Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 10+ Contoh Teks Tanggapan Terbaru - Bahasa Indonesia Kelas IX Revisi


Daftar Isi [Tampil]

ilmubindo.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh teks tanggapan terbaru bertema pendidikan dan kendaraan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh teks tanggapan terbaru bertema pendidikan dan kendaraan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia .

Kumpulan 10+ Contoh Teks Tanggapan Terbaru - Bahasa Indonesia Kelas IX Revisi

Gambar: freepik.com

Teks Tanggapan 1

Sepeda motor adalah kendaraan yang beroda dua,yang digerakkan oleh sebuah mesin. Sepeda motor sering atau banyak digunakan oleh orang untuk bepergian karena dapat mempersingkat waktu saat ingin bepergian kemana pun. Pada masa kini,kendaraan bermotor atau sepeda motor sudah banyak digunakan oleh anak - anak untuk bepergian ke sekolah dan banyak digunakan oleh anak anak yang di bawah umur dan bahkan belum memiliki SIM.

Membawa motor kesekolah dapat menimbulkan hal hal positif,dengan begitu di sisi ini saya tidak setuju. Contohnya,pada saat ini sedang marak maraknya terjadi kecelakaan dan mengakibatkan kematian dikarenakan siswa membawa kendaraan dengan tidak baik atau siswa yang belum tahu sepenuhnya seperti apa cara megendarai sepeda motor.

Tapi dengan begitu,mengendarai sepeda motor juga mempunyai dampak yang positif,dengan begitu di sisi ini saya setuju. Contohnya,dengan membawa sepeda motor kesekolah dapat mempersingkat waktu,walaupun dapat mempersingkat waktu tetapi siswa harus tetap berhati hati dalam mengendarai sepeda motor dan dengan mengendarai sepeda motor kesekolah,siswa tidak merepotkan orang tua yang harus mengantar jemput ke sekolah.

Meskipun seperti itu,menurut saya lebih baik siswa tidak membawa kendaraan sepeda motor kesekolah. Agar cepat sampai ke sekolah selain dengan cara membawa sepeda motor,lebih baik sekolah menyediakan atau menyiapkan buss untuk siswa dan lebih baik lagi jika di antar oleh kedua orang tua agar lebih baik dan lebih terjaga.

Teks Tanggapan 2

Era globalisasi membuat banyak, termasuk mudahnya berbagai jenis transportasi canggih masuk kedalam negeri. Hal ini membuat berbagai trend baru muncul dikalangan remaja. Salah satunya, peran pelajar mengendarai motor ke sekolah, padahal mereka tahu itu pelanggaran karena masih dibawah umur.

Fenomena pelajar mengendarai motor ke sekolah tidak hanya terjadi di daerah perkotaan namun di daerah terpencil juga, mereka cenderung ingin selalu tampil keren dengan perkembangan zaman dan kebanyakan mereka tidak ingin dikatakan ketinggalan zaman. Alasan yang semakin memperkuat adalah kesibukan orang tua yang sangat padat sehingga tidak memperhatikan anaknya dan tidak memiliki waktu mengantar jemput anaknya ke sekolah. Dalam tren ini memunculkan berbagai pendapat tentang kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan berkendara motor sendiri ke sekolah lebih praktis, hemat waktu dan efisien, siswa tidak perlu menunggu jemputan atau kendaraan umum yang lewat, mereka juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tarif kendaraan umum yang mereka tumpangi. Sedangkan kekurangan anak yang di bawah umur dan tidak memiliki SIM sehingga dapat dikatakan mereka melanggar peraturan, anak-anak remaja yang masih sekolah sering membawa motor ugal-ugalan terkadang membahayakan penggunaan jalan lainnya, dan sepeda motor ini biasanya digunakan saat pulang sekolah nongkrong dulu dan tidak langsung pulang ke rumah hal ini yang juga dapat menyebabkan kekuatiran orang tua dan pihak sekolah.

Dengan demikian penggunaan sepeda motor seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan remaja. Para pengendara motor harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, persyaratan tersebut meliputi umur minimal 17 tahun, dan telah memiliki SIM dan STNK persyaratan ini harus maksimal. Pengawasan ini tidak hanya dilakukan orang tua tapi juga aparat keamanan lalu lintas, masyarakat, juga guru agar hal-hal yang tidak diinginkan dari pelajar ia mengendarai sepeda motor tidak akan terjadi.

Teks Tanggapan 3

Sepeda motor adalah kendaraan yang sebagian besar digunakan masyarakat Indonesia untuk berpergian ke kantor,sekolah,pasar dan juga jalan-jalan.

Saya setuju,kendaraan bermotor diperbolehkan anak SMP karena kemungkinan besar orangtua tidak bisa mengantar atau dengan membawa motor pelajar ke sekolah  bisa menghemat waktu tanpa harus menunggu bis atau angkutan umum.

Tetapi membawa motor ke sekolah tidak diperbolehkan pihak sekolah karena masih dibawah umur, juga takut terjadi kecelakaan atau terkena razia.

Secara umum penggunaan sepeda motor seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan remaja. Anak SMP atau anak dibawah umur tidak boleh membawa kendaraan sepeda motor karena belum mempunyai SIM. Sebaiknya orangtua harus memperhatikan dan mengawasi anaknya agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi.

Teks Tanggapan 4

Motor adalah salah satu transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Motor menjadi salah satu transportasi penunjang kelangsungan dalam menjalankan aktifitas. Motor juga digunakan para pelajar sebagai alat transportasi kesekolah. Biasanya transportasi ini digunakan oleh para pelajar dijenjang SMA. Namun, banyak juga pelajar jenjang SMP yang menggunakan motor sebagai alat transportasi kesekolah.

Saya setuju dengan penggunaan motor bagi para pelajar, terkhusus oleh pelajar dijenjang SMP. Karena, penggunaan motor dapat membantu memgatasi masalah dengan jarak sekolah, yang mungkin tidak dilalui oleh kendaraan umum. Hal ini dapat membuat para pelajar dapat sampai kesekolah tanpa ada kendala. Penggunaan motor pribadi untuk siswa juga mungki di gunakan karena beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi yaitu orang tua yang tidak bisa mengantar jemput dikarena sibuk bekerja, atau orang tua tidak dapat mengendarai motor. Itu sebabnya, orang tua mengizinkan penggunaan motor sebagai alat transportasi kesekolah.

Saya juga tidak setuju di balik penggunaan motor bagi para pelajar sebagai alat transportasi menuju sekolah. Penggunaan motor menuju sekolah ini dapat membahayakan para pelajar atau pun pengguna jalan lainnya. Terutama para pejalar juga belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), pada umur ini anak anak belum mampu mengontrol emosi. Seperti, ikut ikutan balap liar, menggunakan motor dengan kecepatan tinggi, dan lain sebagainya.

Dari pembahasan diatas kita tahu bahwa banyak hal yang harus dipikirkan dalam penggunaan motor bagi para pelajar. Peranan orang tua disini sangat diperlukan dalam memberikan arahan dalam penggunaan motor dan mengontrol penggunaan motor dikalangan pelajar, demi menjaga keselamatan pelajar dan pengguna jalan lainnya.

Teks Tanggapan 5

Sepeda motor adalah kendaraan yang paling banyak digunakan dan digemari oleh masyarakat terutama bagi siswa SMP. Banyak alasan mengapa orang lebih memilih sepeda motor dari biaya bensin yang lebih murah, ringan, mudah melewati dan mudah untuk dipelajari. Maka tidak heran jika banyak anak-anak khususnya pelajar SMP memilih motor sebagai kendaraan sehari-hari. Tetapi ketika kita lihat dari umur pelajar SMP yang masih belum mencukupi umur untuk membawa motor di jalan raya dan membuat SIM.

Banyak alasan mengapa peserta didik khususnya di tingkat SMP membawa sepeda motor. Dari alasan yang bersifat positif maupun negatif. Contohnya, banyak anak-anak di bawah 17 tahun yang mengendarai motor karena dipaksakan oleh keadaan seperti tidak ada yang bisa mengendarai motor dirumah, tidak ada yang bisa antar, dan sering ditinggal sendiri karena orang tua yang bekerja di luar kota. Banyak juga orang tua yang mengizinkan anak-anak dibawah 17 tahun membawa sepeda motor karena jarak yang ditempuh dekat.

Ternyata banyak anak-anak yang malah memanfaatkan keadaan tersebut. Seperti menyalahgunakan kepercayaan orang tua dengan mengikuti balap liar dan memodifikasi motor menjadi tidak sesuai dengan ketentuan yang sebenarnya. Dari kegiatan tersebut akan mendapat banyak potensi yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Contohnya, kecelakaan, ditilang, dan yang paling fatal adalah kematian.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa anak-anak di tingkat SMP/ di bawah umur 17 tahun tidak boleh membawa sepeda motor sesuai dengan aturan berlalu lintas. Supaya dapat terhindar dari berbagai resiko yang akan terjadi. Diharapkan juga orang tua bisa lebih memperhatikan keselamatan anak-anaknya.

Teks Tanggapan 6

Sepeda motor merupakan kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. transportasi ini dikendalikan menggunakan setir dan tombol, untuk mengatur arah dan kecepatan yang akan digunakan selama berkendara. sepeda motor merupakan transportasi yang paling banyak digunakan,terutama di Indonesia. tak dipungkiri lagi banyak masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi. keadaan ini membuat sebagian anak dibawah umur terutama para pelajar dapat mengendarai kendaraan pribadinya. ada beberapa penyebab mengapa mereka bisa mengendarainya, contohnya diajari orang tua, teman, maupun belajar sendiri. keadaan ini pasti membawa dampak dan pengaruh pada lalu lintas maupun pelajar itu sendiri.

Sudah Banyak pengendara di bawah umur terutama pelajar atau siswa mulai menggunakan sepeda motor. padahal, untuk mendapatkan SIM(Surat Izin Mengemudi) yang salah dari pemerintah harus memiliki KTP. dengan kata lain mereka harus berumur minimal 17 tahun untuk memiliki KTP dan SIM tersebut. ada banyak alasan yang memperkuat bahwa pengendara di bawah umur merupakan hal yang sah saja. alasan yang paling utama adalah pekerjaan orang tua yang padat, sehingga mereka mengizinkan anaknya untuk mengendarai motor sendiri saat les sekolah kerja kelompok dan lain-lain.

Ada beberapa alasan yang kuat bahwa belajar tidak seharusnya mengendarai kendaraan pribadinya ke jalan raya. Alasan yang pertama secara fisik, kendaraan bermotor di desain untuk orang dewasa, bukan untuk anak-anak. alasan kedua adalah kemampuan yang terbatas sehingga kurang menganalisis strategi. alasan ketiga adalah faktor sosial, di mana kecenderungan anak berkendara sebelum dewasa biasanya akan mendorong melanggar aturan lalu lintas.

Dari uraian di atas, saya setuju bahwa pengendara di bawah umur khususnya para pelajar tidak diperbolehkan berkendara.hal ini sangat penting demi keselamatan pengendara demi mewujudkan lalu lintas yang aman dan tertib.untuk itu, peran orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anaknya untuk memikirkan keselamatan mereka saat berkendara sangatlah penting.
 
Teks Tanggapan 7

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh mesin yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Sepeda motor dapat digunakan ketika pengendara tersebut sudah mempunyai SIM. Namun, sering dijumpai siswa yang belum mempunyai SIM yang membawa sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari.

Saya setuju, jika siswa membawa motor ke sekolah karena bisa saja tidak ada yang mengantar siswa tersebut untuk pergi ke sekolah. Siswa yang membawa sepeda motor juga akan lebih cepat sampai ke sekolah dibandingkan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Siswa juga secara perlahan-lahan akan mendapat pengalaman berkendara.

Namun, siswa yang mengendarai sepeda motor ke sekolah dapat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan. Jika siswa tersebut tidak berhati-hati, dan ugal-ugalan dapat mengakibatkan kecelakaan sehingga membahayakan nyawa siswa dan pengguna jalan lain.

Jadi, siswa boleh saja membawa motor ke sekolah. Asalkan tetap berhati-hati dan mematuhi aturan aturan lalu lintas. Saat di jalan harus menjaga jarak antar kendaraan dan tidak berkendara ugal-ugalan, atau siswa tersebut dapat diantar oleh orang tuanya.

Teks Tanggapan 8

Era globalisasi membuat banyak perubahan, termasuk mudahnya berbagai jenis transportasi canggih masuk ke dalam negeri. Hal ini membuat berbagai tren baru muncul di kalangan remaja.

Fenomena pelajar mengendarai motor ke sekolah tidak hanya terjadi di daerah perkotaan, namun juga di desa-desa terpencil. Mereka cenderung ingin selalu tampil up to date agar mereka tidak dikatakan ketinggalan zaman.

Banyak pelajar yang mengendarai motornya dengan ugal-ugalan, terkadang membahayakan pengguna jalan lainnya. Pengawasan ini harus dilakukan tidak hanya oleh orang tua, tetapi juga aparat keamanan lalu lintas, masyarakat, juga guru agar hal-hal yang tidak diinginkan dari pelajar yang mengendarai sepeda motor tidak akan terjadi.
 
Teks Tanggapan 9

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh banyak orang. Kendaraan ini  biasanya digunakan oleh sebagian orang untuk bepergian jarak dekat. Tetapi, tidak semua orang dapat mengandarai kendaraan tersebut, karena sepeda motor juga memiliki aturan pengguna.

Salah satu contoh peraturan pengguna motor yaitu wajib mempunyai SIM, dan juga wajib menggunakan helm ketika bepergian. Namun, masih banyak orang dibawah umur terutama bagi pelajar, yang sudah mengendarai motor tetapi belum mempunyai SIM

Dalam hal ini, saya setuju jika kendaraan bermotor digunakan oleh banyak orang, terutama bagi siswa karena dapat bepergian dengan cepat. Tetapi disisi lain juga saya tidak setuju, karena menggunakan sepeda motor bagi siswa itu sudah melanggar peraturan lalu lintas.

Pembahasan tentang kendaraan bermotor banyak ditulis sehingga materi ini menjadi pendorong untuk kita dalam pembangunan karakter. Secara umum, materi tersebut dapat berguna untuk menyadarkan pembaca terhadap pentingnya kendaraan bermotor.

Teks Tanggapan 10

Motor merupakan kendaraan roda dua yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Orang yang dapat mengendarai motor harus memiliki SIM . SIM bisa didapatkan ketika sudah berumur tujuh belas tahun. Tetapi, pada saat ini tidak jarang pelajar yang belum memiliki SIM sudah mengendarai motor.

Banyak alasan mengapa pelajar mengendarai motor. Misalnya, dengan membawa motor bisa menghemat waktu. Dengan membawa motor pelajar tidak merepotkan orang tua untuk mengantar jemput. Juga dengan membawa motor pelajar menghemat uang saku, karena tidak membayar angkutan umum.

Tetapi diantara banyaknya dampak positif pelajar mengendarai motor, terdapat juga dampak negatif. Misalnya pelajar yang mengendarai motor memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi. Faktor yang menyebabkan kecelakaan antara lain desain motor yang tidak sesuai dengan pelajar dan suka melakukan zig-zag diantara kendaraan lainnya. Dampak negatif lainnya yaitu meningkatkan kenakalan kenakalan pada  remaja.

Motor memang mempunyai  banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari,terutama bagi pelajar. Tetapi akan terhambat jika tidak berhati hati dalam mengendarai. Maka dari itu dibutuhkan peran orang tua untuk tegas dalam memberikan keputusan waktu yang tepat kapan untuk memberikan motor kepada anaknya. Selain itu pihak kepolisian juga harus menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya mengendarai motor di bawah umur.

Berikut ini adalah beberapa kumpulan contoh teks tanggapan terbaru yang wajib kalian ketahui sebelum membuat teks tanggapan yang baik dan benar. Adapun contoh teks tanggapan tersebut adalah sebagai berikut.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 10+ Contoh Teks Tanggapan Terbaru - Bahasa Indonesia Kelas IX Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /