Contoh Soal Essay Terbaru Teks Cerpen - Bahasa Indonesia Kelas IX Revisi K13

ilmubindo.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay terbaru materi teks cerpen dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi K13. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay terbaru materi teks cerpen dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Contoh Soal Essay Terbaru Teks Cerpen - Bahasa Indonesia Kelas IX Revisi K13

Gambar: pixabay.com

1. Tuliskan pengertian teks cerpen!
Jawaban:
Cerpen merupakan karya sastra berbentuk fiksi. Cerpen adalah sebuh cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk,kira-kira berkisar antara setengah sampai dua jam. Cerpen adalah jenis karya sastra yang berbentuk prosa naratif fiktif atau fiksi dimana isinya menceritakan atau menggambarkan kisah suatu tokoh beserta segala konflik dan penyelesaiannya, yang ditulis secara ringkas dan padat. Cerpen juga termasuk teks Tersirat.

2. Tuliskan pengertian tema, alur, dan penokohan cerita dalam teks cerpen!
Jawaban:
Tema adalah makna yang dikandung oleh sebuah cerita. Tema merupakan gagasan dasar umum,dasar cerita sebuah karya yang digunakan untuk mengembangkan cerita.
Alur adalah peristiwa jalin menjalin berdasarkan urutan atau hubungan tertentu, yang berdasarkan urutan waktu, urutan kejadian, atau hubungan sebab akibat.Penokohan adalah pelukisan gambaran jenis tentang seseorang yang di tampilkan dalam sebuah cerita.

3. Tuliskan pengertian dan jenis latar dalam teks cerpen!
Jawaban:
Latar adalah landas tumpu, menyaran pada pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.
a. Latar tempat
Latar tempat menyarankan pada lokasi terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi.
b. Latar waktu
Latar waktu berhubungan dengan masalah kapan terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi.
c. Latar sosial
Latar sosial menyaran pada unsur-unsur yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan

4. Tuliskan pengertian sudut pandang dalam teks cerpen!
Jawaban:
Sudut pandang adalah cara pandang yang digunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tindakan, latar, dan berbagai peristiwa.

5. Tuliskan langkah-langkah menyimpulkan teks cerpen!
Jawaban:
1) Membaca paragraf dengan seksama
2) Menentukan kalimat utama/pokok dalam setiap paragraf
3) Membuat kesimpulan yang berisi hal hal penting

6. Tuliskan 4 struktur teks cerpen dan jelaskan!
Jawaban:
1) Abstrak
Abstrak adalah ringkasan atau inti dari cerpen dan merupakan gambaran awal suatu cerita.
2) Orientasi adalah hal hal yang berhubungan dengan waktu, suasana, dan tempat yang ada didalam cerita pendek
3) Komplikasi adalah urutan berbagai kejadian yang dihubungkan berdasarkan sebab akibat.
4) Evaluasi adalah struktur konflik yang terjadi dan mengarah pada klimaks, serta mulai menemukan solusi atau penyelesaian atas konflik tersebut.

7. Tuliskan pengertian kalimat deskriptif!
Jawaban:
Penggunaan kalimat deskriptif berfungsi melukiskan atau menggambarkan keadaan dan peristiwa dalam cerpen. Penggunaan kalimat deskriptif ini membuat pembaca lebih memahami alur cerita. Selain itu,kalimat deskriptif bertujuan membuat pembaca memahami peristiwa yang terjadi dalam cerpen.

8. Tuliskan contoh paragraf penggambaran latar pada kalimat deskriptif!
Jawaban:
Listrik sudah empat tahun masuk kampungku dan sudah banyak yang dilakukannya. Kampung seperti mendapat injeksi tenaga baru yang membuatnya menggeliat penuh gairah. Listrik memberi kampungku cahaya,musik,es sampai api dan angin. Di kampungku, listrik juga membunuh bulan dan langit. Bulan tidak lagi menarik hati anak-anak. Bulan tidak mampu membuat bayang-bayang pepohonan. Tapi kampung tidak merasa kehilangan bulan. Juga tidak merasa kehilangan tiga laki-laki yang tersengat listrik hingga mati.

9. Tuliskan contoh paragraf penggambaran tokoh dalam kalimat deskriptif!
Jawaban:
Aku mempunyai seorang ayah yang baik. Dia juga merupakan ayah yang bertanggungjawab kepada keluarga kami. Ayahku mempuyai badan tinggi besar. Ayahku juga mempunyai wajah yang oval dan ganteng. Selain itu ayahku juga jago memasak dibandingkan dengan ibu. Aku bangga memiliki ayah seperti dia.

10. Tuliskan pengertian kata/kalimat ekspresif!
Jawaban:
Kata/kalimat ekspresif yang dimaksud adalah penggunaan kata/kalimat yang mampu mengespresikan perasaan pengarang melalui tuturan tokoh.

11. Tuliskan pengertian dan jenis-jenis majas!
Jawaban:
Majas atau ragam gaya bahasa merupakan ciri khas cara pengarang mengekspresikan jiwa perasaan dan pikiran nya dalam media bahasa. Majas dapat dibedakan menjadi majas perbandingan, penegasan, sindiran, dan pertentangan.

12. Tuliskan 8 langkah-langkah dalam menulis teks cerpen!
Jawaban:
1) Mencari gagasan
2) Percaya dengan gaya bahasa sendiri
3) Mengawali cerita
4) Memadukan peristiwa peristiwa kunci
5) Menentukan ending
6) Mengendapkan cerpen
7) Menyunting cerpen yang di endapkan
8) Jangan pernah berhenti menulis

13. Apakah yang di maksud dengan in medias res?
Jawaban:
Istilah in medías tes pertama kali dicetuskan oleh Horace dalam karyanya yang berjudul Ars poética. Istilah bahasa latin ini secara harfiah bermakna 'ke bagian tengah dari suatu'. Dalam sastra, in medias res adalah teknik memulai cerita dari bagian tengah, bukan awal. Dengan begitu, alur flashback wajib digunakan untuk menjelaskan latar, tokoh, dan konflik.

14. Tuliskan 5 cara untuk membangun karakter tokoh dalam teks cerpen!
Jawaban:
1) Melalui ucapan-ucapan tokoh
2) Melalui pemberian nama
3) Melalui deskripsi yang di sampaikan oleh penulis
4) Melalui pendapat tokoh-tokoh lain dalam karya
5) Melalui sikap atau reaksi si tokoh terhadap kejadian tertentu.

15. Tuliskan pengertian menelaah dan merevisi!
Jawaban:
Menelaah artinya kita membaca dan mengkaji dengan seksama. Merevisi artinya kita memperbaiki bagian bagian yang salah berdasarkan telaah sebelumnya.

16. Tuliskan 5 hal penting yang harus diperhatikan dalam menelaah dan merevisi teks cerpen!
Jawaban:
1) Logika cerita
2) Konflik cerita
3) Struktur kalimat
4) Ketepatan ejaan
5) Penggunaan majas