Kumpulan 18+ Contoh Soal Essay Teks Pidato Persuasif : Bahasa Indonesia Kelas IX

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal Essay materi teks pidato persuasif dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal teks pidato persuasif.

Kumpulan 18+ Contoh Soal Essay Teks Pidato Persuasif : Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: pixabay.com

1. Apakah yang dimaksud dengan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Pidato persuasif merupakan pidato yang berusaha untuk membujuk secara halus atau mengajak pendengar dengan menyampaikan pendapat, gagasan, dan alasan yang jelas, masuk akal , dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

2. Sebutkan tujuan dari pidato persuasif!
Jawaban:
1) Pidato disampaikan untuk memberikan pemahaman atau informasi penting yang harus diketahui oleh khalayak.
2) Pidato disampaikan untuk meyakinkan pendengar dengan cara bahasa yang argumentatif.
3) Pidato disampaikan agar orang lain merasa senang dengan bahasan yang menghibur atau rekreatif.
4) Pidato bisa memberikan pengaruh pada orang lain agar bersedia untuk mengikuti kemauan yang diinginkan oleh orator secara sukarela (persuasif).

3. Tuliskan 4 langkah-langkah menyimpulkan teks pidato persuasif.
Jawaban:
1) Mendengarkan (menyimak) isi pidato persuasif
2) Menentukan topik pidato persuasif
3) Mencatat butir-butir penting dalam pidato persuasif
4) Menyimpulkan gagasan, pandangan atau pesan dalam pidato persuasif.

5. Sebutkan jenis-jenis teks pidato persuasif!
Jawaban:
1) Pidato pembukaan, merupakan pidato singkat yang dibawakan oleh pembawa acara atau MC.
2) Pidato pengarahan, merupakan pidato untuk memberi pengarahan pada suatu pertemuan. Biasanya pidato ini dilakukan oleh ketua RT, ketua RW, atau ketua panitia dalam acara rapat warga atau rapat panitia suatu kegiatan.
3) Pidato sambutan, merupakan pidato yang disampaikan oleh seorang ketua, baik ketua panitia ataupun pemimpin suatu masyarakat seperti ketua RT, RW, dan lain-lain. Kepada hadirin atau masyarakat pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4) Pidato peresmian, merupakan pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu. Biasanya ini dilakukan oleh pejabat pemerintah atau tokoh masyarakat dalam peresmian bangunan, gedung, dan lain-lain.
5) Pidato laporan, merupakan pidato yang isinya menyampaikan laporan atas suatu tugas atau kegiatan.
6) Pidato pertanggungjawaban adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban seorang ketua atay pejabat kepada warga masyarakat atau orang yang telah memberikan amanat dalam melaksanakan suatu kegiatan.[7]

6. Tuliskan 3 struktur teks pidato persuasif dan jelaskan.
Jawaban:

A. Pembukaan

Pembukaan teks pidato persuasif terdiri atas 3 bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur.
1) Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir. Kamu bisa menggunakan salam pembuka, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi (waktu) dan latar belakang pendengar.
2) Ucapan (sapaan) penghormatan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator kepada pendengar. Dari sisi etika, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia yang lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan lebih dahulu.
3) Ucapan rasa syukur merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

B. Isi Pidato

Isi merupakan bagian inti pidato. Pendapat, gagasan, alasan, berbagai data pendukung, dan pesan berupa imbauan atau ajakan disampaikan orator pada bagian ini. Orator menjelaskan secara terperinci tentang hal-hal yang terkait dengan pendapat, gagasan, atau pesan yang ingin disampaikan.

C. Penutup Pidato

Penutup Pidato merupakan bagian akhir sebuah pidato. Dalam pidato persuasif, bagian penutup berisi hal-hal berikut ini.
1) Harapan agar gagasan dan pesan yang disampaikan bermanfaat bagi pendengar.
2) Permohonan maaf kepada pendengar jika ada kesalahan dan kukhilafan.
3) Ucapan terima kasih kepada pendengar.
4) Salam penutup.

7. Apakah yang dimaksud dengan membaca naskah dalam teks pidato persuasif!
Jawaban:
Metode ini merupakan metode di mana orang yang menyampaikan pidato membaca naskah pidato yang sudah disiapkan sebelumnya. Naskah tersebut disusun, kemudian dibaca lengkap dari awal sampai akhir pidato. Metode pidato ini biasa digunakan dalam menyampaikan pidato formal dan resmi, seperti pidato kenegaraan, sambutan pemerintah, atau laporan dari lembaga resmi.

8. Tuliskan 6 ciri kebahasaan teks pidato persuasif dan jelaskan.
Jawaban:
1) Menggunakan kalimat aktif
Teks pidato mengunakan kalimat aktif yaitu kalimat yang subjeknya aktif melakukan kegiatan atau aktivitas.
2) Menggunakan kata tugas
Teks pidato menggunakan kata tugas yaitu sejenis kategori kata dalam tata bahasa Indonesia yang terdiri atas kata depan,kata sambung ,kata sandang,atau kata seru.
3)Kosa kata emotif
Kosakata yang berhubungan dengan emosi (perasaan) yang bisa membuat pendengar tersentuh emosinya ketika menyimak atau membaca.   
4) Menggunakan kosa kata bidang ilmu(istilah)
Teks pidato persuasif menggunakan kosa kata bidang ilmu (istilah)yaitu kosa kata yang lazim di gunakan dalam bidang keilmuan.
5)Menggunakan sinonim
Sinonim adalah satu kata dengan bentuk yang berbeda namun mempunyai arti yang mirip atau sama.
6) Mengunakan kata benda abstrak
Teks pidato persuasif abstrak yaitu kata yang sifatnya abstrak (tanpa wujud)karena tak bisa di tangkap panca indra.

9. Sebutkan pengertian metode memoriter dalam teks pidato persuasif!
Jawaban:
Metode ini tidak perlu membawa naskah atau teks lainnya karena penyampai pidato menghapal seluruh isi pidato. Naskah pidato juga dipersiapkan sebelumnya, tetapi tidak dibawa saat berhadapan dengan publik. Pidato dengan metode ini biasa digunakan di kalangan pelajar atau orator publik pemula. Di kalangan pelajar, pidato metode menghapal ditujukan untuk proses pembelajaran. Metode menghapal juga diterapkan dalam berbagai lomba pidato. Keunggulannya adalah lancar kalau benar-benar hafal, tidak ada yang salah kalau benar-benar hafal, dan mata pembicara dapat memandang pendengar. Kelemahannya adalah pembicara cenderung berbicara cepat tanpa penghayatan, tidak dapat menyesuaikan dengan situasi dan reaksi pendengar, dan kalau lupa pidatonya gagal total.

10. Tuliskan 1 contoh penggunaan kata tugas dalam sebuah kalimat!
Jawaban:
Marilah kita jaga dan rawat bersama agar nilai kesetiakawanan sosial itu bisa terus tumbuh dan berkembang di tengah tantangan perubahan zaman yang tidak mungkin kita hindari.
Keterangan:
a. Kata tugas preposisi: di
b. Kata tugas konjungsi: dan, agar, dan itu
c. Kata tugas/kata sandang: yang

11. Jelaskan pengertian metode impromtu dalam teks pidato persusif!
Jawaban:
Impromptu adalah metode penyampaian pidato tanpa persiapan naskah, catatan kecil, atau menghapal sebelumnya. Penyampaiannya bersifat dadakan. Penyampai pidato langsung berbicara sesuai apa yang ia tahu dan terlintas di benaknya. Metode ini hanya bisa disampaikan oleh orang yang memiliki jam terbang tinggi sebagai orator. Ia terbiasa dan profesional dalam menyampaikan pikiran di hadapan publik. Keunggulannya adalah sajian materi pidato terasa lebih segar dan menarik. Kelemahannya adalah pidato tidak lancar dan kacau bagi pembicara pemula dan kemungkinan gagal menyampaikan isi pidato dengan baik cukup besar. 

12. Tuliskan 5 langkah-langkah dalam menyusun teks pidato persuasif!
Jawaban: 

1) Memilih dan menentukan topik yang akan di tulis, usahakan kamu memilih dan menentukan topik yang benar-benar kamu kuasai agar kamu tidak kehabisan bahan utama mengembangkannya menjadi sebuah  teks yang utuh 

2) Menentukan tujuan pidato persuasif, pidato persuasif memiliki tujuan menyampaikan pendapat, pandangan, gagasan, atau pesan dengan alasan yang kuat dan meyakinkan sehingga mampu memengaruhi, membujuk , atau mengajak pendengar sesuai dengan topik  dan isi pidato. Dengan tujuan yang jelas

3) Mengumpulkan data  untuk mendukung argumen (alasan). Data, baik berupa fakta, contoh , bukti , maupun pendapat pakar perlu di kumpulkan sebanyak- banyak nya agar teks pidato persuasif benar - benar dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya sehingga mampu memengaruhi, membujuk, atau mengajak pendengar dengan topik pidato 

4) Menyusun kerangka pidato, setelah topik, tujuan, dan data, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menyusun kerangka pidato. Kerangka tulisan dimaksudkan sebagai acuan
Pengembangan ide sehingga tidak menyimpang dari kerangka yang telah di susun. Selain itu, hal tersebut juga di maksud kan agar teks pidato persuasif dapat tersusun secara runtut dan sistematis.

5) Pembahasan dengan mengembangkan kerangka pidato, berdasarkan kerangka pidato yang telah di susun, kamu dapat mulai melangkah untuk mengembangkan nya menjadi teks pidato persuasif yang utuh dan lengkap.

13. Tuliskan bagian-bagian pembukaan dalam teks pidato persuasif dan jelaskan ketiga bagian tersebut!
Jawaban:
1) Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir. Kamu bisa menggunakan salam pembuka, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi (waktu) dan latar belakang pendengar.
2) Ucapan (sapaan) penghormatan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator kepada pendengar. Dari sisi etika, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia yang lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan lebih dahulu.
3) Ucapan rasa syukur merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

14. Tuliskan dan jelaskan langkah pertama dalam menyimpulkan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan, yaitu mendengarkan (menyimak) isi pidato dengan saksama. Agar mampu menyimak isi pidato dengan baik, kamu perlu membiasakan diri untuk memusatkan perhatian pada isi yang sedang disimak. Jangan sampai kehilangan konsentrasi dan kehilangan fokus (pusat perhatian) yang dapat membuat pikiranmu terganggu. Jika mendengarkan pidato secara langsung, jangan lupa untuk memperhatikan gerak-gerik, roman, dan bahasa tubuh sang orator. Hal ini dimaksudkan agar kita benar-benar dapat menangkap dan memahami setiap kata yang disampaikan oleh orator.

15. Tuliskan dan jelaskan langkah kedua dalam menyimpulkan teks pidato persuasif.
Jawaban:
Langkah kedua yaitu menentukan topik pidato persuasif. Meskipun topik pidato tidak disampaikan secara langsung oleh orator, kamu tetap dapat menentukan garis besarnya. Pidato biasanya berkaitan dengan hal-hal yang menarik dan menyangkut kepentingan orang banyak sehingga mampu memberikan inspirasi dan pengetahuan baru bagi pendengar. Dengan mengetahui topik pidato, kamu akan lebih mudah untuk menangkap hal-hal yang dibahas orator.

16. Tuliskan dan jelaskan langkah ketiga dalam menyimpulkan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Langkah ketiga yaitu mencatat butir-butir penting dalam pidato persuasif. Seperti yang sudah diketahui bahwa pada saat menyimak pidato, kamu tidak boleh kehilangan fokus (pusat perhatian) dan harus benar-benar konsentrasi agar mampu menangkap maksud yang disampaikan orator. Ketika menyimak, catatlah butir-butir penting yang disampaikan orator. Catatanmu akan sangat bermanfaat ketika hendak menyimpulkan kan isi pidato.

17. Tuliskan dan jelaskan langkah keempat dalam menyimpulkan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Langkah keempat yaitu menyimpulkan gagasan, pandangan, atau pesan dalam pidato persuasif. Berdasarkan butir-butir penting yang telah dicatat, kamu bisa merumuskan simpulan gagasan, pandangan, atau pesan pidato yang disampaikan oleh orator. Hal-hal yang perlu diperhatikan kan dalam menyimpulkan gagasan, pandangan, atau pesan pidato adalah:
a. Memuat seluruh butir penting (pokok) dalam pidato,
b. Tidak menyimpang dari isi pidato,
c. Bukan merupakan ringkasan isi pidato, melainkan penafsiran pendengar terhadap hal yang disampaikan oleh orator.

18. Buatlah 1 contoh teks pidato persuasif bertema pendidikan!
Jawaban:

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal'afiyat.

Salawat serta salam semoga tetap tercurah limpah kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya serta para pengikutnya sampai akhir zaman.
Hadirin yang berbahagia,

Mencari ilmu kewajiban kita sebagai umat manusia. Dengan ilmu, kita dapat menjadi lebih pintar, dengan ilmu kita dapat mempunyai keahlian dan pengetahuan tentang segala jenis hal. Dengan ilmu, kita menjadi tahu lebih dan lebih tahu tentang cara mengatasi suatu persoalan.

Ilmu tidak hanya terbatas hal-hal yang diajarkan di bangku sekolah saja. Banyak ilmu-ilmu lain yang dapat kita pelajari untuk menunjang kehidupan kita, contohnya ilmu memasak, ilmu bertanam, dan lain sebagainya.

Mencari ilmu tidak hanya terbatas pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Ilmu bisa kita dapatkan dari media lain. Semisal buku, koran, internet atau majalah. Luangkanlah waktu kita untuk membaca-baca buku, mengulang kembali pelajaran ketika menunggu kendaraan umum atau ketika waktu istirahat.

Hal itu lebih baik daripada kita memboroskan waktu untuk membuka hal-hal yang bersifat tidak terlalu penting di HP atau smartphone kita.

Selain dari buku, ilmu bisa juga kita dapatkan dari sebuah diskusi bersama kerabat, teman atau orang tua. Dari obrolan dengan mereka, kita dapat mengambil suatu pelajaran yang luar biasa. Dari pengetahuan atau kisah-kisah mereka di masa lalu.
Hadirin yang saya homati,

Manfaatkanlah waktu kita dengan sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan waktumu. Ilmu itu luas, galilah sedalam-dalamnya.

Sekian pidato singkat dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Saya tutup dengan ucapan ..

Wassalamu 'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.