Kumpulan 6+ Contoh Soal Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Dilengkapi Kunci Jawaban

ilmubindo.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal uraian/essay materi mengidentifikasi informasi teks diskusi dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru menggunakan Kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal uraian/essay materi mengidentifikasi informasi teks diskusi dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi.

Kumpulan 6+ Contoh Soal Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Dilengkapi Kunci Jawaban

Gambar: freepik.com

Bacalah dengan cermat teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-6!

Makan Mi Instan Dicampur Nasi

Mi instan termasuk salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Mi instan cepat saji ini sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak. Untuk menikmatinya, cukup dengan menambahkan air panas dan bumbu-bumbu yang sudah ada di dalam paketnya. Begitu praktis dan mudahnya, mi instan ini disajikan. Bahkan, sering kali, mi instan ini disajikan dengan dicampur nasi sebagai pengganti sayur.

Secara medis mengonsumsi mi instan yang dicampur dengan nasi dapat meningkatkan risiko diabetes. Meskipun mi instan menawarkan cita rasa yang mengungah selera makan, kandungan nutrisi di dalamnya hampir tidak ada. Mi instan justru mengandung berbagai jenis senyawa yang bisa mengakibatkan munculnya penyakit diabetes.

Mi instan juga mengandung lemak. Jenis senyawa tersebut akan meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko diabetes. Obesitas merupakan salah satu faktor pemicu munculnya diabetes. Meningkatnya kadar lemak dalam tubuh kita secara drastis akan menyebabkan resistensi insulin. Padahal, insulin sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengontrol jumlah gula dalam darah. Oleh karena itu, lebih baik menghindari mi instan yang dicampur dengan nasi daripada hanya mengikuti selera makan yang akan berdampak serius terhadap kesehatan tubuh.

Meskipun demikian, banyak kalangan yang berpendapat bahwa tak masalah apabila makan mi di campur nasi karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia yang menganggap nasi sebagai makanan pokok. Selain praktis, mi instan juga bisa menjadi pengganti sayur atau lauk-pauk yang bisa dicampur dengan nasi. Selain dapat menghilangkan rasa laparmi instan juga bisa menghemat waktu. Selama tidak dijadikan sebagai menu harian, mi instan dicampur nasi bisa dijadikan sebagai menu selingan sehingga tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Kalau memang benar bahwa makan mi instan bercampur nasi memiliki risiko terhadap penyakit diabetes, kita memang perlu berhati-hati mengonsumsinya. Kalau hanya sesekali dikonsumsi sebagai selingan, mungkin risikonya tidak terlalu fatal. Namun, kalau terlalu sering, apalagi dijadikan sebagai kebiasaan kita harus menghindarinya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

1. Topik apakah yang di bahas dalam teks tersebut?
Jawaban:
Makan Mi Instan Dicampur Nasi Menyebabkan Diabetes

2. Mengapa mi instan dikatakan cukup praktis dan mudah dalam mengonsumsinya?
Jawaban:
Karena proses memasaknya yang sebentar. Hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu-bumbu yang sudah ada di dalam paketnya

3. Mengapa mi instan yang dicampur dengan nasi dapat meningkatkan risiko diabetes?
Jawaban:
Karena mi instan yang sudah mengandung lemak, ditambah lagi dengan nasi yang merupakan karbohidrat dapat menyebabkan diabetes

4. Dampak apa yang dapat ditimbulkan oleh kandungan lemak dalam mi instan?
Jawaban:
Dampaknya yaitu dapat meningkatkan tekanan darah serta meningkatkan risiko diabetes.

5. Mengapa obesitas dianggap sebagai salah satu faktor pemicu munculnya diabetes?
Jawaban:
Jika memakan mi instan secara banyak, dapat menambah lemak pada tubuh. Obesitas merupakan jumlah lemak yang terlalu banyak di dalam tubuh. Itu sebabnya obesitas dapat menyebabkan diabetes.

6. Mengapa masih banyak kalangan masyarakat yang beranggapan bahwa mi yang dicampur dengan nasi tidak menimbulkan masalah?
Jawaban:
Karena mereka beranggapan bahwa sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia yang menganggap nasi sebagai makanan pokok. Selain praktis, mi instan juga bisa menjadi pengganti sayur atau lauk pauk yang bisa dicampur dengan nasi.