Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Kumpulan 7 Contoh Teks Berita Terbaru Revisi 2018 | Bahasa Indonesia SMP



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan 7 contoh teks berita terbaru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas VIII yang sedang mencari contoh soal terbaru seputar materi teks berita. Semoga dengan adanya contoh teks berita ini dapat menambah wawasan anak didik dalam memahami materi teks berita. Dan semoga dengan adanya contoh teks berita ini dapat mengantarkan anak didik untuk memeroleh nilai terbaik dalam tugas mengerjakan teks berita. Selamat belajar dan sukses selalu buat kalian semua. Berikut adalah 7 contoh teks berita yang ada dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 7 Contoh Teks Berita Terbaru Revisi 2018 | Bahasa Indonesia SMP
 www.ilmubindo.com

Teks Berita 1:

Coba Evakuasi Sarang Tawon, Warga di Pasar Baru Patah Kaki 
 
Jakarta – Tawon bersarang di rumah warga di Jl Kelinci III No 19 RT 11/04 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pemilik rumah yang mencoba mengevakuasi sarang tawon tersebut mengalami patah kaki.
Petugas Piket Sudin Damkar Jakpus Paino mengatakan, pihaknya menerima informasi tersebut pada Senin (24/7) pukul 08.30 WIB. Petugas kemudian datang ke lokasi pada pukul 12.00 WIB.
“Sebelumnya tuan rumah bersama 1 orang warga mencoba mengeksekusi sarang tawon,” ujar Paink dalam keterangan kepada detikcom, Senin (24/7/2017).
Akan tetapi, upaya pemilik rumah mengevakuasi sarang tawon tidak berhasil. Pemilik rumah terjatuh saat mencoba evakuasi.
“Upaya tersebut gagal, sehingga mengakibatkan tuan rumah terjatuh dan mengalami patah kaki,” imbuhnya.
etugas kemudian datang ke lokasi dengan mengenakan peralatan. Tawon tersebut bersarang di water heater (pemanas air) yang berada di lantai 3 rumah tersebut.
“Evakuasi selesai pukul 08.30 WIB,” pungkasnya.

Teks Berita 2:
Minum Air Soda Tak Seburuk yang Dibayangkan
REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Minuman berkarbonasi atau air soda ternyata mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan. Selama ini sebagian masyarakat menganggap minuman ini tidak sehat, mengikis kandungan kalsium pada tulang, dan menggerus lapisan email pada gigi.
Dikutip dari laman Time, konsumsi air soda rupanya tak seburuk yang dibayangkan orang. Para ahli berpendapat air soda murni tanpa kalori dan gula tambahan baik diminum bagi kesehatan. Laureen Smith selaku profesor di Ohio State University College of Nursing menuturkan pola konsumsi air soda harus diubah.

“Minum air soda tanpa pemanis buatan adalah salah satu gaya hidup sehat meski awalnya pasti kita belum terbiasa,” katanya.
Minum soda juga tak akan melemahkan tulang kita. Dalam sebuah studi, seorang profesor di bidang kesehatan dari Harvard Medical School bernama Douglas Kiel menemukan fakta baru. Kiel menyatakan bahwa minuman cola dengan pemanis buatan berpengaruh buruk terhadap kepadatan tulang wanita. Namun sebaliknya, konsumsi air soda murni ternyata tidak berkontribusi buruk pada pengeroposan tulang.

Penelitian serupa dilakukan oleh Robert Heaney yang merupakan profesor di Creighton School of Medicine di Nebraska. Hasilnya sama, konsumsi air berkarbonasi tidak mengurangi kepadatan tulang. Kedua profesor itu sama-sama menjamin bahwa air berkarbonasi aman diminum.
“Air soda tidak buruk, namun jika itu digantikan dengan minuman sehat yang lain seperti susu, maka soda tidak bagus,” jelas Heaney.

Ketakutan akan rusaknya gigi akibat minum air soda juga ikut dipatahkan. Penelitian membuktikan level erosi gigi akibat minum soda sangat rendah. Berita baiknya, air soda murni bermanfaat sebagaimana air putih biasa.
“Minum air soda murni seperti minum air putih biasa dan tidak berefek negatif,” ungkap Sara Bleich selaku profesor dalam bidang kebijakan dan manajemen kesehatan di John Hopkins School of Public Health.

Teks Berita 3:
Motor Bebek yang Semakin Tak Laku
tirto.id – Alkisah di Desa Cibebek sedang berlangsung hajatan besar kontes bebek. Pria berpeci hitam dengan baju safari abu-abu sedang bercuap-cuap penuh semangat di atas panggung. Kerumunan warga begitu antusias mendengar pidato ihwal penertiban bebek oleh sosok aktor antagonis Torro Margens.

Di tengah kerumunan warga, nampak wajah Deddy Mizwar dan Didi Petet mulai terlihat was-was. Benar saja, seketika sekelebatan motor yang dikendarai komedian Komeng meluluhlantakkan panggung dan bikin compang-camping tampilan wajah para penonton tak karuan. Deddy dan Didi yang tertimpa reruntuhan panggung terbengong-bengong saling menatap.
“Tuh, bebek yang paling bandel,” kata Didi Petet sambil menunjuk

Salah satu potongan iklan berseri sepeda motor bebek pada 12 tahun silam ini ingin menggambarkan kedahsyatan sepeda motor bebek yang irit, lincah, dan bisa diandalkan. Iklan ini diluncurkan oleh salah satu produsen motor yang mengusung slogan “Terdepan”. Pamor motor bebek juga sempat terpatri kuat di benak konsumen Indonesia dengan kehadiran iklan pelawak Mandra dengan motor bebeknya yang “Ngacir” di era 1990-an. Bisa dibilang sampai satu dekade lalu, motor bebek adalah raja pasar sepeda motor di Indonesia.

Kini, kondisinya berkebalikan 180 derajat. Motor bebek kini dalam posisi “Terbelakang”. Pangsa pasar mereka tergerus habis-habisan oleh motor matik.
Pasar sepeda motor bebek atau yang lebih dikenal underbone atau cub ini sudah mulai mengalami tanda-tanda kemerosotan sejak satu dekade lalu dan puncaknya di 2017.

Pada masa kejayaannya di tahun 2004, pangsa pasar motor bebek sempat menembus 90,87 persen. Kala itu, motor sport hanya bisa mengais pasar 8,73 persen, dan skutik saat itu baru menguasai 0,35 persen. Kehadiran motor skutik buatan Kymco dan Yamaha Nouvo belum mendapat tempat, dianggap indentik dengan pemakai wanita. Periode 2007-2008, ancaman mulai terasa setelah Yamaha merilis Mio. Skutik perdana Yamaha itu sukses mencuri perhatian konsumen dan langsung melejit.
Tonggak penting terjadi pada 2010, saat pangsa pasar skutik menembus 49,01 persen, hampir menjungkalkan pasar motor bebek yang sudah turun cukup dalam menjadi 50,85 persen. Pada 2017, motor bebek benar-benar sudah tak bisa berkutik oleh motor skutik. Catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor

Indonesia (AISI) Januari-Juni 2017, dari sekitar 2,8 juta total motor yang terdistribusi dari pabrikan, motor bebek hanya bisa mengambil kue 9,24 persen, atau tertinggal jauh dengan motor sport yang pasarnya mulai gemuk di angka 10,7 persen karena model baru yang dibarengi dengan sentuhan teknologi baru. Sang raja skutik mampu meraih pasar 80,06 persen.

Teks Berita 4:
Adi Nugroho Ketakutan Berperan di Film Horor
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presenter ternama Tanah Air Adi Nugroho mengaku ketakutan main dalam film horor “12.06: Rumah Kucing”. Rasa takutnya tetap melanda meski syuting dilakukan pada siang hari.

“Ini menjadi tantangan luar biasa terlibat di proyek ini, karena film 12:06 Rumah Kucing mampu menimbulkan rasa ketakutan di beberapa ade gan, meski dibuat siang hari. Ternyata tetap sangat mengerikan, membuat kita merasa diteror,” ujar Adi di Jakarta, Senin (24/7).
Suami artis cantik Donita itu menjelaskan film ini berbeda dengan film horor lainnya. Hal ini terletak pada frekuensi teror makhluk gaib pada siang hari. Itu pula yang membuatnya mengangkat topi dan salut pada kinerja sutradara, Chiska Doppert.

“Bunda Chiska Doppert sebagai sutradara memang terlihat sangat jelas ‘jam terbang’ dan pengalamannya sebagai sutradara khususnya film horor. Sudah terbukti film-film horor garapan Chiska Dopert selalu mendapat apresiasi yang besar dari penonton film nasional. Sebagai pekerja film, bunda bisa mengarahkan para pemain berakting untuk mengeluarkan permainan terbaik nya masing-masing”.

Bahkan lawan mainnya, Masayu Anastasia juga dinilainya serupa. “Sebagai lawan main dan berperan Masayu juga sangat profesional. Sehingga memudahkan saya untuk mendapatkan ‘chemistry’ dalam berakting di film ini,” tukas Adi.
Hal senada diutarakan Masayu Anastasia, yang juga memuji peran yang dilakoni Adi Nugroho. Menurut Masayu, Adi bukan sekadar pelakon yang baik dan profesional, tapi juga kawan yang baik.
Film 12.06: Rumah Kucing adalah film horor kedua Adi. Sebelumnya dia pernah menjadi cameo di film Mengejar Setan, yang saat itu juga diperankan oleh Masayu.

Adi menuturkan, berlakon dalam film horor memang mengeluarkan energi lebih besar dibandingkan saat bermain dalam film drama, atau komedi. “Karena akting ketakutan pun juga harus senatural mungkin, sehingga menjadi tantangan tersendiri,” cetus dia.
Oleh karena itu dia memuji semua yang terlibat di film yang diproduseri H Firman Bintang ini. Sebab pesan moral film juga dalam dan kuat untuk penontonnya.

“Dalam film ini peranku sebagai seorang ayah yang kurang peduli dan kurang percaya dengan masukan dari keluarga di rumah. Seorang kepala keluarga yang sering keluar rumah bekerja harus lebih peduli dengan keluhan dari keluarga,” pesan Adi.

Teks Berita 5:
Ini Temuan Baru di TKP Kematian Chester Bennington
Jakarta – Akhirnya keterangan resmi tentang penyebab meninggalnya pentolan Linkin Park, Chester Bennington dirilis. Kepolisian setempat di The Los Angeles County mengkonfirmasi jasad Chester menggantung di pintu kamar rumahnya.

Juru bicara dari satuan Koroner di kepolisian setempat, Ed Winter mengatakan, rocker berusia 41 tahun tersebut meninggal gantung diri di pintu kamarnya. Selain mengkonfirmasi kebenaran penyebab kematian Chester, ia juga memaparkan temuannya ditempat kejadian.

Menurutnya, ditemukan sebuah botol alkohol setengah kosong di dalam kamar Chester Bennington
Meski demikian, pihaknya tidak menemukan obat-obatan terlarang lokasi kejadian.
Chester Bennington memang dikabarkan telah sekian lama berjuang melawan kecanduannya terhadap alkohol dan obat-obatan dalam beberapa waktu semasa hidupnya.

Meski demikian, pihak berwenang tidak menemukan pesan terakhir yang mungkin saja Chester tinggalkan sebelum meninggal.

Teks Berita 6:
Parkour, Seni Melarikan diri

Kamis (8/11) sore, di antara kerumuman orang yang olahraga di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, tampak aktivitas empat orang yang berbeda. Mereka mempraktikkan gerakan loncat menggunakan sebuah meja. Terkadang mereka juga melompati pagar stadion. Terkesan main-main, tetapi mereka serius dan mengulangi gerakan-gerakan itu. Untuk meloncati pagar kira-kira 2,5 meter, mereka hanya menggunakan dua kali panjatan.

Ternyata mereka tidak sekadar iseng. “Ini gerakan parkour. Kami, para pemain parkour, disebut traceur,” kata Aditya Tirto (22) yang bekerja di Restoran Ajisen Ramen. Parkour? Belum pernah dengar, kan? Wah, jadi loncat-loncat itu adalah cabang olahraga ya? Katanya, lari-lari dan loncat-loncat kayak ninja ini sempat fenomenal di Paris, Perancis. “Parkour itu seni bergerak, seni meloloskan diri,” kata Muhamad Fadli (26), editor Otostereo, yang bersama Aditya Tirto menjadi moderator forum web Parkour Indonesia di www.parkourindonesia.web.id.

Sore itu, bersama Agung Yuda Raharja (22), mahasiswa S-2 Binus dan Prabowo Sri Hayuningrat, mahasiswa Komunikasi Massa UI yang juga freelance video editor, mereka menggelar latihan rutin tiap Kamis di depan Pintu VII Stadion Gelora Bung Karno. Mereka ternyata baru kenal beberapa bulan lalu di internet, tepatnya di Forum Parkour Indonesia. “Kami semua sebelumnya belum kenal, dari internet itulah kami saling mengenal,” kata Fadli.

Biasanya mereka melihat video gerakan tertentu, kemudian dipraktikkan di rumah. Bosan mempraktikkan teori di rumah, mereka sepakat bertemu untuk latihan tiap Kamis di Pintu VII Stadion Gelora Bung Karno serta tiap Sabtu dan Minggu di Taman Ria, Senayan.

“Kami rata-rata tahu tentang parkour itu setelah nonton film Yamakasi dan Banlieue 13, “ kata Aditya. Yamakasi merupakan nama klub parkour yang didirikan mantan anggota Yamakasi yang juga pendiri parkour, David Belle. Yamakasi bukan berasal dari bahasa Jepang, melainkan bahasa lokal yang digunakan di Kongo. Yamakasi berarti spirit yang kuat.

Teks Berita 7:
Millenium Enterprise
Melahirkan Banyak Juara

Berawal dari keinginan menyalurkan anak-anak yang punya hobi menyanyi, Hence, Comeles Takapaha dan Ibu Irma Andries membentuk sanggar Millinium enterprise.

“Waktu itu, sekitar tahun 1998, kami kasihan melihat banyak anak yang punya bakat menyanyi, tetapi tidak tahu cara mengolahnya. Kebetulan kami tahu. Jadi, kami bagi-bagi ilmu. Selain itu, kami ingin sanggar ini menjadi wadah untuk mengisi waktu luang sehingga anak-anak tidak terjerumus melakukan perbuatan tidak baik,” jelas Hence, salah seorang pelatih.

Seperti halnya lembaga kursus menyanyi lain, waktu pertama kali berdiri, muridnya baru 10 orang. Itu pun terbatas pada kalangan sendiri. Maksudnya, keluarga dan kenalan. Seiring perkembangan dan prestasi hasil yang dicapai, lama-kelamaan peminatnya bertambah. Hingga kini mencapai 40-an orang. Bukan hanya dari Jakarta, tetapi ada juga dari Bekasi dan Depok.

“Lokasi tidak menjadi halangan bagi kami, yang penting bisa belajar cara menyanyi yang baik dan benar. Di samping itu, yang membuat kami betah latihan di sini adalah suasana kekeluargaan yang belum tentu didapatkan di tempat lain,” ujar Desi, salah seorang murid di Millenium Enterprise.

Pilihan Desi dan teman-teman berlatih di sanggar yang berlokasi di Jln. Kelapa No. 2 Rawamangun, Jakarta Timur ini tepat. Banyak murid setelah berguru dengan sungguh-sungguh berhasil menjadi juara berbagai lomba menyanyi. Bukan hanya seputar mall, tetapi juga di televisi. Tidak jarang dalam satu lomba, murid-murid sanggar tersebut saling bersaing.

“Kursus di sini tidak sia-sia. Sebelumnya, aku tidak bisa menyanyi. Setelah berguru di Millenium, ternyata aku bisa. Bahkan aku sering juara. Senangnya, pengalamanku jadi bertambah pula,” jelas Indah.

Ada juga yang sudah rekaman. Rata-rata di antara mereka sudah mengumpulkan puluhan, bahkan ratusan piala. Sanggar ini memang telah melahirkan juara, terutama menyanyi. Banyak juga artis cilik ibu kota berguru pada pelatih di sanggar ini.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang 7 contoh teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga conoth soal yang admin bagikan ini bermanfaat buat anak didik semuanya. Selamat belajar dan sukses selalu buat kalian semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 7 Contoh Teks Berita Terbaru Revisi 2018 | Bahasa Indonesia SMP

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template