Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Singkat Teks Rekaman Percobaan Berjudul Membuat Baterai Dari Sabun

ilmubindo.com_  Kali ini admin akan membagikan contoh teks Rekaman Percobaan dalam Bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga contoh teks Rekaman Percobaan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat peserta didik dalam mencari referensi contoh teks terbaru mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks Rekaman Percobaan. Selamat belajar, semoga apa yang kalian pelajari saat ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

MEMBUAT BATERAI DARI SABUN

Tujuan
Seperti yang kita tahu baterai merupakan salah satu alat untuk menyimpan energi secara sementara. Banyak alat yang membutuhkan baterai, contohnya mouse tanpa kabel, remote tv, dan lainnya.

Nah ternyata terdapat kreasi yang unik yaitu baterai dari sabun yang bisa kita buat dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Pembuatan baterai ini bisa menambah kreativitas dan menambah wawasan kita.

Contoh Singkat Teks Rekaman Percobaan Berjudul Membuat Baterai Dari Sabun
 www.ilmubindo.com

Alat dan Bahan
1. Sabun mandi (merk apapun)
2. Kawat tembaga
3. Aluminium dari kaleng minuman bersoda, bisa juga bekas plat nomor maupun panci.
4. Lampu LED 1 buah
5. Gunting besi, pisau, dan kabel secukupnya.

Langkah-langkah

Potong aluminium dengan bentuk persegi panjang sebanyak 10 buah, dengan ukuran 0,5 X 10 cm
Cm.
Potong kawat tembaga sebanyak 10 buah dengan panjang sekitar 10 cm.
Potong sabun menjadi 10 buah dengan pisau.
Tancapkan potongan Aluminium dan kawat tembaga tadi pada potongan sabun berhadapan tanpa saling bersentuhan.
Hubungkan potongan kawat tembaga dengan potongan Aluminium sampai semua potongan tadi saling terhubung, ujung susunan 10 sabun tadi diawali dengan kawat tembaga dan diakhiri potongan aluminium.
Beri 1 atau 2 tetes air pada potongan sabun yang telah terpasang logam tembaga dan aluminium.
Kabel listrik lalu dihubungkan dengan kaki lampu LED. Apabila tidak menyala kabel tersebut ditukarkan posisinya pada kaki LED tersebut.
Lampu LED akan menyala selama sabun dalam keadaan basah, Apabila mati tinggal meneteskan 1, 2 tetes air pada potongan sabun.

Hasil
Ketika proses pembuatan sudah selesai maka kamu sudah mempunyai energi alternatif. Bisa juga kamu mengembangkan kreasi ini sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Kesimpulan
Kita bisa memanfaatkan bahan disekitar kita untuk membuat energi, misalnya dengan menggunakan bahan wortel, kentang, jeruk nipis, dan lainnya. Bahan bisa digunakan untuk membuat baterai asalkan kandungan pH diatas 7.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Singkat Teks Rekaman Percobaan Berjudul Membuat Baterai Dari Sabun