Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 60+ Contoh Soal Teks Negosiasi Dilengkapi Kunci Jawaban | Bahasa Indonesia Kelas X Revisi


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal teks negosiasi dilengkapi dengan kunci jawaba n terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal teks negosiasi dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 60+ Contoh Soal Teks Negosiasi Dilengkapi Kunci Jawaban | Bahasa Indonesia Kelas X Revisi

Gambar: freepik.com

1. Berikut merupakan contoh kegiatan bernegosiasi adalah....
A. seminar
B. pidato
C. lobi pemilihan ketua OSIS
D. debat
E. ceramah

2. Berikut yang termasuk struktur teks negosiasi adalah ....
A. Orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup
B. Organisasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup
C. Orientasi, penawaran, persetujuan, penutup
D. Orientasi, pengajuan, persetujuan, penutup
E. Orientasi, pengajuan, penawaran, penutup

3. Apa yang dimaksud dengan negosiasi ....
A. Bentuk interaksi antar sesama pejabat yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda.
B. Bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk tidak mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang sangat berbeda.
C. Bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda.
D. Bentuk interaksi sosial untuk mencapai kekuatan dan kenyamanan bersama di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda.
E. Bentuk interaksi kemasyarakatan yang memiliki fungsi untuk memberikan suatu petuah kepada pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda.

4. Proses memilih solusi yang tepat dan menguntungkan kedua belah pihak disebut ....
A. Orientasi
B. Pengajuan
C. Penawaran
D. Persetujuan
E. Penutup

5. Bahasa yang digunakan untuk membujuk atau mempengaruhi orang lain dalam teks negosiasi adalah bahasa ....
A. Deklaratif
B. Eksposisi
C. Persuasif

D. Naratif
E. Argumentatif

6. Berikut yang merupakan contoh negosiasi adalah ....
A. Seminar
B. Pidato
C. Lobi antarpartai
D. Debat
E. Ceramah

7. Mengapa dalam negosiasi harus menggunakan kata-kata yang santun ....
A. Untuk mempermalukan pihak kedua.
B. Untuk dapat menghargai/menghormati dan tidak menyinggung atau mempermalukan pihak kedua. C. Untuk memperburuk masalah.
D. Untuk meninggikan pihak kedua.
E. Untuk menghormati diri sendiri

8. Cermati dialog berikut!
(1) Anak : “Ayah, setelah lulus nanti, aku mau sekolah di SMA.”
(2) Ayah : “Kenapa di SMA, Nak? Padahal, Ayah ingin kamu sekolah di SMK.”
(3) Ayah : “Kok di SMK? Kenapa memangnya Ayah, jika aku sekolah di SMK?”
(4) Ayah : “Begini Nak, di SMK itu lulusannya bisa langsung bekerja.”
(5) Anak : “Oh, gitu yah, iya aku setuju.”
(6) Ayah : “Baguslah kalau kamu setuju.”
Dialog yang menyatakan penawaran ditunjukkan oleh nomor ...
A. (1), (2), (3), (4)
B. (1), (2), (3), (5)
C. (2), (3), (4), (5)
D. (2), (3), (4)
E. (2), (3), (5)

9. Perhatikan kutipan dialog berikut!
Bu Yana : Ada baju pramuka?
Pak Koko : Ya, ada. Yang besar atau yang kecil?
Bu Yana : Yang ukuran kecil saja, Pak.
Dialog di atas termasuk ke dalam struktur isi negosiasi bagian ....
A. Orientasi
B. Permintaan
C. Pemenuhan
D. Penawaran
E. Persetujuan

10. Tujuan bernegosiasi adalah sesuatu yang ingin dicapai. Maksud dari pernyataan tersebut adalah ....
A. Mendapat pelajaran dari satu pihak
B. Mendapatkan keuntungan tersendiri
C. Meraih penghargaan
D. Membela kepentingan orang lain
E. Mendapatkan kesepakatan bersama

11. Perhatikan dialog berikut!
Bu Dike : Topeng ini berapa harganya?
Pak Koko : Tiga ratus ribu rupiah.
Bu Dike : Wah mahal sekali. Dua ratus ribu, ya?
Pak Koko : Belum boleh, Bu. Ini sudah murah sekali. Pasnya dua ratus delapan puluh ribu.
Bu Dike : Itu masih terlalu mahal. Kalau dua ratus lima puluh ribu, boleh?
Pak Koko : Belum boleh. Naik sedikit, Bu.
Dialog di atas termasuk ke dalam struktur isi negosiasi bagian ....
A. Orientasi
B. Permintaan
C. Pemenuhan
D. Penawaran
E. Persetujuan

12. Cermati dialog berikut!
Penjual : “Naikin dikit, Nak. Enam ratus lima puluh ribu saya lepas gitar ini.”
Pembeli : “Iya deh, saya setuju, ini uangnya.”
Berdasarkan unsur kaidah negosiasi, dialog tersebut tergolong bagian ....
A. Berakhir sepakat
B. Berakhir tidak sepakat
C. Tukar menukar
D. tawar-menawa
E. mengandung konflik

13. Perhatikan dialog di bawah ini.
Wakil Pengusaha : Boleh saya keluar, Pak
Wakil Pemerintah : Ya, Silakan.
Wakil Pengusaha : Terima kasih, Pak. Selamat siang.
Wakil Pemerintah : Selamat siang.
Dialog di atas termasuk ke dalam struktur isi negosiasi bagian ....
A. Penutup
B. Orientasi
C. Pemenuhan
D. Penawaran
E. Persetujuan

14. Memberikan keputusan terhadap tawaran dalam negosiasi disebut ....
A. Tahap persiapan
B. Tahap kedua
C. Tahap tawaran awal
D. tahap pemberian konsesi
E. mengandung konflik

15. “Di tempat lain harganya bisa lebih mahal, Pak. Ini sudah paling murah jadi Bapak tidak akan rugi beli di sini.” Bentuk di atas dalam negosiasi disebut kalimat ....
A. interogatif
B. eksklamatif
C. persuasif
D. deklaratif
E. imperatif

16. Dalam unsur pembicaraan negosiasi, alat yang dipakai dalam penyampaian berita/pesan disebut ....
A. Komunikator
B. Pesan
C. Media
D. Komunikan
E. Efek

17. Negosiasi menghasilkan keputusan yang saling ....
A. Memudahkan
B. Menyebalkan
C. Menguntungkan
D. Merugikan
E. Menyenangkan

18. Arti dari negosiasi adalah ...
A. Proses
B. Penyelesaian
C. Perundingan
D. Pihak
E. Berjanji

19. Dalam bernegosiasi, konflik akan muncul. Hal ini biasa terjadi pada bagian ....
A. Orientasi
B. Pembelian
C. Penawaran
D. Persetujuan
E. Pemenuhan

20. Dalam kegiatan bernegosiasi, kita tidak boleh ....
A. Memaksa
B. Sopan
C. Santun
D Jujur
E. Ranah

21. Tujuan bernegosiasi adalah sesuatu yang ingin dicapai. Hal yang dimaksud adalah....
A. Mendapatkan pelajaran dari satu pihak
B. Mendapatkan keuntungan tersendiri
C. Meraih penghargaan
D. Membela kepentingan orang lain
E. Mendapatkan kesepakatan bersama

22. Bacala dialog berikut!
A : “Jangan mahal-mahal, Bu. Bisa dikurangi harganya?”
B : “Ini sudah mepet sekali, Mbak. Saya ambil untungnya nggak banyak.”
A : “Trus saya diharga berapa? Saya pesan banyak lho?”
Bagian teks negosiasi di atas merupakan bagian ....
A. Orientasi
B. Permintaan
C. Pemenuhan
D. Penawaran
E. Persetujuan

23. Kalimat yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah ....
A. Naratif
B. Deklaratif
C. Persuasif
D. Interogatif
E. Imperatif

24. Bagian dari teks negosiasi yang menyajikan permintaan suatu barang atau jasa disebut ....
A. Orientasi
B. Permintaan
C. Pemenuhan
D. Penawaran
E. Persetujuan

25. Kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah ....
A. Interogatif
B. Naratif
C. Deklaratif
D. Persuasif
E. Imperatif

26. Bacalah dialog berikut!
1) Penumpang : “Bang, ke Pasar Wage berapa?”
2) Ojek : “20ribu, Mas.”
3) Penumpang : “Kok mahal amat Bang, kan deket tuh di situ, 10 ribu aja ya.”
4) Ojek : “Aduh, itu kemurahan, enggak nutup uang bensin atuh.”
5) Penumpang : “Iya deh iya Bang, saya tambah 2 ribu biar jadi. 12ribu ya. Bagaimana?”
6) Ojek : “Tambah 3 ribu lagi deh, langsung capcusss.”
7) Penumpang : “Okelah Bang, saya setuju, antar saya ke Pasar Wage.”
Partisipan dalam teks negosiasi tersebut adalah ....
A. Tukang ojek
B. Penumpang
C. Tukang becak
D. Tukang ojek dan penumpang
E. Tukang becak dan penumpang

27. Satu contoh yang merupakan negosiasi adalah ....
A. Tawar-menawar di pasar
B. Diskusi di dalam kelas
C. Lomba debat
D. Tanya-jawab
E. Perbincangan politik

28. Bacalah dialog berikut!
1) Penumpang : “Bang, ke Pasar Wage berapa?”
2) Ojek : “20ribu, Mas.”
3) Penumpang : “Kok mahal amat Bang, kan deket tuh di situ, 10 ribu aja ya.” 4) Ojek : “Aduh, itu kemurahan, enggak nutup uang bensin atuh.”
5) Penumpang : “Iya deh iya Bang, saya tambah 2 ribu biar jadi. 12ribu ya. Bagaimana?”
) Ojek : “Tambah 3 ribu lagi deh, langsung capcusss.”
7) Penumpang : “Okelah Bang, saya setuju, antar saya ke Pasar Wage.”
Tahap penawaran dalam teks negosiasi tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1) dan 2)
B. 3) dan 4)
C. 3) dan 5)
D. 5) dan 7)
E. 6) dan 7)

29. Ciri-ciri negosiasi apabila dilihat dari segi isinya, kecuali ....
A. Memberikan sarana penghiburan.
B. Mengarah pada tujuan praktis.
C. Menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan.
D. Menghasilkan kesepakatan.
E. Memprioritaskan/mengutamakan kepentingan-kepentingan bersama

30. Bacalah dialog berikut!
1) Penumpang : “Bang, ke Pasar Wage berapa?”
2) Ojek : “20ribu, Mas.”
3) Penumpang : “Kok mahal amat Bang, kan deket tuh di situ, 10 ribu aja ya.”
4) Ojek : “Aduh, itu kemurahan, enggak nutup uang bensin atuh.”
5) Penumpang : “Iya deh iya Bang, saya tambah 2 ribu biar jadi. 12ribu ya. Bagaimana?”
6) Ojek : “Tambah 3 ribu lagi deh, langsung capcusss.”
7) Penumpang : “Okelah Bang, saya setuju, antar saya ke Pasar Wage."
Kalimat persetujuan ditunjukkan oleh dialog nomor ....
A. 3)
B. 4)
C. 5)
D. 6)
E. 7)

31. Negosiasi memprioritaskan kepentingan ....
A. Bersama
B. Kelompok
C. Individu
D. Antaragama
E. Sahabat

32. Surat penawaran suatu barang atau jasa kepada seseorang atau perusahaan disebut surat jual. Surat tersebut mempunyai sifat sebagai berikut. Manakah yang bukan menunjukkan sifat surat dagang atau surat jual ....
A. Berbahasa tidak resmi
B. Menggunakan kalimat efektif
C. Mengungkapkan sebuah penyaluran atau distribusi barang
D. Bahasanya menarik
E. Mudah dipahami isinya

33. Negosiasi dapat dilakukan di ....
A. Pasar
B. Toko
C. Sekolah
D. Forum resmi
E. Semua benar

34. Hal yang harus ada dalam surat penawaran adalah ....
A. Penulis surat penawaran
B. Harga barang yang ditawarkan
C. Kop surat
D. Pihak yang dituj
E. Tanggal pemenuhan

35. Orang yang melakukan negosiasi disebut ....
A. Navigator
B. Negosiator
C. Orator
D. Nasalisator
E. Regulator

36. Bersama dengan surat ini saya menawarkan beberapa produk mebel yang kami produksi. Mebel yang kami produksi dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau. Informasi harga dan gambar produk kami sertakan dalam lampiran. Kutipan surat penawaran di atas termasuk bagian ....
A. Pembukaan surat
B. Isi atau maksud surat
C. Penutup surat
D. Salam penutup
E. Perihal

37. Kesepakatan yang diperoleh dalam negosiasi bersifat ....
A. Susah
B. Sulit
C. Benar
D. Rumit
E. Praktis

38. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak!
Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut adalah....
A. teks negosiasi antara perwakilan karyawan dan pengusaha.
B. kemarahan karyawana terhadap pengusaha.
C. pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.
D. kekeslan karyawan terhadap kenaikan upah.
E. keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah.

39. Yang tidak termasuk struktur dari teks negosiasi adalah ....
A. Orientasi
B. Permintaan
C. Penawaran
D. Persetujuan
E. Penghiburan

40. Berikut ini yang bukan kaidah teks negosiasi yang baik adalah....
A. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu waktu.
B. Mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung dengan fakta.
C. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.
D. Menjelaskan pendapat orang lain.
E. Jabarkan kembali pokok bahasan pihak mitra negosiasi untuk menunjukan bahwa kamu telah mengerti.

41. Tindakan yang dilakukan pertama kali agar negosiasi berjalan lancar adalah ....
A. Membandingkan beberapa pilihan
B. Mengajak membuat kesepakatan
C. Menetapkan dan menegaskan kembali tujuan negosiasi
D. Memberikan alasan mengapa harus dibuat kesepakatan
E. Mengevaluasi kekuatan dan komitmen Bersama

42. Struktur yang pertama kali muncul dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah negosiasi yaitu pembeli bertanya harga barang yang akan dibeli. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari struktur kompleks teks negosiasi berupa....
A. orientasi
B. permintaan
C. persetujuan
D. pembelian
E. penutup

43. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang disebut negosiasi....
A. Win-Lose Strategy
B. Win-Win Solution
C. Lose-lOSE STRATEGY
D. Win All strategy
E. Lose all strategy

44. Teks negosiasi berikut yang termasuk bagian persetujuan adalah....
A. Anak: Uang sya tidak cukup, bagaimana kalo Rp48.000,00 Saja?
Penjaga: itu terlalu murah, bagimana kalau Rp.55.000,00 saja?
B. Anak: Tapi uang saya hanya Rp50.000,00.
Penjaga: Begini saja, saya akan berikan bku ini seharga Rp.50.000,00. Bagimana?
C. Anak: Baiklah, Pak! Saya beli bukunya.
Penjaga: ini bukunya.

D. Anak: Ini uangnya pas ya pak, terima kasih sudah mau membatu saya.
Penjaga: iya, sama-sama. Terima kasih juga sudah membeli buku di toko saya.
E. Anak: Selamat siang, Pak.
Penjaga: selamat siang.

45. Struktur kedua dalam teks negosiasi....
A. Orientasi
B. Permintaan
C. Pemenuhan
D. Persetujuan
E. Penutup

46. Tindakan yang dilakukan pertama kali agar negosiasi berjalan lancar adalah ....
A. Membandingkan beberapa pilihan
B. Mengajak membuat kesepakatan
C. Menetapkan dan menegaskan kembali tujuan negosiasi
D. Memberikan alas an mengapa harus dibuat ksepakatan
E. Mengevaluasi kekuatan dan komitmen bersama

47. Biasanya negosiasi dilakukan dengan....
A. Melalui sms
B. Dialog langsung
C. Melalui telepon
D. Melalui email
E. Melalui surat kabar

48. Tujuan dilakukannya negosiasi adalah untuk mencapai ....
A. Memberikan informasi
B. Kesenangan semata
C. Keuntungan tersendiri
D. Kepentingan orang lain
E. Kesepakatan bersama

49. Secara umum ciri-ciri kebahasaan teks negosiasi salah satunya adalah bahasa persuasif, maksudnya ....
A. Bahasa yang dipakai untuk membujuk, mengajak, dan meyakinkan pihak lain.
B. Bahasa yang digunakan menggunakan bahasa yang logis dan santun.
C. Bahasa yang dipakai memperhatikan pedoman ejaan bahasa yang baik dan benar.
D. Bahasa yang dipakai menerapkan struktur bahasa sesuai dengan PUEBI.
E. Bahasa yang disampaikan harus memperhatikan situasi dan kondisi budaya.

50. “ ini sudah murah, Bu. Di tempat lain lebih mahal. “ kalimat tersebut adalah kalimat ....
A. Persuasif
B. Introgatif 
C. Deklaratif
D. Ekspresif
E. Imperative

51. Secara umum ciri-ciri kebahasaan teks negosiasi salah satunya adalah bahasa interogatif, maksudnya ....
A. Bahasa yang dipakai untuk membujuk, mengajak, dan meyakinkan pihak lain.
B. Bahasa yang digunakan adalah bahasa berupa kalimat-kalimat pertanyaan.
C. Bahasa yang dipakai memperhatikan pedoman ejaan bahasa yang baik dan benar.
D. Bahasa yang dipakai menerapkan struktur bahasa sesuai dengan PUEBI.
E. Bahasa yang disampaikan harus memperhatikan situasi dan kondisi budaya.

52. Setiap orang dapat melakukan negosiasi, namun negosiasi tidak bisa berlangsung bila....
A. sendiri
B. dua puluh orang
C. empat mata
D. berempat
E. dua sahabat

53. Untuk meyakinkan pihak lain dalam bernegosiasi adalah....
A. Dengan emosional
B. Mengemukakan pendapat dengan bijak
C. Menggunakan ancaman dan kekerasan
D. Menghina pihak lain
E. Bersikap tidak peduli dengan pihak lain

54. Jika dalam suatu negosiasi, pihak Anda tidak memenangkan negosiasi, yang tidak selayaknya Anda lakukan adalah....
A. Menerima dengan sikap positif
B. Memperjuangkannya lagi di lain kesempatan
C. Menghargai keputusan yang telah disepakati
D. Menyadari bahwa pihak Anda memang masih banyak kekurangan
E. Mengusahakan jalan pintas yang licik

55. Berikut ini pernyataan yang tidak benar dalam bernegosiasi adalah....
A. Sebelum bernegosiasi, orang yang bernegosiasi harus melakukan persiapan
B. Pakailah segala cara untuk memenangkan negosiasi
C. Orang yang bernegosiasi harus saling menghormati
D. Orang yang bernegosiasi harus mematuhi aturan
E. Menggunakan Bahasa yang komunikatif

56. Pernyataan yang tidak tepat dalam penyampaian pendapat dalam negosiasi adalah....
A. Menyampaikan pendapat yang dapat menyakinkan mitra bicara
B. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang menarik
C. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang santun
D. Menyampaikan pendapat dengan ucapan-ucapan licik
E. Menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang benar

57. Yang termasuk pasangan tuturan dalam negosiasi berjalan lancar yaitu....
A. Menolak-meminta
B. Bertanya-menjawab
C. Menjawab-meninggalkan
D. Bertanya-digantungkan
E. Memberi-bertanya

58. Berikut adalah tindakan yang tidak perlu dilakukan dalam negosiasi ....
A. Mengajak untuk membuat kesepakatan
B. Membandingkan beberapa pilihan
C. Memperjelas dan menguji pandangan
D. Mengevaluasi kekuatan dan komitmen bersama
E. Menyesuaikan pembicaraan ke arah tujuan praktis

59. Bagian terakhir dalam teks negosiasi akan biasanya berisi tentang basa-basi yang memiliki arti, seperti ucapan terima kasih dan sebagainya. Bagian yang dimaksud adalah....
A. pembuka
B. isi
C. penyampaian materi
D. tawar-menawar
E. penutup

60. Bernegosiasi diijinkan tetapi kita tidak boleh....
A. memaksa
B. sopan
C. santun
D. jujur
E. ramah



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 60+ Contoh Soal Teks Negosiasi Dilengkapi Kunci Jawaban | Bahasa Indonesia Kelas X Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /