Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 60+ Contoh Soal Teks Editorial Dilengkapi Kunci Jawaban | Bahasa Indonesia Kelas XII


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi teks editorial dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal materi teks editorial dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 60+ Contoh Soal Teks Editorial Dilengkapi Kunci Jawaban | Bahasa Indonesia Kelas XII

Gambar: freepik.com

1. Jenis tulisan berikut yang wajib ditulis oleh redaktur adalah ....
A. artikel
B. opini
C. iklan
D. pikiran pembaca 
E. tajuk rencana

2. Berikut ini benar mengenai teks editorial, kecuali....
A. artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran
B. pandangan redaksi terhadap peristiwa aktual, kontroversial, dan fenomenal
C. peristiwa yang diangkat bersifat aktual, kontroversial, dan fenomenal
D. diasumsikan sebagai sikap institusi media massa terhadap semua peristiwa
E. tajuk rencana merupakan nama lain dari teks editorial

3. Bacalah kutipan teks berikut!
Melalui layar televisi, kekerasan itu dapat disaksikan masyarakat mancanegara. Di tengah era globalisasi dan transparansi sekarang ini, praktis tidak ada kejadian yang bebas dari tembus pandang. Langsung atau tidak, dampak kekerasan itu ditanggung oleh seluruh masyarakat Indonesia karena dapat membuat kaum investor asing menjadi ragu menanamkan modal di Indonesia. Para investor membutuhkan ketenangan dan stabilitas keamanan agar usahanya berjalan lancar. Dunia usaha memang sangat sensitif atas gangguan keamanan. Lebih menyakitkan lagi kalau kekerasan itu digunakan negara-negara tetangga dalam kompetisi industri pariwisata dengan mendiskreditkan Indonesia sebagai negara yang tidak aman dikunjungi pelancong.
Opini penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah ....
A. Tidak ada kekerasan yang tidak dapat menimbulkan dampak negatif terhadap investor asing.
B. Kekerasan dapat membuat kaum investor asing menjadi ragu menanamkan modal di Indonesia
C. Kita bangsa Indonesia mau tidak mau harus menerima dampak kekerasan yang ditayangkan televisi
D. Negara-negara tetangga dapat merebut perhatian negara lain untuk menanamkan modalnya.
E. Kekerasan dapat ditonton langsung oleh seluruh masyarakat Indonesia dan mancanegara.

4. Bacalah penggalan teks berikut ini!
 (1) Sungguh, kenaikan harga itu merupakan kado yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis. (2) Masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget karena kenaikan tanpa didahului sosialisasi. (3)Pertamina memutuskan secara sepihak seraya menggiringnya dengan alasan yang terkesan logis. (4) Merugi Rp22 trilyun selama 6 tahun sebagai dampak kenaikan harga di pasar internasional serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
Fakta dalam kalimat di atas yaitu kalimat bernomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

5. Cermati teks editorial berikut!
1) Masyarakat, terutama mereka yang berpendidikan, mulai khawatir terhadap pengaruhobat kimia terhadap tubuh dari efek samping yang ditimbulkan oleh obat tersebut. (2) Kandungan bahan kimia dalam obat pada umumnya dapat menimbulkan efek samping padaorang yang mengonsumsinya. (3) Efek samping tersebut mulai dari efek samping ringanhingga lebih berat apabila zat tertimbun dalam tubuh dalam jumlah besar dan waktu lama. (4) Dengan mengonsumsi bahan herbal dari alam , Anda akan mendapatkan manfaat untukkesehatan tubuh Anda. (5) Sebagai salah satu jenis tanaman herbal, daun sirsak bisa Anda jadikan sebagai pengobatan herbal dengan mengkonsumsinya secara rutin, (6) Tanaman herbal yang diolah dengan benar dan dikonsumsi dengan anjuran medis, tidak akan menimbulkan dampak negatif terhadap tubuh.
Kalimat alternatif solusi yang paling tepat adalah ....
A. Mengonsumsi obat herbal jauh lebih sehat daripada mengonsumsi obat kimia.
B. Berdasarkan penelitian, di dalam buah sirsak terdapat suatu zat yang bisa melawan selkanker.
C. Daun sirsak dapat memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan bagi orang yang inginsehat dan cantik
D. Mengonsumsi obat kima dalam jumlah banyak lebih menyehatkan daripadamengonsumsi obat herbal.
E. Mengonsumsi obat kimia dalam jumlah cukup tidak akan menimbulkan efek sampingbagi pengonsmsi

6. Bacalah penggalan teks berikut ini!
(1) Kita mengapresiasi langkah cekatan pemerintah dalam mengapresiasi kenaikan harga elpigi nonsubsidi 12 kg itu seraya menggiringnya dengan pertanyaan. (2) Benarkah pemerintah tidak tahu dan tidak diberi tahumengenai rencana Pertaminan menaikkan secara sewenang-wenang. (3) Pertaminamerupakan perusahaan negara yang diamanati Undang-undang sebagai pengelola minyak dan gas bumi untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. (4) Rasanya mustahil kalau pemerintah, dalam hal ini Menteri Ekuin dan Menteri BUMN tidak tahu, tidak diberi tahu serta tidak dimintai pandangan, pendapat,dan petimbangan.
Opini dalam kalimat di atas yaitu....
A. (1),(2),(3)
B. (2),(3),(4)
C. (1),(2),(4)
D. (1),(3),(4)
E. (1),(2),(3),(4)

7. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!
Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat. Sampai kini, belum terlihat upaya signifikan ke arah itu. Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. Menggunakan kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak tersedia.Kita ingatkan, jangan sampai pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.
Masalah dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ....
A. Kemacetan lalu lintas parah terlihat pada setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta.
B. Pertumbuhan ekonomi terhambat dan terjadi kelangkaan BBM karena pemerintah menaikkan harga BBM.
C. Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik memicu konsumsi BBM semakin melonjak.
D. Pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi APBN, tetapi dalam kenyataannya malah sebaliknya.
E. Pemerintah tidak serius dalam menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik.

8. Opini berupa prediksi terdapat pada kalimat di bawah ini yaitu....
A. Kenaikan harga itu merupakan kado ulang tahun baru 2021 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab, di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia.
C. Redaksi menduga bahwa pengakuan pemerintah yang tidak mengetahui rencana kenaikan harga elpiji hingga 50% itu tidak benar.
D. Pemerintah seharusnya menggunakan keuntungan besar dari hasil tambang minyak dan gas untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah.

9. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!
(1) Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat. (2) Sampai kini, belum terlihat upaya signifikan ke arah itu. (3) Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. (4) Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. (5) Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. (6) Menggunakan kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak tersedia. (7) Kita ingatkan, jangan sampai pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.
Opini penulis dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1) dan ( 2)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (5) dan (6)
E. (6) dan (7)

10. Opini berupa harapan terdapat pada kalimat di bawah ini yaitu....
A. Kenaikan harga itu merupakan kado ulang tahun baru 2021 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab, di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia.
C. Redaksi menduga bahwa pengakuan pemerintah yang tidak mengetahui rencana kenaikan harga elpiji hingga 50% itu tidak benar.
D. Pemerintah seharusnya menggunakan keuntungan besar dari hasil tambang minyak dan gas untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah.

11. Anggaran cukup bukanlan segalanya. Akan tetapi, ketersediaan anggaran baru memenuhi salah satu dari sekian banyak persyaratan praksis pendidikan. Akan tetapi, tentang ketersediaan anggaran dapat mencerminkan keseriusan perhatian, keberanian di dalam memberikan prioritas, dan sesuatu yang tak terselesaikan hanya menjadi wacana berkepanjangan.
Pernyataan penilaian yang sesuai dengan cuplikan di atas adalah ....
A. paragraf tersebut berfungsi sebagai penutup untuk sebuah teks editorial
B. penggunaan konjungsi akan tetapi yang berulang menyebabkan bentukan paragraf itu tidak efektif
C. perlu adanya konjungsi tambahan pada paragraf itu, sehingga maksudnya lebih mudah dipahami
D. isi keseluruhan paragraf itu dinyatakan secara persuasif dan argumentatif pada bagian akhirnya
E. fakta yang dinyatakan pada bagian awalnya tidak jelas. Oleh karena itu, bagian tersebut memerlukan tambahan

12. Opini berupa penilaian terdapat pada kalimat di bawah ini yaitu....
A. Kenaikan harga itu merupakan kado ulang tahun baru 2021 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab, di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia.
C. Redaksi menduga bahwa pengakuan pemerintah yang tidak mengetahui rencana kenaikan harga elpiji hingga 50% itu tidak benar.
D. Pemerintah seharusnya menggunakan keuntungan besar dari hasil tambang minyak dan gas untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah.

13. Penegasan seperti itu dianggap bukan merupakan pelanggaran, namun pembenaran. Kalimat di atas dapat diefektifkan menjadi ....
A. Penegasan seperti itu dianggap bukan pelanggaran, namun untuk pembenaran.
B. Penegasan seperti itu dianggap bukan pelanggaran adalah sebagai pembenaran.
C. Penegasan seperti itu dianggap bukan pelanggaran daripada sebagai pembenaran.
D. Penegasan seperti itu dianggap bukan pelanggaran, tetapi pembenaran.
E. Penegasan seperti itu dianggap bukan pelanggaran, melainkan sebagai suatu pembenaran.

14. Opini berupa kritik terdapat pada kalimat di bawah ini yaitu....
A. Kenaikan harga itu merupakan kado ulang tahun baru 2021 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab, di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia.
C. Redaksi menduga bahwa pengakuan pemerintah yang tidak mengetahui rencana kenaikan harga elpiji hingga 50% itu tidak benar.
D. Pemerintah seharusnya menggunakan keuntungan besar dari hasil tambang minyak dan gas untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah.

15. (1) Udara di Bogor terasa dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ÂșC. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.
Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (1) dan (3)
D. (4) dan (2)
E. (3) dn (4)

16. Opini berupa saran terdapat pada kalimat di bawah ini yaitu....
A. Kenaikan harga itu merupakan kado ulang tahun baru 2021 yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis
B. Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab, di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia.
C. Redaksi menduga bahwa pengakuan pemerintah yang tidak mengetahui rencana kenaikan harga elpiji hingga 50% itu tidak benar.
D. Pemerintah seharusnya menggunakan keuntungan besar dari hasil tambang minyak dan gas untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
E`. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah.

17. Berikut ini yang bukan merupakan sifat teks editorial/opoini adalah ....
A. Kursial dan ditulis secara berkala
B. Isinya menyikapi situasi yang berkembang di masyarakat luas
C. Selalu memihak kepada rakyat
D. Terkait erat dengan kebijakan media
E. Memiliki karakter atau konsistensi yang teratur

18. Masalah yang diangkat dalam teks editorial merupakan masalah yang aktual, kontroversial, dan fenomenal. Aktual berarti.... peristiwa luar biasa
A. diulas tidak hanya satu media
B. polemik muncul dalam bentuk diskusi, debat, konferensi
C. dipublikasikan berulang-ulang
D`. baru terjadi ditandai dengan tulisan mencolok

19. Fungsi teks editorial yang paling tepat adalah .... 
A. memberikan penilaian secara kritis mengenai peristiwa atau masalah aktual yang menjadi pro dan kontra
B. mendeskipsikan suatu objek dengan detail
C. memengaruhi atau meyakinkan pembaca
D. mengingatkan kepada generasi penerus untuk mengenang sejarah
E. mendeskripsikan secara detail tentang dirikita

20. Masalah yang diangkat dalam teks editorial merupakan masalah yang aktual, kontroversial, dan fenomenal. Kontroversial berarti....
A. peristiwa luar biasa
B. diulas tidak hanya satu media
C. polemik muncul dalam bentuk diskusi, debat, konferensi 
D. dipublikasikan berulang-ulang
E. baru terjadi ditandai dengan tulisan mencolok

21. Berikut poin yang tidak termasuk dalam struktur teks editorial adalah ....
A. daftar pustaka
B. isu penting/ berita aktual yang muncul menjadi perhatian bersama
C. ulasan/opini tentang isu disertai argumen pendukung
D. solusi/ harapan/ penegasan
E. judul

22. Berikut ini merupakan struktur teks editorial yaitu....
A. tesis-isi-penegasan
B. tesis-argumen-penegasan
C. isu-argumen-penutup
D. tesis-isi-penutup
E. isu-inti-penegasan

23. Salah satu ciri tajuk rencana pers papan atas adalah ....
A. normatif
B. atraktif
C. progresif
D. proaktif
E. psikologis

24. Bacalah penggalan teks editorial berikut ini!
Pertamina mengirim kado tahun baru 2021 yang pahit kepada masyarakat. Menaikkan harga elpigi tabung 12 kg lebih dari 50 persen. Akibatnya sampai di tingkat konsumen harganya menjadi Rp125.000,00 hingga Rp130.000,00. Bahkan di lokasi yang relatif jauh dari pangkalan, mencapai RP150.000,00-Rp200.000,00.
Pengenalan isu pada penggalan teks editorial di atas yaitu....
A. Pertamina mengirim kado tahun baru 2021 yang pahit kepada masyarakat.
B. Menaikkan harga elpigi tabung 12 kg lebih dari 50 persen.
C. Pertamina mengirim kado tahun baru 2021 yang pahit kepada masyarakat dengan menaikkan harga elpigi.
D. Akibatnya sampai di tingkat konsumen harganya menjadi Rp125.000,00 hingga Rp130.000,00.
E. Bahkan di lokasi yang relatif jauh dari pangkalan, mencapai RP150.000,00-Rp200.000,00.

25. Paragraf berikut yang merupakan bagian solusi adalah....
A. Fenomena iklim El Nino yang menyebabkan musim kering berkepanjangan, menurut sejumlah prakiraan, masih berlanjut hingga Maret. Dalam keadaan iklim normal, musim tanam rendeng dimulai pada bulan November. Di daerah dengan pengairan cukup, petani dapat tiga kali bertanam padi. Musim tanam rendeng yang mundur menyebabkan musim tanam kedua mungkin tidak terjadi.
B. Dampak musim tanam mundur adalah produksi beras yang bukan tidak mungkin akan turun dibandingkan produksi tahun lalu. Dampak lain adalah harga beras tinggi. Meskipun saat ini stabil, harga beras bertahan rata-rat di atas Rp 10.000,00- Rp 12.000,00 per kg untuk beras kualitas medium. Harga ini jauh di atas harga dunia yakni 360-370 dolar Amerika Serikat per ton untuk beras dari Thailand dan Pakistan dengan kadar butir pecah 5%.
C. Produksi padi merupakan pangan utama sebagian besar masyarakat juga dipengaruhi ketersediaan lahan. Pemerintah menargetkan swasembada beras, jagung, dan kedelai secara bersamaan. Sementara, lahan yang digunakan untuk pertanian tidak bertambah, bahkan cenderung berkurang karena alih lahan. Kenaikan produksi jagung karena perluasan lahan akan menggerus lahan bertanam padi.
D. Opersi pasar yang dilakukan Bulog bertujuan untuk menjaga stabilitas harga beras dengan sasaran harga RP 8.300,00- Rp 8.500,00 per kg. Harga di beberapa kota yang masih tinggi, 15-20% dari sasaran, pasti memengaruhi daya beli masyarakat luas, mulai dari petani yang saat ini tidak memiliki beras lagi hingga buruh, pegawai negeri, dan karyawan berpenghasilan tetap di batas hidup layak.
E. Pemerintah tidak dapat bekerja dengan cara biasa menghadapi situasi tidak biasa saat ini. Jangan pula saling menyalahkan di antara pimpinan lembaga yang bertanggung jawab atas pangan. Pangan adalah kebutuhan dasar dan hak asasi yang harus dijamin Pemerintah.

26. Bacalah penggalan teks editorial berikut ini!
Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius bagi kehidupan masyarakat. Data badan Pusat Statistik (BPS) menyebut melemahnya perekonomian berimbas pada melonjaknya angka pengangguran pada kuartal III tahun 2021 ini mencapai 7,56 juta orang. Karena itu, pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini harus bekerja lebih keras lagi agar roda perekonomian kembali bergerak cepat.
Pengenalan isu pada penggalan teks editorial di atas yaitu....
A. Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius bagi kehidupan masyarakat.
B. Data badan Pusat Statistik (BPS) menyebut melemahnya perekonomian berimbas pada melonjaknya angka pengangguran pada kuartal III tahun 2021 ini mencapai 7,56 juta orang.
C. Karena itu, pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini harus bekerja lebih keras lagi agar roda perekonomian kembali bergerak cepat.
D. Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius berupa melonjaknya angka pengangguran
E. Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius sehingga Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini harus bekerja lebih keras

27. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan diperkirakan akan terus mengalami defisit karena selisih antara iuran peserta yang terkumpul dengan biaya manfaat yang dibayarkan kepada puskesmas dan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terlalu jauh. (2) Selisih ini sudah terjadi sejak tahun pertama program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dilaksanakan pada 2021. (3) Selisih tahun pertama sebesar Rp1,9 triliun. (4) Kemudian, pada tahun kedua menjadi Rp. 5,1triliun sert tahun 2021 mencapai Rp9 triliun. (5) Defisit akan terus terjadi selama struktur iuran peserta tidak dinaikkan sesuai dengan perekonomian.
Kutipan teks editorial tersebut membahas masalah....
A. Iuran peserta BPJS terlalu kecil daripada JKN-KIS
B. BPJS mengalami defisit karena iuran peserta terlalu murah
C. Peserta BPJS belum merasakan manfaat kartu BPJS
D. Puskesmas dan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terlalu jauh E. Iuran BPJS tidak terjangakau bagi peserta JKN - KIS karena terlalu mahal

28. Berikut ini merupakan contoh kalimat berkata ganti penunjuk, kecuali....
A. Sungguh, kenaikan harga itu merupakan kado yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis.
B. Kalau dugaan kita yang seperti itu benar adanya, bisa saja di antara kita menengarai langkah pemerinta itu sebagai reaksi semu.
C. Keuntungan besar itulah yang seharusnya digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
D. Rasanya mustahil kalau pemerintah, dalam hal ini Menteri Ekuin dan Menteri BUMN tidak tahu, tidak diberi tahu serta tidak dimintai pandangan, pendapat, dan petimbangan.
E. Pertamina mengirim kado tahun baru 2021 yang pahit kepada masyarakat dengan menaikkan harga elpigi.

29. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan diperkirakan akan terus mengalami defisit karena selisih antara iuran peserta yang terkumpul dengan biaya manfaat yang dibayarkan kepada puskesmas dan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terlalu jauh. (2) Selisih ini sudah terjadi sejak tahun pertama program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dilaksanakan pada 2021. (3) Selisih tahun pertama sebesar Rp1,9 triliun. (4) Kemudian, pada tahun kedua menjadi Rp. 5,1triliun sert tahun 2021 mencapai Rp9 triliun. (5) Defisit akan terus terjadi selama struktur iuran peserta tidak dinaikkan sesuai dengan perekonomian.
Opini dalam teks editorial tersebut ditunjukkan oleh kalimat nomor....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 5
E. 2 dan 3

30. Ciri kebahasaan teks editorial salah satunya menggunakan kalimat pertanyaan tidak yang ditujukan untuk mendapatkan jawaban. Kalimat-kalimat tersebut dimaksudkan agar pembaca merenungkan masalah yang dipertanyakan sehingga tergugah untuk berbuat sesuatu. Kalimat tersebut dinamakan....
A. kalimat tidak langsung
B. kalimat majemuk
C. kalimat retorik
D. kalimat aktif
E. kalimat pasif

31. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan diperkirakan akan terus mengalami defisit karena selisih antara iuran peserta yang terkumpul dengan biaya manfaat yang dibayarkan kepada puskesmas dan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terlalu jauh. (2) Selisih ini sudah terjadi sejak tahun pertama program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dilaksanakan pada 2021. (3) Selisih tahun pertama sebesar Rp.1,9 triliun. (4) Kemudian, pada tahun kedua menjadi Rp. 5,1triliun sert tahun 2021 mencapai Rp.9 triliun. (5) Defisit akan terus terjadi selama struktur iuran peserta tidak dinaikkan sesuai dengan perekonomian.
Keberpihakan penulis pada teks editorial tersebut adalah kepada....
A. BPJS
B. Puskesmas
C. peserta BPJS
D. Rumah Sakit
E. peserta JKN- KIS

32. Bacalah kutipan teks berikut!
Berikut ini merupakan contoh kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas yaitu....
A. Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius bagi kehidupan masyarakat.
B. Data badan Pusat Statistik (BPS) menyebut melemahnya perekonomian berimbas pada melonjaknya angka pengangguran pada kuartal III tahun 2021 ini mencapai 7,56 juta orang.
C. Masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget karena kenaikan tanpa didahului sosialisasi
D. Keuntungan besar itulah yang seharusnya digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah.

33. Bacalah kutipan teks berikut!
Komitmen sekolah untuk mencetak generasi antikorupsi perlu memperoleh dukungan dari berbagai pihak. Ini menjadi langkah untuk mencegah regenerasi koruptor. Banyak contoh tokoh muda sewaktu di kampus menjadi aktivis gerakan perlawanan, tetapi setelah duduk dikursi birokrasi tidak tahan godaan dan tertangkap KPK. Oleh karena itu, agen- agen antikorupsi perlu disebarluaskan di lingkungan para siswa ataupun alumnus. Pada tangan generasi muda yang sadar bahaya korupsi, kita yakin bangsa ini akan semakin bermartabat terbebas dari virus perilaku korup.
Pesan dari tajuk rencana tersebut adalah....
A. Ajakan untuk menciptakan generasi muda sebagai agen antikorupsi.
B. Ajakan untuk tidak memanfaatkan jabatan untuk memperkaya diri.
C. Ajakan untuk memberantas banyak korupsi yang sering terjadi di Indonesia.
D. Ajakan untuk membantu KPK dalam melenyapkan narkoba dari Indonesia.
E. Ajakan untuk mencegah peredaran narkoba dimulai dari lingkungan keluarga.

34. Berikut ini merupakan contoh kalimat yang menggunakan kata-kata populer yaitu....
A. Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius bagi kehidupan masyarakat.
B. Data badan Pusat Statistik (BPS) menyebut melemahnya perekonomian berimbas pada melonjaknya angka pengangguran pada kuartal III tahun 2021 ini mencapai 7,56 juta orang.
C. Masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget karena kenaikan tanpa didahului sosialisasi.
D. Keuntungan besar itulah yang seharusnya digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
E. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah.

36. Bacalah penggalan teks editorial berikut ini!
Benarkah pemerintah tidak tahu atau tidak diberi tahu mengenai rencana Pertamina menaikkan secara sewenang-wenang. Kaidah kebahasaan pada penggalan teks editorial di atas seperti berikut ini yaitu....
A. penggunaan kalimat retorik
B. penggunaan kata-kata populer
C. penggunaan kata-kata penunjuk
D. penggunaan konjungsi kausalitas
E. penggunaan kalimat langsung

37. Bacalah kutipan teks berikut!
Komitmen sekolah untuk mencetak generasi antikorupsi perlu memperoleh dukungan dari berbagai pihak. Ini menjadi langkah untuk mencegah regenerasi koruptor. Banyak contoh tokoh muda sewaktu di kampus menjadi aktivis gerakan perlawanan, tetapi setelah duduk dikursi birokrasi tidak tahan godaan dan tertangkap KPK. Oleh karena itu, agen- agen antikorupsi perlu disebarluaskan di lingkungan para siswa ataupun alumnus. Pada tangan generasi muda yang sadar bahaya korupsi, kita yakin bangsa ini akan semakin bermartabat terbebas dari virus perilaku korup.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan paragraf tersebut....
A. Agen-agen antikorupsi perlu disebarluaskan dikawasan para siswa atau alumnus.
B. Generasi muda mendapatkan pelajaran mengenai antikorupsi dalam pendidikan formal.
C. Generasi muda sebagai antikorupsi bertujuan untuk mencegah regenerasi koruptor.
D. Banyak koruptor dibirokrasi yang pada masa mudanya menjadi aktivis perlawanan terhadap korupsi.
E. Jika generasi muda sadarakan bahaya korupsi, bangsa Indonesia akan terbebas dari virus perilaku korup.

38. Pada teks editorial memungkinkan penulis untuk memasukkan pendapat/kutipan dari penulis lain dengan topik terkait sebagai gagasan pendukung opini penulis. Bagian struktur teks editorial manakah pendapat/ kutipan ini dituliskan....
A. isu 
B. tesis
C. isi
D. argumen
E. penegasan

39. Bacalah kutipan teks berikut!
Oleh karena itu, sudah semestinya langkah rehabilitasi menjadi penindakan utama bagi penyalah guna narkoba.Terhadap para pembuat atau pun bandar narkoba, mutlak hukuman pidana maksimal. Itu berarti pula tugas para hakim untuk tidak ragu menjatuhkan hukuman tersebut.
Dilihat dari karakteristiknya, kutipan teks editorial tersebut termasuk ke dalam....
A. Penegasan ulang
B. Pernyataan umum
C. Argumentasi berupa fakta
D. Pemunculan isu terhangat
E. Argumentasi berupa data dan pernyataan asli

40. Berikut ini syarat rekomendasi yang baik adalah....
A. praktis
B. dapat dipraktikkan
C. menjadi solusi bagi penerima saran
D. dapat memeccahkan masalah
E. melerai pertikaian

41. Penggunaan konjungsi yang berfungsi untuk menyimpulkan pada teks editorial tersebut adalah....
A. pula
B. para
C. bagi
D. ataupun
E. oleh karena itu

42. Tulisan yang berupa tanggapan media terhadap suatu peristiwa disebut ....
A. rubrik
B. tajuk rencana
C. kolom
D. esai
E. jurnal

43. Sebuah tajuk rencana dapat berupa penguraian opini dan fakta yang disusun secara berikut, kecuali ....
A. logis
B. menarik
C. sistematis
D. komersial
E. ringkas

44. Bacalah kutipan teks berikut!
Sudah hampir sebelas bulan masalah lumpur panas terjadi di Porong, Sidoarjo yang persoalannya memang tidak sederhana. Persoalannya bahkan sangat berat, karena terkait dengan fenomena alam yang tidak mudah untuk bisa diterjemahkan oleh logika bahasa.
Penggalan teks editorial di atas berisi ....
A. latar belakang
B. pesan
C. fakta
D. opini
E. saran

45. Bacalah kutipan teks berikut!
Fakta ini menunjukkan bahwa Presiden tentu tak cukup hanya merasa heran dan prihatin. Bila memang korupsi tidak cukup dilawan dengan penindakan, sekeras apa pun itu, tentu saja sisi pencegahan harus makin diperkuat. Dalam kondisi seperti ini kita sepakat butuh reformasi besar pencegahan korupsi demi membunuh habitat korupsi. Oleh karena itu, tampaknya kita perlu mengingatkan lagi kepada Presiden yang pada Oktober lalu menjanjikan bakal merilis peraturan presiden (perpres) tentang pencegahan korupsi. Perpres itu sangat dibutuhkan saat ini karena, seperti janji Presiden saat itu, regulasi baru tersebut akan membangun sebuah sistem kerja dan iklim birokrasi yang transparan.
Kutipan di atas mengangkat isu tentang....
A. pencegahan korupsi
B. peraturan presiden
C. penindakan korupsi
D. korupsi Indonesia
E. pejabat pemerintah yang korupsi

46. Bacalah kutipan teks berikut!
Kelulusan Ujian Nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke, Sabtu (26/5). Menyimak pernyataan di atas menguatkan apa yang selama ini diwacanakan, khususnya saat UN tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf pendidikan di tanah air. Di wilayah barat, pendidikan relatif maju.
Fakta dalam penggalan paragraf di atas adalah ....
A. Hal itu tidak usah dibanggakan
B. Hanya saja, hal itu dinilai patokan kualitas kelulusan.
C. Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%
D. Menyimak pernyataan di atas menguatkan apa yang selama ini diwacanakan, khususnya saat UN tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf pendidikan di tanah air.
E. Di wilayah barat, pendidikan relatif maju

47. Bacalah kutipan teks berikut!
Fakta ini menunjukkan bahwa Presiden tentu tak cukup hanya merasa heran dan prihatin. Bila memang korupsi tidak cukup dilawan dengan penindakan, sekeras apa pun itu, tentu saja sisi pencegahan harus makin diperkuat. Dalam kondisi seperti ini kita sepakat butuh reformasi besar pencegahan korupsi demi membunuh habitat korupsi. Oleh karena itu, tampaknya kita perlu mengingatkan lagi kepada Presiden yang pada Oktober lalu menjanjikan bakal merilis peraturan presiden (perpres) tentang pencegahan korupsi. Perpres itu sangat dibutuhkan saat ini karena, seperti janji Presiden saat itu, regulasi baru tersebut akan membangun sebuah sistem kerja dan iklim birokrasi yang transparan.
Teks editorial tersebut ditujukan pada ....
A. KPK
B. Polisi
C. Presiden
D. Pejabat pemerintah
E. masyarakat Indonesia

48. Dua solusi yang ditawarkan dalam editorial ini adalah pemanfaatan kemajuan teknologi melalui program palapa ring dan belajar dengan pengalaman yang ada.Sinonim dari kata yang bercetak miring adalah ....
A. Akibat
B. Masalah
C. Jalan keluar
D. Pencapaian
E. Kesimpulan

49. Contoh peristiwa yang layak menjadi sorotan dalam editorial adalah....
A. Beberapa siswa belajar bersama untuk menghadapi UN.
B. Pelaksanaan kebijaksaan full day school dibeberapa sekolah.
C. Guru yang memanfaatkan alam untuk pembelajaran yang menyenangkan.
D. Para pemudik dengan kendaraan bermotor mendapat pelayanan kesehatan gratis.
E. Perlunya menjaga, kebersihan sekolah untuk mencegah penyakit yang semakin ganas.

50. Bacalah kutipan teks berikut!
Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke, Sabtu (26/5).
Kalimat langsung dari kalimat diatas ....
A. “Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke
B. “Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke
C. “Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan.” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke
D. menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke “Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan.”
E. Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke “Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan,”

51. Bacalah kutipan teks berikut!
Musim kemarau melanda di beberapa wilayah di Indonesia, utamanya di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara. Akibat dari kondisi tersebut, masyarakat di wilayah tersebut mengalami krisis air bersih. Selain itu, para petani tidak bisa bercocok tanam dan mengairi sawah sehingga mereka gagal panen. Jika masalah tersebut tidak segera di atasi, dikhawatirkan kemiskinan dan kelaparan akan melanda di sejumlah daerah. Berdasarkan data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB), terdapat sekira 105 kabupaten/kota, 715 kecamatan, serta 2726 kelurahan/desa di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara mengalami kekeringan akibat musim kemarau 2018.
Simpulan editorial tersebut adalah....
A. Badan Nasional Penangulangan Bencana(BNPB) mendata jumlah wilayah di Indonesia yang mengalami kekeringan dan krisis air.
B. Musim kemarau 2018 membuat beberapa wilayah di Indonesia mengalami krisis air bersih dan gagal panen.
C. Para petani di Indonesia terpaksa gagal panen karena tidak ada sumber air melimpah untuk mengairi sawah – sawah mereka.
D. Tingkat kemiskinan di Indonesia akan semakin bertambah karena masalah krisis air yang sedang melanda saat ini.
E. Pulau Jawa dan Nusa Tenggara Barat membutuhkan bantuan air bersih untuk kelangsungan kehidupan masyarakatnya.

52. Bacalah paragraf berikut!
(1) Mari kita jadikan pasca-UN sebagai momentum berbenah. (2) Sebagai bangsa pembelajar, (3) jangan lagi kita mendengar kabar serupa tahun depan, (4) karena hakikat pembelajaran adalah dicapainya perbaikan, (5) bukan pencapaian yang sama dengan kemarin, apalagi lebih buruk.
Kalimat ajakan yang terdapat dalam paragraf diatas ....
A. 4
B. 3
C. 1
D. 2
D. 5

53. Bacalah kutipan teks berikut!
Bentuk narkoba baru bukan hanya soal kelihatan para gembong narkoba memasarkan barang terkutuk mereka, melainkan juga soal kecanduan parah yang menimpa mereka. Kecanduan inilah yang membuat industri narkoba selalu punya kedok dan modus baru. Hal itu pula yang dikatakan mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Anang Iskandar. Menurutnya besar dan kuatnya pasar narkoba di tanah air juga diakibatkan penanganan yang tidak tepat terhadap para penyalah guna narkoba. Selama ini pidana memang masih menjadi langkah penindakan ketimbang rehabilitasi. Namun, akibatnya para penyalah guna tidak tersembuhkan dan tetap menjadi pecandu setelah keluar dari tahanan.
Opini redaksi yang terdapat dalam kutipan teks editorial tersebut adalah....
A. Narkoba jenis baru merupakan bentuk kelihaian gembong narkoba.
B. Penanganan yang tidak tepat bagi penyalah guna narkoba.
C. Gembong narkoba yang selalu mencari celah untuk memasarkan narkoba.
D. Pengguna narkoba yang kembali mengonsumsi narkoba setelah direhabilitasi.
E. Kecanduan parah para pengguna narkoba membuat industri narkoba tetap tumbuh.

54. Bacalah teks editorial berikut!
Meski lulus dengan persentase tinggi, dari kawasan Indonesia timur masih timbul kerisauan tentang bagaimana bersaing dengan lulusan asal Jawa. Ini kerisauan yang harus kita pikirkan upaya mengatasinya. Sejumlah putra Indonesia timur, seperti dari Papua atau NTT, berhasil menunjukkan intelegensia tinggi, seperti unggul dalam olimpiade fisika. Tugas kita berikutnya, bagaimana kita menjadikan itu sebagai pola, bukan kasus.
Kesimpulan yang tepat untuk teks editorial tersebut ....
A. Lulusan Indonesia timur sangat berprestasi
B. Upaya menyamakan persaingan lulusan Indonesia timur dengan Jawa
C. Banyak ajang yang berhasil dijuarai putra putri Jawa
D. Upaya pemerintah menjadikan lulusan asal Jawa lebih maju daripada Indonesia timur
E. Menjadikan pola,bukan khusus

55. Bacalah kutipan teks berikut!
Viralnya video kekerasan antara murid dan guru memberi bukti baru betapa kekerasan menjadi akrab dilakukan di sekolah. Dalam banyak kasus , pelaku tidak hanya murid , tetapi juga guru atau mereka yang menjadi representasi lembaga pendidikan atas alasan yang kadang sepele. Respons mayoritas masyarakat terutama orang tua atau wali murid melihat kasus tersebut ialah mengutuk perilaku itu. Selain itu, mereka membandingkan dengan relasi murid /guru/ sekolah di masa sebelumnya yang dianggap lebih baik. Masa yang jarang ditemukan peristiwa murid menentang gurunya semasif saat ini.Respon lain menyalahkan perkembangan teknologi yang dipandang menjadi penyebab anak kehilangan adab dan akhlak baik.
Teks editorial tersebut membahas masalah....
A. Kekhawatiran orang tua terhadap kasus kekerasan yang menimpa anaknya di sekolah
B. Cara menghindari kekerasan yang terjadi antara guru dan murid di lingkungan sekolah
C. Alasan yang menyebabkan kasus kekerasan di lingkungan sekolah dan solusinya
D. Dampak perkembangan teknologi terhadapperilaku guru dan murid dilingkungan sekolah.
E. Kekerasan yang terjadi antara murid dan guru serta respon orang tua terhadap peristiwa tersebut

56. Bacalah teks editorial berikut!
Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke, Sabtu (26/5). Menyimak pernyataan di atas menguatkan apa yang selama ini diwacanakan, khususnya saat UN tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf pendidikan di Tanah Air. Di wilayah barat, pendidikan relatif maju. Lulusan UN bisa langsung bersaing secara setara di kancah perguruan tinggi terkenal. Sebaliknya, siswa dari Merauke, jika ingin masuk PTN terkenal, harus matrikulasi satu tahun kalau mau setaraf dengan lulusan setingkat dari Jawa.
Berdasarkan paragraf diatas tema yang tepat adalah ....
A. Budaya
B. Pendidikan
C. Sosial
D. Lingkungan
E. Ekonomi

57. Bacalah kutipan teks berikut!
Rencana pengoperasian MRT pada Maret 2019 menjadi kabar gembira bagi warga Jakarta dan sekitarnya.Mereka akan menikmati fasilitas angkutan umum massal, mass rapid transit (MRT) layaknya kota - kota besar di berbagai belahan dunia. MRT ibarat impian lama warga ibukota yang segera terwujud. Proyek itu sudah sejak lama dikaji pembangunannya, tepatnya sejak1985. Sedikitnya tercatat 25 kali studi subjek umum dan khusus dilakukan terkait dengan kemungkinan sistem MRT diberlakukan di Jakarta. Pada 2005, proyek MRT Jakarta masuk proyek nasional. Saat itu, pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai bergerak dan saling bertanggungjawab untuk merealisasikan proyek itu. Moda trnsportasi baru itu diharapkan mampu mengurangi kemacetan Jakarta.
Ide pokok teks editorial tersebut adalah ....
A. Studi subjek umum dan khusus dilakukan terkait dengan kemungkinan system MRT.
B. Moda transportasi massal mampu meningkatkan mobilitas penduduk di sekitarnya
C. Pengoperasian MRT tahun 2019 di Jakarta merupakan rencana jangka panjang.
D. Pengoperasian MRT pada tahun 2019 diharapakan dapat mengurangi kemacetan Jakarta.
E. Pengoperasian MRT dinilai menjadi solusi paling ideal menghemat belanja energi fosil.

58. Bacalah paragraf berikut!
Rokok memang komoditas yang sensitif. Meski terdesak berbagai regulasi pembatasan konsumsi, distribusi, dan promosi serta gelombang gugatan hukum (di Negara maju), barang barang berbahan tembakau itu dibuang sayang. Alasan klasiknya tetap kenyataan bahwa rokok menghidupi mata rantai ekonomi yang panjang. Jutaan orang mendapat rezeki dari kepulan asapnya. APBN 2021 mematok pendapatan cukai Rp 157,16 triliun, yang Rp 149,88 Triliun atau 95% dari produk tembakau. Keluhan bahwa jutaan orang mati menderita karenanya masih kalah dengan argumen benefit ekonomi tersebut.
Yang merupakan gagasan utama dari paragraf diatas adalah ....
A. Kenyataan bahwa barang berbahan rokok menghidupi mata rantai ekonomi panjang
B. Rokok komoditas yang sensitif
C. Di Negara maju barang berbahan tembakau merupakan barang yang langka
D. Hamper 95% APBN berasal dari cukai produk tembakau
E. Keluhan bahwa jutaan orang mati masih kalah dengan argumen benefit ekonomi tembakau

59. Bacalah kutipan teks berikut!
Daya saing koperasi menjadi salah satu isu penting jika dikaitkan dengan pemberlakuan MEA dan persaingan ekonomi pada era sekarang. Koperasi harus mampu menyamakan kedudukannnya dengan berbagai bisnis baik offline atau online. Artinya, semua kemampuan daya saing koperasi harus ditingkatkan agar bisa bersaing dengan bisnis lain. Salah satu fakta yang mendukung pentingnya daya saing koperasi adalah jumlah keanggotaan yang cenderung semakin meningkat. Fakta ini menunjukkan bahwa koperasi masih bisa dipercaya sebagai bagian dari basis keuangan masyarakat. Oleh karena itu, seharusnya pemerintah memberikan peluang seluas-luasnya bagi pertumbuhan koperasi melalui berbagai unit usaha dan pengembangannya di daerah.
Simpulan teks editorial tersebut adalah ....
A. Masyarakat kota dan desa masih memerlukan kehadiran koperasi sebagai penyedia kebutuhan sehari-hari mereka.
B. Koperasi mampu bersaing dengan berbagai bisnis baik online maupun offline yang sedang digemari masyarakat saat ini.
C. Perkembangan dan daya saing koperasi tergantung pada keadaan organisasinya dan tidak dapat lepas dari lingkungannya.
D. Keberadaan koperasi menjadi suatu fenomena tersendiri karena belum ada lembaga sejenis yang mampu menyamainya.
E. Pemerintah memberikan kesempatan kepada koperasi agar mampu bersaing dengan bisnis lain yang sedang berkembang di masyarakat.

60. Bacalah kutipan teks berikut!
Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah pada Senin, 17 November 2021. Kenaikan BBM ini memicu reaksi dari banyak pihak. Kenaikan BBM ini otomatis memengaruhi seluruh harga yang ada di masyarakat, mulai dari harga sembako hingga tarif angkutan umum. Bukan hanya para ibu rumah tangga yang merasakan dampak kenaikan BBM tersebut, pedagang hingga para pelajar pun merasakan efek dari kenaikannya. Ibu rumah tangga kini harus pandai-pandai mengatur keuangan keluarga agar tetap cukup hingga akhir bulan dengan kondisi harga yang semakin mencekik. Para pelajar pun, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun yang menggunakan angkutan umum untuk ke sekolah, harus mulai mengirit uang jajan mereka. Kenaikan BBM memang telah tersebar luas. Hal tersebut membuat masyarakat menjadi resah dan mengambil tindakan dengan cara menaikkan harga sembako. Saat BBM naik, aksi protes dari mahasiswa pun tak dapat ditahan lagi.
Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut kepada ....
A. pelajar
B. pemerintah
C. ibu rumah tangga
D. masyarakat
E. pedagang



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 60+ Contoh Soal Teks Editorial Dilengkapi Kunci Jawaban | Bahasa Indonesia Kelas XII

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /