan.
Struktur teks Tanggapan Kritis yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ....
A. Evaluasi
B. Tafsiran
C. Kesimpulan
D. Abstrak

37. Putra naik sepeda dengan ngebut. Hingga ia pun terjatuh dan terluka
A. Seharusnya Putra ketika naik sepeda tetap ngebut-ngebut, supaya ia mudah terjatuh dan terluka.
B. Seharusnya Putra ketika naik sepeda jangan ngebut-ngebut, supaya ia tidak mudah terjatuh dan terluka.
C. Seharusnya Putra ketika naik sepeda harus ngebut-ngebut, supaya ia mudah terjatuh dan terluka.
D. Seharusnya Putra ketika naik sepeda sering ngebut-ngebut, supaya ia mudah terjatuh dan terluka.

38. Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang 
canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat. Dilihat dari isinya, teks di atas termasuk jenis teks....
A. Ulasan
B. Tanggapan deskriptif
C. Tanggapan kritis
D. Eksposisi

39. Bacalah paragraf berikut!
Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat. Teks tersebut termasuk teks tanggapan kritis bagian....
A. Evaluasi
B. Deskripsi teks
C. Penegasan ulang
D. Refleksi

40. Bacalah teks berikut!
Penggunaan telepon selular di sekolah sering kali menimbulkan persoalan. Persoalan bisa saja disebabkan karena kelalaian si pemilik telponsel sehingga alat tersebut hilang. Lalu, semua pihak, baik guru, maupun peserta didik jadi repot karena mengurusi hal tersebut. Hal lain, dimungkinkan karena peraturan sekolah yang lemah.
Struktur teks Tanggapan Kritis yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ....
A. Evaluasi
B. Tafsiran
C. Kesimpulan
D. Abstrak
 
41. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
Berangkat dari hal-hal di atas, patut kiranya dikatakan bahwa larangan merokok di tempat umum sebagai upaya menciptakan lingkungan udara yang bersih.Larangan merokok di tempat umum menjadi perdebatan yang marak di masyarakat.Menurut pendapat saya, materi-materi yang diajarkan di SMK tidak seluas materi yang diajarkan di SMA.”Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA”, pendapat ini disampaikan oleh salah seorang blogger pada salah satu postingan blognya.
Dari keempat kalimat di atas, yang termasuk ke dalam struktur tafsiran (teks tanggapan kritis) dan simpulan (teks diskusi) terdapat pada kalimat nomor....
A. 1 dan 4
B. 3 dan 1
C. 2 dan 3
D. 1 dan 2 

Bacalah kutipan teks tanggapan kritis berikut untuk nomor 42 dan 43!
Keinginan Pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan kebanggaan merupakan hal yang lebih utama jika dibandingkan dengan data-data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya tampaknya emosional. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan Presiden yang sangat padat itu.

42. Dari teks di atas, yang termasuk ke dalam struktur evaluasi terdapat pada kalimat....
A. Keinginan Pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada.
B. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan Presiden yang sangat padat itu.
C. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah.
D. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014.

43. Dari teks di atas, yang termasuk ke dalam struktur simpulan terdapat pada kalimat....
A. Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan kebanggaan merupakan hal yang lebih utama jika dibandingkan dengan data-data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya tampaknya emosional.
B. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan Presiden yang sangat padat itu.
C. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014.
D. Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan.

44. Salah satu struktur teks tanggapan kritis....
A. Evaluasi
B. kesimpulan
C. deskripsi prosedur
D. langkah kerja

45.Apa yang dimaksud dengan penegasan ulang pada struktur teks tanggapan kritis....
A. bagian awal teks yang berisi pernyataan umum
B. bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan menolak pernyataan
C. bagian akhir teks tanggapan kritis yang berisi penegasan pendapat terhadap apa yang dilakukan dan diputuskan
D. nama sebuah karangan

46. Ciri-Ciri Teks Tanggapan kritis....
A. struktur terdiri dari orientasi, Insiden, interpretasi dan amanat
B. ciri-ciri bahasa menggunakan kalimat kompleks, kata rujukan dan konjungsi
C. strukturnya terdiri dari Evaluasi, Deskripsi teks, penegasan ulang.
D. memuat cerita fiski

47. Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat.
Dilihat dari isinya, teks di atas termasuk jenis teks....
A. Ulasan
B. Tanggapan deskriptif
C. Tanggapan kritis
D. Eksposisi

48. Teks di atas termasuk teks tanggapan kritis bagian....
A. Evaluasi
B. Deskripsi teks
C. Penegasan ulang
D. Refleksi

49. Ketika mengkritik, kita boleh melakukan hal-hal dibawah ini kecuali ....
A. Menunjukkan kekurangan karya seni
B. Menggunakan bahasa berkonotasi negatif
C. Menawarkan solusi
D. Tidak bermaksud menjatuhkan nama baik.
 
50. Perhatikan kalimat kalimat berikut!
tim penyelamat tengah mencari sampai 500 orang yabg hilang termasuk sekelompok wisatawan Australia yang sedang berlayar dalam kapal wisatajumlah kematian akibat tsunami yang dipicu gempa bumi hari Senin di Mentawai meningkat menjadia sekurangnya 113hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penanganan Krisis,Departemen Kesehatan,mujiharto hari Selasa(26/10)Ia juga memperkirakan bahwa korban bisa lebih banyak lagi
Susunan kalimat yang tepat agar menjadi struktur evaluasi yang baik adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-4-1
C. 3-2-1-4
D. 2-4-3-1

51. Yang tidak termasuk struktur teks tanggapan kritis adalah ....
A. Deskripsi teks
B. Evaluasi
C. Argumentasi
D. Penegasan ulang

52. Unsur di dalam teks diskusi yang berisi nama identitas diskusi atau teks diskusi disebut sebagai ....
A. pembukaan
B. tema
C. judul
D. simpulan

53. Syarat tema yang baik dalam sebuah diskusi sebagai berikut, kecuali ....
A. tema dirumuskan agar menarik, jelas, dan tepat
B. tema harus dibatasi, tidak terlalu luas, dan tidak terlalu sempit
C. tema tidak boleh terlalu sempit atau terlalu umum
D. tema dan topik boleh tidak berkaitan satu sama lain

54. Orang-orang menganggap bahwa internet identik dengan pornografi. Pernyataan tersebut tidak salah, mengingat internet dapat digunakan untuk kegiatan yang bersifat pornografi. Anak-anak dapat mengakses homepage atau situs berisikan content khusus dewasa. Kemudahan ini memudahkan anak-anak menemukan unsur berbau pornografi. Pernyataan tersebut berupa ....
A. pendapat
B. sanggahan
C. persetujuan
D. penolakan

56. Orang yang bertindak sebagai pemandu diskusi yang bertugas mengatur dan mengarahkan jalannya diskusi adalah pengertian dari ....
A. moderator
B. peserta
C. sekretaris
D. penyaji

57. Kalimat tepat yang merupakan pernyataan persetujuan adalah ...
A. Saya sependapat dengan Anda karena internet memiliki ruang tidak terbatas
B. Pendapa Anda sedikit berlebihan dan tidak masuk akal
C. Saya setuju dengan pendapat Anda karena saya cocok dengan Anda
D. internet merupakan sarana lebih banyak berdampak buruk bagi perkembangan anak.

58. Orang yang memberikan materi diskusi atau pembicara dalam diskusi disebut ....
A. moderator
B. peserta
C. sekretari
D. penyaji

59. Kalimat tepat untuk menyanggah pendapat adalah ...
A. hasil analisis saudara tidak dapat dipertanggungjawabkan karena faktanya bertentangan dengan kenyataan
B. Fakta yang Anda sampaikan tidak benar. Jadi, buat apa saya menyetujui analisis Anda?
C. Pendapat ini tidak masuk akal dan aneh sehingga Anda tidak perlu melakukan analisis lagi.
D. Pendapat Anda mungkin benar, tetapi ada beberapa alasan dan bukti yang perlu Anda teliti lagi.

60. Perhatikan kalimat berikut!
1) Dalam semester pertama saya meraih peringkat ketiga.
2) Saya harus instrokpeksi diri pada semester kedua ini.
3) Target saya dalam semester ini harus rengking pertama.
4) Mudah-mudahan soal tesnya tidak terlalu sulit.
Kalimat yang menggunakan kata populer adalah ....
A. kalimat 1
B. kalimat 2
C. kalimat 3
D. kalimat 4

61. Percakapan yang melibatkan pemirsa atau pendengar dengan narasumber atau pembicara adalah pengertian dari ....
A. diskusi kelompok
B. dialog interaktif
C. rapat
D. diskusi panel

62. Ketika beberapa orang bertemu untuk berbagi ide untuk menyelesaikan masalah bersama, bentuk pertemuan disebut …
A. seminar
B. pertemuan
C. pertemuan khusus
D. diskusi kelompok

63. Komunikasi timbal balik dengan sarana bahasa antara dua orang atau lebih untuk memperdalam pemahaman suatu masalah agar dapat mencapai kesepahaman dan memutuskan pengambilan langkah tertentu dalam rangka suatu kerja sama tetap merupakan pengertian dari ....
A. diskusi kelompok
B. dialog interaktif
C. rapat
D. diskusi panel

64. Diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang dan membahas sebuah topik yang menjadi perhatian umum di hadapan khalayak, bisa juga pendengar radio atau penonton televisi adalah pengertian dari ....
A. diskusi kelompok
B. dialog interaktif
C. rapat
D. diskusi panel

65. Diskusi ini merupakan variasi dari diskusi panel dan terdapat beberapa ahli yang memiliki pandangan berbeda tentang permasalahan yang sedang dibicarakan dan disampaikan dalam diskusi tersebut merupakan pengertian dari ....
A. simposium
B. seminar
C. konferensi
D. komite

67. Simak kutipan teks berikut!
Hari valentine atau Valentine Day agaknya tidak asing lagi di kalangan remaja. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang menunggu-nunggu kedatangannya. Bagi mereka, Valentine Day adalah momentum mencurahkan kasih sayang kepada orang yang dicintai. Jutaan orang bertukar kartu cinta, kado spesial, hingga pesan cinta sebagai simbol perayaan Valentine yang diyakini jatuh pada tanggal 14 Februari tersebut. Adanya publikasi di media terutama televisi yang mengumbar peringatan Valentine membuat hari itu menjadi seakan spesial. Namun, di negara kita, peringatan Valentine mengundang kontroversi.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. Isu
B. Argumen Pro
C. Argumen Kontra
D. Simpulan/Saran

68. Simak kutipan teks berikut!
Banyak yang mendukung keputusan pemerintah itu, namun banyak juga yang menentang. Mereka yang mendukung beralasan penerbangan murah itu yang membuat masyarakat Indonesia lebih cenderung bertamasya ke negara tetangga. Padahal banyak obyek wisata indah di Indonesia, hanya memang masih kurang dipromosikan oleh pemerintah.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. Isu
B. Argumen Pro
C. Argumen Kontra
D. Simpulan/Saran

69. Simak kutipan teks berikut!
Facebook adalah pintu gerbang dunia maya. Segala sesuatu, baik hal-hal yang baik maupun yang buruk dapat terhubung ke akun Facebook anak. Sering kali bukan teman anak yang memberi pengaruh buruk, melainkan teman-teman dari temannya. Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah. Studi yang disebutkan oleh Rosen menyatakan bahwa murid sekolah dan kuliahan yang membuka Facebook setidaknya 15 menit ketika sedang belajar, cenderung mendapatkan nilai yang rendah. Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. Isu
B. Argumen Pro
C. Argumen Kontra
D. Simpulan/Saran

70. Perhatikan paragraf berikut!
Gili Trawangan menawarkan suasana pantai yang menyenangkan. Suasana pantai tersebut menarik minat wisatawan mancanegara untuk berlibur di Gili Trawangan. Wisatawan asing yang datang ke Gili Trawangan datang dari Australia, Amerika, [....] Eropa.
Konjungsi tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. atau
B. tetapi
C. dan
D. sedangkan



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 70+ Contoh Soal Teks Buku Fiksi dan Teks Tanggapan Kelas IX Dilengkapi Kunci Jawaban

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /