Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Mengidentifikasi Isi Teks Prosedur dan Menyimpulkan Isi Teks Prosedur Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2016

ilmubindo.com_ Angklung merupakan warisan seni tradisional Indonesia. Sebagai warisan seni yang sangat berharga, kita hendaknya belajar memainkan angklung.
Berikut cara memainkan angklung.
  1. Pegang angklung dengan tangan kiri. Pegang angklung dengan cara memegang simpul pertemuan dua tiang angklung vertikal dan horizontal (yang berada di tengah) sehingga angklung dipegang tepat ditengah-tengah.
  2. Pengang dengan genggaman tangan dan telapak tangan menghadap ke atas ataupun ke bawah.
  3. Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh sebaiknya cukup jauh (siku tangan kiri hampir lurus) agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan maksimal.
  4. Pegang ujung tabung dasar angklung (horizontal) dengan tangan kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan dengan posisi angklung tetap tegak (horizontal), tidak miring, agar suara angklung rata dan nyaring.
  5. Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan rata.
  6. Mainkan angklung sambil berdiri agar permainan lebih baik. Selamat berlatih dan melestarikan budaya kita.

Mengidentifikasi Isi Teks Prosedur dan Menyimpulkan Isi Teks Prosedur Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2016
www.ilmubindo.com

Bacaaan itulah yang dimaksud dengan teks prosedur, yaitu teks yang menjelaskan langkah-langkah melakukan sesuatu.

Model-model teks seperti itu kerap kita jumpai pada berbagai bahan bacaan. Bahkan, hampir setiap peralatan elekronik, kendaraan, obat-obatan, dan aneka bahan makanan berkemasan, tidak lepas petunjuk-petunjuk semacam itu. Di banyak majalah, surat, kabar dan dalam internet, banyak kita jumpai teks sejenis dengan isi dan sebutan yang beragam. Misalnya, ada yang menamainya dengan resep, kiat, trik, cara jitu, tips, petunjuk penggunaan, tata cara pemakaian. Sementara itu, isinya dapat bermacam-macam, mulai dari yang sederhana sampai pada hal-hal yang kompleks. Berikut macam-macam-macam teks prosedur berdasarkan isinya.
a. Petunjuk pembuatan makanan (resep), pakain dan sebagainya.
b. Petunjuk penggunaan peralatan elektronik, kendaraan, dan sebagainya.
c. Petunjuk melamar pekerjaan, menulis surat, berpidato, dan sebagainya.
d. Petunjuk hidup bahagia, jauh dari kebosanan, dan sebagainya.
  • Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
Dengan mengetahui karakteristik teks prosedur, mudah pula bagi kita untuk memahami maksud teks tersebut, termasuk menyimpulkan isi dan manfaatnya. Pemahaman tentang teks prosedur sangatlah penting. Jika tidak memahaminya, kita mungkin akan memeroleh efek berbahaya; paling tidak petunjuk itu menjadi tidak efektif. Dapat kita bayangkan apabila petunjuk itu berkenaan dengan sesuatu yang membahayakan, misalnya berupa penggunaan mesin atau obat-obatan. Keidakjelasan tersebut bisa berakibat kerusakan mesin ataupun malapetaka bagi penggunanya. Dengan demikian, kejelasan itu merupakan hal yang utama dalam menyimpulkan dan memanfaatkan suatu petunjuk (teks prosedur).

Untuk memeroleh pemahaman tentang isi suatu teks prosedur, kita dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
a. Mengartikan kata-kata sulit. Misalnya, dalam teks tentang cara memainkan angklung, terdapat kata-kata berikut: angklung, simpul pertemuan, vertikal, horizontal, frekuensi. Untuk mencari arti kata tersebut kita dapat membuka kamus.
b. Memaknai maksud teks secara keseluruhan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui maksud teks prosedur. Contohnya adalah teks tentang cara memainkan angklung. Maksud umumnya adalah agar kita bisa memainkan angklung dengan benar sehingga bunyinya terdengar indah dan selaras dengan lagu yang mengiringinya. Cara memainkan angklung meliputi beberapa langkah yang isinya harus diikuti secara sistematis.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengidentifikasi Isi Teks Prosedur dan Menyimpulkan Isi Teks Prosedur Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2016