Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks - USBN SMP 2020


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Teks ulasan merupakan hasil dari sebuah analisis terhadap berbagai aspek baik fiksi maupun nonfiksi. Analisis tersebut berisi tinjauan terhadap isi baik buku, cerpen, novel, film, drama, maupun puisi. Analisis atau tinjauan tersebut bertujuan mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki karya sastra tersebut. Secara umum teks ulasan memiliki tujuan komunikatif. Teks ulasan dapat berupa sebuah resensi.

Resensi diartikan sebagai penilaian terhadap karya orang lain dengan memberikan pertimbangan baik dan buruk karya tersebut secara objektif. Penulis resensi harus menghindari unsur subjektivitas rasa senang atau tidak senang terhadap karaya tersebut. Oleh karena itu, penulis resensi harus memiliki wawasan luas tentang bahan yang akan diresensi. Resensi buku terbagi atas dua macam, yaitu resensi buku fiksi (sastra) dan resensi buku nonfiksi (nonsastra).

Contoh Soal Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks - USBN SMP 2020
www.ilmubindo.com

Resensi berisi hal-hal sebagai berikut.
  1. Identitas buku (judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal buku).
  2. Sinopsis, unsur ekstrinsik, unsur intrinsik (untuk buku fiksi), dan gambaran isi buku (untuk buku nonfiksi).
  3. Nilai buku (kelebihan dan kekurangan buku).
  4. Keterbacaan atau kecocokan pembacanya.
Contoh Soal UN:
1. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
  1. Film ini mengedepankan kisah drama dan memiliki latar belakang politik yang dapat dipercaya demi keutuhan cerita.
  2. Aspek tidak terduga tersebut dapat menjadi nilai untuk film dari MNC Pictures yang satu ini.
  3. Cerita yang disajikan di antaranya para demonstran akhirnya di jamu oleh MPR/DPR, perbincangan empat mata presiden dengan wakil presiden, dan juga keresahan dialami oleh warga kala itu.
  4. Dibalik '98 adalah sebuah film produksi MNC Pictures yang bercerita tentang peristiwa rusuh Mei 1998 mengenai tahta kepresidenan Soeharto dan Orde Baru.
  5. Aspek tidak terduga dalam beberapa adegan Dibalik '98 memiliki unsur komedi saat diperlihatkan tokoh-tokoh politik yang diperankan oleh aktor-aktor tak terduga.
Urutan tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ....
A. 2-3-5-1-4
B. 3-5-4-2-1
C. 4-1-3-5-2
D. 4-3-5-2-1

Pembahasan: 
Kalimat utama dari kalimat-kalimat acak tersebut terdapat pada kalimat nomor 4. Kalimat nomor 1-2-3 dan 5 merupakan kalimat penjelas. Susunan tepat kalimat-kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban C.

Jawaban: C

2. Di balik '98 adalah sebuah film produksi MNC Pictures yang bercerita tentang peristiwa kerusuhan 1998. Rakyat Indonesia tentu tahu mengenai peristiwa Mei 1998. Ya, waktu itu adalah waktu yang genting bagi takhta kepresiden Soeharto dan Orde Baru. Akan tetapi, Di Balik '98, dibalik panasnya situasi politik, ada cerita-cerita yang bisa dipetik nilai kemanusiaannya.

gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Di balik '98 adalah film tentang peristiwa kerusuhan tahun 1998
B. Ada nilai-nilai kemanusiaan yang bisa dipetik dari film Di Balik '98
C. Rakyat Indonesia tentu tahu mengenai peristiwa yang terjadi Mei tahun 1998
D. Mei presiden Soeharto dan Orde Baru

Pembahasan:
Gagasan utama terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama berisi pernyataan umum yang menggambarkan keseluruhan paragraf. Kalimat utama paragraf tersebut terletak di awal paragraf. Gagasan utama yang tepat adalah Di Balik '98 adalah film tentang peristiwa kerusuhan tahun 1998.

Jawaban: A

3. Cermatilah kutipan teks berikut dengan saksama.
Hijrah Cinta adalah sebuah film produksi MVP Pictures yang bercerita tentang kisah hidup Uje. Mulai menjalani kehidupan gelap hingga berpulang ke Ilahi karena kecelakaan. Para pemain, Alfie Alfandy (Uje), Revalina S. Temat (Pipik), Valentino (Gugun Gondrong), dan Wieke Widowaty (Umi Tatu) mampu berperan apik menyajikan sebuah kisah nyata yang menjadi nyata.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Film kehidupan Ustaz Uje menjadi film dakwah yang menggetarkan
B. Masih jarang film Indonesia yang mengangkat tentang kehidupan pendakwah
C. Film ini menjadi alternatif film biografi yang menyentuh hati
D. Film tentang Ustaz Uje ini didukung oleh para pemain jempolan

Pembahasan:
Dari tema, isi cerita tentang riwayat hidup Ustaz Uje, dan akting pemain-pemainnya bisa disimpulkan bahwa film Hijrah Cinta menjadi film dakwah yang menggetarkan.

Jawaban: A

4. Bacalah teks ulasan berikut!
Film "Tiga Dara," yang diproduksi pada 1956, diputar lagi di bioskop sejak 11 Agustus 2016. Film lawas ini pantas menjadi kenangan sepanjang masa. Kita mau mengenang apa atau siapa? Sekian orang mengenang dan mengagumi para pemeran dalam film itu. Sanjungan kepada sutradara Usmar Ismail tentu tak lupa diberikan lewat tepuk tangan sejenak. Penonton mungkin terkesima melihat busana dan berbagai benda dari masa lalu di sana.

Struktur teks ulasan tersebut adalah ....
A. orientasi
B. tafsiran
C. evaluasi
D. rangkuman

Pembahasan:
Struktur teks ulasan terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Orientasi berisi gambaran umum karya sastra yang akan diulas. Tafsiran berisi pandangan sendiri mengenai karya atau benda yang akan diulas. Evaluasi berisi pandangan penulis terhadap karya yang diulas, biasanya berupa kelebihan dan kekurangan objek ulasan. Rangkuman berisi simpulan karya tersebut.

Jawaban: A

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Menyusun Urutan Kalimat Jenis Teks Ulasan. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahani lebih luas tentang contoh soal teks ulasan. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari ini dapat mengantarkan kalian dalam meraih cita-cita kalian. Sukses selalu buat kalian.

BUKA SOAL


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks - USBN SMP 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /