Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Kumpulan Tugas Evaluasi Pelajaran Teks Berita Lengkap dengan Pertanyaan untuk Peserta Didik

ilmubindo.com_ Kali ini kami akan bagikan kepada Bapak/Ibu guru yang terhormat contoh tugas evaluasi buat peserta didik kita di sekolah. Materi ini telah mengacu pada Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.

Evaluasi 1
Menemukan Pokok-Pokok Berita

1. Simaklah berita berikut dengan cermat dan saksama!

Kompor Mawar + Petromaks = Gasmit

Sebenarnya, gasmit itu sekadar singkatan dari kompor “gas berenergi minyak tanah”. Kami ingin mendapatkan mutu pengapian seperti yang dihasilkan kompor gas dengan LPG (Liquid Petroleum Gas). Bersih, mudah dalam pemakaian dan perawatan, nyala api biru, serta daya panas tinggi,” papar K. Fuzy Agus. Mutu macam ini tidak dapat dicapai kompor minyak tanah bersumbu.

Di pasaran sesungguhnya sudah ada kompor minyak tanah tanpa sumbu yang mendekati mutu kompor LPG berapi biru dengan harga perlengkapan dan pengoperasian lebih murah. Orang bilang kompor mawar, kompor dengan tabung minyak tanah yang dipompa. Jenis ini sering digunakan para penjaja keliling nasi goreng atau mie ayam.

Kumpulan Tugas Evaluasi Pelajaran Teks Berita Lengkap dengan Pertanyaan untuk Peserta Didik
www.ilmubindo.com

Hanya, “Bagi kebanyakan ibu, memompa kompor itu cukup berat dan tidak nyaman. Usaha yang dikeluarkan hampir setara dengan memompa lampu petromaks,” kata Agus. Namun, justru dari petromakslah Agus mendapat tambahan ilham.

Dalam prinsip fisika, minyak dapat diubah menjadi gas dengan pemanasan. Pada kompor mawar, minyak tanah diubah menjadi gas dengan dipompa. Jadi, mungkinkah spiritus yang dapat membuat petromaks menyala dapat pula membuat minyak tanah berubah menjadi gas? Jawabannya, ternyata mungkin.

Berdasarkan serangkaian percobaan, sarjana hukum lulusan Universitas Parahyangan, Bandung ini mendapatkan bahwa minyak tanah dapat diubah menjadi gas dengan panas hasil pembakaran spiritus serta pengaturan letak ketinggian minyak tanah. Persoalannya, seberapa banyak spiritus
yang pas dipakai untuk memanaskan seperangkat pemanas (burner), serta bagaimana mencapai keseimbangan antara volume dan tekanan minyak tanah dalam kompor hingga dihasilkan gas yang memicu api biru? Begitu jawaban atas persoalan itu diketahui, kompor minyak tanah gasmit pun dibuat.

Selain api biru, gasmit menawarkan keamanan sehingga dijamin tidak ada cerita kompor mleduk, “Tiap prototipe diuji terus menyala selama tiga hari tiga malam tanpa henti. Ini untuk mengetahui daya tahan perangkat utama, terutama burner dan pipa pemanas, apakah akan terjadi ledakan, misalnya,” ujar Agus yang kini bergelut di industri permesinan. Bahkan saat uji coba nyala nonstop, api justru mati sendiri sampai tetes minyak tanah terakhir.

Uji keamanan juga mencakup percobaan, apakah tabung minyak tanah gasmit tetap aman diisi ulang, sementara apinya menyala. Ini berangkat dari kekhawatiran, apabila kompor minyak tanah bersumbu diperlakukan serupa, biasanya akan mleduk alias meledak yang memicu kebakaran. Penyebab utama kompor minyak tanah bersumbu mudah meledak adalah suhu tinggi. Suhu aman tabung penyimpanan minyak tanah yaitu 50oC. Dengan kompor sumbu, api dapat jatuh ke tabung minyak tanah hingga memanaskan tabung sampai 80oC yang berakhir dengan ledakan.

Tidak hanya soal keamanan yang dipikirkan Agus, tapi juga penghematan. Saat selesai memasak, kita tinggal menyetel keran off. Namun, sebenarnya masih ada sisa gas minyak tanah yang terjebak di pipa pemanas yang langsung berhubungan dengan burner. “Ini dapat saja dibiarkan sampai gas habis menguap. Tapi, kan sayang dibuang-buang. Akhirnya, saya dapati caranya. Dengan keran pembuangan, gas minyak tanah dalam pipa yang mulai mendingin berubah lagi menjadi cairan dan dialirkan ke tabung penampung. Nah, dari tabung penampung, sisa minyak tanah ini kan dapat dituang lagi ke tabung minyak tanah utama.”

Kerjakanlah dengan cermat dan benar!
a. Apakah tema yang menjadi inti pembahasan pada berita di atas?
b. Sebutkan pokok-pokok berita dari berita di atas!
c. Tuliskanlah unsur-unsur berita dari berita di atas yang meliputi unsur apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana!
d. Tuliskan kembali isi berita di atas secara singkat!
2. Jelaskan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menyimak sebuah berita dari radio atau televisi, sehingga kamu dapat memperoleh hasil yang maksimal!
3. Bacalah bahan diskusi berikut dengan cermat!

Evaluasi 2
Menulis Teks Berita

Perhatikan teks ilustrasi berikut!
Sekolahmu menjadi juara satu tingkat provinsi dalam lomba karya tulis ilmiah bidang sains. Karya tersebut akan dipresentasikan bersama dengan 20 karya lain yang terseleksi sebagai peserta lomba di gedung pertemuan kantor gubernur dalam rangka menyemarakkan ulang tahun ibu kota provinsi. Selain itu, lomba tersebut juga dijadikan sebagai ajang pemilihan siswa teladan tingkat provinsi.

Kerjakanlah dengan cermat dan benar di buku tugasmu!

1. Tuliskanlah pokok-pokok informasi yang diperlukan untuk menyusun berita berdasarkan ilustrasi di atas!
2. Kembangkan pokok-pokok informasi tersebut menjadi sebuah berita yang menarik!
3. Perhatikan unsur-unsur kelengkapan beritanya kemudian jelaskan!
4. Perhatikan penggunaan bahasa yang baik, benar, dan komunikatif!
5. Diskusikan hasil kerjamu dengan teman-teman dan gurumu!

Evaluasi 3
Membacakan Teks Berita

Kerjakanlah di buku tugas!
1. Simaklah berita berikut dengan saksama!

Pemirsa, sedikitnya obat yang dikeluarkan oleh produsen farmasi ditengarai sebagai penyebab mahalnya obat di Indonesia dibandingkan dengan di luar negeri. Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) melakukan pertemuan dengan beberapa kalangan dunia kesehatan. Pertemuan tersebut membahas peninjauan ulang terhadap sistem pemantauan terhadap para industri farmasi di Indonesia. Dengan kebijakan ini diharapkan harga obat generik maupun bermerek dapat terjangkau, terutama bagi keluarga miskin.

Tommy Fajar dan Yudhi Wibowo melaporkan, sebelumnya Menteri Kesehatan sudah mengeluarkan surat kepada industri farmasi. Surat tersebut berisi permintaan agar industri farmasi memberikan laporan mengenai rincian harga obat yang harus dikembalikan paling lambat tanggal 31 Januari 2005. Untuk menurunkan harga obat, menurut Direktur Utama YPKKI, Marius Wijayarta, juga diperlukan peninjauan perundang-undangan di bidang kesehatan.

Kerjakanlah dengan cermat dan benar!
a. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1) Apa isi pokok berita tersebut?
2) Siapa yang terkait atau terlibat dalam peristiwa yang menjadi isi berita tersebut?
3) Di mana peristiwa dalam berita tersebut terjadi?
4) Kapan peristiwa tersebut berlangsung atau telah terjadi?
5) Mengapa hal atau peristiwa tersebut dapat terjadi?
6) Bagaimana kejadian peristiwa tersebut?
b. Apakah pokok permasalahan yang disampaikan dalam
berita di atas?
c. Ungkapkanlah kembali isi berita yang telah kamu dengar!

Evaluasi 4
Membacakan Teks Berita

Bacakanlah teks berita berikut dengan baik dan benar!
Puluhan Warga Ungaran Timur Terkena Chikungunya
Puluhan warga Dusun Krajan dalam sebulan terakhir ini terserang virus chikungunya. Dusun Krajan berada di Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Sutikno (50), seorang penderita Warga Krajan Susukan, Ungaran Timur, Rabu menuturkan gejala awal yang ia alami. Gejala tersebut adalah suhu badannya naik tinggi akibat demam dan rasa nyeri dipersendian tulang kaki, kemudian seluruh tubuhnya terasa lemas dan tidak dapat digerakkan.

“Dalam satu rumah ada tiga penderita yang diduga terkena chikungunya, yakni dua anaknya Nurhalisah (4) dan Prastiyono (9) dengan gejala sama,” katanya.

Kondisi yang sama juga dialami warga lainnya, Sutini (40), yang mengatakan bahwa ia mengalami demam dan semua persendian tulang kakinya sakit dan sempat lumpuh selama tiga hari.

“Sebetulnya saya sudah sembuh pada pekan lalu, tetapi sekarang penyakit ini kambuh lagi,” kata Sutini.

Katanya, “Di Susukan ini hampir semua warga terkena chikungunya pada sebulan terakhir ini dan setiap rumah rata-rata yang terserang penyakit itu dua orang penderita.”

Yanti (29), warga Susukan lainnya, menjelaskan dirinya juga menderita penyakit yang sama dengan tetangga lainnya. Ia sempat menginap di RSU Ungaran selama lima hari. “Sekarang saya sudah sembuh,” katanya.

Menurut Yanti, warga yang masih menderita nyeri di persendian kaki dan lumpuh pada dua hari terakhir ini sekitar 15 penderita.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, dr. Sulthoni, mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapat laporan terserangnya virus chikungunya pada penduduk Susukan.

Kantornya juga sudah melakukan pengecekan di daerah tersebut. Menurut dia, dilihat dari gejala klinis penyakit tersebut disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus chikungunya.

Kerjakanlah soal-soal berikut dengan cermat dan benar di buku tugas!

1. Apakah pokok penting yang perlu disampaikan dari teks beritadi atas?
2. Tunjukkan contoh pernyataan yang harus dibedakan dalam penyampaian berita yang berupa pernyataan narasumber dan pernyataan kalimat berita!
3. Tunjukkan beberapa contoh kalimat atau kata yang mengandung unsur asing beserta cara pembacaannya dalam bahasa Indonesia yang benar!
4. Bagaimanakah penilaian pendengar berkenaan dengan intonasi dan artikulasimu ketika membacakan berita di atas?
5. Bagaimanakah penilaian pendengar berkenaan dengan kesampaian isi dari berita yang kamu bacakan?

TAGIHAN
Kerjakan tugas berikut dengan cermat!

1. Carilah sebuah artikel atau teks bacaan di surat kabar!
2. Ubahlah artikel atau teks bacaan tersebut menjadi teks berita!
3. Bacakanlah teks berita yang telah kamu ubah di depan temanteman dan bapak/ibu gurumu!
4. Mintalah penilaian kepada teman-teman dan bapak/ibu gurumu
berkenaan dengan intonasi dan artikulasimu!
5. Mintalah penilaian kepada teman-teman dan bapak/ibu gurumu berkenaan dengan kesampaian isi dari berita yang kamu bacakan!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Tugas Evaluasi Pelajaran Teks Berita Lengkap dengan Pertanyaan untuk Peserta Didik