Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 50+ Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas IX Dilengkapi Kunci Jawaban Terbaru


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas sembilan revisi dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal terbaru USBN mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 50+ Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas IX Dilengkapi Kunci Jawaban Terbaru

Gambar: freepik.com

1. Bacalah teks berikut! Pendidikan karakter berarti melakukan usaha sungguh-sungguh, sistematik, dan berkelanjutan. Pendidikan karakter dapat membangkitkan kesadaran dan keyakinan semua orang Indonesia bahwa tidak akan ada masa depan yang lebih baik tanpa menguatkan karakter remaja Indonesia. Dengan kata lain, tidak ada masa depan yang bisa diwujudkan tanpa kejujuran, tanpa meningkatkan disiplin diri, tanpa kegigihan, tanpa semangat belajar yang tinggi, dan tanpa mengembangkan rasa tanggung jawab. Tidak ada masa depan yang lebih baik tanpa memupuk persatuan di tengah-tengah kebhinekaan, tanpa semangat berkontribusi bagi kemajuan bersama, serta tanpa rasa percaya diri dan optimistis. Inilah tantangan kalian sebagai generasi penerus bangsa.
Makna kata tercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A. menyumbang
B. memedulikan
C. melayani
D. mengajak

2. Bacalah paragraf berikut!
Sampah saat ini menjadi salah satu permasalahan kota yang mendesak untuk ditangani. Jika tidak bijak mengelolanya, sampah dapat menimbulkan konflik baik antarwarga maupun antarpemangku kepentingan. Konflik tersebut terjadi beberapa waktu lalu. Masalah pengelolaan sampah kota menimbulkan polemik antara Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, dengan DPRD Kota Bekasi terkait TPST Bantargebang.

Kalimat tercetak miring tersebut memiliki makna ....
A. Pihak yang berkewajiban mengelola sampah yaitu warga dan pemangku kepentingan.
B. Warga dan pemangku kepentingan diharapkan bersikap bijaksana dalam mengelola sampah.
C. Pengelolaan sampah dapat menimbulkan ketegangan baik di tingkat warga maupun antarpemangku kepentingan.
D. Pengelolaan sampah yang tidak bijak dapat menimbulkan konflik antarwarga dan pemangku kepentingan.

3. Bacalah paragraf berikut!
(1) Obesitas yang mewabah di Amerika Serikat mulai menjangkiti Indonesia. (2) Tanpa kenal batasan kelas sosial jumlah obesitas terus meningkat. (3) Masalah yang disekat-sekat sebagai penyakit gaya hidup ini. (4) Penyebab utamanya adalah pola makan yang tidak teratur.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Kabupaten Pulau Morotai, bagian dari Provinsi Maluku Utara, merupakan gerbang Indonesia menuju Samudra Pasifik. Salah satu pulau paling utara di Tanah Air itu menyimpan segudang pesona bahari. Kawasan yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara pada 2008 itu memiliki sekitar 30 pulau yang menjadi andalan wisatanya. Bagi yang menyukai pemandangan bawah laut. Morotai menawarkan keindahan terumbu karang dan ikan warna-warni, bahkan di sejumlah titik selam, hiu menjadi daya tarik bagi penyelam untuk mendapatkan pengalaman yang mendebarkan.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ….
A. Banyak wisatawan asing yang datang untuk melihat keindahan Kepulauan Morotai.
B. Banyak pulau di Kepulauan Morotai yang dijadikan objek wisata bahari.
C. Kepulauan Morotai merupakan kawasan yang dijadikan pesona wisata bahari.
D. Kabupaten Pulau Morotai menyimpan segudang tempat wisata pesona bahari.

5. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Emak menjadi gugup. Aku pun segera sadar sepenuhnya. Emak Joko pasti sangat membutuhkan pertolongan. “Iya, Wak, tolong.” Joko memelas. Segera aku dan Emak berlari ke rumah Joko. Sampai di sana kami kanget melihat Ibu Maryam, Emak Joko. Perempuan kurus itu terbaring lemah di atas tempat tidur lusuh. Napasnya satu-satu, seperti ada beban berat ketika menghirup dan mengeluarkan napasnya. Mukanya sangat pucat di bawah cahaya lampu yang remang-remang. Sumber: Isyti’ aroh, “Duka Seorang Sahabat” dalam Jangan Pernah Hilang Asah, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani, 2017

Kutipan teks cerpen tersebut merupakan bagian ….
A. orientasi
B. komplikasi
C. evaluasi
D. resolusi

6. Bacalah kutipan teks berikut!
Gerakan cinta produk dalam negeri tidak akan sukses jika kita hanya mengandalkan pemerintah. Contohnya, para pejabat negeri kita masih banyak yang menggunakan sepatu buatan luar negeri. Gerakan ini akan sukses jika kita sebagai warga negara mulai membangun kesadaran untuk menggunakan produk dalam negeri. Resepnya mudah saja, seperti yang Aa Gym pernah ucapkan, yaitu 3M: Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal kecil, dan Mulai dari sekarang. Ayo, kita cintai dan gunakan produk Indonesia!

Simpulan teks tersebut adalah ....
A. Mari kita cintai dan gunakan produk Indonesia!
B. Pejabat kita tidak bisa diteladani karena masih banyak yang menggunakan produk luar negeri.
C. Gerakan cinta produk dalam negeri merupakan tanggung jawab kita bersama.
D. Kita tidak bisa mengandalkan pemerintah dalam gerakan cinta produk dalam negeri.

7. Bacalah ilustrasi berikut!
Penetrasi pasar minuman ala luar negeri mengancam keberadaan minuman tradisional. Kemasan dan strategi pemasaran minuman ala luar negeri lebih menarik. Minuman tradisional kalah bersaing dengan minuman kemasan ala luar negeri. Minuman tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Minuman tradisional lebih sehat daripada minuman kemasan ala luar negeri. Sebaliknya, minuman kemasan luar negeri menggunakan bahan pengawet. Minuman tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada minuman kemasan ala luar negeri. Bahannya pun mudah didapatkan.

Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….
A. Saya lebih suka mengonsumsi minuman tradisional karena tanpa bahan pengawet dan lebih menyehatkan.
B. Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri karena kemasannya lebih menarik dan bergengsi.
C. Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri karena tidak perlu repot membuat sendiri.
D. Saya setuju mengonsumsi minuman tradisional karena dikemas menarik dan mudah didapatkan di toko-toko.

8. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Virus zika dapat ditularkan dari seorang ibu kepada bayinya. Virus zika memungkinkan untuk ditularkan dari seorang ibu hamil kepada janin di dalam kandungannya. Bayi dapat pula tertular virus zika pada waktu persalinan. Hingga saat ini, kasus penularan virus zika melalui proses menyusui belum ditemukan sehingga ahli tetap menganjurkan ibu yang terinfeksi untuk tetap menyusui bayinya. Beberapa tindakan pencegahan awal bisa membatu terhindar dari infeksi virus zika. Langkah-langkah pencegahan tersebut antara lain menggunakan kelambu di tempat tidur dan menggunakan bahan penolak serangga yang terdafdar di badan perlindungan lingkungan. Virus zika dapat bertahan lama di dalam darah penderita dan menyebar kepada orang lain melalui gigitan nyamuk.

Ringkasan tepat bacaan tersebut adalah ….
A. Meskipun virus dapat ditransmisikan dari seorang ibu ke bayinya, virus zika dapat dicegah dengan berbagai cara.
B. Virus zika yang ditularkan dari seorang ibu kepada bayinya dapat dicegah dengan beberapa tindakan pencegahan awal.
C. Inveksi virus zika dapat dicegah dengan tindakan pencegahan awal, misalnya memasang kelambu dan menggunakan penolak serangga.
D. Virus zika dapat ditularkan dari seorang ibu kepada bayinya karena virus zika dapat bertahan lama di dalam darah penderita.

9. Bacalah paragraf berikut!
1) Penggunaan gawai (gadget) pada anak-anak mempunyai dampak positif dan negatif. 2) Anak dapat belajar kreatif melalui permainan edukatif dalam gawai. 3) Anak juga dapat mendapatkan informasi baru dengan membaca artikel melalui gawai. 4) Namun, adakalanya gadget membuat anak menjadi pribadi antisosial.

Kalimat tanggapan negatif dalam paragraf ditunjukkan oleh kalimat berangka ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

10. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah memiliki satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Tempat sampah berupa tong besar atau drum. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Alam Permai melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.
Teks II
Perjalanan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat, itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang out ke cafe di sekitar kota Medan, toh sama aja rasanya. Ternyata melepaskan rasa galau di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba. Tempat yang indah di Sumatra Utara.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1 santai, teks 2 resmi
B. teks 1 baku, teks 2 tidak baku
C. teks 1 mudah dipahami, teks 2 berbelit-belit
D. teks 1 tidak efektif, teks 2 efektif

11. Perhatikan kedua teks berikut!
Teks I
Sampah merupakan permasalahan yang serius bagi dunia pariwisata. Sepanjang tahun 2018 Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mencatat ada sekitar 6-10 ton sampah per bulan yang dihasilkan di Ranupani dan sepanjang jalur pendakian Gunung Semeru. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, mengatakan bahwa penggunaan kantong plastik di Indonesia tergolong tinggi yakni mencapai 9,5 miliar kantong per tahun. Dengan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, permasalahan sampah ini dapat dikurangi.
Teks II
Dengan mengangkat teks siklus hidup manusia Bali, Museum Kehidupan Samsara mampu membuat pelancong terkesan. Ida Bagus Gunartawa, pendiri museum Kehidupan Samsara, mengatakan bahwa ide tersebut berawal dari keprihatinan modernisasi yang menggerus adat dan budaya Bali. Siklus hidup manusia di Bali, mulai dari berbagai nilai serta tradisi yang melekat sejak bayi berada di dalam kandungan, kemudian lahir ke dunia, hidup dan mati bahkan hingga menyatu dengan Ida Sanghyang Widhi Wasa dan tercapainya kesempurnaan, ditampilkan dalam museum ini. Museum Kehidupan Samsara ini terletak di Desa Jungutan, Bebandem, Karangasem, yang terletak sangat dekat dengan Gunung Agung.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1 Diawali unsur siapa, apa, kapan, bagaimana. teks 2 Diawali unsur apa, bagaimana, kapan, di mana.
B. teks 1 Diawali unsur apa, kapan, siapa bagaimana. teks 2 Diawali unsur apa, siapa, kapan, bagaimana.
C. teks 1 Diawali unsur apa, kapan, siapa, bagaimana. teks 2 Diawali unsur bagaimana, siapa, apa, di mana.
D. teks 1 Diawali unsur apa, kapan, di mana, siapa. teks 2 Diawali unsur apa, siapa, mengapa, bagaimana.

12. Bacalah teks ulasan berikut!
Budidaya jamur merupakan salah satu usaha alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat. Seluk-beluk budidaya jamur tersebut dituliskan Yuliadi Sukardi dalam sebuah buku yang apik. Yuliadi Sukardi dengan cerdasnya mengemas seluk-beluk budaya jamur dalam suatu cerita menarik sehingga cocok dibaca oleh pembaca dari segala usia. Cerita menarik tersebut sangat cocok untuk mengajak pembaca mempunyai jiwa wirausaha. Gambar ilustrasi yang menarik semakin menambah nilai lebih dari buku ini. Secara keseluruhan, buku berjudul Budidaya Jamur ini layak untuk dibaca, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Keunggulan buku Budidaya Jamur dalam teks ulasan tersebut adalah ....
A. Bahasa yang digunakan dalam buku mudah dipahami.
B. Gambar sampul buku menarik dan sesuai dengan isi.
C. Berisi saran untuk menjadi wirausaha sukses
D. Cerita dikemas apik dan dilengkapi ilustrasi

13. Bacalah teks berikut!
Bupati mengeluhkan beberapa pejabat di bawahnya yang cakap bicara, tetapi buruk kerjanya. Orang-orang seperti ini, kata Bupati, akan tega bicara apa saja demi menutupi keburukan dirinya. Bupati juga menyesalkan beberapa orang yang suka mengambil pungutan dari beberapa proyek yang tengah berjalan. Bagi Bupati, orang seperti ini tak segan menghambat suatu pekerjaan kalau kantongnya belum terisi.

Komentar tepat terhadap sikap Bupati pada teks tersebut adalah ....
A. sangat jujur
B. keras kepala
C. ramah dan sopan
D. bijaksana

14. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kuusap wajah. Namun malam ini mendadak aku begitu melankolis. Semua berawal dari sebuah telepon yang kuterima pagi tadi. Pukul sembilan pagi. ponselku berbunyi. Aku mengernyitkan kening. Jarang ada yang menghubungiku pagi-pagi begini. “Bintang!?” Suara di seberang sana menyengatku bagai tawon. “Ibu!” teriakku tertahan. Kaget setengah mati. Ini sulit dipercaya. Ibu meneleponku? Aku kehilangan suara. Tak tahu harus berkata apa. “Pulanglah, Nak… Pulang.”

Makna dari kata “melankolis” dari kutipan cerpen adalah ....
A. marah
B. kecewa
C. sedih
D. terharu

15. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Tidak ada yang sempurna. Tapi, kamu kenapa selalu mendapatkan segalanya, bahkan dengan membuat gumpil kegembiraanku? Di SMP, kamu juara puisi ketika aku menang lomba lukis; kita pun lulus dengan nilai yang sama. Di SMA, ketika aku juara kelas, kamu juga meraihnya di kelas yang lain. Sekelas di kelas tiga, aku berhasil menggesermu ke peringkat kedua, tapi Adit yang sudah dekat denganku sejak kelas dua malah memboncengmu pulang.

Struktur kutipan cerpen di atas adalah ....
A. orientasi
B. klimaks
C. konflik
D. resolusi

16. Bacalah kutipan fabel berikut!
Seekor singa sedang tidur di hutan ketika seekor tikus mulai berlari naik turun tubuhnya hanya untuk bersenang-senang. Hal ini mengganggu tidur singa, dan dia bangun dengan marah. Dia akan memakan tikus itu ketika tikus itu dengan putus asa meminta singa untuk membebaskannya. “Aku berjanji padamu, aku akan sangat membantu kamu suatu hari nanti jika kamu menyelamatkanku.” Singa itu menertawakan kepercayaan diri tikus itu dan membiarkannya pergi. Suatu hari, beberapa pemburu datang ke hutan dan bermaksud membawa singa yang terjebak perangkap bersama mereka. Mereka mengikat singa itu di pohon. Si singa berjuang untuk keluar dan mulai merintih. Mendengar rintihan itu tikus berjalan segera menuju asal suara dan melihat singa dalam kesulitan. Dengan cepat, dia berlari dan mengunyah tali untuk membebaskan singa. Keduanya berlari ke hutan.

Pesan moral dari cerita fabel di atas adalah ....
A. Jangan membangunkan singa yang sedang tertidur.
B. Tindakan kebaikan kecil bisa sangat bermanfaat.
C. Jangan melakukan perburuan liar.
D. Membebaskan tikus jika ia terdesak. 

17. Bacalah kutipan fabel berikut!
Namun, ibu itik sangat terkejut dari beberapa anaknya ada satu yang berbeda. Satu anaknya tersebut memiliki warna yang berbeda dari saudara-saudaranya. Ia memiliki warna abu-abu dan memiliki badan yang lebih besar dari yang lain. Melihat anaknya yang berbeda ibu itik terheran-heran. Namun, ia tidak peduli dan menyambut anak-anaknya lahir ke dunia. Sayangnya, semua hewan yang melihat itik abu terus mengejeknya. Bahkan saudaranya sendiri. Itik abu merasa sangat sedih. Ia pun memutuskan untuk pergi karena ia tidak mau lagi tinggal di sana.

Bukti bagian konflik pada kutipan fabel di atas adalah ....
A. Ibu itik terkejut melihat satu anaknya memilik warna berbeda.
B. Semua hewan mengejek itik abu karena berbeda.
C. Itik abu merasa sedih dan memutuskan untuk pergi.
D. Ibu itik tidak peduli dan menyambut anak-anaknya lahir.

18. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Karabaong hemat dalam urusan bercakap-cakap, ia pikir bukan malapetaka serius seandainya telinganya dipensiunkan lebih dini. Adapun alasan kini ia terbaring di atas permukaan ranjang di tengah ruang kerja Mantri Sarip, tak lain suara yang saling sambut di kepala.

Maksud dari “suara yang saling sambut” pada kutipan di atas adalah ....
A. Suara yang menyambut kedatangan seseorang.
B. Suara yang tidak ada hentinya.
C. Suara yang bertanya jawab.
D. Suara yang bertegur sapa.

19. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Ruang singgasana lengang. Senja merah membungkus langit Ayodya. Urusan iut ternyata masih berbuntut panjang. Keputusan kedua diambil. Kali ini lebih mengenaskan dari sekadar melewati api suci. Orang ramai berbisik, apapun ujiannya, Shinta yang telah menguasai sihir gelap pasti mampu melewatinya. Lantas dia harus diuji denga apa? Mudah. Usir saja dia dari Ayodya. “Kau telah kehilangan akal sehat, Paduka Rama,” Hanoman berseru. Kepalanya menggeleng-geleng, ekornya mengibas-ngibas, sungguh dia ingin mengusir kalimat yang baru saja dia dengar dari mulut Rama, “Kau, kau tidak akan melakukannya, bukan? Itu, itu berlebihan.”

Makna tersirat yang diungkapkan oleh Hanoman adalah ....
A. Rama telah berubah menjadi gila karena keputusan yang diambil.
B. Hanoman tidak mempercayai Rama lagi karena berhianat.
C. Hanoman ingin mengusir Rama dari Istana Ayodya.
D. Hanoman ingin Rama berpikir ulang atas keputusannya.

20. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Lelaki itu menyimpan kebencian yang luar biasa dalam dirinya. Ia membenci semua cerita yang tertulis dalam buku-buku. Ia membenci semua orang yang telah membuat cerita-cerita seburuk itu. “Lebih baik uang kalian untuk membeli tisu toilet satu truk penuh!” ujarnya kepada para pengunjung toko. Lalu kepada pemilik toko dan seluruh karyawannya yang hanya bisa terbengong-bengong, “Dan ini untuk kalian, para keparat penjual cerita murahan!” Lelaki yang sama bersumpah sesungguhnya dirinya tidak membenci cerita. Ia menggarisbawahi, ia hanya membenci cerita-cerita yang buruk. Celakanya, sejauh ini tak ada satu pun cerita yang terbaca bagus di matanya.

Konflik yang terjadi dalam kutipan cerita di atas adalah ....
A. Lelaki itu menyimpan kebencian yang luar biasa kepada dirinya
B. Seluruh karyawan hanya terbengong-bengong menyaksikannya
C. Lelaki itu sebenarnya hanya membenci cerita-cerita yang buruk
D. Toko buku tersebut hanya menjual cerita murah untuk menarik simpati.

21. Cermati kutipan di bawah ini!
Kutipan Fabel Pada hari musim panas, seekor rubah berkeliaran di hutan untuk mendapatkan makanan. Dia sangat lapar dan putus asa mencari makanan. Dia mencari kemana-mana, tetapi tidak bisa menemukan apa pun yang dia bisa makan. Perutnya bergemuruh dan pencariannya berlanjut. Segera dia mencapai kebun anggur yang sarat dengan anggur berair. Kutipan Cerpen Suatu sore, kita bertemu di taman surga. Di balik dedaunan. Di bawah pohon kurma. Aku menatapmu, kagum. Kamu menatapku, malu-malu. Perlahan aku menghampirimu. Semakin dekat. Lebih dekat. Sangat dekat. Hingga wajahku tepat di wajahmu. Sontak, ada gemuruh di dadaku. Rasa getar sekaligus menggetirkan.

Perbedaan kedua kutipan tersebut adalah ....
A. Teks 1 : tokoh hewan, sudut pandang pertama Teks 2 : tokoh manusia, sudut pandang ketiga
B. Teks 1 : tokoh manusia, sudut pandang ketiga Teks 2 : tokoh hewan, sudut pandang pertama
C. Teks 1 : tokoh manusia, sudut pandang pertama Teks 2 : tokoh hewan, sudut pandang ketiga
D. Teks 1 : tokoh hewan, sudut pandang ketiga Teks 2 : tokoh manusia, sudut pandang pertama

22. Cermati kutipan di bawah ini!
Kutipan cerpen 1 Kisah ini sudah tertinggal dua puluh tahun lebih, maka ibarat seseorang yang ketinggalan kereta, bukan cuma kilau lampu dan getar rel yg telah hilang di tikungan sana, bahkan gerbongnya saja sudah karatan dan dipensiunkan, lokomotifnya mungkin masih beroperasi, tapi sudah tersengal karena tua. Cerita ini sudah menguap dua puluh tahun lebih, maka ibarat embun menggelayut malas di dedaunan, jangan-jangan rerumputan itu sudah menjadi hutan, tidak tersisa lagi kenangannya. Kutipan cerpen 2 Alkisah, dulu ada anak perempuan bertubuh gendut, saking gendutnya, sering dijadikan bahan olok-olok oleh temannya. Dagunya besar, lehernya tidak kelihatan, betis, paha dan lengannya jumbo, menurut olokan temannya yang paling jahat, si gendut ini kalau digelindingkan di jalan raya, pasti jauh sekali menggelinding baru berhenti. Atau kalau pertandingan basket, bolanya tiba-tiba kempes, si gendut ini bisa jadi ganti bola. Jahat memang.

Persamaan kedua kutipan tersebut adalah….
A. mendeskripsikan tokoh
B. menggunakan kalimat majas
C. menggambarkan keadaan
D. menggunakan bahasa sehari-hari

23. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Di luar dingin dan gelap. Jalanan sepi dan angin November menembus ke dalam tulang. Ia berpikir, tentu saja akan lebih nyaman berada dalam ruangan. Dan rasa ini, pikirnya. Ia harus segera mengisi perutnya. Ia berdiri dan memandang rumah di hadapannya. Ia hanya memakai kemeja lengan panjang tipis tanpa kaus dalam. Jika hujan datang, seperti dua hari yang lalu, kemeja itu akan menempel lengket ke kulit badannya sehingga sepintas tampak seolah ia tidak memakai baju. Rumah di hadapannya itu menjanjikan kehangatan dan makanan.

Latar waktu yang digambarkan pada kutipan cerpen di atas adalah ....
A. malam hari, bulan November
B. pagi hari, bulan September
C. malam hari, bulan Agustus
D. sore hari, bulan November

24. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Setengah masa hidup memang dilalui Lantra dalam ketidaksadaran. Orang-orang mengatakannya, ya, ... “gila”. Meski demikian, bagi sebagian orang, nyatanya dalam “gila”-nya itu dia ada manfaatnya juga. Dengan sepincuk nasi, secangkir kopi, dan sebungkus rokok murahan, dia bersedia disuruh ini-itu. Membalik-balik jemuran padi, biji-biji kopi, kulit kayu manis, atau cacahan daun nilam adalah ”orderan” yang sering diterimanya. Ada kalanya juga, membersihkan siring depan rumah yang mampat oleh timbunan sampah atau endapan pasir yang tergerus aliran air dari hulu, atau apa saja. Hanya saja, ada satu hal yang begitu kukuh dipertahankan Lantra: kesetiaannya kepada matahari. Semenarik apa pun ajakan bermain dari anak-anak; sebesar apa pun upah yang diiming-imingkan di ujung hidungnya; sekeras apa pun orang menahannya, akan dia tampik (jika perlu dengan memberontak) apabila matahari telah mengisyaratkan petang.

Watak Lantra dalam kutipan cerpen di atas adalah ….
A. percaya diri dan teguh pendirian
B. kerja keras dan tegas
C. keras kepala dan setia
D. dermawan dan pemarah

25. Bacalah teks berikut ini!
Pandemik Covid-19 mengakibatkan ekonomi lesu. Hal ini memicu penurunan (…) Indonesia di tahun 2020.

Istilah yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ....
A. Fluktuasi
B. Inflasi
C. Fluensi
D. Influencer

26. Bacalah kutipan fabel berikut!

Di sebuah kolam tinggallah beberapa ekor berudu. Kepalanya besar dan berekor panjang. Tubuhnya berwarna hitam. Mereka berenang ke sana ke mari. Suatu hari, berudu-berudu itu melihat ibu ikan gurame sedang memberi makan anak-anaknya. Para berudu mendekat dan berkata, "Tolong beritahu kami, bagaimana cara menemukan ibu kami?" Ibu ikan gurame berkata, "Ibu kalian memiliki mulut yang lebar dan sepasang mata yang besar. Carilah yang seperti itu." Para berudu berterima kasih lalu berenang pergi untuk mencari ibunya. Di tengah perjalanan mereka bertemu ikan mas dengan mulut lebar dan mata bundar. Mereka berteriak, "Ibu! Ibu!" Ikan mas tersenyum dan berkata, "Kalian salah. Ibu kalian mempunyai perut berwarna putih." (Didik Djunaedi: Berudu Mencari Ibu)

Komentar tepat terhadap isi kutipan fabel tersebut adalah ....
A. Perbuatan induk ikan mas sangat bijaksana.
B. Anak gurame tidak dapat mencari makan sendiri.
C. Induk berudu binatang yang tidak bertangguug jawab.
D. Berudu mencari induknya karena iri kepada anak gurame.

27. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!
(1) Setiap hari pula kita melihat berita berapa orang yang meninggal dan berapa orang yang sembuh. (2) Hampir setiap hari kita melihat penambahan jumlah pasien COVID-19 di Indonesia. (3) Akan tetapi, semangat ini kembali meredup ketika melihat jumlah penambahan pasien positif selalu bertambah dari hari ke hari. (4) Kata-kata penyiar berita sangat menenangkan hati ketika berkata, "Pasien yang sembuh jumlahnya lebih banyak daripada yang meninggal."

Urutan kalimat-kalimat teks persuasi tersebut yang logis adalah ....
A. (3), (1), (2), (4)
B. (1), (2), (4), (3)
C. (2), (1), (3), (4)
D. (2), (1), (4), (3)

28. Bacalah Paragraf berikut!
Nasionalisme di era saat ini harus dapat (...) dan (…) tantangan masa transisi dalam berbagai perubahan situasi yang tentunya nilai-nilai baru tidak boleh mengguncangkan nasionalisme selama bangsa Indonesia tetap memiliki sense of belonging atau rasa memiliki negara Indonesia.

Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang di atas adalah….
A. memberi dan diterima
B. mengisi dan mengubah
C. mengisi dan menjawab
D. menjawab dan diisi

29. Bacalah Kalimat-kalimat berikut !
(1) Ketika ditanya mengenai penemuan terbaik dalam kehidupan manusia selama ini, bisa dibilang internet menjadi yang paling terdepan. (2) Sebagai sebuah teknologi yang terus berkembang, semakin banyak orang yang telah mengenal dan menggunakannya. (3) [...] (4) Sekarang sudah bisa digunakan di setiap perangkat yang mampu tersambung dengan internet, sebut saja smartphone hingga tablet.

Kalimat yang paling tepat untuk melengkapi bagian rumpang di atas adalah ....
A. Masyarakat dapat dengan mudah menghubungi keluarga dan sahabat.
B. Dengan internet kita lebih mudah pesan barang hanya melalui gawai.
C. Pada awalnya internet hanya bisa digunakan di komputer saja.
D. Dulu masyarakat dapat mendapat informasi dari televisi dan surat kabar.

30. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Pandemik Covid-19 mengubah sistem belajar mengajar di sekolah. Sistem tatap muka di sekolah berubah dengan sistem belajar secara daring (dalam jaringan). Guru menggunakan banyak cara agar pembelajaran tetap berlangsung dengan baik, salah satunya menggunakan aplikasi googe classroom. Adapun cara siswa dapat bergabung dengan google classroom adalah sebagai berikut, 1) Masuk ke google classroom atau melalui https://classroom.google.com 2) [...] 3) Tekan tanda plus (+) di pojok kanan. Jika ingin untuk bergabung di salah satu kelas, pilih Join Class. Untuk pengajar bisa pilih Create Class. 4) Masukkan 7 digit Class Code yang sudah diberikan terlebih dahulu. 5) Jika sudah tergabung ke dalam kelas, kamu bisa melihat tugas atau materi yang dibagikan pengajar di Stream atau Classwork.

Kalimat yang paling tepat untuk melengkapi bagian rumpang di atas adalah
A. Klik Get Started, dan pilih alamat surel (email) Google yang ingin digunakan untuk bergabung di Google Classroom.
B. Klik Get started dan masukkan nomor telepon untuk dapat mendaftar di google classroom.
C. Tekan tombol enter kemudian masukkan nomor telepon agar dapat bergabung di google classroom.
D. Masukkan alamat surel (email) untuk mendaftar di google classroom.

31. Bacalah paragraf berikut ini!
1) Di depan kantor Bupati ada seorang yang miskin datang menghadap. 2) Orang itu begitu miskin sehingga pakaiannya lusuh dan kotor.
Variasi kalimat berikut sesuai untuk kalimat nomor dua 2) adalah ....
A. Orang itu begitu miskin sehingga pakaiannya berantakan.
B. Orang itu begitu miskin sehingga pakaiannya compang camping.
C. Orang itu begitu miskin sehingga pakaiannya kemilau.
D. Orang itu begitu miskin sehingga pakaiannya tak berharga.

32. Bacalah kutipan cerpen berikut ini!
“Jangan biarkan orang lain menduduki tanahmu. Suatu saat nanti, keturunanmu akan bertanya-tanya tentang negeri leluhur mereka,” kata Rendi dengan penuh keyakinan.

Kalimat tersebut dapat diungkapkan kembali dengan menjadi kalimat ....
A. Rendi menyuruh kita agar tidak membiarkan orang lain menduduki tanahmu karena suatu saat nanti keturunanmu akan bertanya-tanya tentang negeri leluhur mereka.
B. Rendi dengan penuh keyakinan melarang agar kami jangan membiarkan orang lain menduduki tanah leluhur agar keturunan kami tidak bertanya-tanya tentang negeri leluhur.
C. Rendi menyakinkanku untuk membiarkan orang lain menduduki tanahku kelahiranku agar suatu saat nanti keturunanku tidak bertanya-tanya tentang negeri leluhur mereka.
D. Dengan penuh keyakinan Rendi mengatakan bahwa jangan membiarkan orang lain menduduki tanahku agar suatu saat nanti keturunanku tidak bertanya-tanya tentang negeri leluhur mereka.

33. Bacalah Paragraf berikut ini! 
(1) Sejak munculnya Pandemik Covid-19 tahun lalu, Pemerintah Indonesia telah memberlakukan beberapa kebijakan. (2) Salah satunya Pemerintah Indonesia menerapkan aturan PSBB adalah merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dibuat dalam rangka Penanganan COVID-19. (3) Hal ini dilakukan dengan harapan agar supaya virus tidak menyebar lebih luas dan upaya penyembuhan dapat berjalan maksimal. (4) Dalam usaha pembatasan sosial ini pemerintah Indonesia juga telah membatasi kegiatan diluar rumah seperti kegiatan pendidikan yang telah dilakukan melalui pembelajaran online.

Kalimat yang tidak efektif ditunjukkan pada kalimat ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

34. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
1) Senin, 15 Februari 2021. 2) BNN Kalimantan Selatan menangkap peredaran narkoba klaster keluarga. 3) Pengedar mengendalikan 3,2 kilogram sabu-sabu dan ratusan pil ekstasi. 4) Pengedar terdiri dari suami, istri, dan putrinya. 5) Informasi berdasarkan keterangan kepala BNN Kalimantan Selatan, Brigjend Pol Laponga. 6) Kepala BNN Kalimantan Selatan.

Paragraf berita berdasarkan ilustrasi di atas adalah ....
A. Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Selatan berhasil membongkar jaringan peredaran narkoba klaster keluarga yang mengendalikan 3,2 kilogram sabu-sabu dan ratusan pil ekstasi. "Jadi, ketiga pengedar yang ditangkap merupakan satu keluarga terdiri atas suami istri dan putrinya," terang Kepala BNN Provinsi Kalimantan Selatan, Brigjend Pol Jackson Lapalonga di Banjarmasin, Senin (15/2).
B. Senin, 15 Februari 2021. Badan Narkotikan Nasional (BNN) Kalimantan Selatan menangkap satu keluarga pengedar narkoba yang terdiri suami, istri, dan putrinya dengan barang bukti 3,2 kilogram sabu-sabu dan ratusan pil ekstasi. Informasi peredaran narkoba didapat dari kepala BNN Kalimantan Seatan, Brigjend Pol Jackson Lapalonga.
C. Senin, 15 Februari 2021 Kepala BNN Provinsi Kalimantan Selatan, Brigjend Pol Jackson Lapalonga di Banjarmasin menangkap pengedar narkoba yang merupakan satu keluarga, yaitu suami, istri, dan putrinya. Barang bukti yang di dapat adalah3,2 kilogram sabu-sabu dan ratusan pil ekstasi.
D. Pada hari Senin, 15 Februari 2021, Kepala BNN Provinsi Kalimantan Selatan, Brigjend Pol Jackson Lapalonga di Banjarmasin berhasil menangkap sau keluarga, yaitu suami, istri, dan putrinya. Satu keluarga tersebut ditangkap karena mengedarkan 3,2 kilogram sabu-sabu dan ratusan pil ekstasi di Kalimantan Selatan.

35. Cermati kalimat berikut!
Pedagang di Pasar Induk Sangatta berkata [...] harga bawang merah [...] telur ayam sudah naik sejak dua hari yang lalu.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. bahwa, dan
B. karena, atau
C. bahwa, tetapi
D. sehingga, dengan

36. Cermatilah teks berikut!
Boraks merupakan garam natrium yang sering digunakan di berbagai industri nonpangan, khususnya industri kertas, gelas, pengawet kayu, dan keramik. Ia tidak berwarna dan mudah larut dalam air. Asal kita ketahui, gelas pyrex yang terkenal kuat bisa memiliki performa seperti itu karena dibuat dengan campuran boraks. Kemungkinan besar daya pengawet boraks disebabkan oleh senyawa aktif asam borat (H3B03).

Teks eksposisi yang tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah ....
A. Boraks seharusnya digunakan di berbagai industri nonpangan. Namun, pada masyarakat luas boraks sering disalahgunakan. Boraks disalahgunakan sebagai bahan tambahan makanan, misalnya, pembuatan krupuk, mi basah, lontong, bakso, dan produk makanan lainnya.
B. Saya setuju jika penyalahgunaan boraks ditindak tegas. Tujuannya agar masyarakat mengetahui bahaya boraks bagi kesehatan. Boraks yang dikonsumsi dalam makanan lama-kelamaan akan tertimbun sedikit demi sedikit dalam organ hati dan otak.
C. Sudah banyak makanan yang diperjualbelikan dengan harga murah. Salah satunya adalah makanan yang dicampur bahan pengawet. Bahan pengawet tersebut tidak lain adalah boraks. Boraks yang masuk ke tubuh akan menyebabkan fungsi organ tubuh menjadi berkurang.
D. Boraks adalah garam natrium yang digunakan di berbagai industri nonpangan, khususnya industri kertas, gelas, pengawet kayu, dan keramik. Ciri-ciri boraks adalah tidak berwarna dan mudah larut dalam air. Daya pengawet boraks disebabkan oleh senyawa aktif asam borat (H3BO3).

37. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrim yang diperkirakan terjadi besok, Minggu (7/2/2021). 2) Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, pusat tekanan rendah (low) terdapat di Teluk Carpentaria yang dapat mempengaruhi pola streamline dan konvergen di wilayah Indonesia, yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan. 3) Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik utara Papua, yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah tersebut. 4) Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi), terpantau memanjang di Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah, pesisir selatan Jawa, Sulawesi bagian tengah, dan Papua.

Kata tidak baku terdapat pada kalimat bernomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

38. Cermati paragraf berikut!
IHRAM.CO.ID, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur segera memberlakukan kebijakan tidak [...] aktivitas kegiatan di luar rumah selama dua hari. Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan kebijakan tersebut [...] karena tingginya peningkatan kasus pandemi Covid-19 di wilayah Kaltim. "Kita tidak lagi berbicara data, tetapi mencari solusi dan strategi bagaimana [...] kondisi Kaltim kemarin (Rabu, 3 Februari 2021), memecahkan rekor tertinggi selama pandemi," kata Isran usai memimpin Rakor Forkopimda se-Kaltim untuk Percepatan Pananganan Covid-19, Kamis (4/2).

Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. melaksanakan, diberlakukan, menghadapi
B. melaksanakan, diberlakukan, menghadapi
C. dilaksanakan, pemberlakuan, dihadapi
D. pelaksanaan, pemberlakuan, dihadapi

39. Cermati kutipan teks berikut!
Dalam usia pertumbuhan buah hati, terdapat periode yang dikenal dengan istilah masa emas atau golden age. Masa emas pada awal kehidupan buah hati pada usia nol tahun sampai dengan lima tahun. Fase ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan orang tua karena sang anak sedang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. [...], golden age merupakan masa yang penting dalam tumbuh kembang anak.

Terkadang anak mengalami gangguan tumbuh kembang pasa masa golden age. [...], kita harus melakukan perbaikan secepatnya dengan berkonsultasi kepada psikolog atau dokter anak. Gangguan tumbuh kembang ini meliputi gangguan interaksi sosial, gangguan bicara, gangguan motorik halus, gangguan motorik kasar, dan gangguan kognitif. Orang tua dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan buah hati dengan mengenali kepribadian anak. [...], diperlukan kecerdasan sekaligus kearifan dalam memberikan perawatan yang sesuai.

Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan teks tersebut adalah ....
A. meskipun demikian, oleh karena itu, malahan
B. oleh karena itu, meskipun demikian, namun
C. namun, meskipun demikian, oleh karena itu
D. oleh karena itu, meskipun demikian, namun

40. Cermati kutipan teks berikut!
Santi pergi ke Saung Angklung Udjo di Bandung. Di Saung Angklung Udjo Santi memandang pertunjukkan seniman angklung. Menurut Santi, pertunjukan tersebut sangat unik dan menarik.

Perbaikan kesalahan kata “memandang” dalam kalimat kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. menyaksikan
B. mengamati
C. menonton
D. melihat

41. Cermati kutipan teks berikut!
1) Wartawan Oka Rusmini merilis dua buku terbarunya berjudul Men Coblong dan Koplak. 2) Menampilkan dua tokoh rekaannya, yakni Men Coblong dan Koplak. 3) Buku Men Coblong adalah perpaduan antara kemampuan bertutur seperti cerpen dan argumentatif cerdas esai. 4) Buku Koplak yang terdiri atas 182 halaman menceritakan I Putu Koplak.

Alasan kesalahan kalimat berangka 2) adalah ….
A. ketidaklengkapan unsur kalimat berupa keterangan
B. ketidaklengkapan unsur kalimat berupa predikat
C. ketidaklengkapan unsur kalimat berupa subjek
D. ketidaklengkapan unsur kalimat berupa objek

42. Cermati kutipan teks berikut!
Indonesia memang kaya akan pesona. Bukan hanya adat dan budaya, tempat wisata di Indonesia pun menambah kekayaan negara yang berada di garis khatulistiwa ini. Pulau Kalimantan, salah satu pulau yang terlintasi garis khatulistiwa pun memiliki daya pikat luar biasa. Pulau yang kekayaan alamnya cukup besar ini merupakan salah satu pulau yang wajib dinikmati keindahan alamnya. Tempat ajaib yang cukup unik ada di sini, namanya labuan cermin.

Penulisan ejaan yang salah dalam kutipan teks tersebut terdapat dalam kata ....
A. labuan cermin
B. kalimantan
C. indonesia
D. pulau

43. Cermati kutipan teks berikut!
"Penerima vaksin Covid-19 tahap kedua yakni petugas pelayanan publik. Terdiri dari pendidik, pedagang pasar, tokoh agama, penyuluh agama, wakil rakyat, pedagang pasar, pejabat negara, pegawai pemerintah pusat maupun daerah, petugas keamanan, petugas pelayanan publik di sarana transportasi dan atlet!" ujar Nadia saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. tanda seru (!) seharusnya diganti dengan tanda hubung (-)
B. tanda seru (!) seharusnya diganti dengan tanda tanya (?)
C. tanda seru (!) seharusnya diganti dengan tanda koma (,)
D. tanda seru (!) seharusnya diganti dengan tanda titik (.)

44. Cermati kalimat berikut!
Paman memerlukan waktu lama untuk memulihkan tulang tangan [...].
Penulisan ejaan tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
A. pasca-operasi
B. pasca operasi
C. pascaoperasi 
D. pascaoprasi

45. Cermati kutipan teks berikut!
Hal tersebut dilakukan paralel sambil menanti izin penggunakan vaksin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). "Setelah ada izin, [...] tahap kedua langsung dilaksanakan," ucap Nadia.

Penulisan ejaan tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. vaksinasi
B. faksinasi
C. vaksin
D. faksin

46. Cermati kutipan teks berikut!
[...]Kemudian para jurnalis dan pekerja media akan termasuk juga. Untuk tahap awal, ada 5.000 jurnalis sesuai surat dari PWI[...][...]kata dia. Saat disinggung kapan vaksinasi tahap kedua ini dimulai, Nadia belum menginformasikan kepastian waktunya.

Tanda petik dua untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
A. petik dua; petik dua; koma
B. petik dua; koma; petik dua
C. petik dua; petik dua; titik
D. petik dua; titik; petik dua

47. Cermati kutipan teks berikut!
“Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi Covid-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas Covid-19, dan ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesis tambahan!” ujar Maxi dikutip dari siaran pers di laman Kemenkes, Sabtu (13/2/2021).

Penggunaan tanda baca tidak tepat pada kutipan teks tersebut adalah ….
A. tanda petik (“...”)
B. tanda koma (,)
C. tanda seru (!)
D. tanda titik (.)

48. Cermati kutipan teks berikut!
Saat ini, semua negara di dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19. Semua aktifitas dibatasi untuk mencegah penyebaran virus korona, termasuk aktifitas pendidikan. Di Indonesia, sudah kurang lebih tiga bulan, semua aktifitas pendidikan, mulai dari tingkat dasar dan menengah hingga tingkat perguruan tinggi dilakukan secara daring, tanpa tatap muka antara pengajar dan peserta didik.

Perbaikan kata dengan ejaan tepat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. tertulis menghadapi Perbaikan dihadapkan
B. tertulis aktifitas Perbaikan aktivitas
C. tertulis korona Perbaikan corona
D. tertulis daring Perbaikan luring

49. Cermati kutipan teks berikut!
Stadion Madya Sempaja merupakan sebuah stadion yang berada di wilayah Kota Samarinda; Kalimantan Timur; tepatnya di kawasan Sempaja Selatan, Samarinda Utara. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 15.000 penonton. Stadion ini memiliki fasilitas yang bagus dan karena itu pula menjadikannya terpilih menjadi stadion terbaik Divisi I Liga Indonesia 2007 dan pernah menjadi kandang klub Divisi Utama Persisam Putra Samarinda.

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kutipan teks tersebut adalah ….
A. tanda titik koma (;) diganti tanda koma (,)
B. tanda koma (,) diganti tanda titik koma (;)
C. tanda titik koma (;) diganti tanda titik (.)
D. tanda koma (,) diganti tanda titik dua (:)

50. Cermati kutipan teks berikut!
Kondisi perairan sungai Mahakam saat ini memang dalam kondisi pasang. Curah hujan yang tinggi membuat kawasan di sekitar Danau Semayang dan Danau Melintang alami pasang air. Di beberapa danau yang sempat surut beberapa bulan terakhir, banyak ditumbuhi tanaman gulma. Saat ini gulma, warga setempat menyebutnya napung, sedang hanyut terbawa arus sungai. Gulma bisa menutupi jalur sungai sehingga mengganggu aktivitas warga. Akan tetapi, di sisi lain gulma ini juga mendatangkan ikan yang banyak.

Alasan kesalahan penggunaan ejaan pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Huruf kapital seharusnya digunakan sebagai huruf pertama penulisan unsur-unsur nama diri geografi yang bukan merupakan nama diri.
B. Huruf kapital seharusnya digunakan sebagai huruf pertama penulisan unsur-unsur geografi yang diikuti nama diri geografi.
C. Huruf kapital seharusnya tidak digunakan sebagai huruf pertama dalam penulisan unsur-unsur kata di awal kalimat.
D. Huruf kapital seharusnya tidak digunakan sebagai huruf pertama dalam penulisan unsur-unsur nama diri geografi.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 50+ Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas IX Dilengkapi Kunci Jawaban Terbaru

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /