Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 12+ Contoh Soal Esai (Uraian) Teks Laporan Percobaan Dilengkapi Kunci Jawaban Terbaru


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal Esai (Uraian) materi teks laporan percobaan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal Esai (Uraian) materi teks laporan percobaan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 12+ Contoh Soal Esai (Uraian) Teks Laporan Percobaan Dilengkapi Kunci Jawaban Terbaru

Gambar: pixabay.com

1. Tuliskan pengertian teks laporan percobaan!

Jawaban:

Teks laporan percobaan atau eksperimen adalah teks yang berisi paparan data secara terperinci hasil praktik, pengamatan, dan penelitian yang ditulis berdasarkan percobaan data setelah pengamat selesai melakukan percobaan atau penelitian.

2. Tuliskan 3 bagian pendahuluan dalam teks laporan percobaan dan berikan contohnya!

Jawaban:

1) Latar Belakang

Untuk tetap bertahan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber energi. Makanan merupakan kebutuhan kita sehari-hari dan kebutuhan mutlak yang wajib dipenuhi bagi setiap makhluk hidup. Makanan yang kita konsumsi setiap hari merupakan zat gizi utama bagi tubuh. Zat gizi (nutrisi) adalah substansi-substansi di dalam makanan yang menyediakan energi dan material untuk perkembangan, pertumbuhan, dan perbaikan sel tubuh.

Makanan yang masuk ke tubuh kita akan diproses melalui sistem pencernaan yang dipecah menjadi molekul sederhana melalui dua cara, yaitu secara mekanis dan kimiawi. Cara mekanis melibatkan pergerakan otot, misalnya melalui mulut (gigi) dan gerak paristaltik. Cara kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan dan diproses di dalam mulut dan lambung.

Sebelum makanan dikonsumsi untuk selanjutnya dapat dicerna oleh tubuh, sebaiknya perlu diperhatikan zat gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, kebanyakan orang memang tidak terlalu memperhatikan hal tersebut sehingga saat manusia makan, mereka melupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa orang hanya mengonsumsi karbohidrat tanpa protein, glukosa, dan makanan lainnya yang menjadi sumber zat gizi (nutrisi). Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui pasti bahan makanan apa saja yang mengandung zat gizi (nutrisi) yang diperlukan oleh tubuh mereka.

Berkaitan dengan hal tersebut, perlu diadakan praktikum untuk mengetahui kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan.

2) Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam laporan ini adalah bagaimana menguji kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan?

3) Tujuan

Laporan ini bertujuan mengetahui kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan.

3. Tuliskan contoh paragraf bagian pembahasan pada teks laporan percobaan!

Jawaban: 

Hasil percobaan sebagaimana terlihat pada Tabel Hasil Uji Bahan Makanan menunjukkan bahwa nasi merupakan salah satu contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Hal itu terbukti setelah diberi tetesan lugol, ekstrak nasi berubah warna menjadi biru tua. Begitu juga pada kentang dan roti yang mengalami perubahan warna yang sama seperti nasi setelah diberi tetesan lugol.

Sementara itu, tahu dan telur yang diberi tetesan biuret mengalami perubahan warna menjadi ungu. Hal ini menunjukkan bahwa tahu dan telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein.
Lain halnya dengan avokad, minyak, dan mentega yang merupakan bahan makanan yang mengandung lemak. Hasil percobaan menunjukkan bahwa kertas buram yang diolesi bahan makanan akan tampak transparan. Pada percobaan yang dilakukan pada gula dan permen, ekstrak gula dan permen yang sudah diberi tetesan fehling A dan B atau benedict kemudian dipanaskan akan mengalami perubahan warna menjadi merah bata. Hal tersebut membuktikan bahwa gula dan permen merupakan glukosa.

4. Tuliskan contoh paragraf simpulan dalam teks laporan percobaan.

Jawaban:

Berdasarkan hasil percobaan, dapat dirumuskan simpulan sebagai berikut.
1) Nasi, roti, dan kentang mengandung karbohidrat karena hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak nasi, roti, dan kentang yang ditetesi lugol berubah warna menjadi biru tua.
2) Mentega, avokad, dan minyak mengandung lemak karena saat dioleskan ke kertas buram, kertas tersebut berubah menjadi transparan.
3) Permen dan gula mengandung glukosa karena pada saat pembakaran, ekstrak permen dan gula yang sudah ditambahkan benedict atau fehling A dan B berubah warna menjadi merah bata.
4) Putih telur dan tahu terbukti mengandung protein karena hasil uji laboratorium menunjukkan perubahan warna pada ekstrak putih telur dan tahu pada saat ditetesi biuret.

5. Tuliskan contoh penulisan daftar pustaka pada laporan percobaan!

Jawaban:

Atkins, P. W. 1991. Physical Chemistry. UK: Oxford University Press.
Bendict, S. R. 1909. A Reagent For the Detection Of Reducing Sugars. Berlin: J. Biol. Chem.
Chang, Raymond. 1998. Chemistry 6th ed. Boston: James M. Smith.
Clayden, J., et al. 2020. Organic Chemistry. UK: Oxford University Press.
Pauling, L. General Chemistry, Dover Publications.
Simoni, Robert D., Robert L. Hill, dan Martha Vaughan. 2020. Benedict's Solution, a Reagent for Measuring Reducing Sugars: the Clinical Chemistry of Stanley R. Benedict. Berlin: J. Biol. Chem.

6. Tuliskan langkah-langkah menyimpulkan teks laporan percobaan!

Jawaban:

1) Bacalah dengan saksama laporan percobaan tersebut.
2) Catat setiap informasi yang terdapat dalam laporan percobaan tersebut.
3) Berdasarkan informasi tersebut, simpulkan informasi dari laporan percobaan tersebut.
4) Pilihlah kosakata baku dan susun dengan gaya kalimat kalian sendiri.

7. Tuliskan 7 struktur teks laporan percobaan!

Jawaban:

1) Judul
2) Pendahuluan
a. Latar belakang
b. Rumusan masalah
c. Tujuan
3) Landasan Teori/Kajian Pustaka
4) Metode penelitian
a. Alat dan Bahan
b. Prosedur Kerja
5) Hasil dan Pembahasan
6) Simpulan
7) Daftar Pusaka

8. Tuliskan 4 ciri bahasa teks laporan percobaan.

Jawaban:

1) Banyak menggunakan kalimat kompleks, yaitu kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih.
2) Banyak menggunakan kata penghubung, yaitu kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat
3) Banyak menggunakan kata rujukan, yaitu kata yang merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya.
4) Banyak menggunakan istilah teknis, yaitu istilah keilmuan yang digunakan dalam bidang tertentu.

9. Tuliskan 3 contoh kalimat kompleks dalam ciri kebahasaan teks laporan percobaan!

Jawaban:

1) Makanan merupakan kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan mutlak yang wajib dipenuhi bagi setiap makhluk hidup.
2) Makanan yang kita konsumsi setiap hari merupakan zat gizi utama bagi tubuh.
3) Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diproses melalui sistem pencernaan yang dipecah menjadi molekul sederhana melalui dua cara, yaitu mekanis dan kimiawi.

10. Tuliskan 3 contoh penggunaan kata penghubung dalam teks laporan percobaan!

Jawaban:

1) Cara kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan dan diproses di dalam mulut dan lambung.
2) Sebelum makanan tersebut dikonsumsi untuk selanjutnya dapat dicerna oleh tubuh, sebaiknya perlu diperhatikan zat gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya.
3) Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui pasti bahan makanan apa saja yang mengandung zat gizi (nutrisi) yang diperlukan oleh tubuh mereka.

11. Tuliskan 3 contoh kalimat yang menggunakan istilah teknis dalam teks laporan percobaan!

Jawaban:

1) Makanan yang masuk ke tubuh kita akan diproses melalui sistem pencernaan yang dipecah menjadi molekul sederhana melalui dua cara yaitu secara mekanis dan kimiawi.
2) Cara kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan dan diproses di dalam mulut dan lambung.
3) Dalam kehidupan sehari-hari, misalnya beberapa orang hanya mengonsumsi karbohidrat dan protein, glukosa, dan makanan lainnya yang menjadi sumber zat gizi (nutrisi).

12. Tuliskan 3 langkah dalam menyusun teks laporan percobaan!

Jawaban:

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyusun teks laporan percobaan.
1) Kumpulkan data yang dicatat berdasarkan kegiatan percobaan.
2) Kembangkan data percobaan dengan menggunakan kaidah struktur teks dengan bahasa sesuai dengan karakteristik teks rekaman percobaan.
3) Gunakan kalimat kompleks, kata hubung, kata rujukan, dan berbagai istilah teknis untuk mengembangkan data menjadi sebuah teks rekaman percobaan yang utuh dan lengkap



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 12+ Contoh Soal Esai (Uraian) Teks Laporan Percobaan Dilengkapi Kunci Jawaban Terbaru

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /