Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menyimpulkan Isi Surat Pribadi dan Surat Dinas

ilmubindo.com_ Surat pribadi dan surat dinas memiliki tujuan yang berbeda. Ketika kamu membaca  atau menulis surat dinas, tentu kamu sudah mengetahui tujuan menulis surat tersebut. Cara menyimpulkan isi surat dapat diidentifikasi berdasarkan tujuan dan unsur isi surat. Berikut cara menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas.
  • Menyimpulkan Isi Surat Pribadi
Menyimpulkan isi surat pribadi dapat dilakukan dengan cara membaca surat pribadi secara saksama. Surat pribadi biasanya berisi paragraf pembuka, isi, dan penutup. Isi surat terletak setelah paragraf pembuka. Kamu dapat menyimpulkan isi surat berdasarkan paragraf isi surat tersebut.

Perhatikan contoh surat pribadi berikut!

Bandung, 25 Agustus 2016

Cara Menyimpulkan Isi Surat Pribadi dan Surat Dinas
www.ilmubindo.com

Salam sayang untukmu sahabat.
Bagaimana kabarmu, Rio? Aku harap kamu dalam keadaan baik sama sepertiku. Aku sangat rindu kepadamu, Rio. Sudah lama kita tidak berjumpa.
O, ya Rio, aku mendengar kabar bahwa di desamu telah terjadi kebakaran lahan. Aku khawatir akan keadaan. Bagaimana keadaan desamu sekarang? Apakah api tersebut sampai ke permukiman warga desa? Aku penasaran dengan ceritamu, Rio.
Minggu depan, aku diajak ayahku berkunjung ke desamu. Ayah mewakili perusahaannya akan memberikan sosialisasi untuk kegiatan penghijauan terhadap lahan yang tebakar. Jika kamu tidak sibuk, aku ingin mengunjungimu.
Sekian kabar dariku. Aku tunggu balasan surat darimu.

Sahabatmu,



Hasan Samsuri


Simpulan isi surat pribadi tersebut sebagai berikut.
Surat pribadi tersebut dikirim oleh Hasan Samsuri kepada sahabatnya, Rio. Hasan mendengar kabar bahwa terjadi kebakaran lahan di dekat permukiman desa di tempat tinggal Rio. Hasan diajak ayahnya berkunjung di desa tempat tinggal Rio. Ayah Hasan mewakili perusahaannya akan memberikan sosialisasi untuk kegiatan penghijauan terhadap lahan yang terbakar. Hasan juga ingin mengunjungi Rio.
  • Menyimpulkan Isi Surat Dinas
Menyimpulkan isi surat dinas dapat dilakukan dengan cara membaca surat dinas secara saksama. Surat dinas biasanya berisi bagian pembuka, isi, dan penutup. Isi surat terletak setelah bagian pembuka. Kamu dapat menyimpulkan isi surat berdasarkan bagian isi surat tersebut. Pada bagian isi terdapat hari, tanggal, waktu, tempat, dan acara.

Perhatikan contoh surat dinas berikut!

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 56
Jalan Dewi Sartika 56, Surabaya

12 November 2016
No   : 245/SMPN/56/XI/2016
Hal  : Ucapan Terima Kasih

Yth. Pimpinan PT Aksara Persada
Jalan Kartini 132, Pasuruan, Jawa Timur

Dengan hormat,
Kami ucapkan terima kasih atas sambutan dan layanan pihak PT Aksara Persada kepada siswa SMP Negeri 56 dalam kegiatan kunjungan minggu lalu. Kami juga berterima kasih atas waktu yang diluangkan dan kesabaran dalam menjawab pertanyaan siswa-siswa kami.
Keluarga besar SMP Negeri 56, Surabaya, merasa senang atas kunjungan tersebut karena para siswa dapat belajar proses memproduksi buku-buku pelajaran. Semoga pada tahun mendatang, SMP Negeri 56 Surabaya dapat bekerja sama kembali dengan PT Aksara Persada. 
Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Kepala Sekolah


Mustofa Muhtadi, M.Pd.

Simpulan isi surat dinas tersebut sebagai berikut.
Surat dinas tersebut merupakan jenis surat ucapan terima kasih. Surat tersebut berisi ucapan terima kasih dari Kepala SMP Negeri 56 Surabaya, Mustofa Muhtadi, M.Pd., kepada pimpinan PT Aksara Persada. Ucapan terima kasih tersebut diberikan karena PT Aksara Persada telah meluangkan waktu untuk kegiatan kunjungan yang diadakan oleh SMP Negeri 56, Surabaya.

Demikianlah artikel cara menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas, semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menyimpulkan Isi Surat Pribadi dan Surat Dinas