15+ Contoh Soal Essay Teks Cerpen (Dilengkapi Kunci) : Bahasa Indonesia Kelas IX

ilmubindo.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay teks cerpen dilengkapi kunci jawaban dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay teks cerpen dilengkapi kunci jawaban dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 revisi.

15+ Contoh Soal Essay Teks Cerpen (Dilengkapi Kunci) : Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: freepik.com

1. Tuliskan pengertian teks cerpen!

Jawaban: 

Cerpen merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja.

2. Apa yang dimaksud dengan penokohan?

Jawaban:

Tokoh cerita merupakan orang-orang ditampilkan dalam suatu karya naratif. Penokohan merupakan pelukisan gambaran yang jelas tentang bagaimana watak tokoh tersebut. Penempatan dan pelukisannya dalam sebuah cerita pun dijelaskan sehingga sanggup memberikan gambaran yang jelas kepada pembaca.

3. Tuliskan pengertian cerpen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jawaban:

Cerpen merupakan cerita pendek yang berisi tentang kisah cerita yang berisi tidak lebih dari 10 ribu kata. Pada umumnya cerita pada cerpen bisa memberikan kesan dominan dan berkonsentrasi pada permasalahan satu tokoh. Menurutnya dalam cerpen tidak ada cerita hingga 100 halaman.

4. Apa yang dimaksud dengan latar tempat?

Jawaban:

Latar tempat mengacu pada lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi. Unsur tempat yang dipergunakan bisa berupa tempat-tempat dengan nama tertentu.

5. Tuliskan pengertian cerpen menurut Menurut J.S Badudu!

Jawaban:

Menurut Badudu cerpen adalah suatu karya cerita yang berpusat pada satu peristiwa kejadian yang dialami oleh satu tokoh saja. Kisah yang terjadi pada cerpen terjadi karena peristiwa yang menumbuhkan peristiwa tersebut.

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan latar sosial?

Jawaban:

Latar sosial mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi. Termasuk di dalamnya adalah berupa kebiasaan hidup, adat-istiadat, tradisi, keyakinan, pandangan hidup, dan cara berpikir.

7. Tuliskan pengertian abstrak pada struktur teks cerpen!

Jawaban:

Abstrak merupakan pemaparan gambaran awal dari cerita yang dikisahkan. Pada cerpen abstrak biasanya digunakan sebagai pelengkap cerita. Maka dari itu abstrak bersifat opsional atau bisa jadi tidak ada pada cerpen tersebut.

8. Apa yang dimaksud dengan sudut pandang?

Jawaban:

Sudut pandang merupakan cara penulis memandang tokoh-tokoh cerita dengan menempatkan dirinya pada posisi tertentu. Umumnya penulis menempatkan diri pada posisi orang ketiga dengan menggunakan kata ganti dia atau orang pertama dengan menggunakan kata ganti orang pertama aku.

9. Apa yang dimaksud dengan komplikasi dalam struktur teks cerpen?

Jawaban:

Komplikasi menjelaskan tentang struktur yang berkaitan dengan pemaparan awal suatu masalah yang dihadapi oleh tokoh. Watak dari tokoh juga dijelaskan pada bagian ini. Selain itu pada komplikasi juga menjelaskan urutan kejadian yang berhubungan dengan sebab akibat.

10. Tuliskan lima fungsi teks cerpen!

Jawaban:

1) Fungsi Rekreatif
2) Fungsi Estetis
3) Fungsi Didaktif
4) Fungsi Moralitaas
5) Fungsi Religiusitas

11. Tuliskan ciri-ciri teks cerpen!

Jawaban:

1) Pada umumnya cerpen bersifat fiktif atau berupa karangan dari penulis.
2) Cerpen memiliki susunan kata yang tidak lebih dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.
3) Saat membaca cerpen biasanya selesai dengan sekali duduk.
4) Cerpen memiliki bentuk cerita yang sangat singkat.
5) Cerpen memiliki diksi atau pilihan kata yang tidak rumit sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
6) Cerpen hanya memiliki alur cerita tunggal atau satu jalan cerita saja.
7) Kisah cerita pada cerpen biasanya berasal dari peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
8) Karakter tokoh pada cerpen sangat sederhana.
9) Di akhir bagian biasanya terdapat pesan moral yang sangat mendalam sehingga membuat pembaca ikut merasakan kisah pada cerpen tersebut.

12. Tuliskan pengertian tema cerita dalam teks cerpen!

Jawaban: 

Tema adalah gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra. Tema menjadi dasar pengembangan seluruh cerita. Oleh karena itu, tema bersifat menjiwai seluruh bagian cerita.

13. Apa yang dimaksud dengan alur cerita dalam teks cerpen?

Jawaban:

Alur cerita merupakan peristiwa yang jalin-menjalin berdasarkan hubungan tertentu. Sebuah rangkaian peristiwa dapat terjalin berdasarkan urutan waktu, kejadian, dan hubungan sebab-akibat.

14. Tuliskan 1 contoh amanat dalam teks cerpen!

Jawaban:

Jika keadilan dilihat dari sudut pandang berbeda, hasilnya juga berbeda. Oleh karena itu, kita harus mempertimbangkan berbagai sudut pandang dalam menentukan keadilan.

15. Tuliskan struktur teks cerpen!

Jawaban:

Struktur teks cerpen adalah sebagai berikut.
1) Orientasi
2) Komplikasi
3) Evaluasi
4) Resolusi