Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Pengertian Teks Tantangan,Struktur Teks Tantangan, dan Ciri-Ciri Teks Tantangan

Salam jumpa, kali ini saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai apa yang dimaksud dengan TEKS TANTANGAN, STRUKTUR, dan juga CIRI TEKS TANTANGAN. Tidak ada alasan untuk bermalas-malasan dalam mencari referensi. Apa yang Anda cari telah hadir di depan mata.

A. Pengertian Teks Tantangan
Teks tantangan adalah teks yang berisi topik suatu masalah dan memuat argumen dengan bukti atau alasan untuk mendukung bantahan yang diakhiri dengan simpulan.

Pengertian Teks Tantangan,Struktur Teks Tantangan, dan Ciri-Ciri Teks Tantangan

B. Struktur Teks Tantangan
1. Pengantar (isu)
Berisi pernyataan tentang topik yang hendak dibantah. Topik permasalahan hendaknya bersifat faktual dan konroversial agar memiliki banyak argumen yang mendukung.
2. Argumen
Memuat rangkaian bukti atau alasan untuk mendukung bantahan. Argumen didukung oleh fakta, data, pengalaman, atau referensi yang berhubungan dengan topik yang dibahas.
3. Simpulan
Mengandung pernyataan yang menengaskan bantahan.

C. Ciri-Ciri Teks Tantangan
  1. Berisi masalah/topik
  2. Memuat argumen
  3. Memuat simpulan yang berisi solusi terhadap masalah.
D. Langkah-Langkah Menyusun Teks Tantangan
Langkah-langkah menyusun teks tantangan adalah sebagai berikut.
  1. Menulis paragraf pendahuluan yang memuat pernyataan tentang topik yang hendak dibantah.
  2. Menulis paragraf argumen yang memuat rangkaian bukti atau alasan untuk mendukung bantahan.
  3. Menulis simpulan yang memuat pernyataan penegasan bantahan.
 E. Merevisi Teks Tantangan
Menulis teks tantangan perlu memperhatikan kebenaran struktur kalimat dan ketepatan penggunaan ejaan. Penggunaan bahasa baik dan benar pada teks tantangan memudahkan orang lain menelaah dan merevisi teks tantangan tersebut.

Cermatilah paragraf dalam kutipan teks tantangan berikut.
Memberikan uang kepada pengemis anak-anak berarti diajarkan kemalasan kepada mereka. Dengan kemudahan mendapatkan uang mereka tidak akan mau bersekolah. Mereka sudah merasa enak mendapat uang, tinggal mengemis bisa memperoleh Rp 150.000,00 sehari.

Dalam paragraf tersebut terdapat kesalahan tata bahasa dan ejaan. Kalimat pertama dalam paragraf tersebut tidak efektif karena ketidaktepatan penggunaan kata berimbuhan. Imbuhan di-kan pada kata diajarkan tidak tepat. Perbaikan tepat imbuhan tersebut adalah meN-kan menjadi mengajarkan. Kalimat kedua tidak efekif karena tidak ada penggunaan tanda baca koma setelah anak kalimat. Tanda baca koma seharusnya diletakkan setelah anak kalimat. Kalimat ketiga dalam paragraf tersebut terdapat kesalahan penulisan ejaan. Seharusnya antara Rp dan angka 150.000,00 ditulis tanpa spasi. Seharusnya penulisan tepat adalah Rp150.000,00.

Perbaikan paragraf tersebut sebagai berikut.
 Memberikan uang kepada pengemis anak-anak berarti mengajarkan kemalasan kepada mereka. Dengan kemudahan mendapatkan uang, mereka tidak akan mau bersekolah. Mereka sudah merasa enak mendapatkan uang, tinggal mengemis bisa memperoleh Rp150.000,00 sehari.

Kegiatan mengidentifikasi dan mengoreksi tata bahasa teks merupakan kegiatan merevisi. Kegiatan tersebut meninjau dan memeriksa kembali untuk memperbaiki teks agar mudah dipahami.
Langkah-langkah yang harus dilakukan saat merevisi sebuah teks tantangan sebagai berikut.
  1. Tandai kata, kalimat, atau makna salah.
  2. Perbaiki kata, kalimat, atau makna salah sesuai unsur kebahasaan.
  3. Tulis kembali teks tersebut menjadi teks baik dan benar.
F. Meringkas Teks Tantangan
 Teks tantangan dapat diringkas menjadi lebih padat. Meringkas merupakan kegiatan mengambil inti sari teks atau simpulan. Ringkasan merupakan penyajian singkat menggunakan kata-kata sendiri. Kejelasan urutan dan pokok-pokok isi teks tantangan perlu diperhatikan saat meringkas.
Berikut cara meringkas teks tantangan.
  1. Membaca teks tantangan secara utuh dan teliti.
  2. Mencatat pokok-pokok teks tantangan.
  3. Membuat pokok-pokok teks tantangan menjadi kalimat. Kalimat yang dibuat merupakan kalimatmu sendiri dan tidak diambil secara utuh dari kalimat dalam teks tantangan.
  4. Membuat ringkasan sesuai urutan pokok-pokok teks tantangan.

Demikian yang dapat saya paparkan semoga bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Teks Tantangan,Struktur Teks Tantangan, dan Ciri-Ciri Teks Tantangan